Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Cyber Learning

8600303077

T=2

P=1

ECTS=7.56

1

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Mustaji, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-22

Menguasai metodologi penelitian untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja dalam rangka menciptakan, mengelola, dan menggunakan proses dan sumber belajar (P1 dan P2)

PLO-23

Mempu mengekplorasi, mengevaluasi, mensintesis, dan menerapkan metode penelitian dalam rangka memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja (P1)

PLO-25

Mampu mengelola dan mengambil kebijakan bidang teknologi pendidikan, teknologi kinerja dan pelatihan (P3)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep cyber learning dalam desain pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan efektivitas pendidikan (C3)

PO - 2

Menganalisis berbagai metode cyber learning untuk mengidentifikasi yang paling efektif dalam konteks pendidikan tertentu (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas teknologi cyber learning berdasarkan kriteria pedagogis dan teknis (C5)

PO - 4

Menciptakan solusi pembelajaran berbasis cyber yang inovatif untuk mengatasi masalah pendidikan yang kompleks (C6)

PO - 5

Menerapkan teknik analisis data dalam penelitian cyber learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C3)

PO - 6

Menganalisis dampak penggunaan teknologi cyber learning terhadap kinerja dan motivasi belajar siswa (C4)

PO - 7

Mengevaluasi berbagai platform cyber learning untuk menentukan yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi pendidikan (C5)

PO - 8

Menciptakan kerangka kerja kolaboratif menggunakan teknologi cyber learning untuk mendukung pembelajaran berkelanjutan (C6)

PO - 9

Menerapkan strategi cyber learning dalam pengembangan profesional berkelanjutan bagi pendidik (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengevaluasi tren terkini dalam cyber learning untuk mengintegrasikannya dalam praktik pendidikan (C4, C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-22PLO-23PLO-25
PO-1   
PO-2   
PO-3  
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8  
PO-9   
PO-10  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Cyber Learning pada jenjang S3 program studi Teknologi Pendidikan membahas tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Tujuan dari matakuliah ini adalah untuk memahami konsep-konsep dasar cyber learning, mengembangkan keterampilan dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis teknologi, serta menganalisis dampak penggunaan teknologi dalam pendidikan. Ruang lingkupnya mencakup studi tentang e-learning, pembelajaran jarak jauh, desain instruksional digital, manajemen pembelajaran online, evaluasi pembelajaran berbasis teknologi, dan tren terkini dalam cyber learning.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Dr. Alim Sumarno, M.Pd.

Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.