Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Seni Rupa Murni

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendalaman Karya 3 Dimensi**

9020104100

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=6.36

5

25 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Nur Wakhid Hidayatno




Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-9

Merancang dan menciptakan karya seni rupa dengan menerapkan prinsip-prinsip penciptaan, metode, serta eksplorasi teknis dan medium yang berbasis riset dan teruji secara teoritis

PLO-11

Mempublikasikan kinerja, proses, dan komponen secara analitis dengan mempertimbangkan aspek komunikasi efektif, keberlanjutan dan networking.

Program Objectives (PO)

PO - 1

mahasiswa berpengalaman praktik penciptaan Pendalaman Seni 3D karakteristik dan corak khas individu secara artistik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-9PLO-11
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kuliah ini mengembangkan kapasitas mahasiswa untuk mewujudkan seni 3 dimensional menggunakan berbagai media dan teknik pilihannya. Program ini berfokus pada pengembangan individu dan ekspresi diri mahasiswa pada tingkat lanjutan berdasar bidang keahlian. Penekanan pengembangan dialog dan metodologi yang memurnikan dan mengeksplorasi wilayah artistik yang otentik. Segala pendekatan dipersilahkan, fokus pada upaya menemukan masalah/wacana/ muatan lokal, sensasional dan menemukan bahan/metafora yang paling tepat untuk mewujudkan konsep karya. Dialog akan berpusat pada kekuatan ide-ide sebagai wakil pribadi berkaitan dengan masyarakat luas. Dalam kuliah ini mahasiswa diharuskan untuk mengembangkan strategi individu, ideolect (citra khas), berbasis studio. Pola perkuliahannya berbentuk aktivitas pengalaman belajar mensimulasikan kehidupan kerja praktisi/seniman profesional. Mahasiswa akan terlibat dalam refleksi kritis dan diskusi. Mengkonsolidasikan materi dan keterampilan teknis, kemampuan refleksif dan penelitian, untuk mengembangkan praktik seni yang otonom. Mengartikulasikan visi dan filosofi seni sebagai profesi.

Pustaka

Utama :

  1. Wittkower, Rudolf. 1977. Sculpture Processes and Principles . London: Harper & Row.
  2. Taschen. 2013. Sculpture: From Antiquity to the Present Day.
  3. Herbert George. 2014. The Elements of Sculpture. Phaidon.
  4. Penelope Curtis, dkk. 2014. The Human Factor: The Figure in Contemporary Sculpture. Hayward Gallery, London - Exhibition Catalogues.
  5. Margaret McCann. 2014. The Figure: Painting, Drawing, and Sculpture. Skira Rizzoli.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Nur Wakhid Hidayatno, S.Sn., M.Sn.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memaparkan konsep karya secara menyeluruh, ide, tema dan tujuan, corak atau gaya, bahan dan teknik hingga penyajian pada audiens.

Menjelaskan gagasan dan ekspresi ide berkarya 3 Dimensi secara otonom.

Kriteria:

Nilai maksimal jika dapat menjelaskan ide, proses perwujudan, desain dan wawasan Pendalaman Seni 3 Dimensi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Curah gagasan,diskusi dan case study,
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Wittkower, Rudolf. 1977. Sculpture Processes and Principles . London: Harper & Row.
10%

2

Minggu ke 2

menguasai penggalian ide, study literasi tekstual dan visual, dan konsep penciptaan karya 3 dimensi

mengajukan ide dan skets rancangan karya 3 dimensi, medium, referensi, peralatan yg digunakan

Kriteria:

aktivitas dan hasil kerja (progres)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi dan presentasi kelas, gagasan dan perwujudan karya
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Wittkower, Rudolf. 1977. Sculpture Processes and Principles . London: Harper & Row.
2%

3

Minggu ke 3

menguasai konsep dan kegiatan berkarya seni 3 dimensi

aktivitas praktik studio, proses penciptaan karya secara individu sesuai konsep secara personal

Kriteria:

progres karya konseptual


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktik terbimbing
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Wittkower, Rudolf. 1977. Sculpture Processes and Principles . London: Harper & Row.

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Herbert George. 2014. The Elements of Sculpture. Phaidon.
4%

4

Minggu ke 4

menguasai konsep dan kegiatan berkarya seni 3 dimensi

aktivitas praktik studio, proses penciptaan karya secara individu sesuai konsep secara personal

Kriteria:

progres karya konseptual


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktik terbimbing
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Herbert George. 2014. The Elements of Sculpture. Phaidon.
5%

5

Minggu ke 5

menguasai konsep dan kegiatan berkarya seni 3 dimensi

aktivitas praktik studio, proses penciptaan karya secara individu sesuai konsep secara personal

Kriteria:

progres karya konseptual


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktik terbimbing
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Herbert George. 2014. The Elements of Sculpture. Phaidon.
5%

6

Minggu ke 6

menguasai konsep dan kegiatan berkarya seni 3 dimensi

aktivitas praktik studio, proses penciptaan karya secara individu sesuai konsep secara personal

Kriteria:

progres karya konseptual


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktik terbimbing
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Herbert George. 2014. The Elements of Sculpture. Phaidon.
5%

7

Minggu ke 7

menguasai konsep dan kegiatan berkarya seni 3 dimensi

aktivitas praktik studio, proses penciptaan karya secara individu sesuai konsep secara personal

Kriteria:

progres karya konseptual


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktik terbimbing
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Herbert George. 2014. The Elements of Sculpture. Phaidon.

