Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metode Pengembangan Kemampuan Aud

8620708055

T=8

P=0

ECTS=12.72

3

31 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mampu menumbuhkembangkan AUD menjadi pribadi yang humaniter. Pengembangan nilai moral agama anak usia dini memiliki andil yang sangat besar dalam membentuk karakter dan kepribadiannya; memberikan pemahaman dan pengkajian tentang teori-teori sosial emosional dari masa bayi sampai usia 6 tahun, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak serta hambatan yang terjadi dalam perkembangan; berbagai macam metode pengembangan kognitif dan kreativitas, serta mempraktekkan pengembangannya di dalam pembelajaran AUD, mempelajari konsep, metode (cara-cara) untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi lisan anak, memperkaya perbendaharaan kosakata, dan menulis dengan simbol-simbol yang melambangkannya; mempelajari konsep pengembangan fisik motorik, tujuan, fungsi dan prinsip-prinsip pengembangan motorik anak usia dini, dan metode (cara) untuk mengembangkan kemampuan fisik anak untuk mampu mengerjakan anggota tubuhnya dalam rangka latihan kelenturan otot, mencakup otot jari tangan dan otot anggota tubuh secara terkoordinasi dan berkesinambungan untuk melakukan berbagai gerakan motorik halus dan kasar serta aspek keselamatan dan kesehatab; berbagai macam metode pengembangan seni, serta mempraktekkan pengembangannya di dalam pembelajaran AUD.Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. Ali Nugraha. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini . Jakarta: Jilsi Foundation.
  2. Bonnie S. Mohnsen. 2010. Concepts and Principles of Physical Education . United States: National Association for Sport and Physical Education.
  3. Christine Chaille and Lory Britain. 2003. The Young Child as Scientist . United States of America: Jumpstart
  4. Hartinah, S. 2009. Perkembangan Peserta Didik . Bandung: Rafika Adiatma.
  5. Ingrid Chalufour and Karen Worth. 2003. Discovering Nature with Young Children . Minnesota: Redleaf Press.
  6. Marvin N. Tolman. 2006. Physical Science Activities . United States of America: Jossey-Bass.
  7. Mayes, Linda C. & Cohen, Donald J. The Yale Child Study Center, Guide to Understanding Your Child. New York: Little, Brown & Company
  8. Ratna, J. 2010. Pendidikan dan Pengasuhan Anak . Surabaya: Komisi Keluarga Keuskupan Surabaya.
  9. Tina Dahlan. 2010. Games Sains Kreatif dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Potensi dan Kecerdasan Anak . Jakarta: Ruang Kata.

Pendukung :

Dosen Pengampu

MAS'UDAH

Dr. Sri Setyowati, M.Pd.

Dra. Nurhenti Dorlina Simatupang, M.Sn.

Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd.

Muhammad Reza, S.Psi., M.Si.

Dewi Komalasari, S.Pd., M.Pd.

Sri Widayati, S.Pd., M.Pd.

Dr. Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd., M.Pd.

Nur Ika Sari Rakhmawati, S.Pd., M.Pd.

Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Mengidentfiksi berbagai metode pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni anak

- Metode Pengembangan nilai-nilai moral agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni AUD

Diskusi, tanya jawab, Penugasan
8 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.