Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sistem Informasi Geografi

8310102133

T=2

P=0

ECTS=4.48

3

22 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-11

Mampu menerapkan riset terapan untuk inovasi metode pembelajaran kejuruan, optimalisasi teknologi yang relevan dengan industri

PLO-13

Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan teknik pemetaan dalam pengembangan metode pembelajaran kejuruan yang inovatif (C3)

PO - 2

Mahasiswa dapat menganalisis data geospasial untuk mendukung riset terapan dalam teknologi pendidikan kejuruan (C4)

PO - 3

Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas penggunaan alat dan teknologi GIS dalam konteks pendidikan kejuruan (C5)

PO - 4

Mahasiswa dapat menciptakan solusi berbasis GIS untuk masalah yang dihadapi industri terkait dengan pendidikan teknologi kejuruan (C6)

PO - 5

Mahasiswa dapat menerapkan teknik analisis spasial dalam penelitian yang berkaitan dengan pengembangan program S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan (C3)

PO - 6

Mahasiswa dapat menganalisis dan menginterpretasi hasil pengolahan data geospasial sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah (C4)

PO - 7

Mahasiswa dapat mengevaluasi kualitas dan relevansi data geospasial dalam konteks penelitian pendidikan teknologi kejuruan (C5)

PO - 8

Mahasiswa dapat menciptakan metodologi penelitian baru yang mengintegrasikan teknologi GIS dengan pendekatan ilmiah dalam pendidikan teknologi kejuruan (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-11PLO-13
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Sistem Informasi Geografi pada jenjang S2 program studi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan membahas tentang penerapan konsep dan teknologi dalam mengelola informasi geografis. Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam mengenai sistem informasi geografi serta kemampuan dalam menerapkan teknologi geospasial dalam konteks pendidikan dan kejuruan. Ruang lingkupnya meliputi konsep dasar SIG, analisis spasial, pemetaan digital, integrasi data geografis, serta aplikasi teknologi geospasial dalam pembelajaran dan kejuruan.

Pustaka

Utama :

  1. Chang, K. T. (2020). Introduction to geographic information systems (9th ed.). McGraw-Hill Education.
  2. Longley, P. A., Goodchild, M. F., Maguire, D. J., & Rhind, D. W. (2021). Geographic information systems and science (4th ed.). Wiley.
  3. De Smith, M. J., Goodchild, M. F., & Longley, P. (2021). Geospatial analysis: A comprehensive guide to principles, techniques, and software tools (6th ed.). The Winchelsea Press.
  4. Heywood, I., Cornelius, S., & Carver, S. (2021). An introduction to geographical information systems (5th ed.). Pearson.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Gde Agus Yudha Prawira Adistana, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep dan teknik pemetaan dalam pengembangan metode pembelajaran kejuruan yang inovatif.

  1. Pemahaman konsep pemetaan
  2. Kemampuan menerapkan teknik pemetaan secara inovatif
  3. Kreativitas dalam pengembangan metode pembelajaran
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Diskusi daring tentang penerapan konsep pemetaan dalam kasus nyata, Membuat proyek pengembangan metode pembelajaran kejuruan inovatif
Materi: Pengertian Pemetaan, Teknik Pemetaan, Penerapan Pemetaan dalam Metode Pembelajaran Kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan metode pembelajaran kejuruan yang inovatif dengan memanfaatkan konsep dan teknik pemetaan.

  1. Pemahaman konsep pemetaan
  2. Kemampuan mengaplikasikan teknik pemetaan dalam pembelajaran kejuruan
  3. Kreativitas dalam pengembangan metode pembelajaran
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Diskusi daring tentang penerapan pemetaan dalam pembelajaran kejuruan, Penugasan membuat proyek pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan teknik pemetaan
Materi: Konsep dasar pemetaan, Teknik pemetaan dalam pembelajaran kejuruan, Penerapan pemetaan dalam metode pembelajaran inovatif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai keterampilan analisis data geospasial untuk mendukung riset terapan dalam teknologi pendidikan kejuruan.

  1. Analisis data geospasial dilakukan dengan tepat
  2. Penerapan analisis data geospasial dalam konteks teknologi pendidikan kejuruan
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Penugasan proyek online
Materi: Konsep dasar analisis data geospasial, Teknik analisis data geospasial, Penerapan dalam teknologi pendidikan kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep analisis data geospasial dalam konteks riset terapan teknologi pendidikan kejuruan.

  1. Analisis data geospasial
  2. Penerapan data geospasial dalam riset teknologi pendidikan kejuruan
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang penerapan data geospasial dalam riset teknologi pendidikan kejuruan
Materi: Konsep analisis data geospasial, Penerapan data geospasial dalam riset terapan, Teknologi pendidikan kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas penggunaan alat dan teknologi GIS dalam konteks pendidikan kejuruan.

  1. Penggunaan alat GIS dalam konteks pendidikan kejuruan
  2. Analisis efektivitas penggunaan teknologi GIS
  3. Pemahaman metode evaluasi dalam GIS
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang studi kasus penggunaan GIS dalam pendidikan kejuruan
Materi: Konsep dasar GIS, Penerapan GIS dalam pendidikan kejuruan, Metode evaluasi efektivitas GIS
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas penggunaan alat dan teknologi GIS dalam konteks pendidikan kejuruan.

