Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metrologi Industri

8320302082

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-7

Mampu mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan di bidang teknik otomotif (konsentrasi otomotif) atau mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur (konsentrasi produksi)

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-7

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam memahami konsep, teori dan aplikasi metrologi, prinsip-prinsip pengukuran, teknik kalibrasi, serta penggunaan alat-alat ukur di industri otomotif dan manufaktur meliputi alat ukur langsung dan tidak langsung dan alat ukur berbasis AI (artificial-intelligence) berdasarkan SOP yangbaik dan benar. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode demonstrasi, virtual, diskusi dan kolaborasi, inklusig antara mahasiswa dan dosen baik secara individual maupun kelompok yang disertai dengan tugas-tugas sebagai pendukung dalam memahami materi perkuliahan

Pustaka

Utama :

  1. Thomas G, Beckwith (2007) Mechanical measurements, Sixth Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey
  2. Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York
  3. J.P Holman (2012) Experimental Methods for Engineers, Eigth Edition, McGraw-Hill, New York.
  4. Rochim, Taufiq. 2004. Spesifikasi Metrologi Dan Kontrol Kualitas Geometrik . Bandung : Gramedia
  5. Munadi. 1988. Dasar-Dasar Metrologi Industri . Jakarta: Depdikbud: Dirjen Dikti, Proyek Pengembangan LPTK
  6. Jamaaluddin, Sulistyowati, 2021.Kecerdasan Buatan. UMSIDA PRESS
  7. Muttaqin.2023. Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan. Yayasan Kita Menulis

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Dewanto, M.Pd.

Nur Aini Susanti, S.Pd., M.Pd.

Dr. Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mamahami konsep metrologi industri

  1. Mahasiswa mampu memahami peranan metrologi industri
  2. Mahasiswa memahami pentingnya metrologi industri
Kriteria:

Penguasaan materi, kemampuan komunikasi, hasil analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya
jawab
2 x 50

Materi: sistem pengukuran, satuan besaran, standard, kalibrasi
Pustaka: Thomas G, Beckwith (2007) Mechanical measurements, Sixth Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami jenis dan cara pengukuran

  1. Mahasiswa dapat memahami Alat Ukur Langsung
  2. Mahasiswa dapat memahami Alat Ukur Pembanding
  3. Mahasiswa dapat memahami Alat Ukur Standar
  4. Mahasiswa dapat memahami Alat Ukur Batas
  5. Mahasiswa dapat memahami Alat Ukur Bantu
Kriteria:

Sesuai Rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problemsolving, tanya jawab
2x50

Materi: Jenis dan cara pengukuran
Pustaka: Rochim, Taufiq. 2004. Spesifikasi Metrologi Dan Kontrol Kualitas Geometrik . Bandung : Gramedia
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami sifat umum alat ukur

Mahasiswa mampu menjelaskan sifat umum alat ukur

Kriteria:

penguasaan materi, trampil berkomunikasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya
2x50

Materi: Sifat umum alat ukur
Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami kesalahan pengukuran

  1. Mahasiswa memahami Sumber Kesalahan
  2. Mahasiswa memahami Kesalahan dan Koreks

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
2x50

Materi: KESALAHAN PENGUKURAN
Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami kalibrasi

  1. Mahasiswa memahami manfaat kalibrasi
  2. Mahasiswa memahami tujuan kalibrasi
  3. Mahsiswa mamahami prinsip kalibrasi
Kriteria:

nguasaan materi, trampil berkomunikasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
2x50

Materi: Kalibrasi
Pustaka: Thomas G, Beckwith (2007) Mechanical measurements, Sixth Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil pengukuran

  1. Mahsiswa mampu melakukan pengambilan data hasil pengukuran
  2. Mahasiswa mampu menyajikan data hasil pengukuran dengan benar
  3. Mahasiswa mampu mengolah data hasil pengukuran
  4. Mahasiswa mampu menarik kesimpulan dan saran
Kriteria:

penguasaan materi, trampil berkomunikasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model : Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Cerama h, simulasi, diskusi, problem solving
2x50

Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran
Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mamahami pengukuran berbasis AI

  1. Mahasiswa memamahi penggunaan AI dalam pengukuran
  2. Masiswa memahami macam-macam penggukuran menggunaan AI

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model : Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab

Materi: Penerapan AI dalam kehidupan
Pustaka: Muttaqin.2023. Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan. Yayasan Kita Menulis
3%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas dengan benar, jujur dan bertanggung jawab

Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
USS-Ujian Sub Sumatif/UTS Ujian Tengah Semester

Materi: uss
Pustaka:
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat melakukan pengukuran dimensi dengan benar

  1. Mahasiswa dapat melakukan penyiapan benda kerja dengan benar
  2. Mahasiswa dapat melakukan kalibrasi dengan benar
  3. Mahasiswa dapat melakukan pengurukuran benda kerja dengan benar
  4. Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
  5. Mahasiswa dapat menganalisis hasil pengukuran
  6. Mahasiswa dapat menyimpulkan hasil pengukuran
Kriteria:

