|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Filsafat Pendidikan |
8620702025 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
1 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Achmad Sya‘dullah
|
Hirnanda Dimas Pradana, M.Pd
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan hakekat filsafat pendidikan, perkembangan filsafat pendidikan dan hubungan manusia, filsafat dan pendidikan
|
PO - 2 |
Mengklasifikasi sistem filsafat, filsafat pendidikan dan jenis-jenis aliran filsafat
|
PO - 3 |
Menganalisis kasus-kasus Paud, serta inovasi Paud berdasar filsafat pendidikan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini mengkaji hakekat filsafat dan filsafat pendidikan bagi pembelajaran anak usia dini, konsep ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam pendidikan, implementasi aliran filsafat bagi pendidikan anak usia dini. Pembahasannya mencakup juga memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman, keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat filsafat pendidikan, tujuan, fungsi, dan manfaat untuk memperoleh skill dalam pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor anak usia dini dalam mengimplementasikan pemikiran para filsuf pendidikan. Implementasi implikasi pemikiran filsuf pada strategi, teknik penyampaian dan penilaian pembelajaran anak usia dini untuk merencanakan, mengaplikasikan, memodifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan pemikiran Kihajar Dewantara untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pembelajaran anak usia dini |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka I (Pendidikan) dan II (Budaya). Yogya: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
- Gunawan.2009. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogya: Gadjah Mada University Press.
- Kuhn. Thomas S. 2005. Peran Paradigma Dalam revolusi Sains, Bandung: RemajaRosdakarya
- Liang The. Gie. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty.
- Madden, Edward H. 1968. The Structure of Scientific Thought, London: Routledge & Kegan Paul
- Ruitenberg, Claudia W. 2012. Philosophy and Lived Experience: A Phenomenological Revival.Illinois: Philosophy of Education.
- Sadulloh. Uyoh. 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta
- Soemargono, Soejono. 2004. Pengantar Filsafat Louis O. Kattsoff. Terjemah. Yogya: Tiara Wacana
- Suriasumantri, Jujun. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer . Jakarta: Pusaka Harapan.
- Suriasumantri,Jujun.2003. Ilmu Dalam Perspektif, Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakikat Ilmu . Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
- Tafsir. Ahmad.2010. Filasafat Pendidikan Islami, Bandung: Remaja Rosdakarya
- Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka
|
Pendukung : |
|
- Sya’dullah, A., Setyosari, P., Ulfa, S., Praherdhiono, H., & Saroinsong, W. P. (2024). Teaching Style, Digital Literacy, and Self-Efficacy on Early Childhood Education Teacher Capabilities. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 7(1).
- Sya'dullah, A. (2020). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 125-132.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Achmad Sya'dullah, S.Psi., M.Pd Dhian Gowinda Luh Safitri, S.Pd., M.Ed. Hirnanda Dimas Pradana, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Anak Usia Dini dan kontrak perkuliahan |
Menyebutkan kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah Filsafat Pendidikan bagi PAUD |
Kriteria:
- 4: menyebut dan menjelaskan 4 CP dengan dengan tepat
- 3: hanya meneyebut dan menjelaskand engan tepat 3 CP
- 2: menyebut dan menjelaskan dengan tepat 2 CP
- 1: mneyebut dan menjelaskan 1 CP
- 0: tidak menjawab
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ekspositori Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: pengertian filsafat Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka Materi: karakteristik berpikir filosofis Pustaka: Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka I (Pendidikan) dan II (Budaya). Yogya: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Materi: Filsafat dan pengetahuan ilmiah Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami hakikat Filsafat Memahami ruang lingkup Filsafat Pendidikan |
mendiskripsikan hakikat filsafat Menguraikan ruang lingkup Filsafat Pendidikan |
Kriteria:
- 4: tulisan mendekati sama atau 300 kata, dan menguraikan hakikat keberbakatan dan ruang lingkup pendidikan anak berbakat secara benar.
- 3: tulisan secara umum benar, hanya satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: tulisan hanya mengadung dua aspek yang benar.
