Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Filsafat Ilmu

8610302058

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd.




Prof. Dr. Rusijono, M.Pd.




Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis berbagai teori dan pendekatan dalam filsafat ilmu untuk memahami perbedaan dan kesamaan antar pandangan (C4)

PO - 2

Mengevaluasi implikasi dari berbagai teori filsafat ilmu terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (C5)

PO - 3

Menciptakan argumentasi filsafat ilmu yang inovatif berdasarkan analisis kritis terhadap teori dan metodologi yang ada (C6)

PO - 4

Menganalisis peran nilai kemanusiaan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (C4)

PO - 5

Mengevaluasi dampak etis dari penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam konteks sosial dan budaya (C5)

PO - 6

Menciptakan pendekatan baru dalam filsafat ilmu yang mengintegrasikan aspek-aspek etis, logis, dan sistematis (C6)

PO - 7

Menganalisis dan mengevaluasi peran filsafat ilmu dalam menghadapi tantangan global dan perubahan teknologi (C4, C5)

PO - 8

Menciptakan model filsafat ilmu yang adaptif dan inovatif untuk mengatasi masalah-masalah kontemporer (C6)

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Filsafat Ilmu bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memahami hakikat ilmu (the nature of science) dalam hubungan dengan berbagai pengetahuan lain, berbagai cara memperoleh pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan ilmiah dengan menerapkan penalaran filosofis dan kritis logis; dengan tidak mengabaikan keterbatasan ilmu, metode-metode ilmiah, batasan-batasan moral dan sosialnya sebagai upaya untuk memperoleh dan memanfaatkan pengetahuan. Filsafat Ilmu mengkaji tentang konsep filsafat ilmu, bidang kajian ontologi, epistemologi, dan aksiologi, dalam konstelasi penelitian dan penilaian pendidikan, serta perkembangan pengetahuan ilmiah. Pembahasan tentang ontologi ilmu difokuskan pada unsur realitas empirik (empiricism) seperti fakta, data, dan informasi tanpa melepaskannya dari realitas rasional (rationalism), serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah. Aksiologi ilmu membahas nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan serta kegunaannya baik secara internal, eksternal, maupun sosial. Epistemologi ilmu difokuskan pada metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metodologi penelitian.

Pustaka

Utama :

  1. Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.
  2. The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996
  3. 5. Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. H. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd.

Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami filsafat ilmu dalam berpikir secara logis dan analitis

  1. Mampu menganalisis perbedaan dan kesamaan antar pandangan dalam filsafat ilmu
  2. Mampu menyajikan argumen logis dan kritis dalam memahami teori-teori filsafat ilmu

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case-based learning Media: powerpoint, video dan media online lainnya Tugas: membaca mandiri, membuat makalah, presentasi, unggah video presentasi
2 x 50

Materi: Teori Realisme, Teori Positivisme, Teori Konstruktivisme, Pendekatan Fenomenologi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam memahami teori dan pendekatan dalam filsafat ilmu.

Analisis perbedaan dan kesamaan antar pandangan dalam teori filsafat ilmu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang penerapan teori filsafat ilmu dalam konteks nyata
Materi: Teori-teori dalam filsafat ilmu, Pendekatan dalam filsafat ilmu, Perbedaan dan kesamaan antar pandangan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam mengaplikasikan teori filsafat ilmu dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

  1. Analisis kritis teori filsafat ilmu
  2. Evaluasi implikasi teori terhadap pengembangan ilmu pengetahuan
  3. Kemampuan menyusun argumen logis
Kriteria:

3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
Diskusi Online, Presentasi Online
Materi: Teori Filsafat Ilmu, Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Implikasi Teori dalam Praktik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam mengaplikasikan teori filsafat ilmu terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

  1. Analisis kritis teori filsafat ilmu
  2. Penerapan teori filsafat ilmu dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Evaluasi implikasi teori filsafat ilmu terhadap perkembangan ilmu pengetahuan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
Diskusi daring tentang penerapan teori filsafat ilmu dalam kasus nyata
Materi: Teori-teori filsafat ilmu, Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Implikasi teori filsafat ilmu
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menciptakan argumentasi filsafat ilmu yang inovatif.

