Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan

8620702246

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

22 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep dasar profesi kependidikan dan tenaga kependidikan dalam konteks pendidikan anak usia dini (PAUD).

PO - 2

Menganalisis standar kompetensi dan kode etik profesi pendidik PAUD berdasarkan regulasi yang berlaku.

PO - 3

Mengembangkan Kompetensi Profesional sebagai Pendidik dan Tenaga Kependidikan

PO - 4

Menganalisis Tantangan dan Peluang Profesi Kependidikan di Era Digital

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-4
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji dan mengeksplorasi berbagai konsep, perspektif dan melakukan analisis kritis serta memodelkan strategi yang efektif tentang pengembangan profesional pendidik anak usia dini yang berkaitan dengan kepemimpinan, advokasi dan keterampilan pendidik di berbagai setting lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dalam keterampilan, perilaku praktisi dan disposisi berdasarkan kajian hasil penelitian dan literatur pengembangan profesional tentang berbagai bentuk/pendekatan pengembangan profesional, pertimbangan proses pengembangan profesional berdasarkan karakteristik peserta, pendidikan berkualitas, profesionalisme kerja, etika, dan evolusi bidang PAUD, juga hubungan dan keberlanjutan program yang menopang bidang Pendidikan Anak Usia Dini.

Pustaka

Utama :

  1. Darling-Hammond, L. (2006). Powerful Teacher Education: Lessons from Exemplary Programs. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
  2. Shulman, L. S. (2004). The Wisdom of Practice: Essays on Teaching, Learning, and Learning to Teach. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
  3. Cochran-Smith, M., & Zeichner, K. M. (Eds.). (2005). Studying Teacher Education: The Report of the AERA Panel on Research and Teacher Education. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
  4. Hargreaves, A., & Fullan, M. (2012). Professional Capital: Transforming Teaching in Every School. New York, NY: Teachers College Press.
  5. Day, C. (2004). A Passion for Teaching. London, UK: RoutledgeFalmer.

Pendukung :

  1. Morrison, George S (2012),. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Edisi kelima. Jakarta: Indeks

Dosen Pengampu

Dr. Sri Setyowati, M.Pd.

Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., Ph.D.

Afifah Rahmaningrum, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami tujuan, ruang lingkup, dan urgensi mata kuliah.

Mahasiswa menjelaskan tujuan dan ruang lingkup mata kuliah.

Kriteria:

kemampuan presentasi, kemampuan menjawab, memilih ilustrasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab
2x50

Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Darling-Hammond, L. (2006). Powerful Teacher Education: Lessons from Exemplary Programs. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
4%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep profesi dan profesionalisme dalam pendidikan.\

  1. Mahasiswa mendefinisikan profesi dan profesionalisme.
  2. Mahasiswa membedakan profesi kependidikan dengan profesi lain.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab
2x50

Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Cochran-Smith, M., & Zeichner, K. M. (Eds.). (2005). Studying Teacher Education: The Report of the AERA Panel on Research and Teacher Education. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai profesi dalam kependidikan.
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi sejarah Pengembangan Pendidik PAUD
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai profesi dalam kependidikan.
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi sejarah pengembangan pendidik PAUD

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Shulman, L. S. (2004). The Wisdom of Practice: Essays on Teaching, Learning, and Learning to Teach. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai profesi dalam kependidikan.

  1. Mahasiswa menjelaskan standar kompetensi pendidik.
  2. Mahasiswa menghubungkan standar kompetensi dengan praktik profesional.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi kelompok

Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Darling-Hammond, L. (2006). Powerful Teacher Education: Lessons from Exemplary Programs. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan dan regulasi profesi kependidikan di Indonesia.

  1. Mahasiswa mengidentifikasi regulasi yang mengatur profesi kependidikan.
  2. Mahasiswa mengevaluasi dampak regulasi terhadap sistem pendidikan.
Kriteria:

Analisis kritis terhadap dampak regulasi.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi kelompok
2x50

Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Day, C. (2004). A Passion for Teaching. London, UK: RoutledgeFalmer.
5%

6

Minggu ke 6

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kode etik profesi kependidikan.
  2. Mahasiswa mampu memahami jenjang karir dan sertifikasi profesi kependidikan.
  1. Mahasiswa menjelaskan prinsip kode etik guru dan tenaga kependidikan.
  2. Mahasiswa memberikan contoh penerapan kode etik dalam dunia pendidikan.
  3. Mahasiswa mengidentifikasi jenjang karir guru dan tenaga kependidikan.
  4. Mahasiswa menganalisis manfaat sertifikasi profesi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, diskusi
2x50

Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Hargreaves, A., & Fullan, M. (2012). Professional Capital: Transforming Teaching in Every School. New York, NY: Teachers College Press.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis dampak teknologi terhadap profesi kependidikan.

