Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Filsafat Pendidikan

8620702025

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Achmad Sya‘dullah




Hirnanda Dimas Pradana, M.Pd




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan hakekat filsafat pendidikan, perkembangan filsafat pendidikan dan hubungan manusia, filsafat dan pendidikan

PO - 2

Mengklasifikasi sistem filsafat, filsafat pendidikan dan jenis-jenis aliran filsafat

PO - 3

Menganalisis kasus-kasus Paud, serta inovasi Paud berdasar filsafat pendidikan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-4
PO-1 
PO-2
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengkaji hakekat filsafat dan filsafat pendidikan bagi pembelajaran anak usia dini, konsep ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam pendidikan, implementasi aliran filsafat bagi pendidikan anak usia dini. Pembahasannya mencakup juga memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman, keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat filsafat pendidikan, tujuan, fungsi, dan manfaat untuk memperoleh skill dalam pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor anak usia dini dalam mengimplementasikan pemikiran para filsuf pendidikan. Implementasi implikasi pemikiran filsuf pada strategi, teknik penyampaian dan penilaian pembelajaran anak usia dini untuk merencanakan, mengaplikasikan, memodifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan pemikiran Kihajar Dewantara untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pembelajaran anak usia dini

Pustaka

Utama :

  1. Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka I (Pendidikan) dan II (Budaya). Yogya: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
  2. Gunawan.2009. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogya: Gadjah Mada University Press.
  3. Kuhn. Thomas S. 2005. Peran Paradigma Dalam revolusi Sains, Bandung: RemajaRosdakarya
  4. Liang The. Gie. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty.
  5. Madden, Edward H. 1968. The Structure of Scientific Thought, London: Routledge & Kegan Paul
  6. Ruitenberg, Claudia W. 2012. Philosophy and Lived Experience: A Phenomenological Revival.Illinois: Philosophy of Education.
  7. Sadulloh. Uyoh. 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta
  8. Soemargono, Soejono. 2004. Pengantar Filsafat Louis O. Kattsoff. Terjemah. Yogya: Tiara Wacana
  9. Suriasumantri, Jujun. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer . Jakarta: Pusaka Harapan.
  10. Suriasumantri,Jujun.2003. Ilmu Dalam Perspektif, Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakikat Ilmu . Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  11. Tafsir. Ahmad.2010. Filasafat Pendidikan Islami, Bandung: Remaja Rosdakarya
  12. Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka

Pendukung :

  1. Sya’dullah, A., Setyosari, P., Ulfa, S., Praherdhiono, H., & Saroinsong, W. P. (2024). Teaching Style, Digital Literacy, and Self-Efficacy on Early Childhood Education Teacher Capabilities. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 7(1).
  2. Sya'dullah, A. (2020). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 125-132.

Dosen Pengampu

Dr. Achmad Sya'dullah, S.Psi., M.Pd

Dhian Gowinda Luh Safitri, S.Pd., M.Ed.

Hirnanda Dimas Pradana, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Anak Usia Dini dan kontrak perkuliahan

Menyebutkan kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah Filsafat Pendidikan bagi PAUD

Kriteria:
  1. 4: menyebut dan menjelaskan 4 CP dengan dengan tepat
  2. 3: hanya meneyebut dan menjelaskand engan tepat 3 CP
  3. 2: menyebut dan menjelaskan dengan tepat 2 CP
  4. 1: mneyebut dan menjelaskan 1 CP
  5. 0: tidak menjawab

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ekspositori Diskusi
2 X 50

Materi: pengertian filsafat
Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka

Materi: karakteristik berpikir filosofis
Pustaka: Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka I (Pendidikan) dan II (Budaya). Yogya: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Materi: Filsafat dan pengetahuan ilmiah
Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka
5%

2

Minggu ke 2

Memahami hakikat Filsafat Memahami ruang lingkup Filsafat Pendidikan

mendiskripsikan hakikat filsafat Menguraikan ruang lingkup Filsafat Pendidikan

Kriteria:
  1. 4: tulisan mendekati sama atau 300 kata, dan menguraikan hakikat keberbakatan dan ruang lingkup pendidikan anak berbakat secara benar.
  2. 3: tulisan secara umum benar, hanya satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: tulisan hanya mengadung dua aspek yang benar.
  4. 1: tulisan secara umu tidak menjawab perintah.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Saintifik Kolaboratif Inquiri
2 X 50

Materi: Pengertian filsafat pendidikan
Pustaka: Gunawan.2009. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogya: Gadjah Mada University Press.

