|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran |
8620702244 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
13 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dhian Gowinda Luh Safitri M.Ed
|
Dhian Gowinda Luh Safitri M.Ed
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelenggaran pendidikan anak usia dini. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep komunikasi antar pribadi dan pentingnya dalam membangun hubungan interpersonal yang efektif.
|
PO - 2 |
Memahami Komunikasi Efektif dan elemen yang mempengaruhi
|
PO - 3 |
Menguasai Kemampuan Public Speaking
|
PO - 4 |
Menganalisis Studi Kasus yang berkaitan dengan Studi Kasus
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-4 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | PO-4 | | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar komunikasi antarpibadi, pentingnya bahasa verbal dan non verbal dalam komunikasi antarpribadi, ketrampilan komunikasi, teori-teori unttuk menganalisis situasi komunikasi antar pribadi, gaya komunikasi dan dimensi-dimensi relasi antarpribadi untuk bisa menjadi pelaku komunikasi antarpibadi yang efektif terhadap pada anak, orang tua, dan rekan sejawat. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, dan pembelajaran koorperatif. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- DeVito, J. A. (2019). The interpersonal communication book. Instructor, 1, 18.
- Pavord Erica dan Donelly Ellaine. 2015. Communication And Intrpersonal Skill . Cheltenham : Lantern Publishimg
- Solomon Denise dan Theiss Jenifer. 2013. Interpersonal Communication : Putting Theory Into Practice . London: Taylor and Francis Ltd
- Gilchrist Electra dan Petty. 2017. Deviant Communication In teacher-Student Interaction . Hershey : IGI Global
|
Pendukung : |
|
- Safitri, D. G. L. (2023). Building Partnerships with Families and Communities: A Case Study. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 12(1), 112-122.
- Safitri, D. G. L. (2021). Partnership Communication Plan to Support the Implementation of Holistic-Integrative Early Childhood Education (PAUD HI). SEA-CECCEP, 2(02), 43-51.
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Nurhenti Dorlina Simatupang, M.Sn. Dhian Gowinda Luh Safitri, S.Pd., M.Ed. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pemahaman hakekat dan konsep KAP |
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, tujuan, dan fungsi komunikasi
- Mahsiswa mampu memahami konsep dasar KAP
|
Kriteria:
- Mahasiswa dapat menganalisis pengertian, tujuan, dan fungsi komunikasi dengan tepat
- Mahasiswa dapat memahami konsep dasar KAP dengan tepat
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Materi: konsep dasar komunikasi antar pribadi Pustaka: DR A Supratiknya. 1995. Komunikasi Antarpribadi : Tinjauan Psikologis . Jakarta : Penerbit Kanisius. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Definisi komunikasi antar pribadi Pentingnya komunikasi dalam hubungan antar pribadi |
- Mahasiswa mampu memahami definisi Komunikasi Antar Pribadi
- Mahasiswa mampu memahami elemen dalam KAP
- Mahasiswa mampu pentingnya komunikasi antar pribadi
|
Kriteria:
Mahasiswa dapat memahami definisi, elemen, dan pentingnya komunikasi antar pribadi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Materi: Definisi komunikasi antar pribadi Pentingnya komunikasi dalam hubungan antar pribadi Pustaka: Joseph A Devito. 2012. The interpersonal communication book. Pearson Collage Materi: Definisi komunikasi antar pribadi Pentingnya komunikasi dalam hubungan antar pribadi Pustaka: Safitri, D. G. L. (2021). Partnership Communication Plan to Support the Implementation of Holistic-Integrative Early Childhood Education (PAUD HI). SEA-CECCEP, 2(02), 43-51. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Pemahaman tentang konsep diri dalam KAP |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang komponen dan prinsip dasar dalam komunikasi antar pribadi |
