|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metode Pengembangan Kemampuan Aud |
8620708055 |
|
T=8 |
P=0 |
ECTS=12.72 |
3 |
31 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini mampu menumbuhkembangkan AUD menjadi pribadi yang humaniter. Pengembangan nilai moral agama anak usia dini memiliki andil yang sangat besar dalam membentuk karakter dan kepribadiannya; memberikan pemahaman dan pengkajian tentang teori-teori sosial emosional dari masa bayi sampai usia 6 tahun, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak serta hambatan yang terjadi dalam perkembangan; berbagai macam metode pengembangan kognitif dan kreativitas, serta mempraktekkan pengembangannya di dalam pembelajaran AUD, mempelajari konsep, metode (cara-cara) untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi lisan anak, memperkaya perbendaharaan kosakata, dan menulis dengan simbol-simbol yang melambangkannya; mempelajari konsep pengembangan fisik motorik, tujuan, fungsi dan prinsip-prinsip pengembangan motorik anak usia dini, dan metode (cara) untuk mengembangkan kemampuan fisik anak untuk mampu mengerjakan anggota tubuhnya dalam rangka latihan kelenturan otot, mencakup otot jari tangan dan otot anggota tubuh secara terkoordinasi dan berkesinambungan untuk melakukan berbagai gerakan motorik halus dan kasar serta aspek keselamatan dan kesehatab; berbagai macam metode pengembangan seni, serta mempraktekkan pengembangannya di dalam pembelajaran AUD.Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ali Nugraha. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini . Jakarta: Jilsi Foundation.
- Bonnie S. Mohnsen. 2010. Concepts and Principles of Physical Education . United States: National Association for Sport and Physical Education.
- Christine Chaille and Lory Britain. 2003. The Young Child as Scientist . United States of America: Jumpstart
- Hartinah, S. 2009. Perkembangan Peserta Didik . Bandung: Rafika Adiatma.
- Ingrid Chalufour and Karen Worth. 2003. Discovering Nature with Young Children . Minnesota: Redleaf Press.
- Marvin N. Tolman. 2006. Physical Science Activities . United States of America: Jossey-Bass.
- Mayes, Linda C. & Cohen, Donald J. The Yale Child Study Center, Guide to Understanding Your Child. New York: Little, Brown & Company
- Ratna, J. 2010. Pendidikan dan Pengasuhan Anak . Surabaya: Komisi Keluarga Keuskupan Surabaya.
- Tina Dahlan. 2010. Games Sains Kreatif dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Potensi dan Kecerdasan Anak . Jakarta: Ruang Kata.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
MAS'UDAH Dr. Sri Setyowati, M.Pd. Dra. Nurhenti Dorlina Simatupang, M.Sn. Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd. Muhammad Reza, S.Psi., M.Si. Dewi Komalasari, S.Pd., M.Pd. Sri Widayati, S.Pd., M.Pd. Dr. Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd., M.Pd. Nur Ika Sari Rakhmawati, S.Pd., M.Pd. Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak |
- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD |
|
Diskusi, tanya jawab, Penugasan 8 X 50 |
|
|
0% |