|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Teori Belajar dan Pembelajaran |
8620320239 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
1 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr.Fajar Arianto, M.Pd
|
Dr Fajar Arianto, M.Pd
|
Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Mampu menerapkan kaidah ilmiah untuk menghasilkan desain, media, teknologi, serta evaluasi pembelajaran dan program pelatihan berbasis teknologi informasi dan komunikasi |
PLO-8 |
Mampu menerapkan metode ilmiah dan berpikir reflektif untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan bidang teknologi pendidikan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan konsep dan karakteristik teori pembelajaran, perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran
|
PO - 2 |
Mampu mengimplementasikan neuroscience dalam pembelajaran
|
PO - 3 |
Mampu menerapkan behavioris dalam belajar dan pembelajaran
|
PO - 4 |
Mampu menerapkan tentang teori sosial kognitif dalam pembelajaran
|
PO - 5 |
Mampu menerapkan teori pemrosesan informasi pada kegiatan pembelajaran
|
PO - 6 |
Mampu menerapkan teori konstruktivis dalam pembelajaran
|
PO - 7 |
Mampu menerapkan teori proses belajar kognitif dalam pembelajaran
|
PO - 8 |
Mampu menerapkan teori pengelolaan diri dalam kegiatan pembelajaran
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-4 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-8 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
mengkaji beberapa teori belajar dalam hubungannya dengan teori pembelajaran dan implikasinya terhadap cara-cara belajar yang efektif dan efisien |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson
- Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education
- Sternberg, R obert J. and Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Ed. Ke-6. USA: Wadsworth
- Dai, David Yun dan Robert J. Sternberg. 2004. Motivation, emotion, and cognition : integrative perspectives on intellectual development and functioning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates
- Haskell, Robert E. 2000. Transfer of Learning: Cognition, Instruction,and Reasoning.USA: Academic Press
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd. Irena Yolanita Maureen, S.Pd., M.Sc., Ph.D. Citra Fitri Kholidya, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
- Menganalisis perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran
|
- Ketepatan dalam mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
- Ketepatan dalam membedakan teori belajar dengan teori pembelajaran
- ketepatan menentukan teori pembelajaran sebagai dasar dalam mendesain pembelajaran
|
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
mahasiswa mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
Mahasiswa mengadakan diskusi kelompok untuk menganalisis perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran 100 menit |
|
Materi: teori belajar Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson Materi: Teori pembelajaran Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
- Menganalisis perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran
|
- Ketepatan dalam mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
- Ketepatan dalam membedakan teori belajar dengan teori pembelajaran
- ketepatan menentukan teori pembelajaran sebagai dasar dalam mendesain pembelajaran
|
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
mahasiswa mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
Mahasiswa mengadakan diskusi kelompok untuk menganalisis perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran 100 menit |
|
Materi: teori belajar Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson Materi: Teori pembelajaran Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mengkaji tentang penggunaan neurophysiologi belajar
- Mengkaji tentang sistem pemrosesan informasi dalam belajar
- Mengkaji hubungan antara motivasi dan emosi dalam belajar
- Menganalisis penerapan neuroscience dalam pembelajaran
|
- Ketapatan dalam mengkaji tentang penggunaan neurophysiologi belajar
- Ketepatan dalam mengkaji tentang sistem pemrosesan informasi dalam belajar
- Ketapatan dalam mengkaji tentang perkembangan otak dan hubungannya dengan belajar
- Ketepatan dalam mengkaji hubungan antara motivasi dan emosi dalam belajar
- Ketepatan dalam menganalisis penerapan neuroscience dalam pembelajaran
|
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang neuroscience dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang neuroscience dalam pembelajaran
Menyimpulkan hasil diskusi kelas 100 menit |
|
Materi: neuroscience dalam pembelajaran Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mengkaji tentang penggunaan neurophysiologi belajar
- Mengkaji tentang sistem pemrosesan informasi dalam belajar
- Mengkaji hubungan antara motivasi dan emosi dalam belajar
- Menganalisis penerapan neuroscience dalam pembelajaran
|
- Ketapatan dalam mengkaji tentang penggunaan neurophysiologi belajar