- 1: tulisan secara umu tidak menjawab perintah.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Saintifik Kolaboratif Inquiri 2 X 50 |
|
Materi: Pengertian filsafat pendidikan Pustaka: Gunawan.2009. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogya: Gadjah Mada University Press. Materi: Objek pembahasan filsafat pendidikan Pustaka: Liang The. Gie. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty. Materi: Kegunaan filsafat pendidikan Pustaka: Kuhn. Thomas S. 2005. Peran Paradigma Dalam revolusi Sains, Bandung: RemajaRosdakarya |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mendiskripsikan hakikat filsafat pendidikan Mendiskripsikan tiga landasan utama filsafat pendidikan |
Merumuskan konsep filsafat pendidikan Merumuskan konsep ontologi, epistemologi, aksiologi dalam filsafat pendidikan |
Kriteria:
- 4: tulisan mendekati sama atau 200 kata, dan menguraikan konsep filsafat pendidikan, tiga landasan filsafat pendidikan secara benar.
- 3: tulisan secara umum benar, hanya satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: tulisan hanya mengadung dua aspek yang benar.
- 1: tulisan secara umu tidak menjawab perintah.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik Resitasi Direct instruction 2 X 50 |
|
Materi: pemikiran filsafat spiritualisme kuno Pustaka: Madden, Edward H. 1968. The Structure of Scientific Thought, London: Routledge & Kegan Paul Materi: hakekat pendidikan dan nilai Pustaka: Suriasumantri, Jujun. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer . Jakarta: Pusaka Harapan. Materi: reaksi terhadap spiritualisme di yunani Pustaka: Ruitenberg, Claudia W. 2012. Philosophy and Lived Experience: A Phenomenological Revival.Illinois: Philosophy of Education. Materi: perkembangan filsafat pendidikan Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi implikasi aliran filsafat idealisme dalam pendidikan anak usia dini |
Menunjukkan implikasi aliran filsafat idealisme dalam pembelajaran anak usia dini |
Kriteria:
- 4: benar isi dan penempatannya;
- 3: benar isi, ada kesalahan penempatan, ATAU benar penempatan salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar penempatan
- 1: sebagaian benar dan salah penempatan ATAU benar pnempatan dan salah isi.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Saintifikinquiri 2 X 50 |
|
Materi: hubungan manusia, filsafat dan pendidikan Pustaka: Tafsir. Ahmad.2010. Filasafat Pendidikan Islami, Bandung: Remaja Rosdakarya Materi: plato, ariestoteles Pustaka: Liang The. Gie. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty. Materi: MJ. Langeveld Pustaka: Ruitenberg, Claudia W. 2012. Philosophy and Lived Experience: A Phenomenological Revival.Illinois: Philosophy of Education. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mendeskripsikan implikasi aliran filsafat naturalisme dalam pendidikan anak usia dini |
Merumuskan implikasi aliran filsafat naturalisme dalam pembelajaran anak usia dini |
Kriteria:
- 4: isi benar, runtut/padu, panjang maksimal 150 kata.
