Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Layanan Lembaga Perbankan dan Keuangan Mikro

8720902138

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

6 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Han Tantri Hardini, S.Pd, M.Pd




Prof. Dr. Susanti, M.Si




Rochmawati, S.Pd., M.Ak.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-8

Mampu menginternalisasi jiwa kewirausahaan yaitu mandiri, kreatif, tangguh dan inovatif

PLO-9

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja individu maupun kelompok, supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan

PLO-10

Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan dalam aktivitas pembelajaran akuntansi dan keuangan

PLO-11

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-8PLO-9PLO-10PLO-11

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas pemahaman umum tentang lembaga keuangan dan otoritas moneter, API, Bank Umum dan Bank BPR, Peoduk Simpanan dan Pinjaman Bank, Kredit bank, Kliring, BI RTGS, Kartu Kredit dan kartu Debit, Bank Umum dan Bank Syariah Serta Lembaga Keuangan bukan Bank. Metode pembelajaran adalah ceramah, diskusi dan demonstrasi, dengan model pembelajaran problem based learning.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.
  2. 2. Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri, Sinta. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Pendukung :

  1. 1. Taswan. 2013. Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: UPPSTIM YKPN.
  2. 2. Jurnal Internasional, Berita dari berbagai sumber tentang keuangan Bank dan Non bank

Dosen Pengampu

Rochmawati, S.Pd., M.Ak.

Han Tantri Hardini, S.Pd., M.Pd.

Vivi Pratiwi, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengidentifikasi Lembaga Keuangan dan Otoritas Moneter

  1. 1. Menjelaskan Pengertian dasar bank
  2. 2. Menjelaskan Pengertian sejarah bank
  3. 3. Menyebutkan bentuk lembaga keuangan
  4. 4. Menyebutkan fungsi bank
  5. 5. Menjelaskan peran bank dan lembaga keuangan bukan bank

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120 menit

Materi: Lembaga Keuangan dan Otoritas Moneter
Pustaka: 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Materi: Lembaga Keuangan dan Otoritas Moneter
Pustaka: 2. Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri, Sinta. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: Lembaga Keuangan dan Otoritas Moneter
Pustaka: 2. Jurnal Internasional, Berita dari berbagai sumber tentang keuangan Bank dan Non bank
3%

2

Minggu ke 2

Lembaga Keuangan dan Otoritas Moneter

  1. 1. Menjelaskan Pengertian dasar bank
  2. 2. Menjelaskan Pengertian sejarah bank
  3. 3. Menyebutkan bentuk lembaga keuangan
  4. 4. Menyebutkan fungsi bank
  5. 5. Menjelaskan peran bank dan lembaga keuangan bukan bank

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120 menit

Materi: Lembaga Keuangan dan Otoritas Moneter
Pustaka: 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Materi: Lembaga Keuangan dan Otoritas Moneter
Pustaka: 2. Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri, Sinta. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: Lembaga Keuangan dan Otoritas Moneter
Pustaka: 2. Jurnal Internasional, Berita dari berbagai sumber tentang keuangan Bank dan Non bank

Materi: Lembaga Keuangan dan Otoritas Moneter
Pustaka: 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.
3%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi Arsitektur Perbankan dan Otoritas Moneter di Indonesia

  1. 1. Menjelaskan pengertian Arsitektur Perbankan di Indonesia
  2. 2. Menjelaskan Program kegiatan API
  3. 3. Mengaji tahapan implementasi API
  4. 4. Menjelaskan otoritas moneter di Indonesia
  5. 5. Mengaji status dan modal Bank Indonesia

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120 menit

Materi: Arsitektur Perbankan dan Otoritas Moneter di Indonesia
Pustaka: 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Materi: Arsitektur Perbankan dan Otoritas Moneter di Indonesia
Pustaka: 2. Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri, Sinta. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: Arsitektur Perbankan dan Otoritas Moneter di Indonesia
Pustaka: 1. Taswan. 2013. Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: UPPSTIM YKPN.

