
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Internship |
7410804078 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=0 |
P=4 |
ECTS=8.96 |
2 |
22 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H
|
Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H.
|
Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-18 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dengan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan teori dan filsafat hukum dalam situasi praktis di lingkungan kerja (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis kasus-kasus hukum yang dihadapi selama magang untuk mengidentifikasi aspek hukum yang relevan (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas penerapan nilai, norma, dan etika akademik dalam praktik kerja sehari-hari (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan solusi inovatif untuk masalah hukum yang dihadapi selama magang berdasarkan teori dan prinsip hukum yang dipelajari (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan nilai-nilai agama, kebangsaan, dan budaya nasional dalam mengambil keputusan hukum selama magang (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis dan mengevaluasi dampak keputusan hukum terhadap lingkungan sosial dan budaya selama magang (C4, C5)
|
PO - 7 |
Mengembangkan keterampilan kolaboratif dan adaptif dalam tim kerja selama magang (C3)
|
PO - 8 |
Menciptakan pendekatan baru untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja berdasarkan pengalaman magang (C6)
|
PO - 9 |
Mengevaluasi dan meningkatkan keterampilan kritis dan sistematis dalam analisis masalah hukum selama magang (C5)
|
PO - 10 |
Menerapkan dan mengadaptasi teori hukum untuk menghasilkan solusi kreatif dan inovatif dalam proyek hukum selama magang (C3, C6)
|
PO - 11 |
analysing mengkaitkan dan mencari hubungan satu konsep dengan konsep lain tentang sesuatu yang dipahami
|
PO - 12 |
, mengembangkan, memperluas, menambah dan mendalamireating menciptakan, menemukan, mengkoreksi apa yang disetujui atau tidak tentang kaitannya entang knsep
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-18 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | ✔ | PO-4 | ✔ | | ✔ | | PO-5 | ✔ | | | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-7 | | ✔ | | ✔ | PO-8 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-9 | ✔ | | ✔ | | PO-10 | ✔ | | ✔ | | PO-11 | ✔ | | | ✔ | PO-12 | ✔ | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-5 | | | ✔ | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-6 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | | PO-9 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-10 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Internship pada jenjang S2 program studi Hukum bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dalam situasi praktis di dunia kerja. Mahasiswa akan menjalani magang di lembaga atau perusahaan terkait bidang hukum untuk memperoleh pengalaman langsung dalam praktik hukum. Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi observasi, partisipasi aktif dalam kegiatan hukum, serta penulisan laporan dan analisis terkait pengalaman magang. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Peter Mahmud Marzuki. Pengantar Ilmu Hukum. Jakarta: Kencana, 2009. 2. Purnadi Purbacaraka dan M. Chaidir Ali, Disiplin Hukum. Bandung: Alumni, 1980 3. Hans kelsen. Pengantar Teori Hukum. Bandung: Nusa Media, 2010 4. E. Utrecht. Pengantar Dalam Hukum Indonesia. Jakarta: Ichtiar, 1962 5. Purnadi Purbacaraka dan Soerjono Soekanto. Renungan Tentang Filsafat Hukum. Jakarta: Rajawali, 1978. 6. Wolfgang Friedmann. Teori dan Filsafat Hukum. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994
- Dikdik M. Arief Mansur dan Alitaris Gultom, 2005, Cyber Law: Aspek Hukum Teknologi Informasi, Refika Aditama, Bandung.
- 7. Peter Mahmud Marzuki, Penelitian Hukum, Kencana, Jakarta, 2005.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H. Dr. Cita Yustisia Serfiyani, S.H., M.H. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan filsafat hukum dalam situasi praktis di lingkungan kerja dengan baik. |
- Mahasiswa mampu mengevaluasi dan menganalisis nilai- nilai hukum
- Dapat mengevaluasi tentang nilai- nilai hukum yang merupakan bagian terdalam dari hukum
|
Kriteria:
10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
berdiskusi untuk memecahkan permasalahan hukum yang sedang 50 menit |
mendiskusikan konsep dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan permasalahan yang didiskusikan 50 |
Materi: Aliran-aliran Filsafat Hukum Pustaka: Materi: Tujuan Hukum Pustaka: |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan filsafat hukum dalam situasi praktis di lingkungan kerja dengan baik dan benar. |
Mahasiswa mampu mengevaluasi dan menganalisis nilai- nilai hukum |
Kriteria:
Dapat mengevaluasi tentang nilai- nilai hukum yang merupakan bagian terdalam dari hukum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
berdiskusi untuk memecahkan permasalahan hukum yang sedang 50 menit |
mendiskusikan konsep dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan permasalahan yang didiskusikan 50 |
Materi: Aliran-aliran Filsafat Hukum Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kasus-kasus hukum yang dihadapi selama magang untuk mengidentifikasi aspek hukum yang relevan. |
- Pemahaman aspek hukum yang relevan dari kasus-kasus hukum yang dihadapi selama magang