- Ketepatan dalam mengkaji tentang sistem pemrosesan informasi dalam belajar
- Ketapatan dalam mengkaji tentang perkembangan otak dan hubungannya dengan belajar
- Ketepatan dalam mengkaji hubungan antara motivasi dan emosi dalam belajar
- Ketepatan dalam menganalisis penerapan neuroscience dalam pembelajaran
|
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang neuroscience dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang neuroscience dalam pembelajaran
Menyimpulkan hasil diskusi kelas 100 menit |
|
Materi: neuroscience dalam pembelajaran Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Mengkaji hubungan teori thorndike dalam pendidikan
- Mengkaji tentang proses dasar dari classical conditioning
- Mengkaji tentang konsep dasar operant conditioning
- Mengkaji tujuan pembelajaran dalam behavioris
|
- Ketepatan dalam menerapkan behavioris dalam belajar dan pembelajaran
- Ketepatan dalam mengkaji tentang proses dasar dari classical conditioning
- Ketepatan dalam mengkaji tujuan pembelajaran dalam behavioris
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori behavioris dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori behavioris dalam pembelajaran 100 menit |
|
Materi: behavioris dalam belajar dan pembelajaran Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Mengkaji hubungan teori thorndike dalam pendidikan
- Mengkaji tentang proses dasar dari classical conditioning
- Mengkaji tentang konsep dasar operant conditioning
- Mengkaji tujuan pembelajaran dalam behavioris
|
- Ketepatan dalam menerapkan behavioris dalam belajar dan pembelajaran
- Ketepatan dalam mengkaji tentang proses dasar dari classical conditioning
- Ketepatan dalam mengkaji tujuan pembelajaran dalam behavioris
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori behavioris dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori behavioris dalam pembelajaran 100 menit |
|
Materi: behavioris dalam belajar dan pembelajaran Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Menganalisis pengaruh timbal balik antara faktor perilaku, lingkungan dan individu sebagai kognitif
- Mengkaji tentang enaktif dan vicarious dalam belajar
- Mengkaji pengaturan diri dalam belajar
- Mengkaji fungsi pemodelan dalam belajar
- mengkaji self efficacy dalam belajar
- Mengkaji penerapan tutoring dan mentoring dalam pembelajaran
|
- Ketepatan dalam Menganalisis pengaruh timbal balik antara faktor perilaku, lingkungan dan individu sebagai kognitif
- Ketepatan dalam Mengkaji tentang enaktif dan vicarious dalam belajar
- Ketepatan dalam mengkaji pengaturan diri dalam belajar
- Ketepatan dalam mengkaji fungsi pemodelan dalam belajar
- Ketepatan dalam mengkaji self efficacy dalam belajar
- Mengkaji penerapan tutoring dan mentoring dalam pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori sosial kognitif dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori sosial kognitif dalam pembelajaran
|
|
Materi: teori kognitif, pemodelanm self efficacy Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson Materi: kognitif Pustaka: Dai, David Yun dan Robert J. Sternberg. 2004. Motivation, emotion, and cognition : integrative perspectives on intellectual development and functioning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates |
0% |
8
Minggu ke 8 |
- Menganalisis pengaruh timbal balik antara faktor perilaku, lingkungan dan individu sebagai kognitif
- Mengkaji tentang enaktif dan vicarious dalam belajar
- Mengkaji pengaturan diri dalam belajar
- Mengkaji fungsi pemodelan dalam belajar
- mengkaji self efficacy dalam belajar
- Mengkaji penerapan tutoring dan mentoring dalam pembelajaran
|
- Ketepatan dalam Menganalisis pengaruh timbal balik antara faktor perilaku, lingkungan dan individu sebagai kognitif
- Ketepatan dalam Mengkaji tentang enaktif dan vicarious dalam belajar
- Ketepatan dalam mengkaji pengaturan diri dalam belajar
- Ketepatan dalam mengkaji fungsi pemodelan dalam belajar
- Ketepatan dalam mengkaji self efficacy dalam belajar
- Mengkaji penerapan tutoring dan mentoring dalam pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori sosial kognitif dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori sosial kognitif dalam pembelajaran
|
|
Materi: teori kognitif, pemodelanm self efficacy Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson Materi: kognitif Pustaka: Dai, David Yun dan Robert J. Sternberg. 2004. Motivation, emotion, and cognition : integrative perspectives on intellectual development and functioning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates |
0% |
9
Minggu ke 9 |
- menganalisis landasan pemrosesn informasi dalam belajar
- mengkaji model two store memory dalam belajar
- mengkaji penerapan pemrosesan informasi dalam belajar
|
- Ketepatan dalam menganalisis landasan pemrosesn informasi dalam belajar
- ketepatan dalam mengkaji model two store memory dalam belajar
- Ketepatan dalam menerapan pemrosesan informasi dalam belajar
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mempresentasikan kajiannya terkait pemerosesan informasi dalam pembelajran
