|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
cross cultural management |
6120906014 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
3 |
12 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.
|
Hafid Kholidi hadi S.E., M.SM
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh |
PLO-6 |
Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik |
PLO-9 |
Mampu mengembangkan bisnis digital berdasarkan entrepreneurial leadership secara berkelanjutan |
PLO-10 |
Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen lintas budaya
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu-isu kunci yang diangkat oleh kasus bisnis internasional dalam manajemen lintas budaya
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan mengkomunikasikan informasi yang mencerminkan format negosiasi dan manajemen dan dalam konteks lintas budaya
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengoordinasikan dan mengomunikasikan hasil proyek dan studi kasus secara efektif dalam struktur pembelajaran berbasis masalah
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji cara-cara di mana perbedaan budaya berdampak pada proses melakukan bisnis dan mengelola secara internasional. Berbagai kerangka konseptual dikembangkan, termasuk model mental dan skema sebagai sumber perbedaan budaya dan kesulitan dalam mengelola interaksi antar budaya. Menggunakan bukti dan praktik bisnis, kursus ini mengeksplorasi sifat budaya dan bagaimana perbedaan budaya berdampak pada interaksi interpersonal, interaksi antarkelompok dan pengelolaan tenaga kerja multi-budaya (termasuk ekspatriat). Mata kuliah ini menganalisis praktik manajemen dan negosiasi dalam konteks lintas budaya internasional, dan tantangan mengelola hubungan bisnis internasional dianalisis secara kritis. Topik meliputi sifat dan dimensi budaya, isu-isu yang berkaitan dengan pemecahan masalah lintas budaya, dinamika tim multi-budaya, mengelola tim global dan kepemimpinan lintas budaya. Bagaimana budaya berdampak pada pengambilan keputusan manajerial masalah tanggung jawab etika dan sosial dieksplorasi. mata kuliah menggunakan case study atau studi kasus. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications.
- Jack, G., & Westwood, R. (2009). International and cross-cultural management studies: A postcolonial reading. Springer.
- Geert Hofstede, Gert Jan Hofstede, and Michael Minkov (2010). Cultures and Organizations. Software of the mind. McGraw-Hill Companies.
|
Pendukung : |
|
- Martin J. Gannon and Karen L. Newman. (2017). The Blackwell Handbook of Cross-Cultural Management. Blackwell Publishers Inc
- Kistyanto, A., Rahman, M. F. W., Adhar Wisandiko, F., & Setyawati, E. E. P. (2022). Cultural intelligence increase student's innovative behavior in higher education: the mediating role of interpersonal trust. International Journal of Educational Management, 36(4), 419-440.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si. Prof. Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si. Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M. Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM. Muhammad Rizky Ramadhan, BBus., MITHM. Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mendeskripsikan konsep budaya |
- Mampu mendeskripsikan tentang simbol
- Mampu mendeskripsikan tentang nilai
- Mampu mendeskripsikan unsur budaya
- Mampu mendeskripsikan konsep budaya
- Mampu menjelaskan keragaman budaya
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3x50 |
Zoom meeting atau google meet (Case Method) 3x50 |
Materi: Teori dan konsep budaya Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mendeskripsikan konsep budaya |
- Mampu mendeskripsikan tentang simbol
- Mampu mendeskripsikan tentang nilai
- Mampu mendeskripsikan unsur budaya
- Mampu mendeskripsikan konsep budaya
- Mampu menjelaskan keragaman budaya
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3x50 |
Zoom meeting atau google meet (Case Method) 3x50 |
Materi: Teori dan konsep budaya Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu mendeskripsikan kerangka kerja untuk manajemen lintas budaya |
- Mampu menjelaskan budaya nasional
- Mampu menjelaskan budaya individu dan kelompok
- Mampu menjelaskan budaya organisasi
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3x50 |
Zoom meeting atau google meet (Case Method) 3x50 |
Materi: Teori kerangka kerja untuk manajemen lintas budaya Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mendeskripsikan kerangka kerja untuk manajemen lintas budaya |
- Mampu menjelaskan budaya nasional
- Mampu menjelaskan budaya individu dan kelompok
- Mampu menjelaskan budaya organisasi
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3x50 |
Zoom meeting atau google meet (Case Method) 3x50 |
Materi: teori kerangka kerja untuk manajemen lintas budaya Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menjelaskan tentang strategi, struktur, dan hubungan inter-organizational |
- Mampu menjelaskan proses identifikasi risiko
- Mampu menjelaskan tentang budaya, institusi, dan alternatif pilihan strategi bisnis
- Mampu menjelaskan tentang peluang dan tantangan
- Mampu menjelaskan strategi perusahaan international joint venture
- Mampu menghubungkan antara strategi dan struktur dalam perusahaan MNC
