Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Komunikasi Antar Budaya

7920103204

T=3

P=0

ECTS=4.77

8

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Phil. Moh. Rokib, M.A.; M. Erwan Saing, M.A.; Dr. Diding W Rohaedi, M.Hum.




Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mensistematisasi masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang berkembang di masyarakat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengkaji kebudayaan Indonesia (dan umum) dengan mempertimbangkan kekuasaan (atau kehadiran negara/pemerintah) secara bertanggung jawab

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-7
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan kajian budaya di Indonesia dengan mencari bentuk/struktur, fungsi, dan makna budaya melalui pengkajian multidisiplin dari kehidupan sosial dan budaya masyarakat dari tradisi hingga modern. Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk penugasan dan presentasi hasil tugas. Produk akhir adalah laporan hasil pengkajian budaya dalam bentuk makalah.

Pustaka

Utama :

  1. Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications
  2. Jenks, Chris. 1013. Culture Studi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. White, Leslie A. -. The Concept of Culture . Calivornia: Bethdillingham University of Cincinnati.
  4. Story, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop. Yogyakarta: Qalam
  5. Spradley, James. 2006. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana
  6. Dundes, Alan. 1965. The Study Of Folklore. Tokyo: Prentice Hall.Inc. Engiewood Clifis
  7. Strinati, Dominic. 1995. An Introduction to Theories of Popular Culture. Lomdon: Routledge.
  8. Danesi, Marcel. 2012. Pesan, Tanda dan Makna. Yogyakarta: Jalasutra
  9. Yuwana. Setya. 2013. Kearifan Budaya Lokal. Sidoarjo:Damar Ilmu

Pendukung :

  1. Beberapa buku tentang kebudayaan dan kesenian Indonesia

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan hakikat kajian budaya

Menjelaskan hakikat kajian budaya

Kriteria:
  1. 5: 5 identifikasi benar
  2. 4: 4 identifikasi benar
  3. 3: 3 identifikasi benar
  4. 2: 2 identifikasi benar
  5. 1: 1 identifikasi benar
  6. 0: tidak ada identifikasi yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Menjelaskan / ceramah Tanya jawab Diskusi
2 X 50

Materi: hakikat kajian budaya
Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications
5%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan konsep kebudayaan ditinjau dari struktur sosial, tindakan sosial dan material budaya

Mampu menjelaskan konsep tentang kebudayaan, struktur social, tindakan social, dan pengertian kebudayaan material

Kriteria:
  1. 5: 5 identifikasi benar
  2. 4: 4 identifikasi benar
  3. 3: 3 identifikasi benar
  4. 2: 2 identifikasi benar
  5. 1: 1 identifikasi benar
  6. 0: tidak ada identifikasi yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: konsep kebudayaan ditinjau dari struktur sosial, tindakan sosial dan material budaya
Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications
5%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan stratifikasi budaya dan reproduksi dalam budaya

Mampu menjelaskan stratifikasi budaya dan reproduksi dalam budaya

Kriteria:
  1. Penilaian tes tertulis dilakukan pada saat UTS.
  2. Bobot masing-masing instrument berbeda, yaitu:
  3. Nomor 1,2,3,6,7 masing-masing bobot skor 10.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Menjelaskan / ceramah- Tanya jawab Diskusi
2 X 50

Materi: stratifikasi budaya dan reproduksi dalam budaya
Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications
5%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan tentang teori budaya dan perbedaan teori structural dan fungsional serta contoh penerapannya

ยท Mampu menjelaskan teori struktur dan fungsi menurut ahlinya

Kriteria:

Nomor 4 dan 5 masing-masing bobot skor15


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: teori budaya dan perbedaan teori structural dan fungsional serta contoh penerapannya
Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications
5%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan teori semiotika, konsep budaya massa, budaya popular dan budaya lokal serta contoh penerapannya

Mampu menjelaskan teori semiotika, budaya massa, budaya popular, dan budaya lokal

Kriteria:
  1. : penjelasan 3 ciri benar
  2. 2: penjelasan 2 ciri benar
  3. 1: penjelasan 1 ciri benar
  4. 0: tidak ada penjelasan yang benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: teori semiotika, konsep budaya massa, budaya popular dan budaya lokal serta contoh penerapannya
Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications
5%

6

Minggu ke 6

Menjelaskan teori semiotika, konsep budaya massa, budaya popular dan budaya lokal serta contoh penerapannya

Mampu menjelaskan teori semiotika, budaya massa, budaya popular, dan budaya lokal

