Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Evaluasi Pembelajaran

8620602017

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

28 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-7

Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an.

PLO-10

Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memanfaatkan TIK dan softwre analisis butir soal untuk menganalisis hasil belajar siswa

PO - 2

Menguasai konsep prinsip, dan prosedur asesmen dalam pembelajaran sekolah dasar yang beroroentasi pada standar penilaian.

PO - 3

Merencanakan dan menyelesaikan permasalahan asesmen dalam pembelajaran sekolah dasar dengan menggunakan prinsip-prinsip, metode, dan standar penilaian.

PO - 4

Merencanakan dan menyelesaikan permasalahan asesmen dalam pembelajaran sekolah dasar dengan menggunakan prinsip-prinsip, metode, dan standar penilaian.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-7PLO-10
PO-1 
PO-2  
PO-3
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi Singkat MK Membantu tentang peran penilaian dalam pendidikan dan pembelajaran berbagai macam penilaian sesuai kurikulum yang berlaku, penyusunan berbagai inti persoalan yang baik beserta rubrik penilaiannya. konsep dasar assesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas dan kurikulum yang berlaku termasuk juga workshop pengembangan instrument penilaian, beserta analisis butir soal baik secara manual menggunakan program excel serta penggunaan software butir soal, acuan ketuntasan belajar. Perkuliahan disajikan secara teoritis, workshop, penugasan dan praktik.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Basri, Hasan. 2013. Landasan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia
  2. 2. Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
  3. 3. Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  4. 5. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori dan Praktek Pendidikan . Surabaya: Bintang Surabaya Sadulloh, Uyoh, dkk. 2014. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Afabeta

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dra. Asri Susetyo Rukmi, M.Pd.

Dr. Wiryanto, M.Si.

Drs. Mintohari, M.Pd.

Dr. Julianto, S.Pd., M.Pd.

M. Bambang Edi Siswanto, M.Pd.

Ika Rahmawati, S.Si., M.Pd.

Nadia Lutfi Choirunnisa, S.Pd., M.Pd.

Vivi Astuti Nurlaily, M.Pd.

Ivo Yuliana, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami konsep dan pengertian asesmen, evaluasi dan penilaian hasil belajar

  1. Membedakan pengertian asesmen, evaluasi dan penilaian hasil belajar
  2. Menjelaskan tujuan asesmen
  3. Mengidentifikasi fungsi asesmen dalam pembelajaran
  4. Mampu membedakan jenis-jenis asesmen
Kriteria:

Tes & Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Menyampaikan tujuan dan motivasi siswa
1. melakukan apersepsi, menyampaiakn tujuan dan memotivasi mahasiswa

Menyajikan informasi
2. menyajikan informasi dalam bentuk bahan ajar
3. memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mencermati bahan ajar
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
Materi: Asesmen dalam Pembelajaran
Pustaka:
4%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menganalisis teknik asesmen

  1. Mengidentifikasi prinsip dasar asesmen
  2. Mengidentifikasi ciri-ciri asesmen
  3. Membedakan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai obyek asesmen hasil belajar
  4. Membedakan teknik-teknik dalam evaluasi hasil belajar
Kriteria:

Tes & Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Project Based Learning
1. PERTANYAAN MENDASAR
a. Menyampaikan pertanyaan terkait topik pembelajaran matematika di sekolah dasar
b. Membimbing mahasiswa untuk berdiskusi terkait permasalahan dan mecari solusi
c. Membentuk kelompok mahasiswa
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
Materi: Teknik evaluasi hasil belajar
Pustaka:
4%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis teknik asesmen

  1. Mengidentifikasi prinsip dasar asesmen
  2. Mengidentifikasi ciri-ciri asesmen
  3. Membedakan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai obyek asesmen hasil belajar
  4. Membedakan teknik-teknik dalam evaluasi hasil belajar
Kriteria:

Tes & Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Project Based Learning
1. PERTANYAAN MENDASAR
a. Menyampaikan pertanyaan terkait topik pembelajaran matematika di sekolah dasar
b. Membimbing mahasiswa untuk berdiskusi terkait permasalahan dan mecari solusi
c. Membentuk kelompok mahasiswa
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
4%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis Tes dan Non Tes sebagai Evaluasi Hasil Belajar

  1. Menjelaskan pengertian tes
  2. Mengidentifikasi fungsi tes
  3. Membandingkan jenis-jenis penilaian non tes

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Membimbing mahasiswa untuk berdiskusi terkait permasalahan dan mecari solusi
Membimbing mahasiswa untuk berdiskusi terkait permasalahan dan mecari solusi
Materi: Penilaian tes, Penilaian non tes terdiri atas wawancara, angket, dokumen, portofolio, produk, sikap ,keterampilan, proyek, Penilaian diri
Pustaka:
4%