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3x5 |
Zoom meeting atau google meet (Case Method) 3x5 |
Materi: Strategi, struktur, dan hubungan inter-organizational Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menjelaskan tentang strategi, struktur, dan hubungan inter-organizational |
- Mampu menjelaskan proses identifikasi risiko
- Mampu menjelaskan tentang budaya, institusi, dan alternatif pilihan strategi bisnis
- Mampu menjelaskan tentang peluang dan tantangan
- Mampu menjelaskan strategi perusahaan international joint venture
- Mampu menghubungkan antara strategi dan struktur dalam perusahaan MNC
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3x5 |
Zoom meeting atau google meet (Case Method) 3x5 |
Materi: Strategi, struktur, dan hubungan inter-organizational Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menjelaskan tentang strategy, struktur, dan hubungan inter-organizational |
- Mampu menjelaskan proses identifikasi risiko
- Mampu menjelaskan tentang budaya, institusi, dan alternatif pilihan strategi bisnis
- Mampu menjelaskan tentang peluang dan tantangan
- Mampu menjelaskan strategi perusahaan international joint venture
- Mampu menghubungkan antara strategi dan struktur dalam perusahaan MNC
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3x5 |
Zoom meeting atau google meet (Case Method) 3x5 |
Materi: Strategi, struktur, dan hubungan inter-organizational Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Ujian Tengah Semester Bentuk Penilaian : Tes |
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester 2x50 |
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester 2x50 |
Materi: Pertemuan 1-7 Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menjelaskan pengelolaan sumber daya manusia lintas budaya |
- Mampu menjelaskan praktik sumberdaya manusia dalam perusahaan multinasional
- Mampu menjelaskan penetapan tujuan, pengukuran kinerja, dan umpan balik
- Mampu menjelaskan pengembangan karyawan dan kebijakan ekspatriate
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3x50 |
Zoom meeting atau google meet (Case Method) 3x50 |
Materi: Pengelolaan sumberdaya manusia lintas budaya Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menjelaskan pengelolaan sumber daya manusia lintas budaya |
- Mampu menjelaskan praktik sumberdaya manusia dalam perusahaan multinasional
- Mampu menjelaskan penetapan tujuan, pengukuran kinerja, dan umpan balik
- Mampu menjelaskan pengembangan karyawan dan kebijakan ekspatriate
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3x50 |
Zoom meeting atau google meet (Case Method) 3x50 |
Materi: Pengelolaan sumberdaya manusia lintas budaya Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menganalisis aspek motivasi, penghargaan, dan kepemimpinan lintas budaya |
- Mampu menjelaskan budaya, motivasi, dan perilaku kerja
- Mampu menjelaskan kepemimpinan lintas budaya
- Mampu menjelaskan aspek gender dalam kepemimpinan global
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3x50 |
Zoom meeting atau google meet (Case Method) 3x50 |
Materi: Teori motivasi, penghargaan, dan kepemimpinan lintas budaya Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menganalisis aspek motivasi, penghargaan, dan kepemimpinan lintas budaya |
- Mampu menjelaskan budaya, motivasi, dan perilaku kerja
- Mampu menjelaskan kepemimpinan lintas budaya
- Mampu menjelaskan aspek gender dalam kepemimpinan global
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3x50 |
Zoom meeting atau google meet (Case Method) 3x50 |
Materi: Teori motivasi, penghargaan, dan kepemimpinan lintas budaya Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menjabarkan interpersonal proses dalam lintas budaya |
- Mampu menjelaskan teori identitas structural
- Mampu menjabarkan komunikasi lintas budaya
- Mampu menjabarkan konstruksi budaya pada negosiasi
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3x50 |
Zoom meeting atau google meet (Case Method) 3x50 |
Materi: Teori interpersonal proses dalam lintas budaya Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menjabarkan interpersonal proses dalam lintas budaya |
- Mampu menjelaskan teori identitas structural
- Mampu menjabarkan komunikasi lintas budaya
- Mampu menjabarkan konstruksi budaya pada negosiasi
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3x50 |
Zoom meeting atau google meet (Case Method) 3x50 |
Materi: Teori interpersonal proses dalam lintas budaya Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menjelaskan budaya dan nilai perusahaan dalam lintas budaya |
- Mampu menjelaskan budaya dan image perusahaan
- Mampu menjelaskan kepercayaan dalam hubungan lintas budaya
- Mampu menjelaskan etika bisnis lintas budaya
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3x50 |
Zoom meeting atau google meet (Case Method) 3x50 |
Materi: Teori budaya dan nilai perusahaan dalam lintas budaya Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir semester |
Mampu Mengerjakan Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Tes |
Mengerjakan Ujian Akhir Semester 2x50 |
Mengerjakan Ujian Akhir Semester 2x50 |
Materi: Pertemuan 9-15 Pustaka: Thomas, D. C., & Peterson, M. F. (2016). Cross-cultural management: Essential concepts. Sage Publications. |
20% |