Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

KEPELATIHAN CABANG OLAHRAGA WOODBALL

8520204744

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=2

ECTS=6.36

3

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Mohammad Faruk, S. Pd., M. Kes.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

PLO-8

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu membuat Program latihan olahraga sesuai dengan cabang olahraga yang ditekuni

PO - 2

Konsultan peningkatan olahraga prestasi.

PO - 3

Ahli di bidang kepelatihan olahraga woodball

PO - 4

Analis kemampuan dan penampilan atlet dalam berlatih dan berlomba

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-5PLO-6PLO-8
PO-1
PO-2 
PO-3 
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas tentang pengetahuan, teknik dan stretegi pelatihan skill permainan dalam Woodball yang terdiri dari melatih kemampuan memukul bola dan memasukkan bola ke gawang dan kemampuan menerapkan skill woodball dalam permainan serta penerapan peraturan permainan Woodball.

Pustaka

Utama :

  1. IWBF. 2019. Rules of woodball and Beach Woodball. India. IWBF
  2. Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics.
  3. Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru.
  4. Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

mahasiswa memahami konsep filosofi kepelatihan olahraga (cabor woodball)

mahasiswa memahami konsep filosofi kepelatihan olahraga (cabor woodball)

Kriteria:

pemahaman tentang konsep filosofi kepelatihan olahraga woodball


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi, tanya jawab
200 menit
review literature
200 menit
Materi: fisiologi kepelatihan olahraga
Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics.
5%

2

Minggu ke 2

mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball

mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball

Kriteria:

program latihan teknik bermain woodball yang relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
workshop
200 menit
riview literature
200 menit
Materi: teknik dasar woodball
Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru.
5%

3

Minggu ke 3

mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball

mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball

Kriteria:

program latihan teknik bermain woodball yang relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
workshop
200 menit
riview literature
200 menit
Materi: teknik dasar woodball
Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru.
5%

4

Minggu ke 4

mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball

mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball

Kriteria:

program latihan teknik bermain woodball yang relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
workshop
200 menit
riview literature
200 menit
Materi: teknik dasar woodball
Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru.
5%

5

Minggu ke 5

mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball

mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball

Kriteria:

program latihan fisik yang relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
workshop
200 menit
riview literature
200 menit
Materi: teknik dasar woodball
Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Materi: chapter 4
Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics.
5%

6

Minggu ke 6

mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball

mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball

Kriteria:

program latihan fisik yang relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
workshop
200 menit
riview literature
200 menit
Materi: teknik dasar woodball
Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Materi: chapter 4
Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics.
5%

7

Minggu ke 7

mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball

mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball

Kriteria:

program latihan fisik yang relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
workshop
200 menit
riview literature
200 menit
Materi: teknik dasar woodball
Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Materi: chapter 4
Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics.
5%

8

Minggu ke 8

mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball

mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball

Kriteria:

program latihan fisik yang relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
workshop
200 menit
riview literature
200 menit
Materi: teknik dasar woodball
Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Materi: chapter 4
Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics.
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu merancang program latihan olahraga yang sesuai dengan karakteristik Woodball, memperhitungkan aspek fisik, teknik, taktik, dan mental atlet.

penerapan program latihan yang telah dibuat

Kriteria:

praktik melatih sesuai dengan program latihan yang telah dibuat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktik, diskusi
200 menit
literature review
200 menit
Materi: teaching
Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27.
5%

10

Minggu ke 10

penerapan program latihan yang telah dibuat

penerapan program latihan yang telah dibuat

Kriteria:

praktik melatih sesuai dengan program latihan yang telah dibuat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktik, diskusi
200 menit
literature review
200 menit
Materi: teaching
Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27.
5%

11

Minggu ke 11

penerapan program latihan yang telah dibuat

penerapan program latihan yang telah dibuat

Kriteria:

praktik melatih sesuai dengan program latihan yang telah dibuat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktik, diskusi
200 menit
literature review
200 menit
Materi: teaching
Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27.
5%

12

Minggu ke 12

penerapan program latihan yang telah dibuat

penerapan program latihan yang telah dibuat

Kriteria:

praktik melatih sesuai dengan program latihan yang telah dibuat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktik, diskusi
200 menit
literature review
200 menit
Materi: teaching
Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27.
5%

13

Minggu ke 13

mahasiswa mempu mengevaluasi penerapan program latihan

mengimplementasi evaluasi program latihan

Kriteria:

Evaluasi program latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
workshop, unjuk kinerja
200 menit
literatur review
200 menit
Materi: evaluasi latihan
Pustaka: IWBF. 2019. Rules of woodball and Beach Woodball. India. IWBF
5%

14

Minggu ke 14

mahasiswa mempu mengevaluasi penerapan program latihan

mengimplementasi evaluasi program latihan

Kriteria:

Evaluasi program latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
workshop, unjuk kinerja
200 menit
literatur review
200 menit
Materi: evaluasi latihan
Pustaka: IWBF. 2019. Rules of woodball and Beach Woodball. India. IWBF
5%

15

Minggu ke 15

mahasiswa mempu mengevaluasi penerapan program latihan

mengimplementasi evaluasi program latihan

Kriteria:

Evaluasi program latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
workshop, unjuk kinerja
200 menit
literatur review
200 menit
Materi: evaluasi latihan
Pustaka: IWBF. 2019. Rules of woodball and Beach Woodball. India. IWBF
5%

16

Minggu ke 16

mahasiswa mempu mengevaluasi penerapan program latihan

mengimplementasi evaluasi program latihan

Kriteria:

Evaluasi program latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
workshop, unjuk kinerja
200 menit
literatur review
200 menit
Materi: evaluasi latihan
Pustaka: IWBF. 2019. Rules of woodball and Beach Woodball. India. IWBF
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 75%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 15%
3. Praktik / Unjuk Kerja 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.