Materi: Arsitektur Perbankan dan Otoritas Moneter di Indonesia
Pustaka: 2. Jurnal Internasional, Berita dari berbagai sumber tentang keuangan Bank dan Non bank
4%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi Arsitektur Perbankan dan Otoritas Moneter di Indonesia

  1. 1. Menjelaskan pengertian Arsitektur Perbankan di Indonesia
  2. 2. Menjelaskan Program kegiatan API
  3. 3. Mengaji tahapan implementasi API
  4. 4. Menjelaskan otoritas moneter di Indonesia
  5. 5. Mengaji status dan modal Bank Indonesia

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120 menit

Materi: Arsitektur Perbankan dan Otoritas Moneter di Indonesia
Pustaka: 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Materi: Arsitektur Perbankan dan Otoritas Moneter di Indonesia
Pustaka: 2. Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri, Sinta. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: Arsitektur Perbankan dan Otoritas Moneter di Indonesia
Pustaka: 1. Taswan. 2013. Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: UPPSTIM YKPN.

Materi: Arsitektur Perbankan dan Otoritas Moneter di Indonesia
Pustaka: 2. Jurnal Internasional, Berita dari berbagai sumber tentang keuangan Bank dan Non bank
4%

5

Minggu ke 5

Menganalisis Bank Umum dan BPR

  1. 1. Pengertian bank umum dan BPR
  2. 2. menyebutkan aturan kesehatan bank
  3. 3. Menjelaskan perkembangan perbankan di Indonesia
  4. 4. Menjelaskan jenis bank berdasarkan penggolongannya
  5. 5. Menjelaskan pengertian penghimpunan dan penyaluran dana
  6. 6. Menjelaskan kebijakan penghimpunan dan penggunaan dana

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120 menit

Materi: Bank Umum dan BPR
Pustaka: 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Materi: Bank Umum dan BPR
Pustaka: 2. Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri, Sinta. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: Bank Umum dan BPR
Pustaka: 1. Taswan. 2013. Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: UPPSTIM YKPN.

Materi: Bank Umum dan BPR
Pustaka: 2. Jurnal Internasional, Berita dari berbagai sumber tentang keuangan Bank dan Non bank
3%

6

Minggu ke 6

Menganalisis Bank Umum dan BPR

  1. 1. Pengertian bank umum dan BPR
  2. 2. menyebutkan aturan kesehatan bank
  3. 3. Menjelaskan perkembangan perbankan di Indonesia
  4. 4. Menjelaskan jenis bank berdasarkan penggolongannya
  5. 5. Menjelaskan pengertian penghimpunan dan penyaluran dana
  6. 6. Menjelaskan kebijakan penghimpunan dan penggunaan dana

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120 menit

Materi: Bank Umum dan BPR
Pustaka: 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Materi: Bank Umum dan BPR
Pustaka: 2. Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri, Sinta. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: Bank Umum dan BPR
Pustaka: 1. Taswan. 2013. Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: UPPSTIM YKPN.

Materi: Bank Umum dan BPR
Pustaka: 2. Jurnal Internasional, Berita dari berbagai sumber tentang keuangan Bank dan Non bank
4%

7

Minggu ke 7

Menganalisis Bank Umum dan BPR

  1. 1. Pengertian bank umum dan BPR
  2. 2. menyebutkan aturan kesehatan bank
  3. 3. Menjelaskan perkembangan perbankan di Indonesia
  4. 4. Menjelaskan jenis bank berdasarkan penggolongannya
  5. 5. Menjelaskan pengertian penghimpunan dan penyaluran dana
  6. 6. Menjelaskan kebijakan penghimpunan dan penggunaan dana

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)

Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok

Model pembelajaran: Case Study

Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa
120 menit

Materi: Bank Umum dan BPR
Pustaka: 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Materi: Bank Umum dan BPR
Pustaka: 2. Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri, Sinta. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: Bank Umum dan BPR
Pustaka: 1. Taswan. 2013. Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: UPPSTIM YKPN.