  1. Analisis efektivitas penggunaan alat GIS
  2. Evaluasi keterbatasan teknologi GIS dalam pendidikan kejuruan
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan studi kasus.
Diskusi daring tentang analisis efektivitas penggunaan alat GIS, Penugasan membuat laporan evaluasi keterbatasan teknologi GIS
Materi: Konsep dasar GIS, Penggunaan GIS dalam pendidikan kejuruan, Evaluasi efektivitas penggunaan GIS
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi berbasis GIS yang inovatif dan efektif untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi industri pendidikan teknologi kejuruan.

  1. Penggunaan GIS secara kreatif
  2. Kemampuan analisis masalah industri
  3. Kualitas solusi yang dihasilkan
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang penerapan GIS dalam industri pendidikan, Penugasan proyek berbasis GIS
Materi: Konsep GIS, Penerapan GIS dalam industri pendidikan, Analisis masalah industri
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan metodologi penelitian baru yang mengintegrasikan teknologi GIS dengan pendekatan ilmiah dalam pendidikan teknologi kejuruan.

  1. metodologi penelitian baru
  2. integrasi teknologi GIS
  3. pendekatan ilmiah
  4. pendidikan teknologi kejuruan
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Aktivitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Materi: Metodologi Penelitian Baru, Teknologi GIS, Pendekatan Ilmiah, Pendidikan Teknologi Kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi berbasis GIS untuk masalah yang dihadapi industri terkait dengan pendidikan teknologi kejuruan.

  1. Penggunaan GIS dalam mengidentifikasi masalah
  2. Kemampuan merancang solusi GIS yang efektif
  3. Kemampuan mengimplementasikan solusi GIS
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Pengembangan proyek GIS untuk industri pendidikan
Materi: Konsep GIS, Penerapan GIS dalam industri pendidikan, Studi kasus penggunaan GIS dalam teknologi kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik analisis spasial dalam penelitian yang berkaitan dengan pengembangan program S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan.

  1. analisis spasial data geografis
  2. penerapan teknik analisis spasial
  3. kemampuan menginterpretasi hasil analisis spasial
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang penerapan analisis spasial dalam pengembangan program pendidikan
Materi: Konsep dasar analisis spasial, Teknik analisis spasial, Penerapan analisis spasial dalam pengembangan program pendidikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik analisis spasial dalam penelitian terkait dengan pengembangan program S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan.

  1. Penerapan teknik analisis spasial dalam penelitian
  2. Kemampuan mengidentifikasi pola spasial
  3. Kemampuan menginterpretasi hasil analisis spasial
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang penerapan teknik analisis spasial dalam penelitian, Mengumpulkan dan menganalisis data spasial secara online
Materi: Konsep analisis spasial, Teknik analisis spasial, Penerapan analisis spasial dalam penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat menganalisis dan menginterpretasi hasil pengolahan data geospasial sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

  1. Analisis data geospasial
  2. Interpretasi data geospasial
  3. Kaidah penulisan ilmiah
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Pengumpulan dan analisis data geospasial, Penulisan laporan ilmiah
Materi: Pengolahan data geospasial, Kaidah penulisan ilmiah, Analisis data geospasial, Interpretasi data geospasial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat menganalisis dan menginterpretasi hasil pengolahan data geospasial sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

  1. Analisis data geospasial
  2. Interpretasi data geospasial
  3. Kaidah penulisan ilmiah
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Pengumpulan dan analisis data geospasial, Penulisan laporan ilmiah
Materi: Pengolahan data geospasial, Kaidah penulisan ilmiah, Analisis data geospasial, Interpretasi data geospasial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat menganalisis dan menginterpretasi hasil pengolahan data geospasial sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

  1. Analisis data geospasial
  2. Interpretasi data geospasial
  3. Kaidah penulisan ilmiah
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Pengumpulan dan analisis data geospasial, Penulisan laporan ilmiah
Materi: Pengolahan data geospasial, Kaidah penulisan ilmiah, Analisis data geospasial, Interpretasi data geospasial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat menganalisis dan menginterpretasi hasil pengolahan data geospasial sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

  1. Analisis data geospasial
  2. Interpretasi data geospasial
  3. Kaidah penulisan ilmiah
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Pengumpulan dan analisis data geospasial, Penulisan laporan ilmiah
Materi: Pengolahan data geospasial, Kaidah penulisan ilmiah, Analisis data geospasial, Interpretasi data geospasial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa dapat menganalisis dan menginterpretasi hasil pengolahan data geospasial sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

  1. Analisis data geospasial
  2. Interpretasi data geospasial
  3. Kaidah penulisan ilmiah
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Pengumpulan dan analisis data geospasial, Penulisan laporan ilmiah
Materi: Pengolahan data geospasial, Kaidah penulisan ilmiah, Analisis data geospasial, Interpretasi data geospasial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 17.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 63.33%
3. Penilaian Portofolio 15.83%
4. Penilaian Praktikum 3.33%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.