Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Kebutuhan Latihan Fisik Cabang Olahraga

8520604060

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=1

ECTS=1.59

5

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed.




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-5

Mampu menganalisis kebutuhan fisik secara personal, sesuai tuntutan cabang olahraga, maupun olahraga disabilitas berdasar aspek anatomi, fisiologi, biomekanik, dan keterampilan motorik

PLO-6

Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan kepelatihan fisik olahraga secara mendalam berdasar kajian analisis berbasis sains dan teknologi

PLO-9

Mampu merancang, menghasilkan, dan mengembangkan konten tentang kepelatihan olahraga di media digital yang aplikatif dan informatif

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengetahui dan memahami berbagai komponen fisik yang diperlukan dalam cabang olahraga (kekuatan, daya tahan, kelincahan, kecepatan, dll).

PO - 2

Menganalisis kebutuhan fisik yang spesifik berdasarkan karakteristik dan tuntutan dari setiap cabang olahraga.

PO - 3

Mampu merancang program latihan fisik yang sesuai dengan cabang olahraga tertentu.

PO - 4

Memahami hubungan antara analisis kebutuhan fisik dengan peningkatan performa atlet.

PO - 5

Menguasai cara evaluasi dan pengukuran kebutuhan fisik atlet dalam cabang olahraga tertentu.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-5PLO-6PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4 
PO-5

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Kebutuhan Latihan Fisik bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan merancang kebutuhan latihan fisik berdasarkan karakteristik individu dan tujuan tertentu, baik dalam konteks olahraga maupun kesehatan. Mahasiswa akan mempelajari metode-metode yang digunakan untuk mengevaluasi kondisi fisik, mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan latihan, serta merancang program latihan yang tepat dan efektif. Selain itu, mahasiswa juga akan diajarkan cara untuk menyesuaikan program latihan dengan kondisi individu, seperti usia, jenis kelamin, tingkat kebugaran, dan tujuan spesifik.

Pustaka

Utama :

  1. Howley, E. T., & Franks, B. D. (2011). Fitness Professional's Handbook. Human Kinetics.
  2. Bompa, T.O., & Haff, G.G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.
  3. McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.
  4. Zatsiorsky, V.M., & Kraemer, W.J. (2006). Science and Practice of Strength Training. Human Kinetics.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 1: Pengantar Analisis Kebutuhan Fisik

Pengenalan mata kuliah, tujuan, dan ruang lingkup analisis kebutuhan fisik dalam olahraga.
Pengenalan cabang olahraga yang akan dianalisis.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T.O., & Haff, G.G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: Howley, E. T., & Franks, B. D. (2011). Fitness Professional's Handbook. Human Kinetics.
6%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 2: Komponen Fisik dalam Olahraga

Kekuatan, daya tahan, kelincahan, kecepatan, fleksibilitas, koordinasi.
Pembahasan komponen fisik berdasarkan cabang olahraga.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.

Materi: ...
Pustaka: Howley, E. T., & Franks, B. D. (2011). Fitness Professional's Handbook. Human Kinetics.
6%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 3: Evaluasi Kebutuhan Fisik Atlet Tes fisik dasar yang digunakan untuk mengevaluasi kebutuhan fisik atlet.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T.O., & Haff, G.G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: Zatsiorsky, V.M., & Kraemer, W.J. (2006). Science and Practice of Strength Training. Human Kinetics.
6%

4

Minggu ke 4

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 4: Analisis Kebutuhan Fisik untuk Cabang Olahraga Bola

Fokus pada analisis kebutuhan fisik untuk sepak bola, basket, dan voli
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T.O., & Haff, G.G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.

Materi: ...
Pustaka: Zatsiorsky, V.M., & Kraemer, W.J. (2006). Science and Practice of Strength Training. Human Kinetics.
6%

5

Minggu ke 5

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 5: Analisis Kebutuhan Fisik untuk Cabang Olahraga Atletik

Fokus pada lari jarak jauh, lari cepat, lompat jauh, dan lempar.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T.O., & Haff, G.G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: Howley, E. T., & Franks, B. D. (2011). Fitness Professional's Handbook. Human Kinetics.
6%

6

Minggu ke 6

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Pertemuan 6: Analisis Kebutuhan Fisik untuk Cabang Olahraga Renang

Membahas teknik renang, daya tahan, dan kekuatan otot yang dibutuhkan.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.

