Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Transportasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Struktur Jembatan

99993940102032

T=1

P=1

ECTS=3.18

4

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Anita Susanti, S.Pd., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Konsep jembatan, jenis jembatan, klasifikasijembatan, tahapan perencanaan jembatan, Pemahaman jembatan baja, jenis jembatanbaja, pembebanan jembatan, perencanaan lantai kenderaan jembatan, perencanaanbalok girder, perencanaan jambatan komposit, perencanaan pilar jembatan,perencanaan pondasi jembatan

Pustaka

Utama :

  1. Supriyadi, B, 1997, Analisis Struktur Jembatan,Biro Penerbit KMTS FT UGM Yogyakarta.
  2. Anonim, 1987, Pedoman Pembebanan Jembatan JalanRaya, Yayasan Badan Penerbit PU, Jakarta
  3. Barker, M.R, A.J, 1997, Design of Highway Bridges:Based on AASHATO LRFD Bridges Design Spesification, John Wiley & Sons, Inc,New York, USA
  4. Nawy, E.G. 1996, Prestressed Concrete:Pundamental, Prentice Hall, New Gersy Australia.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Purwo Mahardi, S.T., M.Sc.

Meity Wulandari, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan pengertian jenis dan klasifikasi jembatan serta tahapan desain jembatan

  1. Menjelaskan beberapa konsep jembatan
  2. Menjelaskan mekanisme tahapan desain jembatan
  3. Menjelaskan secara lisan konsep jembatan
  4. Menjelaskan secara lisan mekanisme tahapan desain jembatan
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila bisa mengerjakan semua soal dengan benar

Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah diskusi dan tanya jawab)
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan jenis jembatan baja.

  1. Menjelaskan pengertian jembatan baja
  2. Menjelaskan macam-macam jembatan baja
  3. Menjelaskan secara lisan pengertian jembatan baja
  4. Menjelaskan secara lisan macam-macam jembatan baja
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila bisa mengerjakan semua soal dengan benar

Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah diskusi dan tanya jawab)
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan jenis-jenis beban pada jembatan

  1. Menjelaskan pengertian beban jembatan
  2. Menjelaskan macam-macam beban jembatan
  3. Menjelaskan kombinasi beban jembatan
  4. Menjelaskan secara lisan pengertian beban jembatan
  5. Menjelaskan secara lisan macam-macam beban jembatan
Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah diskusi dan tanya jawab)
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan jenis-jenis beban pada jembatan

  1. Menjelaskan pengertian beban jembatan
  2. Menjelaskan macam-macam beban jembatan
  3. Menjelaskan kombinasi beban jembatan
  4. Menjelaskan secara lisan pengertian beban jembatan
  5. Menjelaskan secara lisan macam-macam beban jembatan
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila bisa mengerjakan semua soal dengan benar

Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah diskusi dan tanya jawab)
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Merencanakan lantai kendaraan

  1. Menjelaskan mengenai tahapan perencanaan lantai kendaraan
  2. Menjelaskan jenis beban yang bekerja pada lantai kendaraan
  3. Menghitung momen yang bekerja pada lantai kendaraan
  4. Menjelaskan mengenai kombinasi momen lantai kendaraan
  5. Merencanakan penulangan lantai jembatan
  6. Menjelaskan secara lisan tahapan perencanaan lantai jembatan
Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah diskusi dan tanya jawab)
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Merencanakan lantai kendaraan

  1. Menjelaskan mengenai tahapan perencanaan lantai kendaraan
  2. Menjelaskan jenis beban yang bekerja pada lantai kendaraan
  3. Menghitung momen yang bekerja pada lantai kendaraan
  4. Menjelaskan mengenai kombinasi momen lantai kendaraan
  5. Merencanakan penulangan lantai jembatan
  6. Menjelaskan secara lisan tahapan perencanaan lantai jembatan
Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah diskusi dan tanya jawab)
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Merencanakan lantai kendaraan

  1. Menjelaskan mengenai tahapan perencanaan lantai kendaraan
  2. Menjelaskan jenis beban yang bekerja pada lantai kendaraan
  3. Menghitung momen yang bekerja pada lantai kendaraan
  4. Menjelaskan mengenai kombinasi momen lantai kendaraan
  5. Merencanakan penulangan lantai jembatan
  6. Menjelaskan secara lisan tahapan perencanaan lantai jembatan
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila bisa mengerjakan semua soal dengan benar

Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah diskusi dan tanya jawab)
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

USS


    2 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Merencanakan balok girder

    1. Menjelaskan tahapan perencanaan balok girder
    2. Menjelaskan pembebanan balok girder
    3. Menjelaskan perhitungan momen pada balok girder
    4. Merencanakan kekuatan balok girder
    5. Menjelaskan secara lisan perencanaan balok girder
    Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah diskusi dan tanya jawab)
    2 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Merencanakan balok girder

    1. Menjelaskan tahapan perencanaan balok girder
    2. Menjelaskan pembebanan balok girder
    3. Menjelaskan perhitungan momen pada balok girder
    4. Merencanakan kekuatan balok girder
    5. Menjelaskan secara lisan perencanaan balok girder
    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila bisa mengerjakan semua soal dengan benar

    Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah diskusi dan tanya jawab)
    2 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Perencanaan jembatan komposit

    1. Menjelaskan tahapan perencanaan jembatan komposit
    2. Menjelaskan pembebanan jembatan komposit
    3. Menjelaskan perhitungan momen pada jembatan komposit
    4. Menganalisis perencanaan kekuatan jembatan komposit
    5. Menjelaskan secara lisan perencanaan jembatan komposit
    Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah diskusi dan tanya jawab)
    2 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Menganalisis perencanaan jembatan komposit

    1. Menjelaskan tahapan perencanaan jembatan komposit
    2. Menjelaskan pembebanan jembatan komposit
    3. Menjelaskan perhitungan momen pada jembatan komposit
    4. Merencanakan kekuatan jembatan komposit
    5. Menjelaskan secara lisan perencanaan jembatan komposit
    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila bisa mengerjakan semua soal dengan benar

    Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah diskusi dan tanya jawab)
    2 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Menganalisis perencanaan pilar jembatan

    1. Menjelaskan tahapan perencanaan pilar jembatan
    2. Menjelaskan pembebanan pilar jembatan
    3. Menjelaskan perhitungan momen pada pilar jembatan
    4. Merencanakan kekuatan jembatan komposit
    5. Menjelaskan secara lisan perencanaan pilar jembatan
    Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah diskusi dan tanya jawab)
    2 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Merencanakan pilar jembata

    1. Menjelaskan tahapan perencanaan pilar jembatan
    2. Menjelaskan pembebanan pilar jembatan
    3. Menjelaskan perhitungan momen pada pilar jembatan
    4. Merencanakan kekuatan jembatan komposit
    5. Menjelaskan secara lisan perencanaan pilar jembatan
    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila bisa mengerjakan semua soal dengan benar

    Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah diskusi dan tanya jawab)
    2 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Merencanakan pondasi jembatan

    1. Menjelaskan tahapan perencanaan pondasi jembatan
    2. Menjelaskan pembebanan pondasi jembatan
    3. Menjelaskan perhitungan momen pada pondasi jembatan
    4. Merencanakan kekuatan pondasi jembatan
    5. Menjelaskan secara lisan perencanaan pondasi jembatan
    Kriteria:

    Nilai penuh diperoleh apabila bisa mengerjakan semua soal dengan benar

    Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah diskusi dan tanya jawab)
    2 X 50

    0%

    16

    Minggu ke 16



    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    0%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.