Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Psikologi Klinis

7320103092

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

20 Februari 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Onny Fransinata Anggara, M.Psi.,Psikolog; Qurrota A‘yuni Fitriana, M.Psi, Psikolog




Dr. Diana Rahmasari, M.Si




Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami gangguan psikologis dari perspektif sosiokultural

PO - 2

Mahasiswa memahami pengaplikasian observasi dan wawancara dalam setting klinis

PO - 3

Mahasiswa mampu memahami Kaitan antara psikologi klinis dengan keilmuan Psikologi Klinis Dewasa

PO - 4

Mahasiswa mampu memahami Kaitan antara psikologi klinis dengan keilmuan Psikologi Komunitas

PO - 5

Mampu menggunakan teori dan konsep psikologi untuk melakukan asesmen dan intervensi non-klinis dalam bidang psikologi berdasarkan kode etik psikologi

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang definisi, ruang lingkup, dan sejarah psikologi klinis; konsep normal, abnormal dan patologi; perspektif teori psikologi klinis; assesmen dan intervensi dalam psikologi klinis; kerangka kerja terapis psikologi klinis; penelitian dalam psikologi klinis; perluasan bidang kajian psikologi klinis. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung, presentasi dan diskusi, tugas analisis, refleksi, dan pembelajaran kooperatif.

Pustaka

Utama :

  1. Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE
  2. Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP
  3. Prawitasari, Johana E. 2011. Psikologi Klinis: Pengantar Terapan Mikro & Makro. Jakarta: Erlangga

Pendukung :

  1. Nietzel, M. T., Bernstein, D. A., Kramer, G. P., & Milich, R. (2003). Introduction to clinical psychology (6th ed.). Upper Saddle River : Prentice Hall

Dosen Pengampu

Onny Fransinata Anggara, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Qurrota A'yuni Fitriana, S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Nanda Audia Vrisaba, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami definisi dan ruang lingkup psikologi klinis

  1. Memahami definisi psikologi klinis
  2. Memahami ruang lingkup psikologi klinis
Kriteria:

aktif/tidak aktiftepat/tidak tepat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
direct instruction Small group discussion - Cooperative learning
3 X 50
direct instruction Small group discussion - Cooperative learning
3 X 50
Materi: Definisi dan Ruang Lingkup Psikologi Klinis
Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE

Materi: Ruang Lingkup Psikologi Klinis
Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP
4%

2

Minggu ke 2

Memahami evolusi (sejarah) psikologi klinis

  1. Memahami sejarah psikologi klinis
  2. Memahami evolusi psikologi klinis
Kriteria:

keaktifan mahasiswa di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Cooperative learning
3 X 50
Cooperative learning
3 X 50
Materi: evolusi psikologi klinis
Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE

Materi: Sejarah psikologi klinis
Pustaka: Nietzel, M. T., Bernstein, D. A., Kramer, G. P., & Milich, R. (2003). Introduction to clinical psychology (6th ed.). Upper Saddle River : Prentice Hall
4%

3

Minggu ke 3

Memahami kontroversi terkini di Psikologi klinis di Indonesia

  1. Memahami kontrovesi dalam psikologi klinis
  2. Memahami berbagai isu kontrovesi dalam psikologi klinis
Kriteria:

sistematis lengkap tata bahasa yang sesuai memenuhi kaidah penulisan akademik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Study
3 X 50
Case Study
3 X 50
Materi: isu dan kontroversi
Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP

Materi: Kontroversi dalam psikologi klinis
Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE
4%

4

Minggu ke 4

menguasai isu kultural dalam psikologi klinis

  1. menjelaskan isu kultural dalam psikologi klinis
  2. menyebutkan isu kultural dalam psikologi klinis
Kriteria:

sistematis lengkap tata bahasa yang sesuai memenuhi kaidah penulisan akademik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
collaborative learning
3 X 50
collaborative learning
3 X 50
Materi: isu kultural dan psikologi klinis
Pustaka: Prawitasari, Johana E. 2011. Psikologi Klinis: Pengantar Terapan Mikro & Makro. Jakarta: Erlangga

Materi: isu dalam psikologi klinis
Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP
4%

5

Minggu ke 5

menguasai isu etik dalam psikologi klinis

  1. memahami isu etis dalam psikologi klinis
  2. memahami kasus etik dalam psikologi klinis
Kriteria:

Kesesuaian dengan instruksi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Study
3 X 50
Case Study
3 X 50
Materi: isu dan etik dalam psikologi klinis
Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE
4%

