Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Statistik dan Pengolahan Data

7320103218

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

31 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Desi Nurwidawati, S.Si., M.Sc.; Rizky Putra Santosa, M.Si.




Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si., Psikolog




Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerjanya berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan, agama, dan kode etik yang berlaku

PLO-8

Mampu menerapkan prinsip-prinsip literasi data dan pelaporan hasil sainstifik yang bebas plagiarisme dan berlandaskan pada integritas akademik

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep dasar statistika

PO - 2

Mampu menerapkan teknik analisis data dan interpretasinya untuk penelitian psikologi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-8
PO-1 
PO-2

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk membahas berbagai konsep statistika yang diterapkan dalam penyelesaian penelitian kuantitatif dalam bidang psikologi. Materi pembahasan mencakup statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan teknik parametrik dan non-parametrik serta aplikasinya menngunakan perangkat lunak pengolah data kuantitatif. Hal ini diharapkan akan memberikan pemahaman konsep dan metode statistika untuk menganalisis dan menjawab pertanyaan penelitan kuantitatif psikologi, serta sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan secara rasional dan mengutamakan objektivitas data.

Pustaka

Utama :

  1. Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi. com [Hämtad 14 december].
  2. Ott, R.Lyman & Longnecker, Michael. (2016). An Introduction to Statistical Methods and Data Analysis. Cengage Learning
  3. Ellis, P. D. (2010). The essential guide to effect sizes: Statistical power, meta-analysis, and the interpretation of research results. Cambridge university press.
  4. Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning.
  5. Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Desi Nurwidawati, S.Si., M.Sc.

Rizky Putra Santosa, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai konsep dan teknik statistika, dasar-dasar statistika dan hubungannya dengan penelitian dan pengembangann ilmu pengetahuan

  1. Dapat membedakan pengertian statistik dan statistika
  2. Dapat menyebutkan dasar-dasar analisis statistika
  3. Dapat menjelaskan pengertian dan jenis-jenis data
Kriteria:
  1. Pertanyaan lisan yang benar diberi skor partisipatif
  2. Jika mahasiswa memberikan pertanyaan (2 poin), dan mahasiswa menjawab pertanyaan (5 poin)

Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran langsung secara tatap muka
2 x 50 menit
LMS Sidia
1 x 50 menit
Materi: konsep dan teknik statistika, dasar-dasar statistika dan hubungannya dengan penelitian dan pengembangann ilmu pengetahuan
Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december].

Materi: konsep dan teknik statistika, dasar-dasar statistika dan hubungannya dengan penelitian dan pengembangann ilmu pengetahuan
Pustaka: Ott, R.Lyman & Longnecker, Michael. (2016). An Introduction to Statistical Methods and Data Analysis. Cengage Learning
3%

2

Minggu ke 2

Menguasai teknik-teknik penyajian data statistik

  1. Dapat mengorganisasikan dan menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi
  2. Dapat mengorganisasikan dan menyajikan data dalam bentuk grafik
Kriteria:

Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran langsung secara tatap muka
2 x 50 menit
LMS Sidia
1 x 50 menit
Materi: teknik-teknik penyajian data statistik
Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/....... com [Hämtad 14 december].

Materi: teknik-teknik penyajian data statistik
Pustaka: Ott, R.Lyman & Longnecker, Michael. (2016). An Introduction to Statistical Methods and Data Analysis. Cengage Learning

Materi: Penyajian data dalam tabel dan grafik
Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning.
4%

3

Minggu ke 3

Menguasai teknik-teknik statistika untuk menetapkan ukuran pemusatan data, penyebaran data, dan lokasi

  1. Dapat melakukan operasi statistika untuk menghitung pemusatan data (nilai rata-rata atau mean score, median dan modus)
  2. Dapat melakukan operasi statistika untuk menghitung penyebaran data (range, deviasi rata-rata, simpangan baku, varian, z-score)
  3. Dapat melakukan operasi statistika untuk menghitung nilai kuartil dan persentil
Kriteria:

Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Contextual Instruction (CI)
2 x 50 menit
LMS Sidia
1 x 50 menit
Materi: Pemusatan data (mean, median, modus)
Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning.
4%

4

Minggu ke 4

Menguasai teknik-teknik statistik untuk menghitung variabilitas data

  1. Mampu menghitung standar deviasi
  2. Mampu menghitung varians
  3. Mampu menghitung persentil
Kriteria:

Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Contextual Instruction (CI)
2 x 50 menit
LMS Sidia
1 x 50 menit
Materi: Variabilitas data
Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december].

Materi: Variabilitas data
Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US.
4%

5

Minggu ke 5

Menguasai konsep distribusi normal dalam terapan penelitian kuantitatif

Memahami deviasi rata-rata, varians, simpangan baku, z-score

Kriteria:

Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Contextual Instruction (CI)
2 x 50 menit
LMS Sidia
1 x 50 menit
Materi: Kurva normal dan kenormalan data
Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US.

Materi: z-score
Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning.
4%

6

Minggu ke 6

Menguasai teknik-teknik statistik untuk menguji hipotesis tentang uji beda satu dan dua kelompok

Mahasiswa mampu menyelesaikan pertanyaan penelitian terkait uji beda satu dan dua kelompok

Kriteria:

Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Contextual Instruction (CI)
2 x 50 menit
LMS Sidia
1 x 50 menit
Materi: Uji Beda 1 dan 2 kelompok
Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning.

