Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran

8620702244

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

13 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dhian Gowinda Luh Safitri M.Ed




Dhian Gowinda Luh Safitri M.Ed




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelenggaran pendidikan anak usia dini.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep komunikasi antar pribadi dan pentingnya dalam membangun hubungan interpersonal yang efektif.

PO - 2

Memahami Komunikasi Efektif dan elemen yang mempengaruhi

PO - 3

Menguasai Kemampuan Public Speaking

PO - 4

Menganalisis Studi Kasus yang berkaitan dengan Studi Kasus

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar komunikasi antarpibadi, pentingnya bahasa verbal dan non verbal dalam komunikasi antarpribadi, ketrampilan komunikasi, teori-teori unttuk menganalisis situasi komunikasi antar pribadi, gaya komunikasi dan dimensi-dimensi relasi antarpribadi untuk bisa menjadi pelaku komunikasi antarpibadi yang efektif terhadap pada anak, orang tua, dan rekan sejawat. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, dan pembelajaran koorperatif.

Pustaka

Utama :

  1. DeVito, J. A. (2019). The interpersonal communication book. Instructor, 1, 18.
  2. Pavord Erica dan Donelly Ellaine. 2015. Communication And Intrpersonal Skill . Cheltenham : Lantern Publishimg
  3. Solomon Denise dan Theiss Jenifer. 2013. Interpersonal Communication : Putting Theory Into Practice . London: Taylor and Francis Ltd
  4. Gilchrist Electra dan Petty. 2017. Deviant Communication In teacher-Student Interaction . Hershey : IGI Global

Pendukung :

  1. Safitri, D. G. L. (2023). Building Partnerships with Families and Communities: A Case Study. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 12(1), 112-122.
  2. Safitri, D. G. L. (2021). Partnership Communication Plan to Support the Implementation of Holistic-Integrative Early Childhood Education (PAUD HI). SEA-CECCEP, 2(02), 43-51.

Dosen Pengampu

Dra. Nurhenti Dorlina Simatupang, M.Sn.

Dhian Gowinda Luh Safitri, S.Pd., M.Ed.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pemahaman hakekat dan konsep KAP

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, tujuan, dan fungsi komunikasi
  2. Mahsiswa mampu memahami konsep dasar KAP
Kriteria:
  1. Mahasiswa dapat menganalisis pengertian, tujuan, dan fungsi komunikasi dengan tepat
  2. Mahasiswa dapat memahami konsep dasar KAP dengan tepat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Materi: konsep dasar komunikasi antar pribadi
Pustaka: DR A Supratiknya. 1995. Komunikasi Antarpribadi : Tinjauan Psikologis . Jakarta : Penerbit Kanisius.
2%

2

Minggu ke 2

Definisi komunikasi antar pribadi Pentingnya komunikasi dalam hubungan antar pribadi

  1. Mahasiswa mampu memahami definisi Komunikasi Antar Pribadi
  2. Mahasiswa mampu memahami elemen dalam KAP
  3. Mahasiswa mampu pentingnya komunikasi antar pribadi
Kriteria:

Mahasiswa dapat memahami definisi, elemen, dan pentingnya komunikasi antar pribadi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Materi: Definisi komunikasi antar pribadi Pentingnya komunikasi dalam hubungan antar pribadi
Pustaka: Joseph A Devito. 2012. The interpersonal communication book. Pearson Collage

Materi: Definisi komunikasi antar pribadi Pentingnya komunikasi dalam hubungan antar pribadi
Pustaka: Safitri, D. G. L. (2021). Partnership Communication Plan to Support the Implementation of Holistic-Integrative Early Childhood Education (PAUD HI). SEA-CECCEP, 2(02), 43-51.
3%

3

Minggu ke 3

Pemahaman tentang konsep diri dalam KAP

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang komponen dan prinsip dasar dalam komunikasi antar pribadi

Kriteria:

Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Materi: Komponen dan prinsip dasar
Pustaka: Joseph A Devito. 2012. The interpersonal communication book. Pearson Collage