6

Minggu ke 6

memahami penelitian dalam psikologi klinis

  1. dapat menyebutkan metode penelitian dalam psikologi klinis
  2. dapat menjelaskan perbedaan metode penelitian dalam psikologi klinis
Kriteria:
  1. dapat menyebutkan metode penelitian dalam psikologi klinis
  2. menjelaskan metode penelitian dalam psikologi klinis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
group discussion
3 X 50
group discussion
3 X 50
Materi: metodologi penelitian
Pustaka: Prawitasari, Johana E. 2011. Psikologi Klinis: Pengantar Terapan Mikro & Makro. Jakarta: Erlangga

Materi: penelitian dalam psikologi klinis
Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE
4%

7

Minggu ke 7

Memahami mengenai definisi normal dan abnormalitas

  1. memahami definisi normal dan abnormal
  2. pengaruh budaya terhadap konsep abnormalitas
  3. Diagnostic Statistical Manual
Kriteria:
  1. dapat membedakan normalitas dan abnormalitas
  2. dapat memahami konsep normalitas dan abnormalitas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
case method
3 X 50
case method
3 X 50
Materi: normalitas dan abnormalitas
Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE

Materi: Normalitas dalam psikologi klinis
Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP
4%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mengerjakan soal UTS

dapat menjawab pertanyaan dengan baik

Kriteria:

Kesesuaian dengan instruksi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tes tulis
3 X 50
Tes tulis
3 X 50
Materi: pembahasan materi
Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE
20%

9

Minggu ke 9

Wawancara klinis

  1. memahami wawancara klinis
  2. tipe-tipe interview
  3. aspek kultural dalam melaksanakan interview
Kriteria:

mampu menjelaskan tahapan wawancara


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok
3 X 50
Diskusi kelompok
3 X 50
Materi: wawancara klinis
Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP
4%

10

Minggu ke 10

Menguasai asesmen intelektual dan neurofisiologis

Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dari Intervensi Klinis

Kriteria:

menjelaskan bentuk-bentuk intervensi klinis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok
3 x 50
Diskusi kelompok
3 x 50
Materi: neurofisiologis dan psikologi klinis
Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE
3%

11

Minggu ke 11

memahami mengenai asesmen kepribadian dan perilaku

  1. Memahami asesmen kepribadian
  2. memahami asesmen perilaku
Kriteria:

Kebenaran Konsep Kelengkapan gagasan Sistematika Tatabahasa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Study
3 X 50
Case Study
3 X 50
Materi: asesmen kepribadian
Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP
3%

12

Minggu ke 12

memahami mengenai asesmen kepribadian dan perilaku

  1. Memahami asesmen kepribadian
  2. memahami asesmen perilaku
Kriteria:

menjelaskan asesmen perilaku


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok, Case Method
3 X 50
Diskusi kelompok, Case Method
3 X 50
Materi: asesmen kepribadian
Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP

Materi: asesmen perilaku
Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE
3%

13

Minggu ke 13

memahami konsep psikoterapi dalam psikologi klinis

memahami konsep psikoterapi dalam psikologi klinis

Kriteria:
  1. dapat menjelaskan konsep psikoterapi
  2. jenis-jenis psikoterapi dalam psikologi klinis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Study
3 X 50
Case Study
3 X 50
Materi: psikoterapi dalam psikologi klinis
Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE

Materi: psikoterapi dalam psikologi klinis
Pustaka: Prawitasari, Johana E. 2011. Psikologi Klinis: Pengantar Terapan Mikro & Makro. Jakarta: Erlangga
3%

14

Minggu ke 14

Menguasai perluasan bidang kajian terapan psikologi klinis

  1. Memahami dan menjelaskan Psikologi komunitas
  2. Memahami dan menjelaskan Psikologi kesehatan
Kriteria:

Kebenaran Konsep Kelengkapan gagasan Sistematika Tatabahasa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Small Group Discussion
3 X 50
Small Group Discussion
3 X 50
Materi: terapan
Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE
3%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami Kaitan antara psikologi klinis dengan keilmuan neuropsikologi

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dari neuropsikologi
  2. Mahasiswa mampu menerangkan Peranan neuropsikologi
  3. Mahasiswa mampu mengklasifikasikan kajian dalam neuropsikologi
Kriteria:

review materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Study
3 X 50
Case Method
3 X 50
Materi: review materi
Pustaka: Nietzel, M. T., Bernstein, D. A., Kramer, G. P., & Milich, R. (2003). Introduction to clinical psychology (6th ed.). Upper Saddle River : Prentice Hall

Materi: review materi
Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP
3%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mengerjakan soal UAS

dapat memahami dan menjawab sesuai permintaan soal

Kriteria:

ketepatan menjawab pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tulis
3 X 50
Tes tulis
0
Materi: review materi
Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 64.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 1.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 2%
4. Tes 32%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.