Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

cross cultural management

6120906014

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

3

12 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.




Hafid Kholidi hadi S.E., M.SM




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh

PLO-6

Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik

PLO-9

Mampu mengembangkan bisnis digital berdasarkan entrepreneurial leadership secara berkelanjutan

PLO-10

Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen lintas budaya

PO - 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu-isu kunci yang diangkat oleh kasus bisnis internasional dalam manajemen lintas budaya

PO - 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan mengkomunikasikan informasi yang mencerminkan format negosiasi dan manajemen dan dalam konteks lintas budaya

PO - 4

Mahasiswa mampu mengoordinasikan dan mengomunikasikan hasil proyek dan studi kasus secara efektif dalam struktur pembelajaran berbasis masalah

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-9PLO-10
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji cara-cara di mana perbedaan budaya berdampak pada proses melakukan bisnis dan mengelola secara internasional. Berbagai kerangka konseptual dikembangkan, termasuk model mental dan skema sebagai sumber perbedaan budaya dan kesulitan dalam mengelola interaksi antar budaya. Menggunakan bukti dan praktik bisnis, kursus ini mengeksplorasi sifat budaya dan bagaimana perbedaan budaya berdampak pada interaksi interpersonal, interaksi antarkelompok dan pengelolaan tenaga kerja multi-budaya (termasuk ekspatriat). Mata kuliah ini menganalisis praktik manajemen dan negosiasi dalam konteks lintas budaya internasional, dan tantangan mengelola hubungan bisnis internasional dianalisis secara kritis. Topik meliputi sifat dan dimensi budaya, isu-isu yang berkaitan dengan pemecahan masalah lintas budaya, dinamika tim multi-budaya, mengelola tim global dan kepemimpinan lintas budaya. Bagaimana budaya berdampak pada pengambilan keputusan manajerial masalah tanggung jawab etika dan sosial dieksplorasi. mata kuliah menggunakan case study atau studi kasus.

Pustaka

Utama :

  1. Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
  2. Jack, G., & Westwood, R. (2009). International and cross-cultural management studies: A postcolonial reading. Springer.
  3. Geert Hofstede, Gert Jan Hofstede, and Michael Minkov (2010). Cultures and Organizations. Software of the mind. McGraw-Hill Companies.

Pendukung :

  1. Martin J. Gannon and Karen L. Newman. (2017). The Blackwell Handbook of Cross-Cultural Management. Blackwell Publishers Inc
  2. Kistyanto, A., Rahman, M. F. W., Adhar Wisandiko, F., & Setyawati, E. E. P. (2022). Cultural intelligence increase student's innovative behavior in higher education: the mediating role of interpersonal trust. International Journal of Educational Management, 36(4), 419-440.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si.

Prof. Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si.

Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M.

Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM.

Muhammad Rizky Ramadhan, BBus., MITHM.

Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mendeskripsikan konsep budaya

  1. Mampu mendeskripsikan tentang simbol
  2. Mampu mendeskripsikan tentang nilai
  3. Mampu mendeskripsikan unsur budaya
  4. Mampu mendeskripsikan konsep budaya
  5. Mampu menjelaskan keragaman budaya
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3x50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3x50
Materi: Teori dan konsep budaya
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu mendeskripsikan konsep budaya

  1. Mampu mendeskripsikan tentang simbol
  2. Mampu mendeskripsikan tentang nilai
  3. Mampu mendeskripsikan unsur budaya
  4. Mampu mendeskripsikan konsep budaya
  5. Mampu menjelaskan keragaman budaya
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3x50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3x50
Materi: Teori dan konsep budaya
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu mendeskripsikan kerangka kerja untuk manajemen lintas budaya

  1. Mampu menjelaskan budaya nasional
  2. Mampu menjelaskan budaya individu dan kelompok
  3. Mampu menjelaskan budaya organisasi
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3x50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3x50
Materi: Teori kerangka kerja untuk manajemen lintas budaya
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu mendeskripsikan kerangka kerja untuk manajemen lintas budaya

  1. Mampu menjelaskan budaya nasional
  2. Mampu menjelaskan budaya individu dan kelompok
  3. Mampu menjelaskan budaya organisasi
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3x50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3x50
Materi: teori kerangka kerja untuk manajemen lintas budaya
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menjelaskan tentang strategi, struktur, dan hubungan inter-organizational

