Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teori Belajar dan Pembelajaran

8620320239

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

1 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr.Fajar Arianto, M.Pd




Dr Fajar Arianto, M.Pd




Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-7

Mampu menerapkan kaidah ilmiah untuk menghasilkan desain, media, teknologi, serta evaluasi pembelajaran dan program pelatihan berbasis teknologi informasi dan komunikasi

PLO-8

Mampu menerapkan metode ilmiah dan berpikir reflektif untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan bidang teknologi pendidikan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan konsep dan karakteristik teori pembelajaran, perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran

PO - 2

Mampu mengimplementasikan neuroscience dalam pembelajaran

PO - 3

Mampu menerapkan behavioris dalam belajar dan pembelajaran

PO - 4

Mampu menerapkan tentang teori sosial kognitif dalam pembelajaran

PO - 5

Mampu menerapkan teori pemrosesan informasi pada kegiatan pembelajaran

PO - 6

Mampu menerapkan teori konstruktivis dalam pembelajaran

PO - 7

Mampu menerapkan teori proses belajar kognitif dalam pembelajaran

PO - 8

Mampu menerapkan teori pengelolaan diri dalam kegiatan pembelajaran

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-7PLO-8
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

mengkaji beberapa teori belajar dalam hubungannya dengan teori pembelajaran dan implikasinya terhadap cara-cara belajar yang efektif dan efisien

Pustaka

Utama :

  1. Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson
  2. Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education
  3. Sternberg, R obert J. and Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Ed. Ke-6. USA: Wadsworth
  4. Dai, David Yun dan Robert J. Sternberg. 2004. Motivation, emotion, and cognition : integrative perspectives on intellectual development and functioning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates
  5. Haskell, Robert E. 2000. Transfer of Learning: Cognition, Instruction,and Reasoning.USA: Academic Press

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd.

Irena Yolanita Maureen, S.Pd., M.Sc., Ph.D.

Citra Fitri Kholidya, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
  2. Menganalisis perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran
  1. Ketepatan dalam mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
  2. Ketepatan dalam membedakan teori belajar dengan teori pembelajaran
  3. ketepatan menentukan teori pembelajaran sebagai dasar dalam mendesain pembelajaran
Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
mahasiswa mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
Mahasiswa mengadakan diskusi kelompok untuk menganalisis perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran
100 menit

Materi: teori belajar
Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson

Materi: Teori pembelajaran
Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
  2. Menganalisis perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran
  1. Ketepatan dalam mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
  2. Ketepatan dalam membedakan teori belajar dengan teori pembelajaran
  3. ketepatan menentukan teori pembelajaran sebagai dasar dalam mendesain pembelajaran
Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
mahasiswa mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
Mahasiswa mengadakan diskusi kelompok untuk menganalisis perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran
100 menit

Materi: teori belajar
Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson

Materi: Teori pembelajaran
Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mengkaji tentang penggunaan neurophysiologi belajar
  2. Mengkaji tentang sistem pemrosesan informasi dalam belajar
  3. Mengkaji hubungan antara motivasi dan emosi dalam belajar
  4. Menganalisis penerapan neuroscience dalam pembelajaran
  1. Ketapatan dalam mengkaji tentang penggunaan neurophysiologi belajar
  2. Ketepatan dalam mengkaji tentang sistem pemrosesan informasi dalam belajar
  3. Ketapatan dalam mengkaji tentang perkembangan otak dan hubungannya dengan belajar
  4. Ketepatan dalam mengkaji hubungan antara motivasi dan emosi dalam belajar
  5. Ketepatan dalam menganalisis penerapan neuroscience dalam pembelajaran
Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang neuroscience dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang neuroscience dalam pembelajaran
Menyimpulkan hasil diskusi kelas
100 menit

Materi: neuroscience dalam pembelajaran
Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mengkaji tentang penggunaan neurophysiologi belajar
  2. Mengkaji tentang sistem pemrosesan informasi dalam belajar
  3. Mengkaji hubungan antara motivasi dan emosi dalam belajar
  4. Menganalisis penerapan neuroscience dalam pembelajaran
  1. Ketapatan dalam mengkaji tentang penggunaan neurophysiologi belajar
  2. Ketepatan dalam mengkaji tentang sistem pemrosesan informasi dalam belajar
  3. Ketapatan dalam mengkaji tentang perkembangan otak dan hubungannya dengan belajar
  4. Ketepatan dalam mengkaji hubungan antara motivasi dan emosi dalam belajar
  5. Ketepatan dalam menganalisis penerapan neuroscience dalam pembelajaran
Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang neuroscience dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang neuroscience dalam pembelajaran
Menyimpulkan hasil diskusi kelas
100 menit

Materi: neuroscience dalam pembelajaran
Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson
5%