Materi: Objek pembahasan filsafat pendidikan
Pustaka: Liang The. Gie. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty.

Materi: Kegunaan filsafat pendidikan
Pustaka: Kuhn. Thomas S. 2005. Peran Paradigma Dalam revolusi Sains, Bandung: RemajaRosdakarya
5%

3

Minggu ke 3

Mendiskripsikan hakikat filsafat pendidikan Mendiskripsikan tiga landasan utama filsafat pendidikan

Merumuskan konsep filsafat pendidikan Merumuskan konsep ontologi, epistemologi, aksiologi dalam filsafat pendidikan

Kriteria:
  1. 4: tulisan mendekati sama atau 200 kata, dan menguraikan konsep filsafat pendidikan, tiga landasan filsafat pendidikan secara benar.
  2. 3: tulisan secara umum benar, hanya satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: tulisan hanya mengadung dua aspek yang benar.
  4. 1: tulisan secara umu tidak menjawab perintah.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Saintifik Resitasi Direct instruction
2 X 50

Materi: pemikiran filsafat spiritualisme kuno
Pustaka: Madden, Edward H. 1968. The Structure of Scientific Thought, London: Routledge & Kegan Paul

Materi: hakekat pendidikan dan nilai
Pustaka: Suriasumantri, Jujun. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer . Jakarta: Pusaka Harapan.

Materi: reaksi terhadap spiritualisme di yunani
Pustaka: Ruitenberg, Claudia W. 2012. Philosophy and Lived Experience: A Phenomenological Revival.Illinois: Philosophy of Education.

Materi: perkembangan filsafat pendidikan
Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka
5%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi implikasi aliran filsafat idealisme dalam pendidikan anak usia dini

Menunjukkan implikasi aliran filsafat idealisme dalam pembelajaran anak usia dini

Kriteria:
  1. 4: benar isi dan penempatannya;
  2. 3: benar isi, ada kesalahan penempatan, ATAU benar penempatan salah isi
  3. 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar penempatan
  4. 1: sebagaian benar dan salah penempatan ATAU benar pnempatan dan salah isi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Saintifikinquiri
2 X 50

Materi: hubungan manusia, filsafat dan pendidikan
Pustaka: Tafsir. Ahmad.2010. Filasafat Pendidikan Islami, Bandung: Remaja Rosdakarya

Materi: plato, ariestoteles
Pustaka: Liang The. Gie. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty.

Materi: MJ. Langeveld
Pustaka: Ruitenberg, Claudia W. 2012. Philosophy and Lived Experience: A Phenomenological Revival.Illinois: Philosophy of Education.
5%

5

Minggu ke 5

Mendeskripsikan implikasi aliran filsafat naturalisme dalam pendidikan anak usia dini

Merumuskan implikasi aliran filsafat naturalisme dalam pembelajaran anak usia dini

Kriteria:
  1. 4: isi benar, runtut/padu, panjang maksimal 150 kata.
  2. 3: isi benar, kurang runtut/padu, maksimal 150 kata,
  3. 2: isi sebagian salah, kurang runtut/padu, panjang kurang 100 kata,
  4. 1: isi salah

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Saintifik discovery
2 X 50

Materi: sistem filsafat
Pustaka: Suriasumantri, Jujun. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer . Jakarta: Pusaka Harapan.

Materi: metafisika
Pustaka: Suriasumantri,Jujun.2003. Ilmu Dalam Perspektif, Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakikat Ilmu . Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Materi: ontologi, epistimologi, aksiologi
Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka
5%

6

Minggu ke 6

Mendeskripsikan prinsip-prinsip aliran filsafat rekonstruksionisme dalam pendidikan anak usia dini

Menunjukkan prinsip-prinsip aliran filsafat rekonstruksionisme dalam pendidikan anak usia dini

Kriteria:
  1. 4: meneyebut lengkap dan menjelaskan benar
  2. 3: menyebut tidak lengkap dan menjelaskan benar
  3. 2: menyebut sebagian dan menjelaskan benar
  4. 1: menyebut sebagian dan menjelaskan salah

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
saintifikdiscovery
2 X 50

Materi: sitem filsafat pendidikan
Pustaka: Kuhn. Thomas S. 2005. Peran Paradigma Dalam revolusi Sains, Bandung: RemajaRosdakarya

Materi: idealism dan realism
Pustaka: Gunawan.2009. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogya: Gadjah Mada University Press.