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Materi: Komponen dan prinsip dasar Pustaka: Joseph A Devito. 2012. The interpersonal communication book. Pearson Collage Materi: Komponen dan prinsip dasar Pustaka: Safitri, D. G. L. (2021). Partnership Communication Plan to Support the Implementation of Holistic-Integrative Early Childhood Education (PAUD HI). SEA-CECCEP, 2(02), 43-51. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Membangun komunikasi efektif |
- Definisi Komunikasi Efektif
- Peran Pentingnya Komunikasi Efektif
- Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi efektif
|
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Materi: Definisi komunikasi efektif, peran pentingnya komiunikasi efektif dan Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi efektif Pustaka: Johson David, W. 1993. Reaching Out : Interpersonal Effectiveness and Self Actualization 5th ed. A Devision of Simon & Schuster, Inc. Needham Haights, MA 02194. Materi: Definisi komunikasi efektif, peran pentingnya komiunikasi efektif dan Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi efektif Pustaka: Safitri, D. G. L. (2021). Partnership Communication Plan to Support the Implementation of Holistic-Integrative Early Childhood Education (PAUD HI). SEA-CECCEP, 2(02), 43-51. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Teori Johari Window dalam komunikasi antar pribadi |
Pemahaman akan teori Johari Window |
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Materi: Konsep dasar dari Teori Johari Window Bagaimana Teori Johari Window membantu memahami interaksi antar pribadi Empat kuadran dalam Teori Johari Window: Terbuka, Tersembunyi, Buta, dan Tidak Diketahui Pustaka: Joseph A Devito. 2012. The interpersonal communication book. Pearson Collage |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Membangun kepercayaan dalam komunikasi |
- Memahami peran kepercayaan dalam membangun hubungan yang kuat
- Memahami dampak positif kepercayaan terhadap efektivitas komunikasi
|
Kriteria:
Partisipasi aktif dalam pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Materi: Peran kepercayaan dalam membangun hubungan yang kuat Pustaka: Joseph A Devito. 2012. The interpersonal communication book. Pearson Collage Materi: Dampak positif kepercayaan terhadap efektivitas komunikasi Pustaka: Johson David, W. 1993. Reaching Out : Interpersonal Effectiveness and Self Actualization 5th ed. A Devision of Simon & Schuster, Inc. Needham Haights, MA 02194. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Konflik dan Komunikasi Konflik |
- Memahami Pengertian konflik dan variasi dalam konteks komunikasi interpersonal
- Memahami jenis-jenis konflik yang mungkin terjadi dalam hubungan antar pribadi
- Memahami teknik komunikasi konflik dan Pengelolaan konflik secara proaktif melalui komunikasi
|
Kriteria:
ketepatan dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Materi: Pengertian konflik dan variasi dalam konteks komunikasi interpersonal Pustaka: Solomon Denise dan Theiss Jenifer. 2013. Interpersonal Communication : Putting Theory Into Practice . London: Taylor and Francis Ltd Materi: Jenis-jenis konflik yang mungkin terjadi dalam hubungan antar pribadi Pustaka: Solomon Denise dan Theiss Jenifer. 2013. Interpersonal Communication : Putting Theory Into Practice . London: Taylor and Francis Ltd Materi: Teknik komunikasi konflik dan Pengelolaan konflik secara proaktif melalui komunikasi Pustaka: Joseph A Devito. 2012. The interpersonal communication book. Pearson Collage |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Memahami bahasan pada pertemuan 1-7 |
Mahasiswa mengerjakan ujian tengah semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian tengah semester dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Sumatif 2 X 50 |
Tes Sumatif 2 X 50 |
Materi: materi pertemuan 1-7 Pustaka: Pavord Erica dan Donelly Ellaine. 2015. Communication And Intrpersonal Skill . Cheltenham : Lantern Publishimg |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa memahami gaya komunikasi antar pribadi |
- Memahami definisi dan signifikansi pemahaman gaya komunikasi