5

Minggu ke 5

Penilaian tes, Penilaian non tes terdiri atas wawancara, angket, dokumen, portofolio, produk, sikap ,keterampilan, proyek, Penilaian diri

  1. Mengidentifikasi ciri-ciri tes yang baik
  2. Menganalisis bentuk tes hasil belajar
  3. Mengidentifikasi Teknik pelaksanaan tes hasil belajar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Proyek Membuat Instrumen Penilaian
2. MENDESAIN PERENCANAAN UNTUK PROYEK
a. Membimbing mahasiswa mendesain perencanaan proyek: mengidentifikasi masalah, mencari solusi pemecahan masalah,
b. mendiskusikan dan memilih alat dan bahan untuk membantu menyelesaikan proyek
3. MENYUSUN JADWAL
a. Dosen dan mahasiswa secara kolaboratif menyususn jadwal aktivitas dalam menyelesaikan proyek
b. Membimbing mahasiswa membuat timeine penyelesaian proyek
c. Membimbing mahasiswa membuat deadline penyelesaian proyek
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
Materi: Teknik penyusunan instrumen tes belajar
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Penilaian tes, Penilaian non tes terdiri atas wawancara, angket, dokumen, portofolio, produk, sikap ,keterampilan, proyek, Penilaian diri

  1. Mengidentifikasi ciri-ciri tes yang baik
  2. Menganalisis bentuk tes hasil belajar
  3. Mengidentifikasi Teknik pelaksanaan tes hasil belajar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Proyek Membuat Instrumen Penilaian
2. MENDESAIN PERENCANAAN UNTUK PROYEK
a. Membimbing mahasiswa mendesain perencanaan proyek: mengidentifikasi masalah, mencari solusi pemecahan masalah,
b. mendiskusikan dan memilih alat dan bahan untuk membantu menyelesaikan proyek
3. MENYUSUN JADWAL
a. Dosen dan mahasiswa secara kolaboratif menyususn jadwal aktivitas dalam menyelesaikan proyek
b. Membimbing mahasiswa membuat timeine penyelesaian proyek
c. Membimbing mahasiswa membuat deadline penyelesaian proyek
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
Materi: Teknik penyusunan instrumen tes belajar
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami uji validitas dan reliabilitas tes hasil belajar

  1. Menjelaskan teknik pengujian validitas tes hasil belajar
  2. Menjelaskan pengujian tes secara rasional
  3. Menjelaskan pengujian tes secara empiris
  4. Menjelaskan teknik pengujian validitas item tes hasil belajar
  5. Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Mahasiswa melakukan Uji Coba lapangan
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
Materi: Teknik pengujian reliabilitas tes belajar obyektif 1. Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar dengan pendekatan single test-single trial 2. Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar dengan pendekatan test-test Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar dengan pendekatan alternatif formatif
Pustaka:
0%

8

Minggu ke 8

UTS



0%

9

Minggu ke 9

Mampu menafsirkan pemeriksaan, pemberian skor dan pengolahan tes hasil belajar

  1. Mengidentifikasi teknik pemeriksaan hasil tes dan non tes
  2. Membandingkan pemberian skor pada tes uraian dan objectif
  3. Menganalisis teknik pengolahan dan pengubahan (konversi) skor hasil tes hasil belajar menjadi nilai
  4. Membandingkan skor dan nilai
  5. Menganalisis pengolahan dan pengubahan skor mentah hasil tes hasil belajar menjadi nilai standar (standard score)
Kriteria:

Tes & Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
1. MEMONITOR KERJA MAHASISWA DAN KEMAJUAN PROYEK
a. Memonitor aktivitas mahasiswa selama penyelesaian proyek
b. Memberikan kesempatan kelompok untuk mempresentasikan progress penyelesaian proyek
c. Membimbing diskusi hasil presentasi
2. MEMONITOR KERJA MAHASISWA DAN KEMAJUAN PROYEK
d. Memonitor aktivitas mahasiswa selama penyelesaian proyek
e. Memberikan kesempatan kelompok untuk mempresentasikan progress penyelesaian proyek
f. Membimbing diskusi hasil presentasi
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
Materi: Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes lisan. 1. Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes perbuatan 2.
Pustaka:
4%

10

Minggu ke 10

Mampu menafsirkan pemeriksaan, pemberian skor dan pengolahan tes hasil belajar

  1. Mengidentifikasi teknik pemeriksaan hasil tes dan non tes
  2. Membandingkan pemberian skor pada tes uraian dan objectif
  3. Menganalisis teknik pengolahan dan pengubahan (konversi) skor hasil tes hasil belajar menjadi nilai
  4. Membandingkan skor dan nilai
  5. Menganalisis pengolahan dan pengubahan skor mentah hasil tes hasil belajar menjadi nilai standar (standard score)
Kriteria:

