|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Evaluasi Pembelajaran |
8620602017 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
28 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-7 |
Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an. |
PLO-10 |
Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memanfaatkan TIK dan softwre analisis butir soal untuk menganalisis hasil belajar siswa
|
PO - 2 |
Menguasai konsep prinsip, dan prosedur asesmen dalam pembelajaran sekolah dasar yang beroroentasi pada standar penilaian.
|
PO - 3 |
Merencanakan dan menyelesaikan permasalahan asesmen dalam pembelajaran sekolah dasar dengan menggunakan prinsip-prinsip, metode, dan standar penilaian.
|
PO - 4 |
Merencanakan dan menyelesaikan permasalahan asesmen dalam pembelajaran sekolah dasar dengan menggunakan prinsip-prinsip, metode, dan standar penilaian.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-7 | PLO-10 | PO-1 | | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Deskripsi Singkat MK Membantu tentang peran penilaian dalam pendidikan dan pembelajaran berbagai macam penilaian sesuai kurikulum yang berlaku, penyusunan berbagai inti persoalan yang baik beserta rubrik penilaiannya. konsep dasar assesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas dan kurikulum yang berlaku termasuk juga workshop pengembangan instrument penilaian, beserta analisis butir soal baik secara manual menggunakan program excel serta penggunaan software butir soal, acuan ketuntasan belajar. Perkuliahan disajikan secara teoritis, workshop, penugasan dan praktik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Basri, Hasan. 2013. Landasan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia
- 2. Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
- 3. Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
- 5. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori dan Praktek Pendidikan . Surabaya: Bintang Surabaya Sadulloh, Uyoh, dkk. 2014. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Afabeta
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Asri Susetyo Rukmi, M.Pd. Dr. Wiryanto, M.Si. Drs. Mintohari, M.Pd. Dr. Julianto, S.Pd., M.Pd. M. Bambang Edi Siswanto, M.Pd. Ika Rahmawati, S.Si., M.Pd. Nadia Lutfi Choirunnisa, S.Pd., M.Pd. Vivi Astuti Nurlaily, M.Pd. Ivo Yuliana, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami konsep dan pengertian asesmen, evaluasi dan penilaian hasil belajar |
- Membedakan pengertian asesmen, evaluasi dan penilaian hasil belajar
- Menjelaskan tujuan asesmen
- Mengidentifikasi fungsi asesmen dalam pembelajaran
- Mampu membedakan jenis-jenis asesmen
|
Kriteria:
Tes & Non-Tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Menyampaikan tujuan dan motivasi siswa
1. melakukan apersepsi, menyampaiakn tujuan dan memotivasi mahasiswa
Menyajikan informasi
2. menyajikan informasi dalam bentuk bahan ajar
3. memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mencermati bahan ajar
|
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
|
Materi: Asesmen dalam Pembelajaran Pustaka: |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis teknik asesmen |
- Mengidentifikasi prinsip dasar asesmen
- Mengidentifikasi ciri-ciri asesmen
- Membedakan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai obyek asesmen hasil belajar
- Membedakan teknik-teknik dalam evaluasi hasil belajar
|
Kriteria:
Tes & Non-Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Project Based Learning
1. PERTANYAAN MENDASAR
a. Menyampaikan pertanyaan terkait topik pembelajaran matematika di sekolah dasar
b. Membimbing mahasiswa untuk berdiskusi terkait permasalahan dan mecari solusi
c. Membentuk kelompok mahasiswa
|
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
|
Materi: Teknik evaluasi hasil belajar Pustaka: |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis teknik asesmen |
- Mengidentifikasi prinsip dasar asesmen
- Mengidentifikasi ciri-ciri asesmen
- Membedakan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai obyek asesmen hasil belajar
- Membedakan teknik-teknik dalam evaluasi hasil belajar
|
Kriteria:
Tes & Non-Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Project Based Learning
1. PERTANYAAN MENDASAR
a. Menyampaikan pertanyaan terkait topik pembelajaran matematika di sekolah dasar
b. Membimbing mahasiswa untuk berdiskusi terkait permasalahan dan mecari solusi
c. Membentuk kelompok mahasiswa
|
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
|
|
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis Tes dan Non Tes sebagai Evaluasi Hasil Belajar |
- Menjelaskan pengertian tes
- Mengidentifikasi fungsi tes
- Membandingkan jenis-jenis penilaian non tes