Materi: Bank Umum dan BPR
Pustaka: 2. Jurnal Internasional, Berita dari berbagai sumber tentang keuangan Bank dan Non bank
4%

8

Minggu ke 8

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
TES

20%

9

Minggu ke 9

1. Menjelaskan pengertian simpanan giro, tabungan dan deposito


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
● Bentuk Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
● Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
● Model pembelajaran: Problem Based Learning
● Media Pembelajaran : Sindig Unesa, Video

Materi: Simpanan giro, tabungan dan deposito
Pustaka: 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Materi: Simpanan giro, tabungan dan deposito
Pustaka: 2. Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri, Sinta. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: Simpanan giro, tabungan dan deposito
Pustaka: 2. Jurnal Internasional, Berita dari berbagai sumber tentang keuangan Bank dan Non bank
3%

10

Minggu ke 10

Menganalisis kredit Bank dan kliring

  1. 1. Menjelaskan pengertian kredit bank dan pinjaman tunai
  2. 2. Menjelaskan noncash loan
  3. 3. Menjelaskan pengertian kliring
  4. 4. Mengaji real time gross settlement system
Kriteria:

Nilai maksimal mendapatkan poin 100, jika mahasiswa mengerjakan semua soal dengan benar (terdapat dalam rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
● Bentuk Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
● Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
● Model pembelajaran: Problem Based Learning
● Media Pembelajaran : Sindig Unesa, Video

Materi: kredit Bank dan kliring
Pustaka: 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Materi: kredit Bank dan kliring
Pustaka: 2. Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri, Sinta. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: kredit Bank dan kliring
Pustaka: 1. Taswan. 2013. Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: UPPSTIM YKPN.

Materi: kredit Bank dan kliring
Pustaka: 2. Jurnal Internasional, Berita dari berbagai sumber tentang keuangan Bank dan Non bank
3%

11

Minggu ke 11

Menganalisis kredit Bank dan kliring

  1. 1. Menjelaskan pengertian kredit bank dan pinjaman tunai
  2. 2. Menjelaskan noncash loan
  3. 3. Menjelaskan pengertian kliring
  4. 4. Mengaji real time gross settlement system
Kriteria:

Nilai maksimal mendapatkan poin 100, jika mahasiswa mengerjakan semua soal dengan benar (terdapat dalam rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
● Bentuk Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
● Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
● Model pembelajaran: Problem Based Learning
● Media Pembelajaran : Sindig Unesa, Video

Materi: kredit Bank dan kliring
Pustaka: 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Materi: kredit Bank dan kliring
Pustaka: 2. Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri, Sinta. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: kredit Bank dan kliring
Pustaka: 1. Taswan. 2013. Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: UPPSTIM YKPN.

Materi: kredit Bank dan kliring
Pustaka: 2. Jurnal Internasional, Berita dari berbagai sumber tentang keuangan Bank dan Non bank
3%

12

Minggu ke 12

Mengidentifikasi kartu kredit

  1. 1. Menjelaskan pengertian kartu kredit
  2. 2. Menyebutkan pihak-pihak yang terkait penggunaan kartu kredit
Kriteria:

Nilai maksimal mendapatkan poin 100, jika mahasiswa mengerjakan semua soal dengan benar (terdapat dalam rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
● Bentuk Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
● Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
● Model pembelajaran: Problem Based Learning
● Media Pembelajaran : Sindig Unesa, Video

Materi: kartu kredit
Pustaka: 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Materi: Kartu kredit
Pustaka: 2. Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri, Sinta. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: Kartu Kredit
Pustaka: 1. Taswan. 2013. Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: UPPSTIM YKPN.

