
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Statistik dan Pengolahan Data |
7320103218 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
31 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Desi Nurwidawati, S.Si., M.Sc.; Rizky Putra Santosa, M.Si.
|
Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si., Psikolog
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerjanya berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan, agama, dan kode etik yang berlaku |
PLO-8 |
Mampu menerapkan prinsip-prinsip literasi data dan pelaporan hasil sainstifik yang bebas plagiarisme dan berlandaskan pada integritas akademik |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dasar statistika
|
PO - 2 |
Mampu menerapkan teknik analisis data dan interpretasinya untuk penelitian psikologi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang untuk membahas berbagai konsep statistika yang diterapkan dalam penyelesaian penelitian kuantitatif dalam bidang psikologi. Materi pembahasan mencakup statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan teknik parametrik dan non-parametrik serta aplikasinya menngunakan perangkat lunak pengolah data kuantitatif. Hal ini diharapkan akan memberikan pemahaman konsep dan metode statistika untuk menganalisis dan menjawab pertanyaan penelitan kuantitatif psikologi, serta sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan secara rasional dan mengutamakan objektivitas data. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi. com [Hämtad 14 december].
- Ott, R.Lyman & Longnecker, Michael. (2016). An Introduction to Statistical Methods and Data Analysis. Cengage Learning
- Ellis, P. D. (2010). The essential guide to effect sizes: Statistical power, meta-analysis, and the interpretation of research results. Cambridge university press.
- Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning.
- Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Desi Nurwidawati, S.Si., M.Sc. Rizky Putra Santosa, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menguasai konsep dan teknik statistika, dasar-dasar statistika dan hubungannya dengan penelitian dan pengembangann ilmu pengetahuan |
- Dapat membedakan pengertian statistik dan statistika
- Dapat menyebutkan dasar-dasar analisis statistika
- Dapat menjelaskan pengertian dan jenis-jenis data
|
Kriteria:
- Pertanyaan lisan yang benar diberi skor partisipatif
- Jika mahasiswa memberikan pertanyaan (2 poin), dan mahasiswa menjawab pertanyaan (5 poin)
Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran langsung secara tatap muka 2 x 50 menit |
LMS Sidia 1 x 50 menit |
Materi: konsep dan teknik statistika, dasar-dasar statistika dan hubungannya dengan penelitian dan pengembangann ilmu pengetahuan Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december]. Materi: konsep dan teknik statistika, dasar-dasar statistika dan hubungannya dengan penelitian dan pengembangann ilmu pengetahuan Pustaka: Ott, R.Lyman & Longnecker, Michael. (2016). An Introduction to Statistical Methods and Data Analysis. Cengage Learning |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Menguasai teknik-teknik penyajian data statistik |
- Dapat mengorganisasikan dan menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi
- Dapat mengorganisasikan dan menyajikan data dalam bentuk grafik
|
Kriteria:
Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran langsung secara tatap muka 2 x 50 menit |
LMS Sidia 1 x 50 menit |
Materi: teknik-teknik penyajian data statistik Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/....... com [Hämtad 14 december]. Materi: teknik-teknik penyajian data statistik Pustaka: Ott, R.Lyman & Longnecker, Michael. (2016). An Introduction to Statistical Methods and Data Analysis. Cengage Learning Materi: Penyajian data dalam tabel dan grafik Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Menguasai teknik-teknik statistika untuk menetapkan ukuran pemusatan data, penyebaran data, dan lokasi |
- Dapat melakukan operasi statistika untuk menghitung pemusatan data (nilai rata-rata atau mean score, median dan modus)
- Dapat melakukan operasi statistika untuk menghitung penyebaran data (range, deviasi rata-rata, simpangan baku, varian, z-score)
- Dapat melakukan operasi statistika untuk menghitung nilai kuartil dan persentil
|
Kriteria:
Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Tes |
Contextual Instruction (CI) 2 x 50 menit |
LMS Sidia 1 x 50 menit |
Materi: Pemusatan data (mean, median, modus) Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Menguasai teknik-teknik statistik untuk menghitung variabilitas data |
- Mampu menghitung standar deviasi
- Mampu menghitung varians
- Mampu menghitung persentil
|
Kriteria:
Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Tes |
Contextual Instruction (CI) 2 x 50 menit |
LMS Sidia 1 x 50 menit |
Materi: Variabilitas data Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december]. Materi: Variabilitas data Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Menguasai konsep distribusi normal dalam terapan penelitian kuantitatif |
Memahami deviasi rata-rata, varians, simpangan baku, z-score |
Kriteria:
Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Tes |
Contextual Instruction (CI) 2 x 50 menit |
LMS Sidia 1 x 50 menit |
Materi: Kurva normal dan kenormalan data Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US. Materi: z-score Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai teknik-teknik statistik untuk menguji hipotesis tentang uji beda satu dan dua kelompok |
Mahasiswa mampu menyelesaikan pertanyaan penelitian terkait uji beda satu dan dua kelompok |
Kriteria:
Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Tes |
