Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Seni Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengantar Praktek Dasar Instrumen

9122103124

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

23 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-9

Mampu merencanakan, melaksanakan, menganalsis dan melakukan evaluasi proses dan hasil pembelajaran non formal

PLO-12

Menguasai prinsip dan teori musik melalui perancangan dan pelaksanaan kegiatan musik

PLO-29

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-9PLO-12PLO-29

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman pengetahuan karakteristik piano, serta penguasaan keterampilan dasar memainkannya meliputi teknik phrasering, intonasi, artikulasi, dan ekspresi, dengan menggunakan lagu-lagu dan etude tingkat dasar dengan strategi praktek.

Pustaka

Utama :

  1. Burgmuller, Friedrich. 1903. Twenty Five Easy and Progressive Studies for The Piano: Expressly Composed for Small Hands (opus 100) . New York/London: G. Schirmer
  2. Czerny, Carl. 1893. Practical Method for Beginners on The Pianoforte (opus. 599) . New York/London: G. Schirmer
  3. Duvernoy, J.B. 1895. Ecole Primaire: Twenty Five Elementary Studies for The Piano (opus 176). New York/London: G. Schirmer
  4. Hanon, C.L. 1928. The Virtuoso Pianist in Sixty Exercises for The Piano . New York/London: G. Schirmer
  5. Publisher Team. Everybody’s Favorite Piano Pieces for Children Volume. 3
  6. Sonatina and Sonata Book. New York/London: G. Schirmer

Pendukung :

Dosen Pengampu

Drs. Heri Murbiyantoro, M.Pd.

Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd.

Moh Sarjoko, S.Sn., M.Pd.

Budi Dharmawanputra, S.Pd., M.Pd.

Harpang Yudha Karyawanto, S.Pd., M.Pd.

Raden Roro Maha Kalyana Mitta Anggoro, S.Pd., M.Pd.

Vivi Ervina Dewi, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat.

  1. Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, A, E major.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan notasi yang sesuai dengan partitur musik.
  3. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dengan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek
3 X 50

Materi: Pengenalan Tangga Nada C
Pustaka: Czerny, Carl. 1893. Practical Method for Beginners on The Pianoforte (opus. 599) . New York/London: G. Schirmer
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat.

  1. Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, A, E major.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan notasi yang sesuai dengan partitur musik.
  3. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dengan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek, Dril
3 X 50

Materi: Memainkan Tangga Nada C dan G
Pustaka: Czerny, Carl. 1893. Practical Method for Beginners on The Pianoforte (opus. 599) . New York/London: G. Schirmer
5%

3

Minggu ke 3

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat.

  1. Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, A, E major.
  2. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dengan penomoran jari yang tepat.
  3. Mampu memainkan repertoar piano dengan notasi yang sesuai dengan partitur musik.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek
3 X 50

Materi: Memainkan Tangga Nada C dan G
Pustaka: Czerny, Carl. 1893. Practical Method for Beginners on The Pianoforte (opus. 599) . New York/London: G. Schirmer
5%

4

Minggu ke 4

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dengan penomoran jari yang tepat.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek
3 X 50

Materi: Memainkan Tangga Nada C, G, dan D.
Pustaka: Czerny, Carl. 1893. Practical Method for Beginners on The Pianoforte (opus. 599) . New York/London: G. Schirmer
5%

5

Minggu ke 5

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dengan penomoran jari yang tepat.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek
3 X 50

Materi: Memainkan Tangga Nada D dan A Mayor.
Pustaka: Duvernoy, J.B. 1895. Ecole Primaire: Twenty Five Elementary Studies for The Piano (opus 176). New York/London: G. Schirmer
5%

6

Minggu ke 6

Menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan etude dan repertoar piano secara terampil.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek
3 X 50

Materi: Memainkan Tangga Nada A dan E Mayor.
Pustaka: Duvernoy, J.B. 1895. Ecole Primaire: Twenty Five Elementary Studies for The Piano (opus 176). New York/London: G. Schirmer
5%