Materi: Komponen dan prinsip dasar
Pustaka: Safitri, D. G. L. (2021). Partnership Communication Plan to Support the Implementation of Holistic-Integrative Early Childhood Education (PAUD HI). SEA-CECCEP, 2(02), 43-51.
2%

4

Minggu ke 4

Membangun komunikasi efektif

  1. Definisi Komunikasi Efektif
  2. Peran Pentingnya Komunikasi Efektif
  3. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi efektif
Kriteria:

Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Materi: Definisi komunikasi efektif, peran pentingnya komiunikasi efektif dan Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi efektif
Pustaka: Johson David, W. 1993. Reaching Out : Interpersonal Effectiveness and Self Actualization 5th ed. A Devision of Simon & Schuster, Inc. Needham Haights, MA 02194.

Materi: Definisi komunikasi efektif, peran pentingnya komiunikasi efektif dan Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi efektif
Pustaka: Safitri, D. G. L. (2021). Partnership Communication Plan to Support the Implementation of Holistic-Integrative Early Childhood Education (PAUD HI). SEA-CECCEP, 2(02), 43-51.
3%

5

Minggu ke 5

Teori Johari Window dalam komunikasi antar pribadi

Pemahaman akan teori Johari Window

Kriteria:

Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Materi: Konsep dasar dari Teori Johari Window Bagaimana Teori Johari Window membantu memahami interaksi antar pribadi Empat kuadran dalam Teori Johari Window: Terbuka, Tersembunyi, Buta, dan Tidak Diketahui
Pustaka: Joseph A Devito. 2012. The interpersonal communication book. Pearson Collage
5%

6

Minggu ke 6

Membangun kepercayaan dalam komunikasi

  1. Memahami peran kepercayaan dalam membangun hubungan yang kuat
  2. Memahami dampak positif kepercayaan terhadap efektivitas komunikasi
Kriteria:

Partisipasi aktif dalam pembelajaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Materi: Peran kepercayaan dalam membangun hubungan yang kuat
Pustaka: Joseph A Devito. 2012. The interpersonal communication book. Pearson Collage

Materi: Dampak positif kepercayaan terhadap efektivitas komunikasi
Pustaka: Johson David, W. 1993. Reaching Out : Interpersonal Effectiveness and Self Actualization 5th ed. A Devision of Simon & Schuster, Inc. Needham Haights, MA 02194.
5%

7

Minggu ke 7

Konflik dan Komunikasi Konflik

  1. Memahami Pengertian konflik dan variasi dalam konteks komunikasi interpersonal
  2. Memahami jenis-jenis konflik yang mungkin terjadi dalam hubungan antar pribadi
  3. Memahami teknik komunikasi konflik dan Pengelolaan konflik secara proaktif melalui komunikasi
Kriteria:

ketepatan dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Materi: Pengertian konflik dan variasi dalam konteks komunikasi interpersonal
Pustaka: Solomon Denise dan Theiss Jenifer. 2013. Interpersonal Communication : Putting Theory Into Practice . London: Taylor and Francis Ltd

Materi: Jenis-jenis konflik yang mungkin terjadi dalam hubungan antar pribadi
Pustaka: Solomon Denise dan Theiss Jenifer. 2013. Interpersonal Communication : Putting Theory Into Practice . London: Taylor and Francis Ltd

Materi: Teknik komunikasi konflik dan Pengelolaan konflik secara proaktif melalui komunikasi
Pustaka: Joseph A Devito. 2012. The interpersonal communication book. Pearson Collage
10%

8

Minggu ke 8

Memahami bahasan pada pertemuan 1-7

Mahasiswa mengerjakan ujian tengah semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan ujian tengah semester dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Sumatif
2 X 50
Tes Sumatif
2 X 50
Materi: materi pertemuan 1-7
Pustaka: Pavord Erica dan Donelly Ellaine. 2015. Communication And Intrpersonal Skill . Cheltenham : Lantern Publishimg
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa memahami gaya komunikasi antar pribadi