- 3: isi benar, kurang runtut/padu, maksimal 150 kata,
- 2: isi sebagian salah, kurang runtut/padu, panjang kurang 100 kata,
- 1: isi salah
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Saintifik discovery 2 X 50 |
|
Materi: sistem filsafat Pustaka: Suriasumantri, Jujun. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer . Jakarta: Pusaka Harapan. Materi: metafisika Pustaka: Suriasumantri,Jujun.2003. Ilmu Dalam Perspektif, Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakikat Ilmu . Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Materi: ontologi, epistimologi, aksiologi Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mendeskripsikan prinsip-prinsip aliran filsafat rekonstruksionisme dalam pendidikan anak usia dini |
Menunjukkan prinsip-prinsip aliran filsafat rekonstruksionisme dalam pendidikan anak usia dini |
Kriteria:
- 4: meneyebut lengkap dan menjelaskan benar
- 3: menyebut tidak lengkap dan menjelaskan benar
- 2: menyebut sebagian dan menjelaskan benar
- 1: menyebut sebagian dan menjelaskan salah
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
saintifikdiscovery 2 X 50 |
|
Materi: sitem filsafat pendidikan Pustaka: Kuhn. Thomas S. 2005. Peran Paradigma Dalam revolusi Sains, Bandung: RemajaRosdakarya Materi: idealism dan realism Pustaka: Gunawan.2009. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogya: Gadjah Mada University Press. Materi: praagmatism dan islam Pustaka: Sadulloh. Uyoh. 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Membagankan konsep eksistensialisme pada pendidikan anak usia dini |
- Menyusun bagan konsep eksistensialisme dalam pendidikan anak usia dini
- Menyajikan bagan prinsip dasar aliran eksistensialisme dalam pendidikan anak usia dini
|
Kriteria:
- 4: isi lengkap dan benar dan penampilan menarik
- 3: isi lengkap dan benar, penampilan tidak menarik ATAU penampirlan menarik namun ada ketidakmtepatan isi
- 2: isi sebagian benar, penampilan menarik
- 1: isi tidak benar dan penampilann tidak menarik
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
saintifikkolaboratif 2 X 50 |
|
Materi: Aliran progresivism konsep dasar Pustaka: Liang The. Gie. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty. Materi: pandangan progresivism tentang realita Pustaka: Soemargono, Soejono. 2004. Pengantar Filsafat Louis O. Kattsoff. Terjemah. Yogya: Tiara Wacana Materi: pandangan progresivism tentang pengetahuan Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menguasai konsep pertemuan 1-7 |
menguasai konsep pertemuan 1-7 |
|
Uts 2 X 50 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran perenialisme Membuat analisis implikasi aliran perenialisme pada pendidikan anak usia dini |
- Memaparkan hakekat aliran perenialisme
- Mamaparkan hasil analisis implikasi aliran perenialisme pada pendidikan anak usia dini
|
Kriteria:
- 4: menyebut 2 bidang dan menjelaskan dengan benar.
- 3: menyebut 2 bidang, dan menjelaskan ada yang salah.
- 2: menyebut 2 bidang, menjelaskan salah semua
- 1: menyebut salah dan menjelaskan salah.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
siantifikdiskusi 2 X 50 |
|
Materi: pandangan progresivism tentang nilai Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka Materi: pandangan progresivism tentang belajar Pustaka: Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka I (Pendidikan) dan II (Budaya). Yogya: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Materi: pandangan progresivism tentang kurikulum Pustaka: Gunawan.2009. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogya: Gadjah Mada University Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menerapkan dasar aliran esensialisme |
- Menyusun makalah konsep dasar aliran esensialisme di pendidikan anak usia dini
- Menganalisis implikasi esensialisme pada kurikulum, metode, dan guru
|
Kriteria:
- 4: menyebut 2 bidang dan menjelaskan dengan benar.
- 3: menyebut 2 bidang, dan menjelaskan ada yang salah.
- 2: menyebut 2 bidang, menjelaskan salah semua
- 1: menyebut salah dan menjelaskan salah
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
saintifik kolaboratif 2 X 50 |
|
Materi: konsep dasar esensialisme Pustaka: Suriasumantri,Jujun.2003. Ilmu Dalam Perspektif, Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakikat Ilmu . Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Materi: pandangan esensialisme tentang realita Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka Materi: pandangan esensialisme tentang realita Pustaka: Soemargono, Soejono. 2004. Pengantar Filsafat Louis O. Kattsoff. Terjemah. Yogya: Tiara Wacana Materi: pandangan esensialisme tentang pengetahuan Pustaka: Soemargono, Soejono. 2004. Pengantar Filsafat Louis O. Kattsoff. Terjemah. Yogya: Tiara Wacana |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran realisme Membuat analisis implikasi aliran realisme pada pendidikan anak usia dini |