5

Minggu ke 5

  1. Mengkaji hubungan teori thorndike dalam pendidikan
  2. Mengkaji tentang proses dasar dari classical conditioning
  3. Mengkaji tentang konsep dasar operant conditioning
  4. Mengkaji tujuan pembelajaran dalam behavioris
  1. Ketepatan dalam menerapkan behavioris dalam belajar dan pembelajaran
  2. Ketepatan dalam mengkaji tentang proses dasar dari classical conditioning
  3. Ketepatan dalam mengkaji tujuan pembelajaran dalam behavioris
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori behavioris dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori behavioris dalam pembelajaran
100 menit

Materi: behavioris dalam belajar dan pembelajaran
Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education
5%

6

Minggu ke 6

  1. Mengkaji hubungan teori thorndike dalam pendidikan
  2. Mengkaji tentang proses dasar dari classical conditioning
  3. Mengkaji tentang konsep dasar operant conditioning
  4. Mengkaji tujuan pembelajaran dalam behavioris
  1. Ketepatan dalam menerapkan behavioris dalam belajar dan pembelajaran
  2. Ketepatan dalam mengkaji tentang proses dasar dari classical conditioning
  3. Ketepatan dalam mengkaji tujuan pembelajaran dalam behavioris
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori behavioris dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori behavioris dalam pembelajaran
100 menit

Materi: behavioris dalam belajar dan pembelajaran
Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education
5%

7

Minggu ke 7

  1. Menganalisis pengaruh timbal balik antara faktor perilaku, lingkungan dan individu sebagai kognitif
  2. Mengkaji tentang enaktif dan vicarious dalam belajar
  3. Mengkaji pengaturan diri dalam belajar
  4. Mengkaji fungsi pemodelan dalam belajar
  5. mengkaji self efficacy dalam belajar
  6. Mengkaji penerapan tutoring dan mentoring dalam pembelajaran
  1. Ketepatan dalam Menganalisis pengaruh timbal balik antara faktor perilaku, lingkungan dan individu sebagai kognitif
  2. Ketepatan dalam Mengkaji tentang enaktif dan vicarious dalam belajar
  3. Ketepatan dalam mengkaji pengaturan diri dalam belajar
  4. Ketepatan dalam mengkaji fungsi pemodelan dalam belajar
  5. Ketepatan dalam mengkaji self efficacy dalam belajar
  6. Mengkaji penerapan tutoring dan mentoring dalam pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori sosial kognitif dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori sosial kognitif dalam pembelajaran

Materi: teori kognitif, pemodelanm self efficacy
Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson

Materi: kognitif
Pustaka: Dai, David Yun dan Robert J. Sternberg. 2004. Motivation, emotion, and cognition : integrative perspectives on intellectual development and functioning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates
0%

8

Minggu ke 8

  1. Menganalisis pengaruh timbal balik antara faktor perilaku, lingkungan dan individu sebagai kognitif
  2. Mengkaji tentang enaktif dan vicarious dalam belajar
  3. Mengkaji pengaturan diri dalam belajar
  4. Mengkaji fungsi pemodelan dalam belajar
  5. mengkaji self efficacy dalam belajar
  6. Mengkaji penerapan tutoring dan mentoring dalam pembelajaran
  1. Ketepatan dalam Menganalisis pengaruh timbal balik antara faktor perilaku, lingkungan dan individu sebagai kognitif
  2. Ketepatan dalam Mengkaji tentang enaktif dan vicarious dalam belajar
  3. Ketepatan dalam mengkaji pengaturan diri dalam belajar
  4. Ketepatan dalam mengkaji fungsi pemodelan dalam belajar
  5. Ketepatan dalam mengkaji self efficacy dalam belajar
  6. Mengkaji penerapan tutoring dan mentoring dalam pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori sosial kognitif dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori sosial kognitif dalam pembelajaran

Materi: teori kognitif, pemodelanm self efficacy
Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson

Materi: kognitif
Pustaka: Dai, David Yun dan Robert J. Sternberg. 2004. Motivation, emotion, and cognition : integrative perspectives on intellectual development and functioning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates
0%

9

Minggu ke 9

  1. menganalisis landasan pemrosesn informasi dalam belajar
  2. mengkaji model two store memory dalam belajar
  3. mengkaji penerapan pemrosesan informasi dalam belajar
  1. Ketepatan dalam menganalisis landasan pemrosesn informasi dalam belajar
  2. ketepatan dalam mengkaji model two store memory dalam belajar
  3. Ketepatan dalam menerapan pemrosesan informasi dalam belajar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mempresentasikan kajiannya terkait pemerosesan informasi dalam pembelajran