Contextual Instruction (CI) 2 x 50 menit |
LMS Sidia 1 x 50 menit |
Materi: Uji Beda 1 dan 2 kelompok Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning. Materi: Uji Beda 1 dan 2 kelompok Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai teknik-teknik statistik untuk menguji hipotesis tentang uji beda lebih dari dua kelompok |
Mahasiswa mampu menyelesaikan pertanyaan penelitian terkait uji anava pada dua kelompok atau lebih |
Kriteria:
Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Tes |
Contextual Instruction (CI) 2 x 50 menit |
LMS Sidia 1 x 50 menit |
Materi: Analisis Varian Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US. Materi: Analisis Varian Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december]. Materi: Analisis Varian Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Menganalisis data dengan uji hipotesis dan interpretasi pada satu, dua atau lebih kelompok |
Kriteria:
Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kegiatan Terstruktur 3 x 50 menit |
|
Materi: Materi 1-7 Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai teknik-teknik statistik untuk menguji hipotesis untuk hubungan dua variabel |
Menguasai uji korelasi (product moment), regresi sederhana dan ganda |
Kriteria:
Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Tes |
Contextual Instruction (CI) 2 x 50 menit |
LMS Sidia 1 x 50 menit |
Materi: Korelasi Product Moment dan Regresi Sederhana-Berganda Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US. Materi: Korelasi Product Moment dan Regresi Sederhana-Berganda Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december]. |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat menghitung dan menginterpretasikan analisis regresi sederhana dan ganda |
Menganalisis data dan interpretasi untuk analisis regresi sederhana dan ganda |
Kriteria:
Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Tes |
Contextual Instruction (CI) 2 x 50 menit |
LMS Sidia 1 x 50 menit |
Materi: Regresi Sederhana-Berganda Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning. Materi: Regresi Sederhana-Berganda Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu melakukan uji statistik nonparametrik uji beda dua kelompok |
Menganalisis data dan interpretasi untuk teknik wilcoxon dan mann whitney |
Kriteria:
Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Tes |
Contextual Instruction (CI) 2 x 50 menit |
LMS Sidia 1 x 50 menit |
Materi: Uji wilcoxon dan Uji mann whitney Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu melakukan uji statistik nonparametrik uji beda lebih dari dua kelompok (uji kruskal Wallis) |
Menganalisis data dan interpretasi untuk uji beda lebih dari dua kelompok (uji kruskal Wallis) |
Kriteria:
Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Tes |
Contextual Instruction (CI) 2 x 50 menit |
LMS Sidia 1 x 50 menit |
Materi: Uji Kruskal Wallis (Statistika nonparametrik uji beda dua kelompok) Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US. Materi: Uji Kruskal Wallis (Statistika nonparametrik uji beda dua kelompok) Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december]. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu melakukan uji statistik nonparametrik uji hubungan dua variabel (uji korelasi spearman) dan interpretasinya |
Menganalisis data dan interpretasi untuk uji korelasi nonparametrik dua variabel |
Kriteria:
Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Tes |
Contextual Instruction (CI) 2 x 50 menit |
LMS Sidia 1 x 50 menit |
Materi: Uji Korelasi Spearman (Statistika nonparametrik uji korelasi) Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US. Materi: Uji Korelasi Spearman (Statistika nonparametrik uji korelasi) Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december]. |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memahami dan menggunakan teknik sampling dalam penelitian kuantitatif |
Mampu memahami dan menggunakan teknik pengambilan sampel dalam penelitian kuantitatif |
Kriteria:
Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Contextual Instruction (CI) 2 x 50 menit |
LMS Sidia 1 x 50 menit |
Materi: Sampling dan Populasi Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning. Materi: Sampling dan Populasi Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menggunakan perangkat lunak untuk menghitung ukuran sampel disetiap uji hipotesis |
Mampu menentukan ukuran sampel disetiap uji hipotesis berdasarkan referensi |
Kriteria:
Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Contextual Instruction (CI) 2 x 50 menit |
LMS Sidia 1 x 50 menit |
Materi: Ukuran Sampel dan Power Analysis Pustaka: Ellis, P. D. (2010). The essential guide to effect sizes: Statistical power, meta-analysis, and the interpretation of research results. Cambridge university press. Materi: Ukuran Sampel dan Power Analysis Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december]. |
4% |
16
Minggu ke 16 |
Menguasai kemampuan 1 s.d. 15 |
Menguasai indikator pada pertemuan 1 s.d. 15 |
Kriteria:
Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kegiatan Terstruktur 3 x 50 menit |
|
Materi: Materi 1-15 Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december]. Materi: Materi 1-15 Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US. Materi: Materi 1-15 Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning. Materi: Materi 1-15 Pustaka: Ott, R.Lyman & Longnecker, Michael. (2016). An Introduction to Statistical Methods and Data Analysis. Cengage Learning Materi: Materi 1-15 Pustaka: Ellis, P. D. (2010). The essential guide to effect sizes: Statistical power, meta-analysis, and the interpretation of research results. Cambridge university press. |
25% |