|
|
Materi: pemrosesan informasi Pustaka: Sternberg, R obert J. and Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Ed. Ke-6. USA: Wadsworth |
0% |
10
Minggu ke 10 |
- menganalisis landasan pemrosesn informasi dalam belajar
- mengkaji model two store memory dalam belajar
- mengkaji penerapan pemrosesan informasi dalam belajar
|
- Ketepatan dalam menganalisis landasan pemrosesn informasi dalam belajar
- ketepatan dalam mengkaji model two store memory dalam belajar
- Ketepatan dalam menerapan pemrosesan informasi dalam belajar
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mempresentasikan kajiannya terkait pemerosesan informasi dalam pembelajran 100 |
|
Materi: pemrosesan informasi Pustaka: Sternberg, R obert J. and Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Ed. Ke-6. USA: Wadsworth |
0% |
11
Minggu ke 11 |
- Mengkaji tentang kontribusi konstuktifis dan penerapan dalam pembelajaran
- Mengkaji tentang penerapan discovery learning dalam konstruktivis
- Mengkaji tentang penerapan inquiry teaching dalam konstruktivis
- Mengkaji tentang penerapan reflective teaching dalam konstruktivis
|
Ketepatan dalam mentuntukan pembelajaran yang didasarkan pada konstruktivis |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori konstrruktivis dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori konstrruktivis dalam pembelajaran 100 |
|
Materi: pembelajaran konstruktivis Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson Materi: pembelajaran konstruktivis Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education |
20% |
12
Minggu ke 12 |
- Mengkaji tentang kontribusi konstuktifis dan penerapan dalam pembelajaran
- Mengkaji tentang penerapan discovery learning dalam konstruktivis
- Mengkaji tentang penerapan inquiry teaching dalam konstruktivis
- Mengkaji tentang penerapan reflective teaching dalam konstruktivis
|
Ketepatan dalam mentuntukan pembelajaran yang didasarkan pada konstruktivis |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori konstrruktivis dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori konstrruktivis dalam pembelajaran 100 |
|
Materi: pembelajaran konstruktivis Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson Materi: pembelajaran konstruktivis Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education |
0% |
13
Minggu ke 13 |
- Mengkaji tentang keterampilan umum dan khusus dalam pembelajaran
- Mengkaji hubungan antara metakognisi dan belajar
- Mengkaji pembelajaran berbasis kognitif
|
- Ketepatan dalam pembedakan keterampilan umum dan khusus dalam pembelajaran pada perspektif kognitif
- Ketepatan dalam mengidentifikasi metakognitif dalam pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori proses belajar kogniti dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang proses kogniti teori belajar dalam pembelajaran 100 |
|
Materi: kognitif Pustaka: Sternberg, R obert J. and Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Ed. Ke-6. USA: Wadsworth Materi: pembelajaran kognitf Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson |
20% |
14
Minggu ke 14 |
- Mengkaji tentang keterampilan umum dan khusus dalam pembelajaran
- Mengkaji hubungan antara metakognisi dan belajar
- Mengkaji pembelajaran berbasis kognitif
|
- Ketepatan dalam pembedakan keterampilan umum dan khusus dalam pembelajaran pada perspektif kognitif
- Ketepatan dalam mengidentifikasi metakognitif dalam pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori proses belajar kogniti dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang proses kogniti teori belajar dalam pembelajaran 100 |
|
Materi: kognitif Pustaka: Sternberg, R obert J. and Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Ed. Ke-6. USA: Wadsworth Materi: pembelajaran kognitf Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson |
0% |
15
Minggu ke 15 |
- Mengkaji tentang memonitor diri yang berhubungan dengan pengelolaan diri
- Mengkaji proses kognitif sosial dalam hubungannya dengan pengelolaan diri
- menganalisis hubungan kemauan dengan motivasi dan pengaturan diri
- Mengkaji penerapan pengelolaan diri dalam pembelajaran
|
Ketepatan dalam menentukan motode pembelajaran yang berhubungan dalam pengaturan diri |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori pengelolaan diri dalam pembelajaran 100 |
|
Materi: pengaturan diri dalam pembelajaran Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson |
30% |
16
Minggu ke 16 |
- Mengkaji tentang memonitor diri yang berhubungan dengan pengelolaan diri
- Mengkaji proses kognitif sosial dalam hubungannya dengan pengelolaan diri
- menganalisis hubungan kemauan dengan motivasi dan pengaturan diri
- Mengkaji penerapan pengelolaan diri dalam pembelajaran
|
Ketepatan dalam menentukan motode pembelajaran yang berhubungan dalam pengaturan diri |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori pengelolaan diri dalam pembelajaran 100 |
|
Materi: pengaturan diri dalam pembelajaran Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson |
0% |