|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikologi Klinis |
7320103092 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
20 Februari 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Onny Fransinata Anggara, M.Psi.,Psikolog; Qurrota A‘yuni Fitriana, M.Psi, Psikolog
|
Dr. Diana Rahmasari, M.Si
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami gangguan psikologis dari perspektif sosiokultural
|
PO - 2 |
Mahasiswa memahami pengaplikasian observasi dan wawancara dalam setting klinis
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu memahami Kaitan antara psikologi klinis dengan keilmuan Psikologi Klinis Dewasa
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu memahami Kaitan antara psikologi klinis dengan keilmuan Psikologi Komunitas
|
PO - 5 |
Mampu menggunakan teori dan konsep psikologi untuk melakukan asesmen dan intervensi non-klinis dalam bidang psikologi berdasarkan kode etik psikologi
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian tentang definisi, ruang lingkup, dan sejarah psikologi klinis; konsep normal, abnormal dan patologi; perspektif teori psikologi klinis; assesmen dan intervensi dalam psikologi klinis; kerangka kerja terapis psikologi klinis; penelitian dalam psikologi klinis; perluasan bidang kajian psikologi klinis. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung, presentasi dan diskusi, tugas analisis, refleksi, dan pembelajaran kooperatif. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE
- Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP
- Prawitasari, Johana E. 2011. Psikologi Klinis: Pengantar Terapan Mikro & Makro. Jakarta: Erlangga
|
Pendukung : |
|
- Nietzel, M. T., Bernstein, D. A., Kramer, G. P., & Milich, R. (2003). Introduction to clinical psychology (6th ed.). Upper Saddle River : Prentice Hall
|
Dosen Pengampu
|
Onny Fransinata Anggara, S.Psi., M.Psi., Psikolog Qurrota A'yuni Fitriana, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Nanda Audia Vrisaba, S.Psi., M.Psi., Psikolog |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami definisi dan ruang lingkup psikologi klinis |
- Memahami definisi psikologi klinis
- Memahami ruang lingkup psikologi klinis
|
Kriteria:
aktif/tidak aktiftepat/tidak tepat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
direct instruction Small group discussion - Cooperative learning 3 X 50 |
direct instruction Small group discussion - Cooperative learning 3 X 50 |
Materi: Definisi dan Ruang Lingkup Psikologi Klinis Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE Materi: Ruang Lingkup Psikologi Klinis Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami evolusi (sejarah) psikologi klinis |
- Memahami sejarah psikologi klinis
- Memahami evolusi psikologi klinis
|
Kriteria:
keaktifan mahasiswa di kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Cooperative learning 3 X 50 |
Cooperative learning 3 X 50 |
Materi: evolusi psikologi klinis Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE Materi: Sejarah psikologi klinis Pustaka: Nietzel, M. T., Bernstein, D. A., Kramer, G. P., & Milich, R. (2003). Introduction to clinical psychology (6th ed.). Upper Saddle River : Prentice Hall |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami kontroversi terkini di Psikologi klinis di Indonesia |
- Memahami kontrovesi dalam psikologi klinis
- Memahami berbagai isu kontrovesi dalam psikologi klinis
|
Kriteria:
sistematis lengkap tata bahasa yang sesuai memenuhi kaidah penulisan akademik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study 3 X 50 |
Case Study 3 X 50 |
Materi: isu dan kontroversi Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP Materi: Kontroversi dalam psikologi klinis Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
4% |
4
Minggu ke 4 |
menguasai isu kultural dalam psikologi klinis |
- menjelaskan isu kultural dalam psikologi klinis
- menyebutkan isu kultural dalam psikologi klinis
|
Kriteria:
sistematis lengkap tata bahasa yang sesuai memenuhi kaidah penulisan akademik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
collaborative learning 3 X 50 |
collaborative learning 3 X 50 |
Materi: isu kultural dan psikologi klinis Pustaka: Prawitasari, Johana E. 2011. Psikologi Klinis: Pengantar Terapan Mikro & Makro. Jakarta: Erlangga Materi: isu dalam psikologi klinis Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP |
4% |
5
Minggu ke 5 |
menguasai isu etik dalam psikologi klinis |
- memahami isu etis dalam psikologi klinis
- memahami kasus etik dalam psikologi klinis
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan instruksi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study 3 X 50 |
Case Study 3 X 50 |
Materi: isu dan etik dalam psikologi klinis Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
4% |
6
Minggu ke 6 |
memahami penelitian dalam psikologi klinis |
- dapat menyebutkan metode penelitian dalam psikologi klinis
