|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Seni Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengantar Praktek Dasar Instrumen |
9122103124 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
23 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-9 |
Mampu merencanakan, melaksanakan, menganalsis dan melakukan evaluasi proses dan hasil pembelajaran non formal |
PLO-12 |
Menguasai prinsip dan teori musik melalui perancangan dan pelaksanaan kegiatan musik |
PLO-29 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman pengetahuan karakteristik piano, serta penguasaan keterampilan dasar memainkannya meliputi teknik phrasering, intonasi, artikulasi, dan ekspresi, dengan menggunakan lagu-lagu dan etude tingkat dasar dengan strategi praktek. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Burgmuller, Friedrich. 1903. Twenty Five Easy and Progressive Studies for The Piano: Expressly Composed for Small Hands (opus 100) . New York/London: G. Schirmer
- Czerny, Carl. 1893. Practical Method for Beginners on The Pianoforte (opus. 599) . New York/London: G. Schirmer
- Duvernoy, J.B. 1895. Ecole Primaire: Twenty Five Elementary Studies for The Piano (opus 176). New York/London: G. Schirmer
- Hanon, C.L. 1928. The Virtuoso Pianist in Sixty Exercises for The Piano . New York/London: G. Schirmer
- Publisher Team. Everybody’s Favorite Piano Pieces for Children Volume. 3
- Sonatina and Sonata Book. New York/London: G. Schirmer
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Drs. Heri Murbiyantoro, M.Pd. Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd. Moh Sarjoko, S.Sn., M.Pd. Budi Dharmawanputra, S.Pd., M.Pd. Harpang Yudha Karyawanto, S.Pd., M.Pd. Raden Roro Maha Kalyana Mitta Anggoro, S.Pd., M.Pd. Vivi Ervina Dewi, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat. |
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, A, E major.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan notasi yang sesuai dengan partitur musik.
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dengan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
Materi: Pengenalan Tangga Nada C Pustaka: Czerny, Carl. 1893. Practical Method for Beginners on The Pianoforte (opus. 599) . New York/London: G. Schirmer |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat. |
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, A, E major.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan notasi yang sesuai dengan partitur musik.
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dengan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek, Dril 3 X 50 |
|
Materi: Memainkan Tangga Nada C dan G Pustaka: Czerny, Carl. 1893. Practical Method for Beginners on The Pianoforte (opus. 599) . New York/London: G. Schirmer |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat. |
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, A, E major.
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan notasi yang sesuai dengan partitur musik.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
Materi: Memainkan Tangga Nada C dan G Pustaka: Czerny, Carl. 1893. Practical Method for Beginners on The Pianoforte (opus. 599) . New York/London: G. Schirmer |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
Materi: Memainkan Tangga Nada C, G, dan D. Pustaka: Czerny, Carl. 1893. Practical Method for Beginners on The Pianoforte (opus. 599) . New York/London: G. Schirmer |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
Materi: Memainkan Tangga Nada D dan A Mayor. Pustaka: Duvernoy, J.B. 1895. Ecole Primaire: Twenty Five Elementary Studies for The Piano (opus 176). New York/London: G. Schirmer |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan etude dan repertoar piano secara terampil. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
Materi: Memainkan Tangga Nada A dan E Mayor. Pustaka: Duvernoy, J.B. 1895. Ecole Primaire: Twenty Five Elementary Studies for The Piano (opus 176). New York/London: G. Schirmer |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan etude dan repertoar piano secara terampil. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek 3 X 50 |
|
Materi: Memainkan Tangga Nada A dan E Mayor. Pustaka: Duvernoy, J.B. 1895. Ecole Primaire: Twenty Five Elementary Studies for The Piano (opus 176). New York/London: G. Schirmer |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menjawab soal Ujian Sub Sumatif (USS) dengan baik dan benar |
- Mahasiswa dapat menulis essay karakteristik alat musik piano.
- Mahasiswa dapat mempraktekkan teknik bermain piano tingkat dasar.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab 2 butir soal uraian dan 4 butir soal praktek dengan baik dan benar.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab 2 butir soal uraian dan 3 butir soal praktek dengan baik dan benar.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu menjawab 1 butir soal uraian dan 2 butir soal praktek dengan baik dan benar.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab 1 butir soal uraian dan 2 butir soal praktek dengan baik dan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Tes tulis dan Tes praktek 3 X 50 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E Mayor (2 Oktaf) dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada a, e, d Minor (harmonis dan melodis).
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan 3 X 50 |
|
Materi: Memainkan Tangga Nada A Minor Pustaka: Burgmuller, Friedrich. 1903. Twenty Five Easy and Progressive Studies for The Piano: Expressly Composed for Small Hands (opus 100) . New York/London: G. Schirmer |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E Mayor (2 Oktaf) dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dengan penomoran jari yang tepat.
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada a, e, d Minor (harmonis dan melodis).
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan 3 X 50 |
|
Materi: Memainkan Tangga Nada A Minor Pustaka: Burgmuller, Friedrich. 1903. Twenty Five Easy and Progressive Studies for The Piano: Expressly Composed for Small Hands (opus 100) . New York/London: G. Schirmer |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E Mayor (2 Oktaf) dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, praktek, dan latihan 3 X 50 |
|
Materi: Memainkan Tangga Nada E Minor Pustaka: Burgmuller, Friedrich. 1903. Twenty Five Easy and Progressive Studies for The Piano: Expressly Composed for Small Hands (opus 100) . New York/London: G. Schirmer |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E Mayor (2 Oktaf) dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, praktek, dan latihan 3 X 50 |
|
Materi: Memainkan Tangga Nada E Minor Pustaka: Burgmuller, Friedrich. 1903. Twenty Five Easy and Progressive Studies for The Piano: Expressly Composed for Small Hands (opus 100) . New York/London: G. Schirmer |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E Mayor (2 Oktaf) dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan menunjukkan ekspresi/penjiwaan dalam permainannya.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan 3 X 50 |
|
Materi: Memainkan Tangga Nada D Minor Pustaka: Burgmuller, Friedrich. 1903. Twenty Five Easy and Progressive Studies for The Piano: Expressly Composed for Small Hands (opus 100) . New York/London: G. Schirmer |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E Mayor (2 Oktaf) dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan menunjukkan ekspresi/penjiwaan dalam permainannya.
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, tanya jawab, praktek, demonstrasi, dan latihan 3 X 50 |
|
Materi: Memainkan Tangga Nada D Minor Pustaka: Burgmuller, Friedrich. 1903. Twenty Five Easy and Progressive Studies for The Piano: Expressly Composed for Small Hands (opus 100) . New York/London: G. Schirmer |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E Mayor (2 Oktaf) dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dan a, e, d Minor (harmonis dan melodis) dalam bentuk searah, berlawanan, trisuara pendek, dan catursuara dengan tempo yang sesuai.
- Mampu memainkan repertoar piano dengan memperhatikan keseluruhan unsur dalam permainan piano (penjarian, artikulasi, tempo, serta karakter penjiwaan).
|
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktek, dan latihan 3 X 50 |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menjawab soal Ujian Sumatif (US) dengan baik dan benar |
Mahasiswa mampu memainkan notasi piano tingkat dasar sesuai dengan teknik dan tempo yang tertera di dalam soal. |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab soal 2 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab soal 1 soal uraian dan 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab soal uraian tetapi bisa menjawab 1 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab semua soal uraian dan semua soal praktek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Tes Tulis, Tes Praktek 3 X 50 |
|
|
20% |