Materi: praagmatism dan islam
Pustaka: Sadulloh. Uyoh. 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta
5%

7

Minggu ke 7

Membagankan konsep eksistensialisme pada pendidikan anak usia dini

  1. Menyusun bagan konsep eksistensialisme dalam pendidikan anak usia dini
  2. Menyajikan bagan prinsip dasar aliran eksistensialisme dalam pendidikan anak usia dini
Kriteria:
  1. 4: isi lengkap dan benar dan penampilan menarik
  2. 3: isi lengkap dan benar, penampilan tidak menarik ATAU penampirlan menarik namun ada ketidakmtepatan isi
  3. 2: isi sebagian benar, penampilan menarik
  4. 1: isi tidak benar dan penampilann tidak menarik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
saintifikkolaboratif
2 X 50

Materi: Aliran progresivism konsep dasar
Pustaka: Liang The. Gie. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty.

Materi: pandangan progresivism tentang realita
Pustaka: Soemargono, Soejono. 2004. Pengantar Filsafat Louis O. Kattsoff. Terjemah. Yogya: Tiara Wacana

Materi: pandangan progresivism tentang pengetahuan
Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka
5%

8

Minggu ke 8

Menguasai konsep pertemuan 1-7

menguasai konsep pertemuan 1-7

Uts
2 X 50

10%

9

Minggu ke 9

Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran perenialisme Membuat analisis implikasi aliran perenialisme pada pendidikan anak usia dini

  1. Memaparkan hakekat aliran perenialisme
  2. Mamaparkan hasil analisis implikasi aliran perenialisme pada pendidikan anak usia dini
Kriteria:
  1. 4: menyebut 2 bidang dan menjelaskan dengan benar.
  2. 3: menyebut 2 bidang, dan menjelaskan ada yang salah.
  3. 2: menyebut 2 bidang, menjelaskan salah semua
  4. 1: menyebut salah dan menjelaskan salah.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
siantifikdiskusi
2 X 50

Materi: pandangan progresivism tentang nilai
Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka

Materi: pandangan progresivism tentang belajar
Pustaka: Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka I (Pendidikan) dan II (Budaya). Yogya: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Materi: pandangan progresivism tentang kurikulum
Pustaka: Gunawan.2009. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogya: Gadjah Mada University Press.
5%

10

Minggu ke 10

Menerapkan dasar aliran esensialisme

  1. Menyusun makalah konsep dasar aliran esensialisme di pendidikan anak usia dini
  2. Menganalisis implikasi esensialisme pada kurikulum, metode, dan guru
Kriteria:
  1. 4: menyebut 2 bidang dan menjelaskan dengan benar.
  2. 3: menyebut 2 bidang, dan menjelaskan ada yang salah.
  3. 2: menyebut 2 bidang, menjelaskan salah semua
  4. 1: menyebut salah dan menjelaskan salah

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
saintifik kolaboratif
2 X 50

Materi: konsep dasar esensialisme
Pustaka: Suriasumantri,Jujun.2003. Ilmu Dalam Perspektif, Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakikat Ilmu . Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Materi: pandangan esensialisme tentang realita
Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka

Materi: pandangan esensialisme tentang realita
Pustaka: Soemargono, Soejono. 2004. Pengantar Filsafat Louis O. Kattsoff. Terjemah. Yogya: Tiara Wacana

Materi: pandangan esensialisme tentang pengetahuan
Pustaka: Soemargono, Soejono. 2004. Pengantar Filsafat Louis O. Kattsoff. Terjemah. Yogya: Tiara Wacana
0%

11

Minggu ke 11

Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran realisme Membuat analisis implikasi aliran realisme pada pendidikan anak usia dini

  1. Memaparkan hakekat aliran realisme
  2. Mamaparkan hasil analisis implikasi aliran realisme pada pendidikan anak usia dini
Kriteria:
  1. 4: isi lengkap dan benar, runtut/padu
  2. 3: isi kurang lengkap, penjelasan benar, kurang runtut/padu
  3. 2: isi kurang lengkap penjelasan sebagian salah, kurang runtut/padu
  4. 1: isi, penjelasan, keruntutan salah

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
saintifik diskusi
2 X 50

Materi: pandangan esensialisme tentang nilai
Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka