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Membimbing mahasiswa untuk berdiskusi terkait permasalahan dan mecari solusi
|
Membimbing mahasiswa untuk berdiskusi terkait permasalahan dan mecari solusi
|
Materi: Penilaian tes, Penilaian non tes terdiri atas wawancara, angket, dokumen, portofolio, produk, sikap ,keterampilan, proyek, Penilaian diri Pustaka: |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Penilaian tes, Penilaian non tes terdiri atas wawancara, angket, dokumen, portofolio, produk, sikap ,keterampilan, proyek, Penilaian diri |
- Mengidentifikasi ciri-ciri tes yang baik
- Menganalisis bentuk tes hasil belajar
- Mengidentifikasi Teknik pelaksanaan tes hasil belajar
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Proyek Membuat Instrumen Penilaian
2. MENDESAIN PERENCANAAN UNTUK PROYEK
a. Membimbing mahasiswa mendesain perencanaan proyek: mengidentifikasi masalah, mencari solusi pemecahan masalah,
b. mendiskusikan dan memilih alat dan bahan untuk membantu menyelesaikan proyek
3. MENYUSUN JADWAL
a. Dosen dan mahasiswa secara kolaboratif menyususn jadwal aktivitas dalam menyelesaikan proyek
b. Membimbing mahasiswa membuat timeine penyelesaian proyek
c. Membimbing mahasiswa membuat deadline penyelesaian proyek
|
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
|
Materi: Teknik penyusunan instrumen tes belajar Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Penilaian tes, Penilaian non tes terdiri atas wawancara, angket, dokumen, portofolio, produk, sikap ,keterampilan, proyek, Penilaian diri |
- Mengidentifikasi ciri-ciri tes yang baik
- Menganalisis bentuk tes hasil belajar
- Mengidentifikasi Teknik pelaksanaan tes hasil belajar
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Proyek Membuat Instrumen Penilaian
2. MENDESAIN PERENCANAAN UNTUK PROYEK
a. Membimbing mahasiswa mendesain perencanaan proyek: mengidentifikasi masalah, mencari solusi pemecahan masalah,
b. mendiskusikan dan memilih alat dan bahan untuk membantu menyelesaikan proyek
3. MENYUSUN JADWAL
a. Dosen dan mahasiswa secara kolaboratif menyususn jadwal aktivitas dalam menyelesaikan proyek
b. Membimbing mahasiswa membuat timeine penyelesaian proyek
c. Membimbing mahasiswa membuat deadline penyelesaian proyek
|
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
|
Materi: Teknik penyusunan instrumen tes belajar Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami uji validitas dan reliabilitas tes hasil belajar |
- Menjelaskan teknik pengujian validitas tes hasil belajar
- Menjelaskan pengujian tes secara rasional
- Menjelaskan pengujian tes secara empiris
- Menjelaskan teknik pengujian validitas item tes hasil belajar
- Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Mahasiswa melakukan Uji Coba lapangan
|
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
|
Materi: Teknik pengujian reliabilitas tes belajar obyektif 1. Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar dengan pendekatan single test-single trial 2. Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar dengan pendekatan test-test Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar dengan pendekatan alternatif formatif Pustaka: |
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menafsirkan pemeriksaan, pemberian skor dan pengolahan tes hasil belajar |
- Mengidentifikasi teknik pemeriksaan hasil tes dan non tes
- Membandingkan pemberian skor pada tes uraian dan objectif
- Menganalisis teknik pengolahan dan pengubahan (konversi) skor hasil tes hasil belajar menjadi nilai
- Membandingkan skor dan nilai
- Menganalisis pengolahan dan pengubahan skor mentah hasil tes hasil belajar menjadi nilai standar (standard score)
|
Kriteria:
Tes & Non-Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
1. MEMONITOR KERJA MAHASISWA DAN KEMAJUAN PROYEK
a. Memonitor aktivitas mahasiswa selama penyelesaian proyek
b. Memberikan kesempatan kelompok untuk mempresentasikan progress penyelesaian proyek
c. Membimbing diskusi hasil presentasi
2. MEMONITOR KERJA MAHASISWA DAN KEMAJUAN PROYEK
d. Memonitor aktivitas mahasiswa selama penyelesaian proyek
e. Memberikan kesempatan kelompok untuk mempresentasikan progress penyelesaian proyek
f. Membimbing diskusi hasil presentasi
|
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
|
Materi: Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes lisan. 1. Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes perbuatan 2. Pustaka: |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menafsirkan pemeriksaan, pemberian skor dan pengolahan tes hasil belajar |
- Mengidentifikasi teknik pemeriksaan hasil tes dan non tes
- Membandingkan pemberian skor pada tes uraian dan objectif
- Menganalisis teknik pengolahan dan pengubahan (konversi) skor hasil tes hasil belajar menjadi nilai