Penguasaan materi, trampil berkomunikasi, Kelengkapan laporan, hasil analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem Based Learning dan project based learning : simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
2x50

Materi: Semua materi pada pertemuan 1-7
Pustaka: Rochim, Taufiq. 2004. Spesifikasi Metrologi Dan Kontrol Kualitas Geometrik . Bandung : Gramedia

Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran
Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York
7%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat melakukan pengukuran dimensi benda kerja dengan benar

  1. Mahasiswa dapat melakukan penyiapan benda kerja dengan benar
  2. Mahasiswa dapat melakukan kalibrasi dengan benar
  3. Mahasiswa dapat melakukan pengurukuran benda kerja dengan benar
  4. Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
  5. Mahasiswa dapat menganalisis hasil pengukuran
  6. Mahasiswa dapat menyimpulkan hasil pengukuran
Kriteria:
  1. Penguasaan materi, trampil berkomunikasi, hasil analisis
  2. Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
2x50

Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran
Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York
7%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat melakukan pengukuran berat benda kerja dengan benar

  1. Mahasiswa dapat melakukan penyiapan benda kerja dengan benar
  2. Mahasiswa dapat melakukan kalibrasi dengan benar
  3. Mahasiswa dapat melakukan pengurukuran benda kerja dengan benar
  4. Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
  5. Mahasiswa dapat menganalisis hasil pengukuran
  6. Mahasiswa dapat menyimpulkan hasil pengukuran
Kriteria:
  1. Penguasaan materi, trampil berkomunikasi, hasil analisis
  2. Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
2x50

Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran
Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York
7%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat melakukan pengukuran tegangan dan arus listrik dengan benar

  1. Mahasiswa dapat melakukan penyiapan benda kerja dengan benar
  2. Mahasiswa dapat melakukan kalibrasi dengan benar
  3. Mahasiswa dapat melakukan pengurukuran benda kerja dengan benar
  4. Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
  5. Mahasiswa dapat menganalisis hasil pengukuran
  6. Mahasiswa dapat menyimpulkan hasil pengukuran
Kriteria:
  1. Penguasaan materi, trampil berkomunikasi, hasil analisis
  2. Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
2x50

Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran
Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York
7%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat melakukan pengukuran hambatan listrik dengan benar

  1. Mahasiswa dapat melakukan penyiapan benda kerja dengan benar
  2. Mahasiswa dapat melakukan kalibrasi dengan benar
  3. Mahasiswa dapat melakukan pengurukuran benda kerja dengan benar
  4. Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
  5. Mahasiswa dapat menganalisis hasil pengukuran
  6. Mahasiswa dapat menyimpulkan hasil pengukuran
Kriteria:
  1. Penguasaan materi, trampil berkomunikasi, hasil analisis
  2. Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
2x50

Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran
Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York
7%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat melakukan pengukuran benda kerja menggunakan alat ukur berbasis AI dengan benar

  1. Mahasiswa dapat melakukan penyiapan benda kerja dengan benar
  2. Mahasiswa dapat melakukan kalibrasi dengan benar
  3. Mahasiswa dapat melakukan pengurukuran benda kerja dengan benar
  4. Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
  5. Mahasiswa dapat menganalisis hasil pengukuran
  6. Mahasiswa dapat menyimpulkan hasil pengukuran
Kriteria:
  1. Penguasaan materi, trampil berkomunikasi, hasil analisis
  2. Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
2x50

Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran
Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York
7%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat melakukan pengukuran benda kerja menggunakan alat ukur berbasis AI dengan benar

  1. Mahasiswa dapat melakukan penyiapan benda kerja dengan benar
  2. Mahasiswa dapat melakukan kalibrasi dengan benar
  3. Mahasiswa dapat melakukan pengurukuran benda kerja dengan benar
  4. Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
  5. Mahasiswa dapat menganalisis hasil pengukuran
  6. Mahasiswa dapat menyimpulkan hasil pengukuran
Kriteria:
  1. Penguasaan materi, trampil berkomunikasi, hasil analisis
  2. Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
2x50

Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran
Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York
7%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengerjakan soal tes dengan jujur dan benar

US-Ujian Sumatif/UAS Ujian Akhir Semester

Kriteria:

US-Ujian Sumatif/UAS Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
problem based learning dan project based learning; mahasiswa diberikan tugas, mahasiswa menyelesaikan tugas sesuai dengan jadwal yang ditentukan

Materi: semua materi 9-15
Pustaka: Muttaqin.2023. Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan. Yayasan Kita Menulis
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 19.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30.48%
3. Penilaian Portofolio 13.98%
4. Penilaian Praktikum 6%
5. Praktik / Unjuk Kerja 24.98%
6. Tes 5%
99.94%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.