Materi: ...
Pustaka: Zatsiorsky, V.M., & Kraemer, W.J. (2006). Science and Practice of Strength Training. Human Kinetics.
6%

7

Minggu ke 7

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 7: Analisis Kebutuhan Fisik untuk Cabang Olahraga Tinju, Taekwondo, Karate dll.

Menganalisis kebutuhan fisik yang spesifik pada olahraga beladiri.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.

Materi: ...
Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T.O., & Haff, G.G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.
6%

8

Minggu ke 8

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)

Ujian teori dan evaluasi mengenai analisis kebutuhan fisik cabang olahraga.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T.O., & Haff, G.G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: Howley, E. T., & Franks, B. D. (2011). Fitness Professional's Handbook. Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.

Materi: ...
Pustaka: Zatsiorsky, V.M., & Kraemer, W.J. (2006). Science and Practice of Strength Training. Human Kinetics.
6%

9

Minggu ke 9

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 9: Program Latihan Fisik Berdasarkan Kebutuhan Olahraga

Pembahasan bagaimana menyusun program latihan berdasarkan analisis kebutuhan fisik.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T.O., & Haff, G.G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: Zatsiorsky, V.M., & Kraemer, W.J. (2006). Science and Practice of Strength Training. Human Kinetics.
6%

10

Minggu ke 10

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 10: Latihan Kekuatan dan Daya Tahan untuk Olahraga

Teknik dan metode latihan untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan atlet.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T.O., & Haff, G.G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: Zatsiorsky, V.M., & Kraemer, W.J. (2006). Science and Practice of Strength Training. Human Kinetics.
6%

11

Minggu ke 11

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 11: Latihan Kelincahan dan Kecepatan dalam Olahraga

Pembahasan metode latihan kelincahan, kecepatan, dan ketepatan gerakan.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Howley, E. T., & Franks, B. D. (2011). Fitness Professional's Handbook. Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T.O., & Haff, G.G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.
6%

12

Minggu ke 12

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 12: Adaptasi Fisiologis dalam Latihan Olahraga

Bagaimana tubuh beradaptasi terhadap latihan dan bagaimana hal ini mempengaruhi performa atlet.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Howley, E. T., & Franks, B. D. (2011). Fitness Professional's Handbook. Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.
6%

13

Minggu ke 13

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 13: Analisis Kebutuhan Fisik untuk Cabang Olahraga Beregu

Fokus pada olahraga beregu seperti sepak bola, basket, dan rugby.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.

Materi: ...
Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.

Materi: ...
Pustaka: Howley, E. T., & Franks, B. D. (2011). Fitness Professional's Handbook. Human Kinetics.
6%

14

Minggu ke 14

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 14: Latihan Fisik Khusus Berdasarkan Posisi dalam Olahraga

Program latihan fisik yang disesuaikan dengan posisi atau peran dalam olahraga (misalnya, kiper, striker, dll).
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Howley, E. T., & Franks, B. D. (2011). Fitness Professional's Handbook. Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: Zatsiorsky, V.M., & Kraemer, W.J. (2006). Science and Practice of Strength Training. Human Kinetics.
6%

15

Minggu ke 15

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Pertemuan 15: Presentasi Proyek Analisis Kebutuhan Fisik

Presentasi oleh mahasiswa tentang analisis kebutuhan fisik untuk cabang olahraga pilihan mereka.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T.O., & Haff, G.G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.
6%

16

Minggu ke 16

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi poin poin kriteria yang tertera dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)

Ujian akhir yang mencakup teori dan penerapan analisis kebutuhan fisik dalam cabang olahraga.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T.O., & Haff, G.G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: Howley, E. T., & Franks, B. D. (2011). Fitness Professional's Handbook. Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.

Materi: ...
Pustaka: Zatsiorsky, V.M., & Kraemer, W.J. (2006). Science and Practice of Strength Training. Human Kinetics.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 18%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 62%
3. Penilaian Praktikum 5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 2%
5. Tes 13%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.