|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kewirausahaan |
8820902514 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
0 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman konsep, teori kewirausahaan untuk mengembangkan ide-ide kreatif dalam bentuk rencana bisnis di bidang usaha yang berkaitan dengan dunia seni pertunjukan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hariyono, Cipto, dkk. 2000. Kewirausahaan . Surabaya : University Press.
- Rhenald Kasali, 2010. Wirausaha Muda Mandiri, Ketika Anak Sekolahan Berbisnis.
- Kiyosaki, Robert K. 2010. The Casflow Kuandrant Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial .
- Suryana. 2003. Kewirausahaan , Jakarta : Salemba Empat.
- Subagya,Heru. 2000. Perencanaan Organisasi dan Bidang Kerja Usaha Kecil . Surabaya : Kadin Jatim.
- Shahputra. 2000. Prospek Peluang Usaha dalam Menghadapi Persaingan Global . Surabaya : Kadin Jatim.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Enie Wahyuning Handayani, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu Menjelaskan pengertian Kewirausahaan dan Latar Belakang Adanya mata kuliah Kewirausahaan |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian Kewirausahaan dari berbagai pendapat para ahliMahasiswa mampu mendeskripsikan latar belakang adanya mata kuliah Kewirausahaan |
Kriteria:
- - Mahasiswa mampu menjelaskan dua deninisi kewirausahaan menurut pendapat ahli dan menurut pendapat senidir dengan baik.
- - mahasiwa mampu mendeskripsikan latar belakang adanya mata kuliah kewirausahaan dengan baik.
|
metode Ceramah dan Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu Mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan |
mahasiwa mampu mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan |
Kriteria:
- - Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik kewirausahaan menurut pendapat para ahli dengan baik
- - Mahasiswa mampu menjelasakn Sifat-Sifat Kewirausahaan dengan baik.
|
Ceramah dan Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu Mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan |
mahasiwa mampu mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan |
Kriteria:
- - Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik kewirausahaan menurut pendapat para ahli dengan baik
- - Mahasiswa mampu menjelasakn Sifat-Sifat Kewirausahaan dengan baik.
|
Ceramah dan Diskusi 4 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi Pemilihan Jenis Usaha |
Mahasiswa mampu Mengidentifikasi Pemilihan Jenis Usaha |
Kriteria:
- - Mahassiwa mampu menyebutkan 9 dari 11 pertimbangan dalam memilih jenis bidang usaha.dengan baik.
- - Mahasiswa mampu memilih 2 alternatif bidang usaha yang dikembangkan.dengan baik.
- - Mahasiswa mampu menjelaskan alasan pemilihan dua bidang tersebut dengan baik.
|
- Pemilihan Jenis Usaha 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni |
Mahasiswa mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang yang diobservasi:Analisis SWOT meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan Ancaman bidang usaha yang diobservasi. |
Kriteria:
- - Mahasiswa mampu mengana;lis SWOT sebuah bidang usaha dengan baik
- - Mahasiwa mampu memilih dan melakukan observasi dunia usaha dengan tepat sesuai bidangnya
- - Mahassiwa mampu menyusun laporan dengan baik
|
- Ceramah- Diskusi- Observasi terhadap pelakudunia usaha di bidang seni- Menyusun laporan observasi 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni |
Mahasiswa mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang yang diobservasi:Analisis SWOT meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan Ancaman bidang usaha yang diobservasi. |
Kriteria:
- - Mahasiswa mampu mengana;lis SWOT sebuah bidang usaha dengan baik
- - Mahasiwa mampu memilih dan melakukan observasi dunia usaha dengan tepat sesuai bidangnya
- - Mahassiwa mampu menyusun laporan dengan baik
|
- Ceramah- Diskusi- Observasi terhadap pelakudunia usaha di bidang seni- Menyusun laporan observasi 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni |
Mahasiswa mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang yang diobservasi:Analisis SWOT meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan Ancaman bidang usaha yang diobservasi. |
Kriteria:
- - Mahasiswa mampu mengana;lis SWOT sebuah bidang usaha dengan baik
- - Mahasiwa mampu memilih dan melakukan observasi dunia usaha dengan tepat sesuai bidangnya
- - Mahassiwa mampu menyusun laporan dengan baik
|
- Ceramah- Diskusi- Observasi terhadap pelakudunia usaha di bidang seni- Menyusun laporan observasi 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha |
Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usahaMahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha |
Kriteria:
- Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan baik
- Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan lancar
|
- Presentasi- Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha |
Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usahaMahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha |
Kriteria:
- Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan baik
- Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan lancar
|
- Presentasi- Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan |
Mahasiswa mampu menyusun Proposal Bisnis Plan secara kelompok |
Kriteria:
Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan dengan baik |
Ceramah dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan |
Mahasiswa mampu menyusun Proposal Bisnis Plan secara kelompokMahasiswa mampu menyiapkan produk bernuansa sendratasik |
Kriteria:
- Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan dengan baik
- Mampu menyiapkan produk yang dijual dengan baik
|
Ceramah dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan |
Mahasiswa mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan |
Kriteria:
Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan dengan baik |
- Diskusi- Penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan |
Mahasiswa mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan |
Kriteria:
Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan dengan baik |
- Diskusi- Penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum |
Mahasiswa mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum |
Kriteria:
Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum dengan hasil yang maksimal |
- Pengamatan- Wawancara 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum |
Mahasiswa mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum |
Kriteria:
Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum dengan hasil yang maksimal |
- Pengamatan- Wawancara 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum |
Mahasiswa mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum |
Kriteria:
Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum dengan hasil yang maksimal |
- Pengamatan- Wawancara 2 X 50 |
|
|
0% |