|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
KEPELATIHAN CABANG OLAHRAGA WOODBALL |
8520204744 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=2 |
ECTS=6.36 |
3 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Mohammad Faruk, S. Pd., M. Kes.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga. |
PLO-6 |
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif. |
PLO-8 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu membuat Program latihan olahraga sesuai dengan cabang olahraga yang ditekuni
|
PO - 2 |
Konsultan peningkatan olahraga prestasi.
|
PO - 3 |
Ahli di bidang kepelatihan olahraga woodball
|
PO - 4 |
Analis kemampuan dan penampilan atlet dalam berlatih dan berlomba
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-3 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membahas tentang pengetahuan, teknik dan stretegi pelatihan skill permainan dalam Woodball yang terdiri dari melatih kemampuan memukul bola dan memasukkan bola ke gawang dan kemampuan menerapkan skill woodball dalam permainan serta penerapan peraturan permainan Woodball. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- IWBF. 2019. Rules of woodball and Beach Woodball. India. IWBF
- Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics.
- Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru.
- Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
mahasiswa memahami konsep filosofi kepelatihan olahraga (cabor woodball) |
mahasiswa memahami konsep filosofi kepelatihan olahraga (cabor woodball) |
Kriteria:
pemahaman tentang konsep filosofi kepelatihan olahraga woodball Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab 200 menit |
review literature 200 menit |
Materi: fisiologi kepelatihan olahraga Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball |
mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball |
Kriteria:
program latihan teknik bermain woodball yang relevan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
workshop 200 menit |
riview literature 200 menit |
Materi: teknik dasar woodball Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball |
mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball |
Kriteria:
program latihan teknik bermain woodball yang relevan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
workshop 200 menit |
riview literature 200 menit |
Materi: teknik dasar woodball Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball |
mahasiswa mampu merancang program latihan teknik bermain woodball |
Kriteria:
program latihan teknik bermain woodball yang relevan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
workshop 200 menit |
riview literature 200 menit |
Materi: teknik dasar woodball Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball |
mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball |
Kriteria:
program latihan fisik yang relevan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
workshop 200 menit |
riview literature 200 menit |
Materi: teknik dasar woodball Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru. Materi: chapter 4 Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball |
mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball |
Kriteria:
program latihan fisik yang relevan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
workshop 200 menit |
riview literature 200 menit |
Materi: teknik dasar woodball Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru. Materi: chapter 4 Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball |
mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball |
Kriteria:
program latihan fisik yang relevan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
workshop 200 menit |
riview literature 200 menit |
Materi: teknik dasar woodball Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru. Materi: chapter 4 Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball |
mahasiswa mampu merancang program latihan fisik woodball |
Kriteria:
program latihan fisik yang relevan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
workshop 200 menit |
riview literature 200 menit |
Materi: teknik dasar woodball Pustaka: Kriswanto, E. S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru. Materi: chapter 4 Pustaka: Martens, R., & Vealey, R. S. (2023). Successful coaching. Human kinetics. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang program latihan olahraga yang sesuai dengan karakteristik Woodball, memperhitungkan aspek fisik, teknik, taktik, dan mental atlet. |
penerapan program latihan yang telah dibuat |
Kriteria:
praktik melatih sesuai dengan program latihan yang telah dibuat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik, diskusi 200 menit |
literature review 200 menit |
Materi: teaching Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
penerapan program latihan yang telah dibuat |
penerapan program latihan yang telah dibuat |
Kriteria:
praktik melatih sesuai dengan program latihan yang telah dibuat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik, diskusi 200 menit |
literature review 200 menit |
Materi: teaching Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
penerapan program latihan yang telah dibuat |
penerapan program latihan yang telah dibuat |
Kriteria:
praktik melatih sesuai dengan program latihan yang telah dibuat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik, diskusi 200 menit |
literature review 200 menit |
Materi: teaching Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
penerapan program latihan yang telah dibuat |
penerapan program latihan yang telah dibuat |
Kriteria:
praktik melatih sesuai dengan program latihan yang telah dibuat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik, diskusi 200 menit |
literature review 200 menit |
Materi: teaching Pustaka: Chang, S. H., & Lee, J. (2017). Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(8), 21-27. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
mahasiswa mempu mengevaluasi penerapan program latihan |
mengimplementasi evaluasi program latihan |
Kriteria:
Evaluasi program latihan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
workshop, unjuk kinerja 200 menit |
literatur review 200 menit |
Materi: evaluasi latihan Pustaka: IWBF. 2019. Rules of woodball and Beach Woodball. India. IWBF |
5% |
14
Minggu ke 14 |
mahasiswa mempu mengevaluasi penerapan program latihan |
mengimplementasi evaluasi program latihan |
Kriteria:
Evaluasi program latihan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
workshop, unjuk kinerja 200 menit |
literatur review 200 menit |
Materi: evaluasi latihan Pustaka: IWBF. 2019. Rules of woodball and Beach Woodball. India. IWBF |
5% |
15
Minggu ke 15 |
mahasiswa mempu mengevaluasi penerapan program latihan |
mengimplementasi evaluasi program latihan |
Kriteria:
Evaluasi program latihan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
workshop, unjuk kinerja 200 menit |
literatur review 200 menit |
Materi: evaluasi latihan Pustaka: IWBF. 2019. Rules of woodball and Beach Woodball. India. IWBF |
5% |
16
Minggu ke 16 |
mahasiswa mempu mengevaluasi penerapan program latihan |
mengimplementasi evaluasi program latihan |
Kriteria:
Evaluasi program latihan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
workshop, unjuk kinerja 200 menit |
literatur review 200 menit |
Materi: evaluasi latihan Pustaka: IWBF. 2019. Rules of woodball and Beach Woodball. India. IWBF |
15% |