Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Layanan Lembaga Perbankan dan Keuangan Mikro

8720902138

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

6 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Han Tantri Hardini, S.Pd, M.Pd




Prof. Dr. Susanti, M.Si




Rochmawati, S.Pd., M.Ak.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-8

Mampu menginternalisasi jiwa kewirausahaan yaitu mandiri, kreatif, tangguh dan inovatif

PLO-9

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja individu maupun kelompok, supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan

PLO-10

Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan dalam aktivitas pembelajaran akuntansi dan keuangan

PLO-11

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-8PLO-9PLO-10PLO-11

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas pemahaman umum tentang lembaga keuangan dan otoritas moneter, API, Bank Umum dan Bank BPR, Peoduk Simpanan dan Pinjaman Bank, Kredit bank, Kliring, BI RTGS, Kartu Kredit dan kartu Debit, Bank Umum dan Bank Syariah Serta Lembaga Keuangan bukan Bank. Metode pembelajaran adalah ceramah, diskusi dan demonstrasi, dengan model pembelajaran problem based learning.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Rochmawati, S.Pd., M.Ak.

Han Tantri Hardini, S.Pd., M.Pd.

Vivi Pratiwi, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120 menit

0%

2

Minggu ke 2

Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120

0%

3

Minggu ke 3

Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120

0%

4

Minggu ke 4

Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120

0%

5

Minggu ke 5

Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120

0%

6

Minggu ke 6

Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120

0%

7

Minggu ke 7

Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120

0%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER UTS

0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10

Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120

0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14

Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120

0%

15

Minggu ke 15

Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa

0%

16

Minggu ke 16

UJIAN AKHIR SEMESTERL

UJIAN AKHIR SEMESTER
100

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.