Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

DESAIN PESAN PEMBELAJARAN

8610302046

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai berbagai konsep dasar desain pembelajaran dan Desain Sistem Pembelajaran

PO - 2

Menguasai konsep dan prinsip pengembangan desain system pembelajaran

PO - 3

memahami desain sistem pembelajaran model ADDIE

PO - 4

Memahami desain sistem pembelajaran model Dick and Carey

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji berbagai konsep dasar desain dan pengembangan sistem pembelajaran, model-model sistem pembelajaran dan langkah-langkah pengembangan sistem pembelajaran serta praktek menyusun sistem pembelajaran

Pustaka

Utama :

  1. Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson.
  2. Gustafson, Kent L., Branch, Robert M., 2002, Survey of Instructional Development Models, New York: Syracuse University
  3. Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA

Pendukung :

  1. Januszewski, Alan., Molenda, Michael., 2008, Educational Technology: a definition with commentary, AECT: Indiana University

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami kosep desain pembelajaran

  1. Menjelaskan konsep desain secara umum
  2. Menguraikan makna pembelajaran
  3. Mengidentifikasi keterkaitan komponen dalam domain TP
Kriteria:
  1. A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis
  2. sangat baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Diskusi, tanya jawab
3 x 50
Ceramah, Diskusi, tanya jawab
3 x 45
Materi: KONSEP DESAIN PEMBELAJARAN
Pustaka: Gustafson, Kent L., Branch, Robert M., 2002, Survey of Instructional Development Models, New York: Syracuse University
2%

2

Minggu ke 2

mengenal beragam desain sistem pembelajaran

  1. Menjelaskan konsep desain secara umum
  2. Menguraikan makna pembelajaran
  3. Mengidentifikasi keterkaitan komponen dalam domain TP
Kriteria:
  1. A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis
  2. sangat baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Diskusi, tanya jawab
3 x 50
Ceramah, Diskusi, tanya jawab
3 x 45
Materi: konsep desain pembelajaran
Pustaka: Gustafson, Kent L., Branch, Robert M., 2002, Survey of Instructional Development Models, New York: Syracuse University
2%

3

Minggu ke 3

  1. Mampu memahami model ADDIE
  2. tahap analisis

menjelaskan konsep model ADDIE

Kriteria:

A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 x 50
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 x 45
Materi: ADDIE tahap analisis
Pustaka: Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA
2%

4

Minggu ke 4

  1. Mampu memahami model ADDIE
  2. tahap pengembangan
  1. menjelaskan konsep model ADDIE
  2. mampu menndisikripsikan tahap pengembangan
Kriteria:

A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 x 50
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 x 45
Materi: tahap desain
Pustaka: Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA

Materi: bran
Pustaka:
2%

5

Minggu ke 5

memahami tahap desain

Menjelaskan model ADDIE tahap desain

Kriteria:

ketepatan dalam deskripsi desain


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 x 50
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 x 45
Materi: tahap pengembangan
Pustaka: Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA
2%

6

Minggu ke 6

Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik

mendiskripsikan tahap pengembangan

Kriteria:

A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 x 50
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 x 45
Materi: tahap implementasi
Pustaka: Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA
2%

7

Minggu ke 7

memahami tahap implementasi

mendeskripsikan tahap implementasi

Kriteria:

A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 x 50
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 x 50
Materi: tahap evaluasi
Pustaka: Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA

Materi: tahap evaluasi
Pustaka: Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA
2%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Kriteria:

A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis

Tes tertulis
90
Tes tertulis
90
Materi: model yang beririentasi pada kelas, produk dan sistem
Pustaka: Gustafson, Kent L., Branch, Robert M., 2002, Survey of Instructional Development Models, New York: Syracuse University

Materi: model ADDIE
Pustaka: Branch, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. DepartmentofEducational Psychologyand Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens, GA 30602 USA
10%

9

Minggu ke 9

Memahami tahap evaluasi

mendeskripsikan tahap evaluasi

Kriteria:

A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 X 50
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 X 45
Materi: perumusan tujuan pembelajaran
Pustaka: Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson.
2%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami DSP model Dick

Mampu menganalisis pembelajaran

Kriteria:

A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 X 50
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 X 45
Materi: analisisis intruksional
Pustaka: Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson.
2%

11

Minggu ke 11

Memahami konsep model pembelajaran berbasis masalah (MPBM).

analisisi kontek dan siswa

Kriteria:

A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 X 50
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 X 45
2%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami Model DSP Dick and Carey

memahami tahap identifikasi kebutuhan dan analisis pembelajaran

Kriteria:

A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 X 50
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 X 45
Materi: tujuan khusus pembelajaran
Pustaka: Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson.
2%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami konsep pembelajaran elektronik (e- learning).

mendiskriksikan tahap analisis kontek dan karakteristik peserta didik

Kriteria:

A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 X 50
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 X 45
Materi: penyusunan penilaian pembelajaran
Pustaka: Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson.
2%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami Model DSP Dick and Carey

mampu menyusun tujuan pembelajaran dan intrumen penilaian pembelajaran

Kriteria:

A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 x 50
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 x 45
Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson.
13%

15

Minggu ke 15

Mampu memahami Model DSP Dick and Carey

mampu mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif dan sumatif

Kriteria:

A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 x 50
Presentasi, Diskusi, tanya jawab
3 x 45
Materi: evaluasi formatif dan sumatif
Pustaka: Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson.
13%

16

Minggu ke 16

uts

  1. Mengerjakan soal UAS
  2. mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif dan sumatif
Kriteria:

A= Sangat baik B= Baik C= Cukup baik D=Kurang baik & uraian tertulis

Tes tertulis
90
Tes tertulis
90
Materi: perumusan tujuan sampai evaluasi sumatif
Pustaka: Carey, W. Dick, and Carey, L & Carey, J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson.
40%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 18.94%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 8.92%
3. Penilaian Portofolio 13.6%
4. Praktik / Unjuk Kerja 1.34%
5. Tes 7.27%
50.07%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.