  1. Mampu menjelaskan proses identifikasi risiko
  2. Mampu menjelaskan tentang budaya, institusi, dan alternatif pilihan strategi bisnis
  3. Mampu menjelaskan tentang peluang dan tantangan
  4. Mampu menjelaskan strategi perusahaan international joint venture
  5. Mampu menghubungkan antara strategi dan struktur dalam perusahaan MNC
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3x5
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3x5
Materi: Strategi, struktur, dan hubungan inter-organizational
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menjelaskan tentang strategi, struktur, dan hubungan inter-organizational

  1. Mampu menjelaskan proses identifikasi risiko
  2. Mampu menjelaskan tentang budaya, institusi, dan alternatif pilihan strategi bisnis
  3. Mampu menjelaskan tentang peluang dan tantangan
  4. Mampu menjelaskan strategi perusahaan international joint venture
  5. Mampu menghubungkan antara strategi dan struktur dalam perusahaan MNC
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3x5
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3x5
Materi: Strategi, struktur, dan hubungan inter-organizational
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menjelaskan tentang strategy, struktur, dan hubungan inter-organizational

  1. Mampu menjelaskan proses identifikasi risiko
  2. Mampu menjelaskan tentang budaya, institusi, dan alternatif pilihan strategi bisnis
  3. Mampu menjelaskan tentang peluang dan tantangan
  4. Mampu menjelaskan strategi perusahaan international joint venture
  5. Mampu menghubungkan antara strategi dan struktur dalam perusahaan MNC
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3x5
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3x5
Materi: Strategi, struktur, dan hubungan inter-organizational
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Ujian Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester
2x50
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester
2x50
Materi: Pertemuan 1-7
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
10%

9

Minggu ke 9

Mampu menjelaskan pengelolaan sumber daya manusia lintas budaya

  1. Mampu menjelaskan praktik sumberdaya manusia dalam perusahaan multinasional
  2. Mampu menjelaskan penetapan tujuan, pengukuran kinerja, dan umpan balik
  3. Mampu menjelaskan pengembangan karyawan dan kebijakan ekspatriate
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3x50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3x50
Materi: Pengelolaan sumberdaya manusia lintas budaya
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menjelaskan pengelolaan sumber daya manusia lintas budaya

  1. Mampu menjelaskan praktik sumberdaya manusia dalam perusahaan multinasional
  2. Mampu menjelaskan penetapan tujuan, pengukuran kinerja, dan umpan balik
  3. Mampu menjelaskan pengembangan karyawan dan kebijakan ekspatriate
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3x50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3x50
Materi: Pengelolaan sumberdaya manusia lintas budaya
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menganalisis aspek motivasi, penghargaan, dan kepemimpinan lintas budaya

  1. Mampu menjelaskan budaya, motivasi, dan perilaku kerja
  2. Mampu menjelaskan kepemimpinan lintas budaya
  3. Mampu menjelaskan aspek gender dalam kepemimpinan global
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3x50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3x50
Materi: Teori motivasi, penghargaan, dan kepemimpinan lintas budaya
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu menganalisis aspek motivasi, penghargaan, dan kepemimpinan lintas budaya

  1. Mampu menjelaskan budaya, motivasi, dan perilaku kerja
  2. Mampu menjelaskan kepemimpinan lintas budaya
  3. Mampu menjelaskan aspek gender dalam kepemimpinan global
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3x50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3x50
Materi: Teori motivasi, penghargaan, dan kepemimpinan lintas budaya
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menjabarkan interpersonal proses dalam lintas budaya

  1. Mampu menjelaskan teori identitas structural
  2. Mampu menjabarkan komunikasi lintas budaya
  3. Mampu menjabarkan konstruksi budaya pada negosiasi
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3x50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3x50
Materi: Teori interpersonal proses dalam lintas budaya
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menjabarkan interpersonal proses dalam lintas budaya

  1. Mampu menjelaskan teori identitas structural
  2. Mampu menjabarkan komunikasi lintas budaya
  3. Mampu menjabarkan konstruksi budaya pada negosiasi
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3x50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3x50
Materi: Teori interpersonal proses dalam lintas budaya
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menjelaskan budaya dan nilai perusahaan dalam lintas budaya

  1. Mampu menjelaskan budaya dan image perusahaan
  2. Mampu menjelaskan kepercayaan dalam hubungan lintas budaya
  3. Mampu menjelaskan etika bisnis lintas budaya
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3x50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3x50
Materi: Teori budaya dan nilai perusahaan dalam lintas budaya
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir semester

Mampu Mengerjakan Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Tes
Mengerjakan Ujian Akhir Semester
2x50
Mengerjakan Ujian Akhir Semester
2x50
Materi: Pertemuan 9-15
Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 42.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 27.5%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.