Materi: Kartu Kredit
Pustaka: 2. Jurnal Internasional, Berita dari berbagai sumber tentang keuangan Bank dan Non bank
4%

13

Minggu ke 13

Mengidentifikasi Bank Umum berdasar Prinsip Syariah

  1. 1. Menjelaskan Pengertian Bank Umum dan Bank Syariah
  2. 2. Menyebutkan perbedaan bank umum dan bank Syariah
  3. 3. Menjelaskan bentuk usaha bank syariah
Kriteria:

Nilai maksimal mendapatkan poin 100, jika mahasiswa mengerjakan semua soal dengan benar (terdapat dalam rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
● Bentuk Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
● Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
● Model pembelajaran: Problem Based Learning
● Media Pembelajaran : Sindig Unesa, Video

Materi: bank syariah
Pustaka: 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Materi: Bank Umum berdasar Prinsip Syariah
Pustaka: 2. Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri, Sinta. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: Bank Umum berdasar Prinsip Syariah
Pustaka: 1. Taswan. 2013. Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: UPPSTIM YKPN.

Materi: Bank Umum berdasar Prinsip Syariah
Pustaka: 2. Jurnal Internasional, Berita dari berbagai sumber tentang keuangan Bank dan Non bank
4%

14

Minggu ke 14

Mengidentifikasi Lembaga Keuangan Bukan Bank

  1. 1. Menjelaskan pengertian asuransi
  2. 2. Menjelaskan penggolongan asuransi
  3. 3. Menjelaskan pengertian leasing
  4. 4. Menjelaskan teknik –teknik pembiayaan leasing
  5. 5. Menjelaskan pengertian pegadaian
  6. 6. Menjelaskan proses pinjaman atas dasar hukum gadai
Kriteria:

Nilai maksimal mendapatkan poin 100, jika mahasiswa mengerjakan semua soal dengan benar (terdapat dalam rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
● Bentuk Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
● Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
● Model pembelajaran: Problem Based Learning
● Media Pembelajaran : Sindig Unesa, Video

Materi: Lembaga Keuangan Bukan Bank
Pustaka: 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Materi: Lembaga Keuangan Bukan Bank
Pustaka: 2. Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri, Sinta. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: Lembaga Keuangan Bukan Bank
Pustaka: 1. Taswan. 2013. Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: UPPSTIM YKPN.

Materi: Lembaga Keuangan Bukan Bank
Pustaka: 2. Jurnal Internasional, Berita dari berbagai sumber tentang keuangan Bank dan Non bank
4%

15

Minggu ke 15

Mengidentifikasi Lembaga Keuangan Bukan Bank

  1. 1. Menjelaskan pengertian asuransi
  2. 2. Menjelaskan penggolongan asuransi
  3. 3. Menjelaskan pengertian leasing
  4. 4. Menjelaskan teknik –teknik pembiayaan leasing
  5. 5. Menjelaskan pengertian pegadaian
  6. 6. Menjelaskan proses pinjaman atas dasar hukum gadai
Kriteria:

Nilai maksimal mendapatkan poin 100, jika mahasiswa mengerjakan semua soal dengan benar (terdapat dalam rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
● Bentuk Pembelajaran: Berpusat kepada mahasiswa (student center)
● Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
● Model pembelajaran: Problem Based Learning
● Media Pembelajaran : Sindig Unesa, Video

Materi: Lembaga Keuangan Bukan Bank
Pustaka: 1. Budi Santoso,Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Materi: Lembaga Keuangan Bukan Bank
Pustaka: 2. Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri, Sinta. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: Lembaga Keuangan Bukan Bank
Pustaka: 1. Taswan. 2013. Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: UPPSTIM YKPN.

Materi: Lembaga Keuangan Bukan Bank
Pustaka: 2. Jurnal Internasional, Berita dari berbagai sumber tentang keuangan Bank dan Non bank
4%

16

Minggu ke 16

UJIAN AKHIR SEMESTERL


Bentuk Penilaian :
Tes
UJIAN AKHIR SEMESTER
100

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 18.64%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 15.64%
3. Praktik / Unjuk Kerja 15.64%
4. Tes 50%
99.92%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.