Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kewirausahaan

8820902514

T=2

P=0

ECTS=3.18

0

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman konsep, teori kewirausahaan untuk mengembangkan ide-ide kreatif dalam bentuk rencana bisnis di bidang usaha yang berkaitan dengan dunia seni pertunjukan.

Pustaka

Utama :

  1. Hariyono, Cipto, dkk. 2000. Kewirausahaan . Surabaya : University Press.
  2. Rhenald Kasali, 2010. Wirausaha Muda Mandiri, Ketika Anak Sekolahan Berbisnis.
  3. Kiyosaki, Robert K. 2010. The Casflow Kuandrant Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial .
  4. Suryana. 2003. Kewirausahaan , Jakarta : Salemba Empat.
  5. Subagya,Heru. 2000. Perencanaan Organisasi dan Bidang Kerja Usaha Kecil . Surabaya : Kadin Jatim.
  6. Shahputra. 2000. Prospek Peluang Usaha dalam Menghadapi Persaingan Global . Surabaya : Kadin Jatim.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dra. Enie Wahyuning Handayani, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu Menjelaskan pengertian Kewirausahaan dan Latar Belakang Adanya mata kuliah Kewirausahaan

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian Kewirausahaan dari berbagai pendapat para ahliMahasiswa mampu mendeskripsikan latar belakang adanya mata kuliah Kewirausahaan

Kriteria:
  1. - Mahasiswa mampu menjelaskan dua deninisi kewirausahaan menurut pendapat ahli dan menurut pendapat senidir dengan baik.
  2. - mahasiwa mampu mendeskripsikan latar belakang adanya mata kuliah kewirausahaan dengan baik.
metode Ceramah dan Diskusi
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mampu Mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan

mahasiwa mampu mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan

Kriteria:
  1. - Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik kewirausahaan menurut pendapat para ahli dengan baik
  2. - Mahasiswa mampu menjelasakn Sifat-Sifat Kewirausahaan dengan baik.
Ceramah dan Diskusi
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mampu Mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan

mahasiwa mampu mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan

Kriteria:
  1. - Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik kewirausahaan menurut pendapat para ahli dengan baik
  2. - Mahasiswa mampu menjelasakn Sifat-Sifat Kewirausahaan dengan baik.
Ceramah dan Diskusi
4 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi Pemilihan Jenis Usaha

Mahasiswa mampu Mengidentifikasi Pemilihan Jenis Usaha

Kriteria:
  1. - Mahassiwa mampu menyebutkan 9 dari 11 pertimbangan dalam memilih jenis bidang usaha.dengan baik.
  2. - Mahasiswa mampu memilih 2 alternatif bidang usaha yang dikembangkan.dengan baik.
  3. - Mahasiswa mampu menjelaskan alasan pemilihan dua bidang tersebut dengan baik.
- Pemilihan Jenis Usaha
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni

Mahasiswa mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang yang diobservasi:Analisis SWOT meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan Ancaman bidang usaha yang diobservasi.

Kriteria:
  1. - Mahasiswa mampu mengana;lis SWOT sebuah bidang usaha dengan baik
  2. - Mahasiwa mampu memilih dan melakukan observasi dunia usaha dengan tepat sesuai bidangnya
  3. - Mahassiwa mampu menyusun laporan dengan baik
- Ceramah- Diskusi- Observasi terhadap pelakudunia usaha di bidang seni- Menyusun laporan observasi
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni

Mahasiswa mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang yang diobservasi:Analisis SWOT meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan Ancaman bidang usaha yang diobservasi.

Kriteria:
  1. - Mahasiswa mampu mengana;lis SWOT sebuah bidang usaha dengan baik
  2. - Mahasiwa mampu memilih dan melakukan observasi dunia usaha dengan tepat sesuai bidangnya
  3. - Mahassiwa mampu menyusun laporan dengan baik
- Ceramah- Diskusi- Observasi terhadap pelakudunia usaha di bidang seni- Menyusun laporan observasi
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni

Mahasiswa mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang yang diobservasi:Analisis SWOT meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan Ancaman bidang usaha yang diobservasi.

Kriteria:
  1. - Mahasiswa mampu mengana;lis SWOT sebuah bidang usaha dengan baik
  2. - Mahasiwa mampu memilih dan melakukan observasi dunia usaha dengan tepat sesuai bidangnya
  3. - Mahassiwa mampu menyusun laporan dengan baik
- Ceramah- Diskusi- Observasi terhadap pelakudunia usaha di bidang seni- Menyusun laporan observasi
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha

Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usahaMahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha

Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan baik
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan lancar
- Presentasi- Diskusi
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha

Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usahaMahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha

Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan baik
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan lancar
- Presentasi- Diskusi
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan

Mahasiswa mampu menyusun Proposal Bisnis Plan secara kelompok

Kriteria:

Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan dengan baik

Ceramah dan diskusi
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan

Mahasiswa mampu menyusun Proposal Bisnis Plan secara kelompokMahasiswa mampu menyiapkan produk bernuansa sendratasik

Kriteria:
  1. Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan dengan baik
  2. Mampu menyiapkan produk yang dijual dengan baik
Ceramah dan diskusi
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan

Mahasiswa mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan

Kriteria:

Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan dengan baik

- Diskusi- Penugasan
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan

Mahasiswa mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan

Kriteria:

Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan dengan baik

- Diskusi- Penugasan
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum

Mahasiswa mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum

Kriteria:

Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum dengan hasil yang maksimal

- Pengamatan- Wawancara
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum

Mahasiswa mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum

Kriteria:

Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum dengan hasil yang maksimal

- Pengamatan- Wawancara
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum

Mahasiswa mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum

Kriteria:

Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum dengan hasil yang maksimal

- Pengamatan- Wawancara
2 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.