- Membandingkan skor dan nilai
- Menganalisis pengolahan dan pengubahan skor mentah hasil tes hasil belajar menjadi nilai standar (standard score)
|
Kriteria:
Tes & Non-Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
1. MEMONITOR KERJA MAHASISWA DAN KEMAJUAN PROYEK
a. Memonitor aktivitas mahasiswa selama penyelesaian proyek
b. Memberikan kesempatan kelompok untuk mempresentasikan progress penyelesaian proyek
c. Membimbing diskusi hasil presentasi
2. MEMONITOR KERJA MAHASISWA DAN KEMAJUAN PROYEK
d. Memonitor aktivitas mahasiswa selama penyelesaian proyek
e. Memberikan kesempatan kelompok untuk mempresentasikan progress penyelesaian proyek
f. Membimbing diskusi hasil presentasi
|
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
|
Materi: Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes lisan. 1. Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes perbuatan 2. Pustaka: |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu merinci teknik analisis item tes hasil belajar |
- Menentukan teknik derajat kesukaran item
- Menentukan teknik analisis daya pembeda
- Menentukan teknik analisis fungsi distraktor
|
Kriteria:
Tes & Non-Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
MEMONITOR KERJA MAHASISWA DAN KEMAJUAN PROYEK
a. Memonitor aktivitas mahasiswa selama penyelesaian proyek
b. Memberikan kesempatan kelompok untuk mempresentasikan progress penyelesaian proyek
c. Membimbing diskusi hasil presentasi
|
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
|
Materi: Analisis item hasil belajar Pustaka: |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu merinci teknik analisis item tes hasil belajar |
- Menentukan teknik derajat kesukaran item
- Menentukan teknik analisis daya pembeda
- Menentukan teknik analisis fungsi distraktor
|
Kriteria:
Tes & Non-Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
MEMONITOR KERJA MAHASISWA DAN KEMAJUAN PROYEK
a. Memonitor aktivitas mahasiswa selama penyelesaian proyek
b. Memberikan kesempatan kelompok untuk mempresentasikan progress penyelesaian proyek
c. Membimbing diskusi hasil presentasi
|
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
|
Materi: Analisis item hasil belajar Pustaka: |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menjelaskan teknik menentukan nilai akhir dan KKM |
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan nilai akhir
- Menentukan Teknik penyusunan urutan kedudukan (ranking
- Mengindentifikasi prosedur penyusunan ranking
|
Kriteria:
Tes & Non-Tes Bentuk Penilaian : Tes |
MELAKUKAN PENILAIAN HASIL KERJA (PRODUK)
a. Mahasiswa mempresentasika kemajuan proyek masing-masing
b. Mengevaluasi kemajuan masing-masing mahasiswa
c. Memberikan umpan baik tentang tiangkat pemahaman yang sudah dicapai mahasiswa
d. Menyusun strategi pembelajaran berikutnya6. MELAKUKAN PENILAIAN HASIL KERJA (PRODUK)
a. Mahasiswa mempresentasika kemajuan proyek masing-masing
b. Mengevaluasi kemajuan masing-masing mahasiswa
c. Memberikan umpan baik tentang tiangkat pemahaman yang sudah dicapai mahasiswa
d. Menyusun strategi pembelajaran berikutnya
|
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
|
Materi: Teknik penentuan nilai akhir Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu merancang profil prestasi belajar berdasarkan hasil penilaian |
- Mengidentifikasi teknik pembuatan profil prestasi belajar
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk profil prestasi belajar
- Mengidentifikasi kegunaan profil prestasi belajar
|
Kriteria:
Tes & Non-Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
MELAKUKAN PENILAIAN HASIL KERJA (PRODUK)
a. Mahasiswa mempresentasika kemajuan proyek masing-masing
b. Mengevaluasi kemajuan masing-masing mahasiswa
c. Memberikan umpan baik tentang tiangkat pemahaman yang sudah dicapai mahasiswa
d. Menyusun strategi pembelajaran berikutnya
|
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
|
Materi: Teknik penentuan nilai akhir Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu merancang profil prestasi belajar berdasarkan hasil penilaian |
- Mengidentifikasi teknik pembuatan profil prestasi belajar
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk profil prestasi belajar
- Mengidentifikasi kegunaan profil prestasi belajar
|
Kriteria:
Tes & Non-Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
MELAKUKAN PENILAIAN HASIL KERJA (PRODUK)
a. Mahasiswa mempresentasika kemajuan proyek masing-masing
b. Mengevaluasi kemajuan masing-masing mahasiswa
c. Memberikan umpan baik tentang tiangkat pemahaman yang sudah dicapai mahasiswa
d. Menyusun strategi pembelajaran berikutnya
|
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
|
Materi: Teknik penentuan nilai akhir Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
UAS |
|
|
|
|
0% |