
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan |
8620702246 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
22 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dasar profesi kependidikan dan tenaga kependidikan dalam konteks pendidikan anak usia dini (PAUD).
|
PO - 2 |
Menganalisis standar kompetensi dan kode etik profesi pendidik PAUD berdasarkan regulasi yang berlaku.
|
PO - 3 |
Mengembangkan Kompetensi Profesional sebagai Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
PO - 4 |
Menganalisis Tantangan dan Peluang Profesi Kependidikan di Era Digital
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji dan mengeksplorasi berbagai konsep, perspektif dan melakukan analisis kritis serta memodelkan strategi yang efektif tentang pengembangan profesional pendidik anak usia dini yang berkaitan dengan kepemimpinan, advokasi dan keterampilan pendidik di berbagai setting lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dalam keterampilan, perilaku praktisi dan disposisi berdasarkan kajian hasil penelitian dan literatur pengembangan profesional tentang berbagai bentuk/pendekatan pengembangan profesional, pertimbangan proses pengembangan profesional berdasarkan karakteristik peserta, pendidikan berkualitas, profesionalisme kerja, etika, dan evolusi bidang PAUD, juga hubungan dan keberlanjutan program yang menopang bidang Pendidikan Anak Usia Dini. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Darling-Hammond, L. (2006). Powerful Teacher Education: Lessons from Exemplary Programs. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
- Shulman, L. S. (2004). The Wisdom of Practice: Essays on Teaching, Learning, and Learning to Teach. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
- Cochran-Smith, M., & Zeichner, K. M. (Eds.). (2005). Studying Teacher Education: The Report of the AERA Panel on Research and Teacher Education. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
- Hargreaves, A., & Fullan, M. (2012). Professional Capital: Transforming Teaching in Every School. New York, NY: Teachers College Press.
- Day, C. (2004). A Passion for Teaching. London, UK: RoutledgeFalmer.
|
Pendukung : |
|
- Morrison, George S (2012),. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Edisi kelima. Jakarta: Indeks
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Sri Setyowati, M.Pd. Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., Ph.D. Afifah Rahmaningrum, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami tujuan, ruang lingkup, dan urgensi mata kuliah. |
Mahasiswa menjelaskan tujuan dan ruang lingkup mata kuliah. |
Kriteria:
kemampuan presentasi, kemampuan menjawab, memilih ilustrasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Darling-Hammond, L. (2006). Powerful Teacher Education: Lessons from Exemplary Programs. San Francisco, CA: Jossey-Bass. |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep profesi dan profesionalisme dalam pendidikan.\ |
- Mahasiswa mendefinisikan profesi dan profesionalisme.
- Mahasiswa membedakan profesi kependidikan dengan profesi lain.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Cochran-Smith, M., & Zeichner, K. M. (Eds.). (2005). Studying Teacher Education: The Report of the AERA Panel on Research and Teacher Education. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai profesi dalam kependidikan.
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi sejarah Pengembangan Pendidik PAUD
|
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai profesi dalam kependidikan.
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi sejarah pengembangan pendidik PAUD
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Shulman, L. S. (2004). The Wisdom of Practice: Essays on Teaching, Learning, and Learning to Teach. San Francisco, CA: Jossey-Bass. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai profesi dalam kependidikan. |
- Mahasiswa menjelaskan standar kompetensi pendidik.
- Mahasiswa menghubungkan standar kompetensi dengan praktik profesional.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi kelompok
|
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Darling-Hammond, L. (2006). Powerful Teacher Education: Lessons from Exemplary Programs. San Francisco, CA: Jossey-Bass. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan dan regulasi profesi kependidikan di Indonesia. |
- Mahasiswa mengidentifikasi regulasi yang mengatur profesi kependidikan.
- Mahasiswa mengevaluasi dampak regulasi terhadap sistem pendidikan.
|
Kriteria:
Analisis kritis terhadap dampak regulasi. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi kelompok 2x50 |
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Day, C. (2004). A Passion for Teaching. London, UK: RoutledgeFalmer. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kode etik profesi kependidikan.
- Mahasiswa mampu memahami jenjang karir dan sertifikasi profesi kependidikan.
|
- Mahasiswa menjelaskan prinsip kode etik guru dan tenaga kependidikan.
- Mahasiswa memberikan contoh penerapan kode etik dalam dunia pendidikan.
- Mahasiswa mengidentifikasi jenjang karir guru dan tenaga kependidikan.