- Kemampuan mengidentifikasi implikasi hukum dari kasus-kasus tersebut
|
Kriteria:
- baik jika dia dapat menyelesaikan pekerjaan dan menyusun laporan
- sedang jika dia dapat menyelesaikan pekerjaan
- kurang jika pekerjaannya tidak selesai
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang kasus hukum yang relevan, Analisis kasus hukum secara individu dan mengunggah hasilnya ke dalam platform LMS
|
Materi: Proses analisis kasus hukum, Metode identifikasi aspek hukum yang relevan, Implikasi hukum dalam konteks kasus hukum Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas penerapan nilai, norma, dan etika akademik dalam praktik kerja sehari-hari. |
- Pemahaman nilai, norma, dan etika akademik
- Kemampuan evaluasi penerapan nilai dalam praktik kerja
- Kemampuan evaluasi penerapan norma dalam praktik kerja
- Kemampuan evaluasi penerapan etika akademik dalam praktik kerja
|
Kriteria:
- baik jika dapat menyelesaikan tugasnya dan dapat menyusun laporannya
- sedang jika dapat menyelesaikan pekerjaannya
- kurang jika belum dapat menyelsaikan pekerjaannya
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
|
Diskusi daring tentang studi kasus penerapan nilai, norma, dan etika dalam praktik kerja
|
Materi: Konsep nilai dalam konteks kerja, Norma-norma yang berlaku dalam dunia kerja, Etika akademik dalam praktik kerja, Studi kasus penerapan nilai, norma, dan etika dalam praktik kerja Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk masalah hukum yang dihadapi selama magang dengan memanfaatkan teori dan prinsip hukum yang dipelajari. |
- Kemampuan menerapkan teori hukum dalam konteks praktis
- Kreativitas dalam menciptakan solusi inovatif
- Konsistensi dengan prinsip hukum yang dipelajari
|
Kriteria:
- baik jika dapat menyelesaikan tugas dan telah menyusun laporan
- sedang jika dapat menyelesaikan tugas
- kurang jika tidak menyelesaikan tugasnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
PBL (Problem-Based Learning).
|
Diskusi daring tentang studi kasus masalah hukum, Penyusunan proposal solusi inovatif secara online
|
Materi: Teori Hukum yang Relevan, Studi Kasus Masalah Hukum dalam Magang, Teknik Menciptakan Solusi Inovatif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk masalah hukum yang dihadapi selama magang dengan memanfaatkan teori dan prinsip hukum yang dipelajari. |
- Kemampuan menerapkan teori hukum
- Kreativitas dalam menciptakan solusi
- Konsistensi dengan prinsip hukum
|
Kriteria:
- baik jika dapat menyelesaikan tugas dan dapat menyusun laporan
- sedang jika dapat menyelesaikan tugas
- kurang jika tidak dapat menyelesaikan tugas
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
PBL (Problem-Based Learning).
|
Diskusi daring tentang masalah hukum yang dihadapi selama magang dan solusi inovatif yang diusulkan
|
Materi: Teori Hukum, Prinsip Hukum, Inovasi dalam Penyelesaian Masalah Hukum Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai agama, kebangsaan, dan budaya nasional secara bijaksana dalam mengambil keputusan hukum selama magang. |
- Pemahaman nilai-nilai agama, kebangsaan, dan budaya nasional
- Kemampuan mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam konteks pengambilan keputusan hukum
|
Kriteria:
- baik jika dapat menyelesaikan tugas dan dapat menyusun laporan
- sedang bila jika dapat menyelesaikan tugas
- kurang jika tidak dapat menyelesaikan tugas
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi, studi kasus, role play.
|
Diskusi daring tentang penerapan nilai-nilai dalam kasus nyata
|
Materi: Pengenalan nilai-nilai agama, kebangsaan, dan budaya nasional, Studi kasus pengambilan keputusan hukum, Penerapan nilai-nilai dalam role play Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan solusi kreatif dan inovatif dalam proyek hukum selama magang dengan menerapkan teori hukum yang relevan. |
- Kemampuan menerapkan teori hukum dalam proyek magang
- Kemampuan menghasilkan solusi kreatif dan inovatif
- Kualitas solusi yang dihasilkan
|
Kriteria:
- baik jika dapat menyelesaikan tugas dan dapat menyusun laporan
- sedang jika dapat menyelesaikan tugas
- kurang jika tidak dapat menyelesaikan tugas
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi, studi kasus, simulasi.
|
|
Materi: Teori hukum yang relevan, Studi kasus proyek hukum, Teknik mengadaptasi teori hukum Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi dampak keputusan hukum terhadap lingkungan sosial dan budaya selama magang. |
- Analisis dampak keputusan hukum
- Evaluasi dampak keputusan hukum
|
Kriteria:
- baik jika dapat menyelesaikan tugas dan membuat laporan
- sedang jika dapat menyelesaikan tugas
- kurang jika tidak dapat menyelesaikan tugas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
|
Diskusi daring tentang studi kasus keputusan hukum yang memengaruhi lingkungan sosial dan budaya
|
Materi: Teori hukum, Studi kasus keputusan hukum, Metode analisis dampak Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan kolaboratif dan adaptif dalam tim kerja selama magang (C3) |
- Kemampuan berkolaborasi dalam tim
- Kemampuan beradaptasi dengan perubahan
- Kontribusi positif dalam tim
|
Kriteria:
- baik jika dapat menyelesaikan tugas dan menyusun laporan
- sedang jika dapat menyelesaikan tugas
- kurang jika tidak dapat menyelesaikan tugas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
PBL (Problem-Based Learning).