- Memahami pengenalan gaya komunikasi: agresif, pasif, asertif
- Memahami hubungan antara gaya komunikasi dengan hasil interaksi
|
Kriteria:
Penilaian portfolio Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Materi: Definisi dan signifikansi pemahaman gaya komunikasi, Pengenalan gaya komunikasi: agresif, pasif, asertif dan Hubungan antara gaya komunikasi dengan hasil interaksi Pustaka: DeVito, J. A. (2019). The interpersonal communication book. Instructor, 1, 18. |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa memahami pentingnya mendengarkan aktif |
Definisi dan signifikansi pemahaman gaya komunikasi |
Kriteria:
- Partisipasi sesuai dengan topik bahasan
- Pengenalan gaya komunikasi: agresif, pasif, asertif
- Hubungan antara gaya komunikasi dengan hasil interaksi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
|
Materi: Definisi dan signifikansi pemahaman gaya komunikasi, Pengenalan gaya komunikasi: agresif, pasif, asertif dan Hubungan antara gaya komunikasi dengan hasil interaksi Pustaka: Knapp Mark L dan Daly John A. 2011. Interpersonal Communication. Tousand Oaks : Sage |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami kemampuan public speaking |
Pemahaman akan Public Speaking |
Kriteria:
Kemampuan dalam Public Speaking Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok, pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Materi: Komunikasi Pengasuhan pada Anak Pustaka: DeVito, J. A. (2019). The interpersonal communication book. Instructor, 1, 18. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu melakukan identifikasi permasalahan komunikasi dalam PAUD |
Pemahaman akan analisis kasus |
Kriteria:
Ketepatan dalam membidik permasalahan Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Materi: Komunikasi Pengasuhan pada Anak Pustaka: DeVito, J. A. (2019). The interpersonal communication book. Instructor, 1, 18. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Komunikasi Pengasuhan pada Anak dan Rekan Kerja |
identifikasi permasalahan komunikasi di PAUD |
Kriteria:
Ketepatan dalam menganalisis permasalahan Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Materi: komunikasi dalam PAUD Pustaka: Gilchrist Electra dan Petty. 2017. Deviant Communication In teacher-Student Interaction . Hershey : IGI Global |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa memiliki kemampuan Public Speaking |
Kemampuan dalam Public Speaking |
Kriteria:
Mampu menguasai prinsip-prinsip dalam public speaking Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi kelompok, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Materi: komunikasi dalam PAUD Pustaka: Gilchrist Electra dan Petty. 2017. Deviant Communication In teacher-Student Interaction . Hershey : IGI Global |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menguasai Public Speaking |
Mahasiswa mampu menguasai public speaking |
Kriteria:
Kemampuan public speaking Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi kelompok, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Ceramah, diskusi kelompok, dan pembelajaran koorperatif 2 X 50 |
Materi: komunikasi dengan AUD Pustaka: Magumise Johnson dan Chikwiri Elizabeth. 2011. Community Involvement In The Early Childhood Development Programe . Germany : Lambert Materi: komunikasi dalam PAUD Pustaka: KR Adhe, MA Ningrum, M Nursalim, S Sujarwanto - International Joint Conference on Arts and Humanities …, 2023 |
10% |
16
Minggu ke 16 |
menguasai seluruh konsep dalam perkuliahan KAP |
mahasisa mampu memahami materi KAP secara integratif |
Kriteria:
menjawab soal dengan tepat Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Tulis 2 X 50 |
Tes Tulis 2 X 50 |
Materi: konsep dasar komunikasi Pustaka: Joseph A Devito. 2012. The interpersonal communication book. Pearson Collage Materi: konsep dasar komunikasi Pustaka: DR A Supratiknya. 1995. Komunikasi Antarpribadi : Tinjauan Psikologis . Jakarta : Penerbit Kanisius. Materi: komunikasi dalam PAUD Pustaka: Gilchrist Electra dan Petty. 2017. Deviant Communication In teacher-Student Interaction . Hershey : IGI Global |
15% |