- Mahasiswa menganalisis manfaat sertifikasi profesi.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 2x50 |
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Hargreaves, A., & Fullan, M. (2012). Professional Capital: Transforming Teaching in Every School. New York, NY: Teachers College Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis dampak teknologi terhadap profesi kependidikan. |
- Mahasiswa mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam era digital.
- Mahasiswa menyusun strategi adaptasi terhadap perubahan.
|
Kriteria:
Ketepatan analisis terhadap tantangan digital. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, penugasan 2x50 |
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Day, C. (2004). A Passion for Teaching. London, UK: RoutledgeFalmer. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester dengan baik |
Kriteria:
ujian tengah semester (UTS) Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian tertulis 2x50 |
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Darling-Hammond, L. (2006). Powerful Teacher Education: Lessons from Exemplary Programs. San Francisco, CA: Jossey-Bass. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan kepemimpinan dalam pendidikan. |
- Mahasiswa menjelaskan teori kepemimpinan dalam pendidikan.
- Mahasiswa menganalisis peran kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan.
|
Kriteria:
Argumentasi berbasis teori kepemimpinan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Day, C. (2004). A Passion for Teaching. London, UK: RoutledgeFalmer. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa memahami prinsip dasar manajemen pendidikan dan peran tenaga kependidikan. |
- Mahasiswa menjelaskan konsep manajemen pendidikan.
- Mahasiswa menganalisis peran tenaga kependidikan dalam manajemen pendidikan.
|
Kriteria:
Pemahaman terhadap prinsip manajemen. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Cochran-Smith, M., & Zeichner, K. M. (Eds.). (2005). Studying Teacher Education: The Report of the AERA Panel on Research and Teacher Education. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa memahami prinsip dasar manajemen pendidikan dan peran tenaga kependidikan. |
- Mahasiswa menjelaskan konsep manajemen pendidikan.
- Mahasiswa menganalisis peran tenaga kependidikan dalam manajemen pendidikan.
|
Kriteria:
Pemahaman terhadap prinsip manajemen. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Cochran-Smith, M., & Zeichner, K. M. (Eds.). (2005). Studying Teacher Education: The Report of the AERA Panel on Research and Teacher Education. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai inovasi dalam profesi kependidikan. |
- Mahasiswa mengidentifikasi inovasi dalam dunia pendidikan.
- Mahasiswa mengevaluasi dampak inovasi terhadap peningkatan mutu pendidikan.
|
Kriteria:
- Ketepatan dalam menguraikan inovasi pendidikan.
- Pemahaman terhadap dampak inovasi.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Shulman, L. S. (2004). The Wisdom of Practice: Essays on Teaching, Learning, and Learning to Teach. San Francisco, CA: Jossey-Bass. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai inovasi dalam profesi kependidikan. |
- Mahasiswa mengidentifikasi inovasi dalam dunia pendidikan.
- Mahasiswa mengevaluasi dampak inovasi terhadap peningkatan mutu pendidikan.
|
Kriteria:
- Ketepatan dalam menguraikan inovasi pendidikan.
- Pemahaman terhadap dampak inovasi.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Shulman, L. S. (2004). The Wisdom of Practice: Essays on Teaching, Learning, and Learning to Teach. San Francisco, CA: Jossey-Bass. |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengkaji faktor yang memengaruhi kesejahteraan dan motivasi dalam profesi kependidikan. |
- Mahasiswa mengidentifikasi faktor kesejahteraan pendidik.
- Mahasiswa menjelaskan dampak kesejahteraan terhadap kinerja.
|
Kriteria:
Argumentasi berbasis data dan penelitian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Cochran-Smith, M., & Zeichner, K. M. (Eds.). (2005). Studying Teacher Education: The Report of the AERA Panel on Research and Teacher Education. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu melakukan refleksi dan evaluasi terhadap profesi kependidikan. |
- Mahasiswa menyusun refleksi kritis tentang profesi kependidikan.
- Mahasiswa merancang strategi pengembangan diri di lingkup pendidikan anak usia dini.
|
Kriteria:
- Kedalaman refleksi yang dilakukan.
- Kualitas strategi pengembangan diri yang disusun.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Morrison, George S (2012),. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Edisi kelima. Jakarta: Indeks |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik |
Kriteria:
Pemahaman Konsep Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Sumatif 2x50 |
|
Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Pustaka: Darling-Hammond, L. (2006). Powerful Teacher Education: Lessons from Exemplary Programs. San Francisco, CA: Jossey-Bass. |
20% |