Tes & Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
1. MEMONITOR KERJA MAHASISWA DAN KEMAJUAN PROYEK
a. Memonitor aktivitas mahasiswa selama penyelesaian proyek
b. Memberikan kesempatan kelompok untuk mempresentasikan progress penyelesaian proyek
c. Membimbing diskusi hasil presentasi
2. MEMONITOR KERJA MAHASISWA DAN KEMAJUAN PROYEK
d. Memonitor aktivitas mahasiswa selama penyelesaian proyek
e. Memberikan kesempatan kelompok untuk mempresentasikan progress penyelesaian proyek
f. Membimbing diskusi hasil presentasi
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
Materi: Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes lisan. 1. Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes perbuatan 2.
Pustaka:
4%

11

Minggu ke 11

Mampu merinci teknik analisis item tes hasil belajar

  1. Menentukan teknik derajat kesukaran item
  2. Menentukan teknik analisis daya pembeda
  3. Menentukan teknik analisis fungsi distraktor
Kriteria:

Tes & Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
MEMONITOR KERJA MAHASISWA DAN KEMAJUAN PROYEK
a. Memonitor aktivitas mahasiswa selama penyelesaian proyek
b. Memberikan kesempatan kelompok untuk mempresentasikan progress penyelesaian proyek
c. Membimbing diskusi hasil presentasi
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
Materi: Analisis item hasil belajar
Pustaka:
4%

12

Minggu ke 12

Mampu merinci teknik analisis item tes hasil belajar

  1. Menentukan teknik derajat kesukaran item
  2. Menentukan teknik analisis daya pembeda
  3. Menentukan teknik analisis fungsi distraktor
Kriteria:

Tes & Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
MEMONITOR KERJA MAHASISWA DAN KEMAJUAN PROYEK
a. Memonitor aktivitas mahasiswa selama penyelesaian proyek
b. Memberikan kesempatan kelompok untuk mempresentasikan progress penyelesaian proyek
c. Membimbing diskusi hasil presentasi
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
Materi: Analisis item hasil belajar
Pustaka:
4%

13

Minggu ke 13

Mampu menjelaskan teknik menentukan nilai akhir dan KKM

  1. Mengidentifikasi faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan nilai akhir
  2. Menentukan Teknik penyusunan urutan kedudukan (ranking
  3. Mengindentifikasi prosedur penyusunan ranking
Kriteria:

Tes & Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Tes
MELAKUKAN PENILAIAN HASIL KERJA (PRODUK)
a. Mahasiswa mempresentasika kemajuan proyek masing-masing
b. Mengevaluasi kemajuan masing-masing mahasiswa
c. Memberikan umpan baik tentang tiangkat pemahaman yang sudah dicapai mahasiswa
d. Menyusun strategi pembelajaran berikutnya6. MELAKUKAN PENILAIAN HASIL KERJA (PRODUK)
a. Mahasiswa mempresentasika kemajuan proyek masing-masing
b. Mengevaluasi kemajuan masing-masing mahasiswa
c. Memberikan umpan baik tentang tiangkat pemahaman yang sudah dicapai mahasiswa
d. Menyusun strategi pembelajaran berikutnya
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
Materi: Teknik penentuan nilai akhir
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mampu merancang profil prestasi belajar berdasarkan hasil penilaian

  1. Mengidentifikasi teknik pembuatan profil prestasi belajar
  2. Mengidentifikasi bentuk-bentuk profil prestasi belajar
  3. Mengidentifikasi kegunaan profil prestasi belajar
Kriteria:

Tes & Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
MELAKUKAN PENILAIAN HASIL KERJA (PRODUK)
a. Mahasiswa mempresentasika kemajuan proyek masing-masing
b. Mengevaluasi kemajuan masing-masing mahasiswa
c. Memberikan umpan baik tentang tiangkat pemahaman yang sudah dicapai mahasiswa
d. Menyusun strategi pembelajaran berikutnya
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
Materi: Teknik penentuan nilai akhir
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mampu merancang profil prestasi belajar berdasarkan hasil penilaian

  1. Mengidentifikasi teknik pembuatan profil prestasi belajar
  2. Mengidentifikasi bentuk-bentuk profil prestasi belajar
  3. Mengidentifikasi kegunaan profil prestasi belajar
Kriteria:

Tes & Non-Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
MELAKUKAN PENILAIAN HASIL KERJA (PRODUK)
a. Mahasiswa mempresentasika kemajuan proyek masing-masing
b. Mengevaluasi kemajuan masing-masing mahasiswa
c. Memberikan umpan baik tentang tiangkat pemahaman yang sudah dicapai mahasiswa
d. Menyusun strategi pembelajaran berikutnya
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
Materi: Teknik penentuan nilai akhir
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

UAS



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 22%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 13%
3. Tes 22%
57%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.