Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tari Sunda

8820902428

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

3 Oktober 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman pengetahuan dan penguasaanketerampilan teknik gerak tari gaya Sunda meliputibentuk tari tunggal maupun berpasangan.

Pustaka

Utama :

  1.  Ekadjati, Edi S. 1995. Kebudayaan Sunda(Suatu Pendekatan Sejarah), Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya
  2.   Ardjo,Irawati Durban. 1998. Perkembangan tariSunda. Bandung:Sastrataya, Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dra. Enie Wahyuning Handayani, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengapresiasi tari Jaipongan (Kembang Pulus)

  1. Menjelaskan latar belakang tari Sunda
  2. Mampu menjelaskan sinopsis & macam busana tari Jaipong (tari Kembang Pulus)
Kriteria:
  1. 4 = Bila mahasiswa dapat menjawab 5 soal dengan benar
  2. 3 = Bila mahasiswa dapat menjawab 4 soal dengan benar
  3. 2 = Bila mahasiswa dapat menjawab 3 soal dengan benar
  4. 1 = Bila mahasiswa dapat menjawab 2 soal dengan benar
CeramahDiskusi Tanya Jawab
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mempraktekkan gerak tari Jaipong (Kembang Pulus)

Mampu mempraktekkan ragam gerak Olah Incek Main Soder, Geyol & Encot-encot Putar Sembada

Kriteria:
  1. 4 = Bila melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, dan mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  2. 3 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, tetapi belum mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  3. 2 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga dan Wirama, tetapi belum mampu sampai pada Wirasa
  4. 1 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, tetapi belum mampu sampai pada Wirama dan Wirasa
Demonstrasi
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mempraktekkan gerak tari Jaipong (Kembang Pulus

Mampu mempraktekkan ragam gerak Selut Galier Cengkat & Langkah Maju Putar-Goyang Plastik.

Kriteria:
  1. 4 = Bila melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, dan mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  2. 3 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, tetapi belum mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  3. 2 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga dan Wirama, tetapi belum mampu sampai pada Wirasa
  4. 1 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, tetapi belum mampu sampai pada Wirama dan Wirasa
Demonstrasi
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mempraktekkan gerak tari Jaipong (Kembang Pulus)

Mampu mempraktekkan ragam gerak Lontang (kanan-kiri) & Selut Gigibris.

Kriteria:
  1. 4 = Bila melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, dan mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  2. 3 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, tetapi belum mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  3. 2 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga dan Wirama, tetapi belum mampu sampai pada Wirasa
  4. 1 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, tetapi belum mampu sampai pada Wirama dan Wirasa
Demonstrasi
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mempraktekkan gerak tari Jaipong (Kembang Pulus)

Mampu mempraktekkan ragam gerak langkah maju, Lontang (kanan-kiri)-Capan Gigibris

Kriteria:
  1. 4 = Bila melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, dan mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  2. 3 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, tetapi belum mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  3. 2 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga dan Wirama, tetapi belum mampu sampai pada Wirasa
  4. 1 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, tetapi belum mampu sampai pada Wirama dan Wirasa
Demonstrasi
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mempraktekkan gerak tari Jaipong (Kembang Pulus)

Mampu mempraktekkan ragam gerak Langkah Maju, Lontang (kanan-kiri)-Merak Ibing.

Kriteria:
  1. 4 = Bila melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, dan mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  2. 3 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, tetapi belum mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  3. 2 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga dan Wirama, tetapi belum mampu sampai pada Wirasa
  4. 1 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, tetapi belum mampu sampai pada Wirama dan Wirasa
Demonsrasi dan tanya jawab
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mempraktekkan gerak tari Jaipong (Kembang Pulus)

Mampu mempraktekkan ragam gerak Langkah Geyol (kanan-kiri)-1, Putar Keser Gigibris (kanan-kiri), Capang Maju, Maju Pencugan, Langkah Saliyur, Olah Incek Galeong Putar dan Putar Ngeugeulis. .

Kriteria:
  1. 4 = Bila melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, dan mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  2. 3 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, tetapi belum mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  3. 2 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga dan Wirama, tetapi belum mampu sampai pada Wirasa
  4. 1 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, tetapi belum mampu sampai pada Wirama dan Wirasa
Demonstrasi dan Tanya Jawab
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Mempraktekkan gerak tari Jaipong (Kembang Pulus)

Mampu mempraktekkan ragam gerak Tari Kembang Pulus dari motif gerak Olah Incek sampai dengan motif gerak Langkah Ngeugelis, untu bahan UTS

Kriteria:
  1. 4 = Bila melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, dan mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  2. 3 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, tetapi belum mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  3. 2 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga dan Wirama, tetapi belum mampu sampai pada Wirasa
  4. 1 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, tetapi belum mampu sampai pada Wirama dan Wirasa
Praktek
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mempraktekkan gerak tari Jaipong (Kembang Pulus)

Mampu mempraktekkan ragam gerak Langkah Geyol (kanan-kiri)-2 & Gerak Gigibris Putar.