|
Diskusi daring tentang pengalaman berkolaborasi, Membuat laporan refleksi tentang adaptasi dalam tim
|
Materi: Strategi kolaborasi dalam tim, Adaptasi terhadap perubahan, Pengelolaan konflik dalam tim Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi masalah di tempat kerja, merancang solusi inovatif, dan mengimplementasikan pendekatan baru untuk meningkatkan kinerja dan hasil kerja. |
- Kemampuan mengidentifikasi masalah di tempat kerja
- Kemampuan merancang solusi inovatif
- Kemampuan mengimplementasikan pendekatan baru
|
Kriteria:
- baik jika dapat menyelesaikan tugas dan menyusun laporan
- sedang jika dapat menyelesaikan tugas
- kurang jika tidak dapat menyelesaikan tugas
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Diskusi daring tentang analisis masalah di tempat kerja, Penugasan proyek untuk merancang solusi inovatif
|
Materi: Analisis masalah di tempat kerja, Inovasi dalam meningkatkan efisiensi kerja, Implementasi pendekatan baru Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan pendekatan baru yang inovatif dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja berdasarkan pengalaman magang. |
- Penerapan konsep magang ke dalam situasi kerja nyata
- Kreativitas dalam menciptakan pendekatan baru
- Kemampuan analisis dan evaluasi
|
Kriteria:
- baik jika dapat menyelesaikan tugas dan menyusun laporan
- sedang jika dapat menyelesaikan tugas
- kurang bila tidak dapat menyelesaikan tugas
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
PBL (Problem-Based Learning).
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep magang dalam situasi kerja nyata
|
Materi: Konsep magang, Pendekatan inovatif dalam meningkatkan efisiensi kerja, Penerapan konsep ke dalam situasi kerja Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi permasalahan hukum yang kompleks, menganalisis dengan kritis, dan memberikan solusi yang sistematis selama magang. |
- Kemampuan menganalisis masalah hukum secara kritis
- Kemampuan mengevaluasi solusi yang diberikan
- Kemampuan menyusun rekomendasi secara sistematis
|
Kriteria:
- baik jika dapat menyelesaikan tugas dan menyusun laporan
- sedang jika dapat menyelesaikan tugas
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang studi kasus analisis masalah hukum, Penugasan menulis esai reflektif tentang pengalaman menganalisis masalah hukum selama magang
|
Materi: Teknik analisis masalah hukum, Strategi evaluasi solusi, Metode penyusunan rekomendasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan dan mengadaptasi teori hukum untuk menghasilkan solusi kreatif dan inovatif dalam proyek hukum selama magang. |
- Kemampuan menerapkan teori hukum dalam konteks proyek hukum magang
- Kemampuan menghasilkan solusi kreatif dan inovatif dalam permasalahan hukum yang ditemui selama magang
|
Kriteria:
- baik jika dapat menyelesaikan tugas dan menyusun laporan
- sedang jika dapat menyelesaikan tugaskurang jika tidak dapat menyelesaikan tugas
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Diskusi daring tentang penerapan teori hukum dalam kasus nyata, Analisis kasus hukum dan penyusunan solusi kreatif secara tertulis
|
Materi: Teori hukum dalam praktik, Strategi adaptasi teori hukum dalam proyek hukum, Kreativitas dalam menyelesaikan permasalahan hukum Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori hukum secara kreatif dan inovatif dalam proyek hukum selama magang. |
- Kemampuan menerapkan teori hukum
- Kemampuan mengadaptasi teori hukum
- Kemampuan menghasilkan solusi kreatif dan inovatif
|
Kriteria:
- baik jika dapat menyelesaikan tugas dan dapat menyusun laporan
- sedang jika dapat menyelesaikan tugas
- kurang jika tidak dapat menyelesaikan tugas
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Diskusi daring tentang penerapan teori hukum dalam kasus nyata, Penugasan menulis makalah tentang inovasi dalam proyek hukum
|
Materi: Teori Hukum, Penerapan Teori Hukum dalam Proyek Hukum, Inovasi dalam Proyek Hukum Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ketepatan evaluasi dan analisis tentang nilai- nilai hukum |
- Penerapan nilai dalam praktik kerja
- Penerapan norma dalam praktik kerja
- Penerapan etika akademik dalam praktik kerja
|
Kriteria:
- baik jika dapat menyelesaikan tugas dan laporan
- sedang jika dapat menyelesaikan tugas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
.
|
|
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Penyelesaian Sengketa bisnis Melalui Arbitrase Pustaka: |
20% |