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Wittkower, Rudolf. 1977. Sculpture Processes and Principles . London: Harper & Row.
5%

8

Minggu ke 8

menguasi permasalahan/ ide/ medium/ teknik/ maksud dari perwujudan karya

presentasi karya penciptaan seni 3 dimensi unjuk hasil karya tugas 1

Kriteria:

minimal dua butir penilaian terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
presentasi dan diskusi kelas
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Penelope Curtis, dkk. 2014. The Human Factor: The Figure in Contemporary Sculpture. Hayward Gallery, London - Exhibition Catalogues.

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Herbert George. 2014. The Elements of Sculpture. Phaidon.
15%

9

Minggu ke 9

Menguasai Metode Penciptaan Karya 3 Dimensi

aktivitas perwujudan karya sesuai rancangan yang diajukan

Kriteria:

tanggung jawab karya penciptaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktik terbimbing
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Herbert George. 2014. The Elements of Sculpture. Phaidon.

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Wittkower, Rudolf. 1977. Sculpture Processes and Principles . London: Harper & Row.
2%

10

Minggu ke 10

Menguasai Metode Penciptaan Karya 3 Dimensi

aktivitas perwujudan karya sesuai rancangan yang diajukan

Kriteria:

progres karya penciptaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktik terbimbing
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Wittkower, Rudolf. 1977. Sculpture Processes and Principles . London: Harper & Row.
2%

11

Minggu ke 11

Menguasai Metode Penciptaan Karya 3 Dimensi

aktivitas perwujudan karya sesuai rancangan yang diajukan

Kriteria:

progres karya penciptaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
praktik terbimbing
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Herbert George. 2014. The Elements of Sculpture. Phaidon.

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Penelope Curtis, dkk. 2014. The Human Factor: The Figure in Contemporary Sculpture. Hayward Gallery, London - Exhibition Catalogues.
5%

12

Minggu ke 12

Menguasai Metode Penciptaan Karya 3 Dimensi

aktivitas perwujudan karya sesuai rancangan yang diajukan

Kriteria:

tanggung jawab karya penciptaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
praktik terbimbing
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Wittkower, Rudolf. 1977. Sculpture Processes and Principles . London: Harper & Row.
5%

13

Minggu ke 13

Menguasai Metode Penciptaan Karya 3 Dimensi

aktivitas perwujudan karya sesuai rancangan yang diajukan

Kriteria:

tanggung jawab karya penciptaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
praktik terbimbing
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Wittkower, Rudolf. 1977. Sculpture Processes and Principles . London: Harper & Row.
5%

14

Minggu ke 14

Menguasai Metode Penciptaan Karya 3 Dimensi

aktivitas perwujudan karya sesuai rancangan yang diajukan

Kriteria:

tanggung jawab karya penciptaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktik terbimbing
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Wittkower, Rudolf. 1977. Sculpture Processes and Principles . London: Harper & Row.
5%

15

Minggu ke 15

menguasai penciptaan seni 3 dimensi; metode, literasi, rancangan, medium, teknik dan alat, deskripsi pertanggungjawaban karya

  1. presentasi karya 3 dimensi (dua bentuk karya)
  2. deskripsi karya
  3. rancangan karya
Kriteria:

hasil karya, penyajian dan konsep karya.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
presentasi dan diskusi kelas tentang karya individu
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Herbert George. 2014. The Elements of Sculpture. Phaidon.
5%

16

Minggu ke 16

menguasai penciptaan seni 3 dimensi; metode, literasi, rancangan, medium, teknik dan alat, deskripsi pertanggungjawaban karya

  1. presentasi karya 3 dimensi (dua bentuk karya)
  2. deskripsi karya
  3. rancangan karya
  4. presentasi karya akhir semester UAS
Kriteria:

hasil karya, penyajian dan konsep karya.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
presentasi dan diskusi kelas tentang karya individu
4 X 50

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Wittkower, Rudolf. 1977. Sculpture Processes and Principles . London: Harper & Row.

Materi: ide, bentuk,teknik, dan konsep
Pustaka: Wittkower, Rudolf. 1977. Sculpture Processes and Principles . London: Harper & Row.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 11%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Penilaian Portofolio 7.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 16.5%
5. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.