Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Kebutuhan Cabang Olahraga

8520602056

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

3

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed.




Dr. Donny Ardy Kusuma, S.Pd., M.Kes.




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu menganalisis kebutuhan fisik secara personal, sesuai tuntutan cabang olahraga, maupun olahraga disabilitas berdasar aspek anatomi, fisiologi, biomekanik, dan keterampilan motorik

PLO-6

Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan kepelatihan fisik olahraga secara mendalam berdasar kajian analisis berbasis sains dan teknologi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep anatomi, fisiologi, biomekanik, dan keterampilan motorik dalam merancang program latihan yang sesuai dengan kebutuhan cabang olahraga tertentu (C3)

PO - 2

Menganalisis data kebutuhan fisik atlet untuk mengidentifikasi area yang memerlukan peningkatan spesifik sesuai dengan cabang olahraga (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas program latihan yang telah diimplementasikan berdasarkan aspek anatomi dan fisiologi (C5)

PO - 4

Menciptakan metode pelatihan inovatif yang sesuai dengan tuntutan spesifik cabang olahraga dan kondisi atlet (C6)

PO - 5

Menerapkan teknologi terkini dalam analisis dan evaluasi kebutuhan pelatihan fisik olahraga (C3)

PO - 6

Menganalisis hasil kajian ilmiah untuk mengidentifikasi faktor kunci yang mempengaruhi performa atlet (C4)

PO - 7

Mengevaluasi relevansi dan aplikabilitas hasil kajian ilmiah dalam konteks kepelatihan fisik olahraga (C5)

PO - 8

Menciptakan protokol pelatihan yang mengintegrasikan sains, teknologi, dan inovasi berdasarkan analisis kebutuhan fisik (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Kebutuhan Cabang Olahraga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai cara menganalisis dan menilai kebutuhan dalam pengembangan cabang olahraga tertentu. Mata kuliah ini akan mengajarkan teknik-teknik dalam mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi performa atlet, pengelolaan fasilitas olahraga, serta pengembangan program latihan yang tepat untuk cabang olahraga yang dipelajari. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar bagaimana mengkaji elemen-elemen seperti kebutuhan fisik, teknis, psikologis, serta sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam olahraga. Fokus utama adalah bagaimana merencanakan, merancang, dan mengimplementasikan program yang efektif sesuai dengan kebutuhan spesifik suatu cabang olahraga.

Pustaka

Utama :

  1. Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Pertemuan 1: Pendahuluan Analisis Performa Olahraga
Pengantar analisis performa olahraga.
Pentingnya analisis dalam meningkatkan kualitas latihan dan kompetisi.
Tujuan dan ruang lingkup analisis performa olahraga.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.
6%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pertemuan 2: Konsep Dasar Performa Olahraga
Pengertian dan komponen performa olahraga.
Faktor-faktor yang mempengaruhi performa atlet (fisik, teknis, psikologis, dan taktis).
Hubungan antara teknik dan performa olahraga.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.
6%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 3: Metode Pengumpulan Data dalam Analisis Performa
Teknik observasi dan pengumpulan data performa.
Penggunaan teknologi dalam analisis performa (video, sensor, perangkat wearable).
Kelebihan dan kekurangan metode pengumpulan data.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.
6%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 4: Analisis Keterampilan Teknikal Atlet
Pengukuran teknik dasar dalam olahraga.
Penilaian teknik spesifik berdasarkan cabang olahraga.
Penggunaan rekaman video untuk menganalisis teknik.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.
6%

5

Minggu ke 5


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 5: Analisis Fisik dan Kondisi Atlet
Komponen fisik yang mempengaruhi performa (daya tahan, kecepatan, kekuatan, fleksibilitas).
Penggunaan tes fisik dan pengukuran kebugaran.
Teknik untuk menganalisis kondisi fisik atlet.
2 x 50

6%

6

Minggu ke 6


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 6: Analisis Taktik dan Strategi dalam Olahraga
Pengertian taktik dan strategi dalam olahraga.
Cara menganalisis strategi pertandingan.
Peran pelatih dalam analisis taktik.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.
6%

7

Minggu ke 7


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 7: Pemanfaatan Teknologi dalam Analisis Performa
Alat dan perangkat teknologi untuk analisis performa (misalnya perangkat lunak analisis video).
Penggunaan data besar (big data) dalam olahraga.
Tren teknologi terbaru dalam analisis performa.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.
6%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 8: Analisis Psikologi dan Mental Atlet
Pengaruh mental dan psikologi terhadap performa atlet.
Pengukuran dan evaluasi aspek psikologis dalam olahraga.
Teknik untuk meningkatkan ketahanan mental atlet.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.
6%

9

Minggu ke 9


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Pertemuan 9: Analisis Kecepatan dan Daya Tahan dalam Olahraga
Teknik untuk mengukur kecepatan dan daya tahan atlet.
Pengaruh kecepatan dan daya tahan terhadap performa di berbagai cabang olahraga.
Studi kasus pada cabang olahraga seperti atletik dan sepak bola.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.
6%

10

Minggu ke 10


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 10: Pengukuran Keberhasilan Atlet dan Tim
Indikator keberhasilan dalam analisis performa.
Penggunaan statistik dalam menilai performa individu dan tim.
Interpretasi hasil analisis untuk perbaikan.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.
6%

11

Minggu ke 11


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 11: Evaluasi Data dan Pengambilan Keputusan
Teknik untuk menganalisis data performa dan interpretasi hasil.
Proses pengambilan keputusan berbasis data.
Pengaruh evaluasi performa terhadap perencanaan latihan.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.
6%

12

Minggu ke 12


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Pertemuan 12: Analisis Kinerja dalam Kompetisi
Teknik untuk menganalisis performa selama pertandingan.
Evaluasi faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi performa kompetitif (misalnya cuaca, lawan).
Perbandingan antara latihan dan kinerja dalam kompetisi nyata.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.
6%

13

Minggu ke 13


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 13: Analisis Video untuk Peningkatan Performa
Penggunaan analisis video dalam mengevaluasi teknik dan strategi.
Software dan alat untuk menganalisis video performa.
Studi kasus: menggunakan video dalam analisis taktik dan strategi.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.
6%

14

Minggu ke 14


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Pertemuan 14: Pemanfaatan Data dalam Pengembangan Atlet
Proses penggunaan data performa untuk pengembangan atlet.
Merancang program latihan berdasarkan analisis data.
Contoh implementasi data dalam pelatihan jangka panjang.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.
6%

15

Minggu ke 15


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 15: Penerapan Hasil Analisis Performa dalam Pengembangan Tim
Bagaimana menerapkan hasil analisis performa untuk meningkatkan tim.
Strategi pengelolaan tim berdasarkan data dan analisis performa.
Studi kasus pengembangan tim dalam olahraga tim seperti sepak bola atau bola basket.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.
6%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 16: Evaluasi dan Refleksi Akhir
Tinjauan keseluruhan materi yang telah dipelajari.
Evaluasi kemampuan analisis performa yang telah dikuasai mahasiswa.
Diskusi tentang aplikasi dunia nyata dan masa depan analisis performa olahraga.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T., Periodization Theory and Methodology of Training. 6th Edition. 2018.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 8%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 68%
3. Penilaian Praktikum 9%
4. Praktik / Unjuk Kerja 2%
5. Tes 13%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.