Kriteria:
  1. 4 = Bila melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, dan mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  2. 3 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, tetapi belum mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  3. 2 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga dan Wirama, tetapi belum mampu sampai pada Wirasa
  4. 1 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, tetapi belum mampu sampai pada Wirama dan Wirasa
Demonstrasi dan Tanya Jawab
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mempraktekkan gerak tari Jaipong (Kembang Pulus)

Mampu mempraktekkan ragam gerak Olah Incek Galeong Putar dan Putar Ngeugeulis.

Kriteria:
  1. 4 = Bila melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, dan mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  2. 3 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, tetapi belum mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  3. 2 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga dan Wirama, tetapi belum mampu sampai pada Wirasa
  4. 1 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, tetapi belum mampu sampai pada Wirama dan Wirasa
Demonstrasi dan Tanya Jawab
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mempraktekkan gerak tari Jaipong (Kembang Pulus)

Mampu mempraktekkan ragam gerak Merak Ibing Galeong & Mincid Galeong Putar.

Kriteria:
  1. 4 = Bila melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, dan mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  2. 3 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, tetapi belum mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  3. 2 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga dan Wirama, tetapi belum mampu sampai pada Wirasa
  4. 1 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, tetapi belum mampu sampai pada Wirama dan Wirasa
Demonstrasi dan Tanya Jawab
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mempraktekkan gerak tari Jaipong (Kembang Pulus)

Mampu mempraktekkan ragam gerak Olah Incek Galeong Putar dan Putar Ngeugeulis

Kriteria:
  1. 4 = Bila melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, dan mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  2. 3 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, tetapi belum mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  3. 2 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga dan Wirama, tetapi belum mampu sampai pada Wirasa
  4. 1 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, tetapi belum mampu sampai pada Wirama dan Wirasa
Demonstrasi dan Tanya Jawab
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mempraktekkan gerak tari Jaipong (Kembang Pulus)

Mampu mempraktekkan ragam gerak Langkah Geyol (kanan-kiri)-2 & Gerak Gigibris Putar.

Kriteria:
  1. 4 = Bila melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, dan mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  2. 3 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, tetapi belum mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  3. 2 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga dan Wirama, tetapi belum mampu sampai pada Wirasa
  4. 1 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, tetapi belum mampu sampai pada Wirama dan Wirasa
Demonstrasi dan Tanya Jawab
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mempraktekkan gerak tari Jaipong (Kembang Pulus)

Mampu mempraktekkan ragam gerak Langkah Saliyur, Langkah Egol Main Soder & Tendangan Putar Sembada

Kriteria:
  1. 4 = Bila melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, dan mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  2. 3 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, tetapi belum mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  3. 2 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga dan Wirama, tetapi belum mampu sampai pada Wirasa
  4. 1 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, tetapi belum mampu sampai pada Wirama dan Wirasa
Demonstrasi dan tanya Jawab
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mempraktekkan gerak tari Jaipong (Kembang Pulus)

Mampu mempraktekkan ragam gerak Langkah Saliyur, Langkah Egol Main Soder & Tendangan Putar Sembada.

Kriteria:
  1. 4 = Bila melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, dan mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  2. 3 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, tetapi belum mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  3. 2 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga dan Wirama, tetapi belum mampu sampai pada Wirasa
  4. 1 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, tetapi belum mampu sampai pada Wirama dan Wirasa
Demonstrasi dan Tanya Jawab
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Mempraktekkan Tari Jaipong Kembang Pulus (Wiraga, Wirama, Wirasa)

Mempraktekkan Tari Jaipong, dari ragam Olah Incek Main Soder s/d ragam gerak Tendangan Putar Sembada.

Kriteria:
  1. 4 = Bila melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, dan mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  2. 3 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, Wirama, Wirasa, tetapi belum mampu memformulasikan saran sebagai evaluasi untuk perbaikan kepada teman.
  3. 2 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga dan Wirama, tetapi belum mampu sampai pada Wirasa
  4. 1 = Melakukan praktek dengan runtut sesuai dengan kriteria Wiraga, tetapi belum mampu sampai pada Wirama dan Wirasa
Peragaan , Diskusi, dan Tanya Jawab
2 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.