- Memaparkan hakekat aliran realisme
- Mamaparkan hasil analisis implikasi aliran realisme pada pendidikan anak usia dini
|
Kriteria:
- 4: isi lengkap dan benar, runtut/padu
- 3: isi kurang lengkap, penjelasan benar, kurang runtut/padu
- 2: isi kurang lengkap penjelasan sebagian salah, kurang runtut/padu
- 1: isi, penjelasan, keruntutan salah
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
saintifik diskusi 2 X 50 |
|
Materi: pandangan esensialisme tentang nilai Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka Materi: pandangan esensialisme tentang belajar Pustaka: Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka I (Pendidikan) dan II (Budaya). Yogya: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Materi: pandangan esensialisme tentang kurikulum Pustaka: Madden, Edward H. 1968. The Structure of Scientific Thought, London: Routledge & Kegan Paul |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran pragmatisme Membuat analisis implikasi aliran pragmatisme pada pendidikan anak usia dini |
- Memaparkan hakekat aliran pragmatisme
- Mamaparkan hasil analisis implikasi aliran pragmatisme pda pendidikan anak usia dini
|
Kriteria:
- 4: isi lengkap dan benar, runtut/padu
- 3: isi kurang lengkap, penjelasan benar, kurang runtut/padu
- 2: isi kurang lengkap penjelasan sebagian salah, kurang runtut/padu
- 1: isi, penjelasan, keruntutan salah
|
Saintifikdiskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep dasar perenialisme Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka Materi: pandangan perenialisme tentang realita Pustaka: Suriasumantri, Jujun. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer . Jakarta: Pusaka Harapan. Materi: pandangan perenialisme tentang pengetahuan Pustaka: Suriasumantri, Jujun. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer . Jakarta: Pusaka Harapan. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menerapkan dasar filsafat pendidikan di Indonesia |
- Menjelaskan Pancasila sebagai ideologi bangsa
- Menganalisis komponen kunci keselarasan tujuan negara dan tujuan pendidikan
|
Kriteria:
- 4: isi lengkap dan benar, runtut/padu
- 3: isi kurang lengkap, penjelasan benar, kurang runtut/padu
- 2: isi kurang lengkap penjelasan sebagian salah, kurang runtut/padu
- 1: isi, penjelasan, keruntutan salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
saintifik diskusi 2 X 50 |
|
Materi: pandangan perenialisme tentang nilai Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka Materi: pandangan perenialisme tentang belajar Pustaka: Gunawan.2009. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogya: Gadjah Mada University Press. Materi: pandangan perenialisme tentang kurikulum Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka |
10% |
14
Minggu ke 14 |
- memahami kasus-kasus paud yang terjadi disekitar
- menganalisis kasus-kasus dengan sudut pandang filsafat pendidikan
- mengarahkan solusi pada setiap kasus-kasus
|
- Menjelaskan pemikiran Kihajar Dewantara dalam pendidikan
- Menganalisis komponen kunci pemikiran Kihajar Dewantara dalam kurikulum, metode
|
Kriteria:
- 4: isi lengkap dan benar, runtut/padu
- 3: isi kurang lengkap, penjelasan benar, kurang runtut/padu
- 2: isi kurang lengkap penjelasan sebagian salah, kurang runtut/padu
- 1: isi, penjelasan, keruntutan salah
|
saintifikdiskusi 2 X 50 |
|
Materi: observasi Pustaka: Sadulloh. Uyoh. 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta Materi: analisis Pustaka: Sya'dullah, A. (2020). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 125-132. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- memahami kasus-kasus paud yang terjadi disekitar
- menganalisis kasus-kasus dengan sudut pandang filsafat pendidikan
- mengarahkan solusi pada setiap kasus-kasus
|
- Menjelaskan pemikiran Kihajar Dewantara dalam pendidikan
- Menganalisis komponen kunci pemikiran Kihajar Dewantara dalam kurikulum, metode
|
Kriteria:
- 4: isi lengkap dan benar, runtut/padu
- 3: isi kurang lengkap, penjelasan benar, kurang runtut/padu
- 2: isi kurang lengkap penjelasan sebagian salah, kurang runtut/padu
- 1: isi, penjelasan, keruntutan salah
|
saintifikdiskusi 2 X 50 |
|
Materi: observasi Pustaka: Sadulloh. Uyoh. 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta Materi: analisis Pustaka: Sya'dullah, A. (2020). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 125-132. |
15% |
16
Minggu ke 16 |
kompetensi 1-15 |
menguasai konsep materi 1-15 |
Bentuk Penilaian : Tes |
tes tulis 2 X 50 |
|
|
10% |