|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
DESAIN PESAN PEMBELAJARAN |
8610302046 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai berbagai konsep dasar desain pembelajaran dan Desain Sistem Pembelajaran
|
PO - 2 |
Menguasai konsep dan prinsip pengembangan desain system pembelajaran
|
PO - 3 |
memahami desain sistem pembelajaran model ADDIE
|
PO - 4 |
Memahami desain sistem pembelajaran model Dick and Carey
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji berbagai konsep dasar desain dan pengembangan sistem pembelajaran, model-model sistem pembelajaran dan langkah-langkah pengembangan sistem pembelajaran serta praktek menyusun sistem pembelajaran |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson.
- Gustafson, Kent L., Branch, Robert M., 2002, Survey of Instructional Development Models, New York: Syracuse University
- Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA
|
Pendukung : |
|
- Januszewski, Alan., Molenda, Michael., 2008, Educational Technology: a definition with commentary, AECT: Indiana University
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami kosep desain pembelajaran |
- Menjelaskan konsep desain secara umum
- Menguraikan makna pembelajaran
- Mengidentifikasi keterkaitan komponen dalam domain TP
|
Kriteria:
- A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis
- sangat baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Diskusi, tanya jawab 3 x 50 |
Ceramah, Diskusi, tanya jawab 3 x 45 |
Materi: KONSEP DESAIN PEMBELAJARAN Pustaka: Gustafson, Kent L., Branch, Robert M., 2002, Survey of Instructional Development Models, New York: Syracuse University |
2% |
2
Minggu ke 2 |
mengenal beragam desain sistem pembelajaran |
- Menjelaskan konsep desain secara umum
- Menguraikan makna pembelajaran
- Mengidentifikasi keterkaitan komponen dalam domain TP
|
Kriteria:
- A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis
- sangat baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Diskusi, tanya jawab 3 x 50 |
Ceramah, Diskusi, tanya jawab 3 x 45 |
Materi: konsep desain pembelajaran Pustaka: Gustafson, Kent L., Branch, Robert M., 2002, Survey of Instructional Development Models, New York: Syracuse University |
2% |
3
Minggu ke 3 |
- Mampu memahami model ADDIE
- tahap analisis
|
menjelaskan konsep model ADDIE |
Kriteria:
A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 x 50 |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 x 45 |
Materi: ADDIE tahap analisis Pustaka: Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA |
2% |
4
Minggu ke 4 |
- Mampu memahami model ADDIE
- tahap pengembangan
|
- menjelaskan konsep model ADDIE
- mampu menndisikripsikan tahap pengembangan
|
Kriteria:
A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 x 50 |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 x 45 |
Materi: tahap desain Pustaka: Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA Materi: bran Pustaka: |
2% |
5
Minggu ke 5 |
memahami tahap desain |
Menjelaskan model ADDIE tahap desain |
Kriteria:
ketepatan dalam deskripsi desain Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 x 50 |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 x 45 |
Materi: tahap pengembangan Pustaka: Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik |
mendiskripsikan tahap pengembangan |
Kriteria:
A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 x 50 |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 x 45 |
Materi: tahap implementasi Pustaka: Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA |
2% |
7
Minggu ke 7 |
memahami tahap implementasi |
mendeskripsikan tahap implementasi |
Kriteria:
A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 x 50 |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 x 50 |
Materi: tahap evaluasi Pustaka: Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA Materi: tahap evaluasi Pustaka: Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA |
2% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
|
Kriteria:
A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis |
Tes tertulis 90 |
Tes tertulis 90 |
Materi: model yang beririentasi pada kelas, produk dan sistem Pustaka: Gustafson, Kent L., Branch, Robert M., 2002, Survey of Instructional Development Models, New York: Syracuse University Materi: model ADDIE Pustaka: Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami tahap evaluasi |
mendeskripsikan tahap evaluasi |
Kriteria:
A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 X 50 |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 X 45 |
Materi: perumusan tujuan pembelajaran Pustaka: Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson. |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami DSP model Dick |
Mampu menganalisis pembelajaran |
Kriteria:
A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 X 50 |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 X 45 |
Materi: analisisis intruksional Pustaka: Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson. |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami konsep model pembelajaran berbasis masalah (MPBM). |
analisisi kontek dan siswa |
Kriteria:
A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 X 50 |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 X 45 |
|
2% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami Model DSP Dick and Carey |
memahami tahap identifikasi kebutuhan dan analisis pembelajaran |
Kriteria:
A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 X 50 |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 X 45 |
Materi: tujuan khusus pembelajaran Pustaka: Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson. |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami konsep pembelajaran elektronik (e- learning). |
mendiskriksikan tahap analisis kontek dan karakteristik peserta didik |
Kriteria:
A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 X 50 |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 X 45 |
Materi: penyusunan penilaian pembelajaran Pustaka: Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson. |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memahami Model DSP Dick and Carey |
mampu menyusun tujuan pembelajaran dan intrumen penilaian pembelajaran |
Kriteria:
A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 x 50 |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 x 45 |
Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson. |
13% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memahami Model DSP Dick and Carey |
mampu mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif dan sumatif |
Kriteria:
A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 x 50 |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab 3 x 45 |
Materi: evaluasi formatif dan sumatif Pustaka: Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson. |
13% |
16
Minggu ke 16 |
uts |
- Mengerjakan soal UAS
- mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif dan sumatif
|
Kriteria:
A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis |
Tes tertulis 90 |
Tes tertulis 90 |
Materi: perumusan tujuan sampai evaluasi sumatif Pustaka: Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson. |
40% |