|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Layanan Lembaga Perbankan dan Keuangan Mikro |
8720902138 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
6 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Han Tantri Hardini, S.Pd, M.Pd
|
Prof. Dr. Susanti, M.Si
|
Rochmawati, S.Pd., M.Ak. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-8 |
Mampu menginternalisasi jiwa kewirausahaan yaitu mandiri, kreatif, tangguh dan inovatif |
PLO-9 |
Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja individu maupun kelompok, supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan |
PLO-10 |
Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan dalam aktivitas pembelajaran akuntansi dan keuangan |
PLO-11 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PLO-11 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas pemahaman umum tentang lembaga keuangan dan otoritas moneter, API, Bank Umum dan Bank BPR, Peoduk Simpanan dan Pinjaman Bank, Kredit bank, Kliring, BI RTGS, Kartu Kredit dan kartu Debit, Bank Umum dan Bank Syariah Serta Lembaga Keuangan bukan Bank. Metode pembelajaran adalah ceramah, diskusi dan demonstrasi, dengan model pembelajaran problem based learning. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Rochmawati, S.Pd., M.Ak. Han Tantri Hardini, S.Pd., M.Pd. Vivi Pratiwi, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
|
|
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
Model pembelajaran: Case Study
Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa 120 menit |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
|
|
|
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
Model pembelajaran: Case Study
Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa 120 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
|
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
Model pembelajaran: Case Study
Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa 120 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
|
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
Model pembelajaran: Case Study
Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa 120 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
|
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
Model pembelajaran: Case Study
Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa 120 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
|
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
Model pembelajaran: Case Study
Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa 120 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
Model pembelajaran: Case Study
Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa 120 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
UJIAN TENGAH SEMESTER UTS
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
Model pembelajaran: Case Study
Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa 120 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
Model pembelajaran: Case Study
Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa 120 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
Model pembelajaran: Case Study
Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
UJIAN AKHIR SEMESTERL |
|
|
UJIAN AKHIR SEMESTER 100 |
|
|
0% |