Materi: pemrosesan informasi
Pustaka: Sternberg, R obert J. and Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Ed. Ke-6. USA: Wadsworth
0%

10

Minggu ke 10

  1. menganalisis landasan pemrosesn informasi dalam belajar
  2. mengkaji model two store memory dalam belajar
  3. mengkaji penerapan pemrosesan informasi dalam belajar
  1. Ketepatan dalam menganalisis landasan pemrosesn informasi dalam belajar
  2. ketepatan dalam mengkaji model two store memory dalam belajar
  3. Ketepatan dalam menerapan pemrosesan informasi dalam belajar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mempresentasikan kajiannya terkait pemerosesan informasi dalam pembelajran
100

Materi: pemrosesan informasi
Pustaka: Sternberg, R obert J. and Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Ed. Ke-6. USA: Wadsworth
0%

11

Minggu ke 11

  1. Mengkaji tentang kontribusi konstuktifis dan penerapan dalam pembelajaran
  2. Mengkaji tentang penerapan discovery learning dalam konstruktivis
  3. Mengkaji tentang penerapan inquiry teaching dalam konstruktivis
  4. Mengkaji tentang penerapan reflective teaching dalam konstruktivis

Ketepatan dalam mentuntukan pembelajaran yang didasarkan pada konstruktivis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori konstrruktivis dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori konstrruktivis dalam pembelajaran
100

Materi: pembelajaran konstruktivis
Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson

Materi: pembelajaran konstruktivis
Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education
20%

12

Minggu ke 12

  1. Mengkaji tentang kontribusi konstuktifis dan penerapan dalam pembelajaran
  2. Mengkaji tentang penerapan discovery learning dalam konstruktivis
  3. Mengkaji tentang penerapan inquiry teaching dalam konstruktivis
  4. Mengkaji tentang penerapan reflective teaching dalam konstruktivis

Ketepatan dalam mentuntukan pembelajaran yang didasarkan pada konstruktivis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori konstrruktivis dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori konstrruktivis dalam pembelajaran
100

Materi: pembelajaran konstruktivis
Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson

Materi: pembelajaran konstruktivis
Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education
0%

13

Minggu ke 13

  1. Mengkaji tentang keterampilan umum dan khusus dalam pembelajaran
  2. Mengkaji hubungan antara metakognisi dan belajar
  3. Mengkaji pembelajaran berbasis kognitif
  1. Ketepatan dalam pembedakan keterampilan umum dan khusus dalam pembelajaran pada perspektif kognitif
  2. Ketepatan dalam mengidentifikasi metakognitif dalam pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori proses belajar kogniti dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang proses kogniti teori belajar dalam pembelajaran
100

Materi: kognitif
Pustaka: Sternberg, R obert J. and Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Ed. Ke-6. USA: Wadsworth

Materi: pembelajaran kognitf
Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson
20%

14

Minggu ke 14

  1. Mengkaji tentang keterampilan umum dan khusus dalam pembelajaran
  2. Mengkaji hubungan antara metakognisi dan belajar
  3. Mengkaji pembelajaran berbasis kognitif
  1. Ketepatan dalam pembedakan keterampilan umum dan khusus dalam pembelajaran pada perspektif kognitif
  2. Ketepatan dalam mengidentifikasi metakognitif dalam pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori proses belajar kogniti dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang proses kogniti teori belajar dalam pembelajaran
100

Materi: kognitif
Pustaka: Sternberg, R obert J. and Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Ed. Ke-6. USA: Wadsworth

Materi: pembelajaran kognitf
Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson
0%

15

Minggu ke 15

  1. Mengkaji tentang memonitor diri yang berhubungan dengan pengelolaan diri
  2. Mengkaji proses kognitif sosial dalam hubungannya dengan pengelolaan diri
  3. menganalisis hubungan kemauan dengan motivasi dan pengaturan diri
  4. Mengkaji penerapan pengelolaan diri dalam pembelajaran

Ketepatan dalam menentukan motode pembelajaran yang berhubungan dalam pengaturan diri

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori pengelolaan diri dalam pembelajaran
100

Materi: pengaturan diri dalam pembelajaran
Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson
30%

16

Minggu ke 16

  1. Mengkaji tentang memonitor diri yang berhubungan dengan pengelolaan diri
  2. Mengkaji proses kognitif sosial dalam hubungannya dengan pengelolaan diri
  3. menganalisis hubungan kemauan dengan motivasi dan pengaturan diri
  4. Mengkaji penerapan pengelolaan diri dalam pembelajaran

Ketepatan dalam menentukan motode pembelajaran yang berhubungan dalam pengaturan diri

Kriteria:

rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori pengelolaan diri dalam pembelajaran
100

Materi: pengaturan diri dalam pembelajaran
Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 70%
2. Praktik / Unjuk Kerja 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.