|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metrologi Industri |
8320302082 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-7 |
Mampu mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan di bidang teknik otomotif (konsentrasi otomotif) atau mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur (konsentrasi produksi) |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam memahami konsep, teori dan aplikasi metrologi, prinsip-prinsip pengukuran,
teknik kalibrasi, serta penggunaan alat-alat ukur di industri otomotif dan manufaktur meliputi alat ukur langsung dan tidak langsung dan alat ukur berbasis AI (artificial-intelligence) berdasarkan SOP yangbaik dan benar. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode demonstrasi, virtual, diskusi dan kolaborasi, inklusig antara mahasiswa dan dosen baik secara individual maupun kelompok yang disertai dengan tugas-tugas sebagai pendukung dalam memahami materi perkuliahan |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Thomas G, Beckwith (2007) Mechanical measurements, Sixth Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey
- Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York
- J.P Holman (2012) Experimental Methods for Engineers, Eigth Edition, McGraw-Hill, New York.
- Rochim, Taufiq. 2004. Spesifikasi Metrologi Dan Kontrol Kualitas Geometrik . Bandung : Gramedia
- Munadi. 1988. Dasar-Dasar Metrologi Industri . Jakarta: Depdikbud: Dirjen Dikti, Proyek Pengembangan LPTK
- Jamaaluddin, Sulistyowati, 2021.Kecerdasan Buatan. UMSIDA PRESS
- Muttaqin.2023. Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan. Yayasan Kita Menulis
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Dewanto, M.Pd. Nur Aini Susanti, S.Pd., M.Pd. Dr. Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mamahami konsep metrologi industri |
- Mahasiswa mampu memahami peranan metrologi industri
- Mahasiswa memahami pentingnya metrologi industri
|
Kriteria:
Penguasaan materi, kemampuan komunikasi, hasil analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya
jawab 2 x 50 |
|
Materi: sistem pengukuran, satuan besaran, standard, kalibrasi Pustaka: Thomas G, Beckwith (2007) Mechanical measurements, Sixth Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami jenis dan cara pengukuran |
- Mahasiswa dapat memahami Alat Ukur Langsung
- Mahasiswa dapat memahami Alat Ukur Pembanding
- Mahasiswa dapat memahami Alat Ukur Standar
- Mahasiswa dapat memahami Alat Ukur Batas
- Mahasiswa dapat memahami Alat Ukur Bantu
|
Kriteria:
Sesuai Rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problemsolving, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Jenis dan cara pengukuran Pustaka: Rochim, Taufiq. 2004. Spesifikasi Metrologi Dan Kontrol Kualitas Geometrik . Bandung : Gramedia |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami sifat umum alat ukur |
Mahasiswa mampu menjelaskan sifat umum alat ukur |
Kriteria:
penguasaan materi, trampil berkomunikasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya 2x50 |
|
Materi: Sifat umum alat ukur Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami kesalahan pengukuran |
- Mahasiswa memahami Sumber Kesalahan
- Mahasiswa memahami Kesalahan dan Koreks
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: KESALAHAN PENGUKURAN Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami kalibrasi |
- Mahasiswa memahami manfaat kalibrasi
- Mahasiswa memahami tujuan kalibrasi
- Mahsiswa mamahami prinsip kalibrasi
|
Kriteria:
nguasaan materi, trampil berkomunikasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Kalibrasi Pustaka: Thomas G, Beckwith (2007) Mechanical measurements, Sixth Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil pengukuran |
- Mahsiswa mampu melakukan pengambilan data hasil pengukuran
- Mahasiswa mampu menyajikan data hasil pengukuran dengan benar
- Mahasiswa mampu mengolah data hasil pengukuran
- Mahasiswa mampu menarik kesimpulan dan saran
|
Kriteria:
penguasaan materi, trampil berkomunikasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model : Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Cerama h, simulasi, diskusi, problem solving 2x50 |
|
Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mamahami pengukuran berbasis AI |
- Mahasiswa memamahi penggunaan AI dalam pengukuran
- Masiswa memahami macam-macam penggukuran menggunaan AI
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model : Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
|
|
Materi: Penerapan AI dalam kehidupan Pustaka: Muttaqin.2023. Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan. Yayasan Kita Menulis |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas dengan benar, jujur dan bertanggung jawab |
Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas dengan benar |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
USS-Ujian Sub Sumatif/UTS Ujian Tengah Semester
|
|
Materi: uss Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat melakukan pengukuran dimensi dengan benar |