Materi: pandangan esensialisme tentang belajar
Pustaka: Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka I (Pendidikan) dan II (Budaya). Yogya: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Materi: pandangan esensialisme tentang kurikulum
Pustaka: Madden, Edward H. 1968. The Structure of Scientific Thought, London: Routledge & Kegan Paul
2%

12

Minggu ke 12

Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran pragmatisme Membuat analisis implikasi aliran pragmatisme pada pendidikan anak usia dini

  1. Memaparkan hakekat aliran pragmatisme
  2. Mamaparkan hasil analisis implikasi aliran pragmatisme pda pendidikan anak usia dini
Kriteria:
  1. 4: isi lengkap dan benar, runtut/padu
  2. 3: isi kurang lengkap, penjelasan benar, kurang runtut/padu
  3. 2: isi kurang lengkap penjelasan sebagian salah, kurang runtut/padu
  4. 1: isi, penjelasan, keruntutan salah
Saintifikdiskusi
2 X 50

Materi: konsep dasar perenialisme
Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka

Materi: pandangan perenialisme tentang realita
Pustaka: Suriasumantri, Jujun. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer . Jakarta: Pusaka Harapan.

Materi: pandangan perenialisme tentang pengetahuan
Pustaka: Suriasumantri, Jujun. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer . Jakarta: Pusaka Harapan.
5%

13

Minggu ke 13

Menerapkan dasar filsafat pendidikan di Indonesia

  1. Menjelaskan Pancasila sebagai ideologi bangsa
  2. Menganalisis komponen kunci keselarasan tujuan negara dan tujuan pendidikan
Kriteria:
  1. 4: isi lengkap dan benar, runtut/padu
  2. 3: isi kurang lengkap, penjelasan benar, kurang runtut/padu
  3. 2: isi kurang lengkap penjelasan sebagian salah, kurang runtut/padu
  4. 1: isi, penjelasan, keruntutan salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
saintifik diskusi
2 X 50

Materi: pandangan perenialisme tentang nilai
Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka

Materi: pandangan perenialisme tentang belajar
Pustaka: Gunawan.2009. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogya: Gadjah Mada University Press.

Materi: pandangan perenialisme tentang kurikulum
Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka
10%

14

Minggu ke 14

  1. memahami kasus-kasus paud yang terjadi disekitar
  2. menganalisis kasus-kasus dengan sudut pandang filsafat pendidikan
  3. mengarahkan solusi pada setiap kasus-kasus
  1. Menjelaskan pemikiran Kihajar Dewantara dalam pendidikan
  2. Menganalisis komponen kunci pemikiran Kihajar Dewantara dalam kurikulum, metode
Kriteria:
  1. 4: isi lengkap dan benar, runtut/padu
  2. 3: isi kurang lengkap, penjelasan benar, kurang runtut/padu
  3. 2: isi kurang lengkap penjelasan sebagian salah, kurang runtut/padu
  4. 1: isi, penjelasan, keruntutan salah
saintifikdiskusi
2 X 50

Materi: observasi
Pustaka: Sadulloh. Uyoh. 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Materi: analisis
Pustaka: Sya'dullah, A. (2020). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 125-132.
5%

15

Minggu ke 15

  1. memahami kasus-kasus paud yang terjadi disekitar
  2. menganalisis kasus-kasus dengan sudut pandang filsafat pendidikan
  3. mengarahkan solusi pada setiap kasus-kasus
  1. Menjelaskan pemikiran Kihajar Dewantara dalam pendidikan
  2. Menganalisis komponen kunci pemikiran Kihajar Dewantara dalam kurikulum, metode
Kriteria:
  1. 4: isi lengkap dan benar, runtut/padu
  2. 3: isi kurang lengkap, penjelasan benar, kurang runtut/padu
  3. 2: isi kurang lengkap penjelasan sebagian salah, kurang runtut/padu
  4. 1: isi, penjelasan, keruntutan salah
saintifikdiskusi
2 X 50

Materi: observasi
Pustaka: Sadulloh. Uyoh. 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Materi: analisis
Pustaka: Sya'dullah, A. (2020). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 125-132.
15%

16

Minggu ke 16

kompetensi 1-15

menguasai konsep materi 1-15


Bentuk Penilaian :
Tes
tes tulis
2 X 50

10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 22.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10%
3. Penilaian Portofolio 14.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 5%
5. Tes 10%
62%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.