Kriteria:
  1. : penjelasan 3 ciri benar
  2. 2: penjelasan 2 ciri benar
  3. 1: penjelasan 1 ciri benar
  4. 0: tidak ada penjelasan yang benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: teori semiotika, konsep budaya massa, budaya popular dan budaya lokal serta contoh penerapannya
Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications
5%

7

Minggu ke 7

Menjelaskan teori semiotika, konsep budaya massa, budaya popular dan budaya lokal serta contoh penerapannya

Mampu menjelaskan teori semiotika, budaya massa, budaya popular, dan budaya lokal

Kriteria:
  1. : penjelasan 3 ciri benar
  2. 2: penjelasan 2 ciri benar
  3. 1: penjelasan 1 ciri benar
  4. 0: tidak ada penjelasan yang benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: teori semiotika, konsep budaya massa, budaya popular dan budaya lokal serta contoh penerapannya
Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2 X 50

Materi: UTS
Pustaka: Beberapa buku tentang kebudayaan dan kesenian Indonesia
10%

9

Minggu ke 9

Membedakan metodologi kajian budaya melalui pendekatan etnografi, tekstual dan studi resepsi

Mampu menerapkan metodologi kajian budaya melalui pendekatan etnografi, tekstual dan studi resepsi

Kriteria:
  1. 5 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah sesuai dengan kreteria pada aspek penilaian
  2. 4 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah sebagian besar sesuai dengan kreteria pada aspek penilaian
  3. 2 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah sebagian kecil sesuai dengan kreteria pada aspek penilaian
  4. 1 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah tidak memenuhi dengan kreteria pada aspek penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi kelompok dan diskusi
2 X 50

Materi: metodologi kajian budaya melalui pendekatan etnografi, tekstual dan studi resepsi
Pustaka: Jenks, Chris. 1013. Culture Studi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

10

Minggu ke 10

Membedakan metodologi kajian budaya melalui pendekatan etnografi, tekstual dan studi resepsi

Mampu menerapkan metodologi kajian budaya melalui pendekatan etnografi, tekstual dan studi resepsi

Kriteria:
  1. 5 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah sesuai dengan kreteria pada aspek penilaian
  2. 4 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah sebagian besar sesuai dengan kreteria pada aspek penilaian
  3. 2 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah sebagian kecil sesuai dengan kreteria pada aspek penilaian
  4. 1 jika hasil laporan makalah/presentasi makalah tidak memenuhi dengan kreteria pada aspek penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi kelompok dan diskusi
2 X 50

Materi: metodologi kajian budaya melalui pendekatan etnografi, tekstual dan studi resepsi
Pustaka: Jenks, Chris. 1013. Culture Studi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

11

Minggu ke 11

Membuat makalah kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern

Mampu mengkaji budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern

Kriteria:

Penilaian produk hasil kinerja didasarkan pada perolehan skor pada rubrik yang telah ada.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi kelompok dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern
Pustaka: Story, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop. Yogyakarta: Qalam
5%

12

Minggu ke 12

Membuat makalah kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern

Mampu mengkaji budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern

Kriteria:

Penilaian produk hasil kinerja didasarkan pada perolehan skor pada rubrik yang telah ada.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi kelompok dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern
Pustaka: Story, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop. Yogyakarta: Qalam
5%

13

Minggu ke 13

Membuat makalah kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern

Mampu mengkaji budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern

Kriteria:

Penilaian produk hasil kinerja didasarkan pada perolehan skor pada rubrik yang telah ada.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi kelompok dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern
Pustaka: Story, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop. Yogyakarta: Qalam
5%

14

Minggu ke 14

Membuat makalah kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern

Mampu mengkaji budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern

Kriteria:

Penilaian produk hasil kinerja didasarkan pada perolehan skor pada rubrik yang telah ada.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi kelompok dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern
Pustaka: Story, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop. Yogyakarta: Qalam
5%

15

Minggu ke 15

Membuat makalah kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern

Mampu mengkaji budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern

Kriteria:

Penilaian produk hasil kinerja didasarkan pada perolehan skor pada rubrik yang telah ada.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi kelompok dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern
Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications
10%

16

Minggu ke 16

Membuat makalah kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern

Mampu mengkaji budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern

Kriteria:

Penilaian produk hasil kinerja didasarkan pada perolehan skor pada rubrik yang telah ada.


Bentuk Penilaian :
Tes
Presentasi kelompok dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian budaya di Indonesia berdasarkan teori dan konsep budaya dengan objek kajian budaya tradisional dan modern
Pustaka: Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10%
3. Penilaian Portofolio 15%
4. Tes 25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.