- Mahasiswa dapat melakukan penyiapan benda kerja dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan kalibrasi dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan pengurukuran benda kerja dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
- Mahasiswa dapat menganalisis hasil pengukuran
- Mahasiswa dapat menyimpulkan hasil pengukuran
|
Kriteria:
Penguasaan materi, trampil berkomunikasi, Kelengkapan laporan, hasil analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem Based Learning dan project based learning : simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Semua materi pada pertemuan 1-7 Pustaka: Rochim, Taufiq. 2004. Spesifikasi Metrologi Dan Kontrol Kualitas Geometrik . Bandung : Gramedia Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat melakukan pengukuran dimensi benda kerja dengan benar |
- Mahasiswa dapat melakukan penyiapan benda kerja dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan kalibrasi dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan pengurukuran benda kerja dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
- Mahasiswa dapat menganalisis hasil pengukuran
- Mahasiswa dapat menyimpulkan hasil pengukuran
|
Kriteria:
- Penguasaan materi, trampil berkomunikasi, hasil analisis
- Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat melakukan pengukuran berat benda kerja dengan benar |
- Mahasiswa dapat melakukan penyiapan benda kerja dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan kalibrasi dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan pengurukuran benda kerja dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
- Mahasiswa dapat menganalisis hasil pengukuran
- Mahasiswa dapat menyimpulkan hasil pengukuran
|
Kriteria:
- Penguasaan materi, trampil berkomunikasi, hasil analisis
- Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat melakukan pengukuran tegangan dan arus listrik dengan benar |
- Mahasiswa dapat melakukan penyiapan benda kerja dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan kalibrasi dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan pengurukuran benda kerja dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
- Mahasiswa dapat menganalisis hasil pengukuran
- Mahasiswa dapat menyimpulkan hasil pengukuran
|
Kriteria:
- Penguasaan materi, trampil berkomunikasi, hasil analisis
- Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat melakukan pengukuran hambatan listrik dengan benar |
- Mahasiswa dapat melakukan penyiapan benda kerja dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan kalibrasi dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan pengurukuran benda kerja dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
- Mahasiswa dapat menganalisis hasil pengukuran
- Mahasiswa dapat menyimpulkan hasil pengukuran
|
Kriteria:
- Penguasaan materi, trampil berkomunikasi, hasil analisis
- Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat melakukan pengukuran benda kerja menggunakan alat ukur berbasis AI dengan benar |
- Mahasiswa dapat melakukan penyiapan benda kerja dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan kalibrasi dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan pengurukuran benda kerja dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
- Mahasiswa dapat menganalisis hasil pengukuran
- Mahasiswa dapat menyimpulkan hasil pengukuran
|
Kriteria:
- Penguasaan materi, trampil berkomunikasi, hasil analisis
- Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat melakukan pengukuran benda kerja menggunakan alat ukur berbasis AI dengan benar |
- Mahasiswa dapat melakukan penyiapan benda kerja dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan kalibrasi dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan pengurukuran benda kerja dengan benar
- Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
- Mahasiswa dapat menganalisis hasil pengukuran
- Mahasiswa dapat menyimpulkan hasil pengukuran
|
Kriteria:
- Penguasaan materi, trampil berkomunikasi, hasil analisis
- Mahasiswa dapat melakukan pengambilan data hasil pengukuran dengan benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan Masalah Metoda :Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Pengolahan dan penyajian data pengukuran Pustaka: Richard S. Figliola and Donald E. Beasley (2011) Theory and Design for Mechanical Measurements, Fifth Edition, John Wiley & Sons, New York |
7% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal tes dengan jujur dan benar |
US-Ujian Sumatif/UAS Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
US-Ujian Sumatif/UAS Ujian Akhir Semester Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
problem based learning dan project based learning; mahasiswa diberikan tugas, mahasiswa menyelesaikan tugas sesuai dengan jadwal yang ditentukan
|
|
Materi: semua materi 9-15 Pustaka: Muttaqin.2023. Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan. Yayasan Kita Menulis |
15% |