  1. Mahasiswa mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam era digital.
  2. Mahasiswa menyusun strategi adaptasi terhadap perubahan.
Kriteria:

Ketepatan analisis terhadap tantangan digital.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, penugasan
2x50

Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Day, C. (2004). A Passion for Teaching. London, UK: RoutledgeFalmer.
10%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester dengan baik

Kriteria:

ujian tengah semester (UTS)


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian tertulis
2x50

Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Darling-Hammond, L. (2006). Powerful Teacher Education: Lessons from Exemplary Programs. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan kepemimpinan dalam pendidikan.

  1. Mahasiswa menjelaskan teori kepemimpinan dalam pendidikan.
  2. Mahasiswa menganalisis peran kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Kriteria:

Argumentasi berbasis teori kepemimpinan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi, tanya jawab
2x50

Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Day, C. (2004). A Passion for Teaching. London, UK: RoutledgeFalmer.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa memahami prinsip dasar manajemen pendidikan dan peran tenaga kependidikan.

  1. Mahasiswa menjelaskan konsep manajemen pendidikan.
  2. Mahasiswa menganalisis peran tenaga kependidikan dalam manajemen pendidikan.
Kriteria:

Pemahaman terhadap prinsip manajemen.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2x50

Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Cochran-Smith, M., & Zeichner, K. M. (Eds.). (2005). Studying Teacher Education: The Report of the AERA Panel on Research and Teacher Education. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa memahami prinsip dasar manajemen pendidikan dan peran tenaga kependidikan.

  1. Mahasiswa menjelaskan konsep manajemen pendidikan.
  2. Mahasiswa menganalisis peran tenaga kependidikan dalam manajemen pendidikan.
Kriteria:

Pemahaman terhadap prinsip manajemen.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2x50

Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Cochran-Smith, M., & Zeichner, K. M. (Eds.). (2005). Studying Teacher Education: The Report of the AERA Panel on Research and Teacher Education. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai inovasi dalam profesi kependidikan.

  1. Mahasiswa mengidentifikasi inovasi dalam dunia pendidikan.
  2. Mahasiswa mengevaluasi dampak inovasi terhadap peningkatan mutu pendidikan.
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menguraikan inovasi pendidikan.
  2. Pemahaman terhadap dampak inovasi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2x50

Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Shulman, L. S. (2004). The Wisdom of Practice: Essays on Teaching, Learning, and Learning to Teach. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai inovasi dalam profesi kependidikan.

  1. Mahasiswa mengidentifikasi inovasi dalam dunia pendidikan.
  2. Mahasiswa mengevaluasi dampak inovasi terhadap peningkatan mutu pendidikan.
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menguraikan inovasi pendidikan.
  2. Pemahaman terhadap dampak inovasi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2x50

Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Shulman, L. S. (2004). The Wisdom of Practice: Essays on Teaching, Learning, and Learning to Teach. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mengkaji faktor yang memengaruhi kesejahteraan dan motivasi dalam profesi kependidikan.

  1. Mahasiswa mengidentifikasi faktor kesejahteraan pendidik.
  2. Mahasiswa menjelaskan dampak kesejahteraan terhadap kinerja.
Kriteria:

Argumentasi berbasis data dan penelitian.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi, tanya jawab
2x50

Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Cochran-Smith, M., & Zeichner, K. M. (Eds.). (2005). Studying Teacher Education: The Report of the AERA Panel on Research and Teacher Education. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu melakukan refleksi dan evaluasi terhadap profesi kependidikan.

  1. Mahasiswa menyusun refleksi kritis tentang profesi kependidikan.
  2. Mahasiswa merancang strategi pengembangan diri di lingkup pendidikan anak usia dini.
Kriteria:
  1. Kedalaman refleksi yang dilakukan.
  2. Kualitas strategi pengembangan diri yang disusun.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi, tanya jawab
2x50

Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Morrison, George S (2012),. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Edisi kelima. Jakarta: Indeks
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik

Kriteria:

Pemahaman Konsep


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Sumatif
2x50

Materi: Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan
Pustaka: Darling-Hammond, L. (2006). Powerful Teacher Education: Lessons from Exemplary Programs. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Penilaian Portofolio 10%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.