7

Minggu ke 7

Menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan etude dan repertoar piano secara terampil.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek
3 X 50

Materi: Memainkan Tangga Nada A dan E Mayor.
Pustaka: Duvernoy, J.B. 1895. Ecole Primaire: Twenty Five Elementary Studies for The Piano (opus 176). New York/London: G. Schirmer
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menjawab soal Ujian Sub Sumatif (USS) dengan baik dan benar

  1. Mahasiswa dapat menulis essay karakteristik alat musik piano.
  2. Mahasiswa dapat mempraktekkan teknik bermain piano tingkat dasar.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab 2 butir soal uraian dan 4 butir soal praktek dengan baik dan benar.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab 2 butir soal uraian dan 3 butir soal praktek dengan baik dan benar.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu menjawab 1 butir soal uraian dan 2 butir soal praktek dengan baik dan benar.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab 1 butir soal uraian dan 2 butir soal praktek dengan baik dan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Tes tulis dan Tes praktek
3 X 50

10%

9

Minggu ke 9

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E Mayor (2 Oktaf) dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
  3. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dengan penomoran jari yang tepat.
  4. Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada a, e, d Minor (harmonis dan melodis).
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan
3 X 50

Materi: Memainkan Tangga Nada A Minor
Pustaka: Burgmuller, Friedrich. 1903. Twenty Five Easy and Progressive Studies for The Piano: Expressly Composed for Small Hands (opus 100) . New York/London: G. Schirmer
5%

10

Minggu ke 10

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E Mayor (2 Oktaf) dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
  3. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dengan penomoran jari yang tepat.
  4. Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada a, e, d Minor (harmonis dan melodis).
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan
3 X 50

Materi: Memainkan Tangga Nada A Minor
Pustaka: Burgmuller, Friedrich. 1903. Twenty Five Easy and Progressive Studies for The Piano: Expressly Composed for Small Hands (opus 100) . New York/London: G. Schirmer
5%

11

Minggu ke 11

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E Mayor (2 Oktaf) dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, praktek, dan latihan
3 X 50

Materi: Memainkan Tangga Nada E Minor
Pustaka: Burgmuller, Friedrich. 1903. Twenty Five Easy and Progressive Studies for The Piano: Expressly Composed for Small Hands (opus 100) . New York/London: G. Schirmer
5%

12

Minggu ke 12

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E Mayor (2 Oktaf) dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, praktek, dan latihan
3 X 50

Materi: Memainkan Tangga Nada E Minor
Pustaka: Burgmuller, Friedrich. 1903. Twenty Five Easy and Progressive Studies for The Piano: Expressly Composed for Small Hands (opus 100) . New York/London: G. Schirmer
5%

13

Minggu ke 13

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E Mayor (2 Oktaf) dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan menunjukkan ekspresi/penjiwaan dalam permainannya.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan
3 X 50

Materi: Memainkan Tangga Nada D Minor
Pustaka: Burgmuller, Friedrich. 1903. Twenty Five Easy and Progressive Studies for The Piano: Expressly Composed for Small Hands (opus 100) . New York/London: G. Schirmer
5%

14

Minggu ke 14

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E Mayor (2 Oktaf) dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan menunjukkan ekspresi/penjiwaan dalam permainannya.
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan
3 X 50

Materi: Memainkan Tangga Nada D Minor
Pustaka: Burgmuller, Friedrich. 1903. Twenty Five Easy and Progressive Studies for The Piano: Expressly Composed for Small Hands (opus 100) . New York/London: G. Schirmer
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E Mayor (2 Oktaf) dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan memperhatikan keseluruhan unsur dalam permainan piano (penjarian, artikulasi, tempo, serta karakter penjiwaan).
Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek, dan latihan
3 X 50

5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menjawab soal Ujian Sumatif (US) dengan baik dan benar

Mahasiswa mampu memainkan notasi piano tingkat dasar sesuai dengan teknik dan tempo yang tertera di dalam soal.

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Tes Tulis, Tes Praktek
3 X 50

20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 57.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 42.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.