Materi: Uji Beda 1 dan 2 kelompok
Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US.
4%

7

Minggu ke 7

Menguasai teknik-teknik statistik untuk menguji hipotesis tentang uji beda lebih dari dua kelompok

Mahasiswa mampu menyelesaikan pertanyaan penelitian terkait uji anava pada dua kelompok atau lebih

Kriteria:

Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Contextual Instruction (CI)
2 x 50 menit
LMS Sidia
1 x 50 menit
Materi: Analisis Varian
Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US.

Materi: Analisis Varian
Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december].

Materi: Analisis Varian
Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning.
4%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Menganalisis data dengan uji hipotesis dan interpretasi pada satu, dua atau lebih kelompok

Kriteria:

Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kegiatan Terstruktur
3 x 50 menit

Materi: Materi 1-7
Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US.
20%

9

Minggu ke 9

Menguasai teknik-teknik statistik untuk menguji hipotesis untuk hubungan dua variabel

Menguasai uji korelasi (product moment), regresi sederhana dan ganda

Kriteria:

Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Contextual Instruction (CI)
2 x 50 menit
LMS Sidia
1 x 50 menit
Materi: Korelasi Product Moment dan Regresi Sederhana-Berganda
Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US.

Materi: Korelasi Product Moment dan Regresi Sederhana-Berganda
Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december].
4%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat menghitung dan menginterpretasikan analisis regresi sederhana dan ganda

Menganalisis data dan interpretasi untuk analisis regresi sederhana dan ganda

Kriteria:

Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Contextual Instruction (CI)
2 x 50 menit
LMS Sidia
1 x 50 menit
Materi: Regresi Sederhana-Berganda
Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning.

Materi: Regresi Sederhana-Berganda
Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US.
4%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu melakukan uji statistik nonparametrik uji beda dua kelompok

Menganalisis data dan interpretasi untuk teknik wilcoxon dan mann whitney

Kriteria:

Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Contextual Instruction (CI)
2 x 50 menit
LMS Sidia
1 x 50 menit
Materi: Uji wilcoxon dan Uji mann whitney
Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US.
4%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu melakukan uji statistik nonparametrik uji beda lebih dari dua kelompok (uji kruskal Wallis)

Menganalisis data dan interpretasi untuk uji beda lebih dari dua kelompok (uji kruskal Wallis)

Kriteria:

Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Contextual Instruction (CI)
2 x 50 menit
LMS Sidia
1 x 50 menit
Materi: Uji Kruskal Wallis (Statistika nonparametrik uji beda dua kelompok)
Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US.

Materi: Uji Kruskal Wallis (Statistika nonparametrik uji beda dua kelompok)
Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december].
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu melakukan uji statistik nonparametrik uji hubungan dua variabel (uji korelasi spearman) dan interpretasinya

Menganalisis data dan interpretasi untuk uji korelasi nonparametrik dua variabel

Kriteria:

Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Contextual Instruction (CI)
2 x 50 menit
LMS Sidia
1 x 50 menit
Materi: Uji Korelasi Spearman (Statistika nonparametrik uji korelasi)
Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US.

Materi: Uji Korelasi Spearman (Statistika nonparametrik uji korelasi)
Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december].
4%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami dan menggunakan teknik sampling dalam penelitian kuantitatif

Mampu memahami dan menggunakan teknik pengambilan sampel dalam penelitian kuantitatif

Kriteria:

Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Contextual Instruction (CI)
2 x 50 menit
LMS Sidia
1 x 50 menit
Materi: Sampling dan Populasi
Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning.

Materi: Sampling dan Populasi
Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US.
4%

15

Minggu ke 15

Mampu menggunakan perangkat lunak untuk menghitung ukuran sampel disetiap uji hipotesis

Mampu menentukan ukuran sampel disetiap uji hipotesis berdasarkan referensi

Kriteria:

Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Contextual Instruction (CI)
2 x 50 menit
LMS Sidia
1 x 50 menit
Materi: Ukuran Sampel dan Power Analysis
Pustaka: Ellis, P. D. (2010). The essential guide to effect sizes: Statistical power, meta-analysis, and the interpretation of research results. Cambridge university press.

Materi: Ukuran Sampel dan Power Analysis
Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december].
4%

16

Minggu ke 16

Menguasai kemampuan 1 s.d. 15

Menguasai indikator pada pertemuan 1 s.d. 15

Kriteria:

Ketepatan menjawab, ketepatan hasil dan ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kegiatan Terstruktur
3 x 50 menit

Materi: Materi 1-15
Pustaka: Navarro, D. J., & Foxcroft, D. R. (2019). Learning statistics with jamovi: A tutorial for psychology students and other beginners (Version 0.70). Tillgänglig online: http://learnstatswithjamovi/.... com [Hämtad 14 december].

Materi: Materi 1-15
Pustaka: Bluman, Allan G. (2023). Elementary Statistics: A Step By Step Approach, 11th Edition. McGraw-Hill US.

Materi: Materi 1-15
Pustaka: Howell, D. C. (2017). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences. Wadsworth, Cengage Learning.

Materi: Materi 1-15
Pustaka: Ott, R.Lyman & Longnecker, Michael. (2016). An Introduction to Statistical Methods and Data Analysis. Cengage Learning

Materi: Materi 1-15
Pustaka: Ellis, P. D. (2010). The essential guide to effect sizes: Statistical power, meta-analysis, and the interpretation of research results. Cambridge university press.
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 53%
2. Tes 47%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.