  1. Memahami definisi dan signifikansi pemahaman gaya komunikasi
  2. Memahami pengenalan gaya komunikasi: agresif, pasif, asertif
  3. Memahami hubungan antara gaya komunikasi dengan hasil interaksi
Kriteria:

Penilaian portfolio


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Materi: Definisi dan signifikansi pemahaman gaya komunikasi, Pengenalan gaya komunikasi: agresif, pasif, asertif dan Hubungan antara gaya komunikasi dengan hasil interaksi
Pustaka: DeVito, J. A. (2019). The interpersonal communication book. Instructor, 1, 18.
2%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa memahami pentingnya mendengarkan aktif

Definisi dan signifikansi pemahaman gaya komunikasi

Kriteria:
  1. Partisipasi sesuai dengan topik bahasan
  2. Pengenalan gaya komunikasi: agresif, pasif, asertif
  3. Hubungan antara gaya komunikasi dengan hasil interaksi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50

Materi: Definisi dan signifikansi pemahaman gaya komunikasi, Pengenalan gaya komunikasi: agresif, pasif, asertif dan Hubungan antara gaya komunikasi dengan hasil interaksi
Pustaka: Knapp Mark L dan Daly John A. 2011. Interpersonal Communication. Tousand Oaks : Sage
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami kemampuan public speaking

Pemahaman akan Public Speaking

Kriteria:

Kemampuan dalam Public Speaking


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok, pembelajaran koorperatif
2 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Materi: Komunikasi Pengasuhan pada Anak
Pustaka: DeVito, J. A. (2019). The interpersonal communication book. Instructor, 1, 18.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu melakukan identifikasi permasalahan komunikasi dalam PAUD

Pemahaman akan analisis kasus

Kriteria:

Ketepatan dalam membidik permasalahan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Materi: Komunikasi Pengasuhan pada Anak
Pustaka: DeVito, J. A. (2019). The interpersonal communication book. Instructor, 1, 18.
5%

13

Minggu ke 13

Komunikasi Pengasuhan pada Anak dan Rekan Kerja

identifikasi permasalahan komunikasi di PAUD

Kriteria:

Ketepatan dalam menganalisis permasalahan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Materi: komunikasi dalam PAUD
Pustaka: Gilchrist Electra dan Petty. 2017. Deviant Communication In teacher-Student Interaction . Hershey : IGI Global
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa memiliki kemampuan Public Speaking

Kemampuan dalam Public Speaking

Kriteria:

Mampu menguasai prinsip-prinsip dalam public speaking


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi kelompok, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, pembelajaran koorperatif
2 X 50
Materi: komunikasi dalam PAUD
Pustaka: Gilchrist Electra dan Petty. 2017. Deviant Communication In teacher-Student Interaction . Hershey : IGI Global
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menguasai Public Speaking

Mahasiswa mampu menguasai public speaking

Kriteria:

Kemampuan public speaking


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi kelompok, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Ceramah, diskusi kelompok, dan pembelajaran koorperatif
2 X 50
Materi: komunikasi dengan AUD
Pustaka: Magumise Johnson dan Chikwiri Elizabeth. 2011. Community Involvement In The Early Childhood Development Programe . Germany : Lambert

Materi: komunikasi dalam PAUD
Pustaka: KR Adhe, MA Ningrum, M Nursalim, S Sujarwanto - International Joint Conference on Arts and Humanities …, 2023
10%

16

Minggu ke 16

menguasai seluruh konsep dalam perkuliahan KAP

mahasisa mampu memahami materi KAP secara integratif

Kriteria:

menjawab soal dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Tulis
2 X 50
Tes Tulis
2 X 50
Materi: konsep dasar komunikasi
Pustaka: Joseph A Devito. 2012. The interpersonal communication book. Pearson Collage

Materi: konsep dasar komunikasi
Pustaka: DR A Supratiknya. 1995. Komunikasi Antarpribadi : Tinjauan Psikologis . Jakarta : Penerbit Kanisius.

Materi: komunikasi dalam PAUD
Pustaka: Gilchrist Electra dan Petty. 2017. Deviant Communication In teacher-Student Interaction . Hershey : IGI Global
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Portofolio 20%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.