- dapat menjelaskan perbedaan metode penelitian dalam psikologi klinis
|
Kriteria:
- dapat menyebutkan metode penelitian dalam psikologi klinis
- menjelaskan metode penelitian dalam psikologi klinis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
group discussion 3 X 50 |
group discussion 3 X 50 |
Materi: metodologi penelitian Pustaka: Prawitasari, Johana E. 2011. Psikologi Klinis: Pengantar Terapan Mikro & Makro. Jakarta: Erlangga Materi: penelitian dalam psikologi klinis Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami mengenai definisi normal dan abnormalitas |
- memahami definisi normal dan abnormal
- pengaruh budaya terhadap konsep abnormalitas
- Diagnostic Statistical Manual
|
Kriteria:
- dapat membedakan normalitas dan abnormalitas
- dapat memahami konsep normalitas dan abnormalitas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case method 3 X 50 |
case method 3 X 50 |
Materi: normalitas dan abnormalitas Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE Materi: Normalitas dalam psikologi klinis Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mengerjakan soal UTS |
dapat menjawab pertanyaan dengan baik |
Kriteria:
Kesesuaian dengan instruksi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tes tulis 3 X 50 |
Tes tulis 3 X 50 |
Materi: pembahasan materi Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Wawancara klinis |
- memahami wawancara klinis
- tipe-tipe interview
- aspek kultural dalam melaksanakan interview
|
Kriteria:
mampu menjelaskan tahapan wawancara Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok 3 X 50 |
Diskusi kelompok 3 X 50 |
Materi: wawancara klinis Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Menguasai asesmen intelektual dan neurofisiologis |
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dari Intervensi Klinis |
Kriteria:
menjelaskan bentuk-bentuk intervensi klinis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok 3 x 50 |
Diskusi kelompok 3 x 50 |
Materi: neurofisiologis dan psikologi klinis Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
3% |
11
Minggu ke 11 |
memahami mengenai asesmen kepribadian dan perilaku |
- Memahami asesmen kepribadian
- memahami asesmen perilaku
|
Kriteria:
Kebenaran Konsep Kelengkapan gagasan Sistematika Tatabahasa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study 3 X 50 |
Case Study 3 X 50 |
Materi: asesmen kepribadian Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP |
3% |
12
Minggu ke 12 |
memahami mengenai asesmen kepribadian dan perilaku |
- Memahami asesmen kepribadian
- memahami asesmen perilaku
|
Kriteria:
menjelaskan asesmen perilaku Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok, Case Method 3 X 50 |
Diskusi kelompok, Case Method 3 X 50 |
Materi: asesmen kepribadian Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP Materi: asesmen perilaku Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
3% |
13
Minggu ke 13 |
memahami konsep psikoterapi dalam psikologi klinis |
memahami konsep psikoterapi dalam psikologi klinis |
Kriteria:
- dapat menjelaskan konsep psikoterapi
- jenis-jenis psikoterapi dalam psikologi klinis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study 3 X 50 |
Case Study 3 X 50 |
Materi: psikoterapi dalam psikologi klinis Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE Materi: psikoterapi dalam psikologi klinis Pustaka: Prawitasari, Johana E. 2011. Psikologi Klinis: Pengantar Terapan Mikro & Makro. Jakarta: Erlangga |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Menguasai perluasan bidang kajian terapan psikologi klinis |
- Memahami dan menjelaskan Psikologi komunitas
- Memahami dan menjelaskan Psikologi kesehatan
|
Kriteria:
Kebenaran Konsep Kelengkapan gagasan Sistematika Tatabahasa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Small Group Discussion 3 X 50 |
Small Group Discussion 3 X 50 |
Materi: terapan Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami Kaitan antara psikologi klinis dengan keilmuan neuropsikologi |
- Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dari neuropsikologi
- Mahasiswa mampu menerangkan Peranan neuropsikologi
- Mahasiswa mampu mengklasifikasikan kajian dalam neuropsikologi
|
Kriteria:
review materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study 3 X 50 |
Case Method 3 X 50 |
Materi: review materi Pustaka: Nietzel, M. T., Bernstein, D. A., Kramer, G. P., & Milich, R. (2003). Introduction to clinical psychology (6th ed.). Upper Saddle River : Prentice Hall Materi: review materi Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP |
3% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mengerjakan soal UAS |
dapat memahami dan menjawab sesuai permintaan soal |
Kriteria:
ketepatan menjawab pertanyaan Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tulis 3 X 50 |
Tes tulis 0 |
Materi: review materi Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
30% |