  1. Analisis kritis terhadap teori yang ada
  2. Penggunaan metodologi yang tepat
  3. Kreativitas dalam menyusun argumentasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi, Studi Kasus, Analisis Teks.
Diskusi Online
Materi: Teori Filsafat Ilmu, Metodologi Penelitian, Argumentasi Filsafat Ilmu
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila dan keanekaragaman dalam menjalankan tugas.

  1. nilai kemanusiaan
  2. pengembangan ilmu pengetahuan
  3. teknologi
  4. mutu kehidupan
  5. Pancasila
  6. keanekaragaman

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi, studi kasus, presentasi.
Diskusi daring tentang penerapan nilai kemanusiaan dalam teknologi
Materi: Konsep nilai kemanusiaan, Pengaruh nilai kemanusiaan dalam ilmu pengetahuan, Pengembangan teknologi berbasis nilai kemanusiaan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dampak etis dari penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam konteks sosial dan budaya dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan keanekaragaman.

  1. Etika dalam penerapan ilmu pengetahuan
  2. Dampak sosial dan budaya dari teknologi
  3. Analisis dampak etis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
Diskusi daring tentang studi kasus dampak teknologi dalam masyarakat
Materi: Etika dalam ilmu pengetahuan, Teknologi dan masyarakat, Analisis dampak sosial dan budaya
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis peran nilai kemanusiaan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menerapkannya dalam konteks nyata.

  1. Pengertian nilai kemanusiaan dalam konteks ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Kemampuan menganalisis dampak nilai kemanusiaan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Kemampuan menerapkan nilai kemanusiaan dalam praktik ilmu pengetahuan dan teknologi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
Diskusi daring tentang penerapan nilai kemanusiaan dalam kasus nyata
Materi: Konsep nilai kemanusiaan, Pengaruh nilai kemanusiaan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Penerapan nilai kemanusiaan dalam praktik ilmu pengetahuan dan teknologi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dampak etis dari penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam konteks sosial dan budaya dengan menggunakan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif.

  1. Etika dalam evaluasi dampak ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Kemampuan kritis dalam menganalisis dampak sosial dan budaya
  3. Kemampuan sistematis dalam menyusun evaluasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Diskusi, Studi Kasus, Analisis, Presentasi.
Diskusi Online, Penugasan Analisis Etika dalam Teknologi
Materi: Etika dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Dampak Sosial dan Budaya dari Teknologi, Metode Evaluasi Dampak Etis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam desain, pengembangan, pengelolaan, pemanfaatan, dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

  1. Integrasi aspek etis, logis, dan sistematis dalam pendekatan baru filsafat ilmu
  2. Kemampuan kreatif dalam menciptakan solusi dalam bidang filsafat ilmu

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi, Studi Kasus, dan Proyek Kolaboratif.
Diskusi Online Kolaboratif
Materi: Etika dalam Filsafat Ilmu, Logika dalam Filsafat Ilmu, Sistematisasi Pemikiran dalam Filsafat Ilmu
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis peran filsafat ilmu dalam menghadapi tantangan global dan perubahan teknologi, serta mengevaluasi dampaknya dalam sistem pendidikan dan pembelajaran.

  1. Analisis peran filsafat ilmu dalam menghadapi tantangan global
  2. Evaluasi peran filsafat ilmu dalam perubahan teknologi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan presentasi.

Materi: Konsep filsafat ilmu, Tantangan global, Perubahan teknologi, Penerapan filsafat ilmu dalam pendidikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model filsafat ilmu yang adaptif dan inovatif untuk mengatasi masalah-masalah kontemporer.

  1. Kemampuan menerapkan konsep filsafat ilmu secara adaptif
  2. Kemampuan mengidentifikasi masalah kontemporer
  3. Kemampuan menciptakan solusi inovatif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang penerapan konsep filsafat ilmu adaptif dalam kasus nyata
Materi: Konsep Filsafat Ilmu Adaptif, Inovasi dalam Filsafat Ilmu, Penerapan Model Filsafat Ilmu pada Masalah Kontemporer
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16

    1. filsafat ilmu adaptif
    2. filsafat ilmu inovatif
    3. mengatasi masalah kontemporer

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
    .
    Diskusi daring tentang penerapan model filsafat ilmu adaptif dan inovatif dalam konteks masalah kontemporer
    Materi:
    Pustaka: Handbook Perkuliahan
    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 24.26%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 9.59%
    3. Penilaian Portofolio 13.76%
    4. Tes 18.42%
    66.03%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.