Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Konsep Dasar IPS

8420703102

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd., Dr. Durrotun Nafisah, S.Pd., Dr. Silvi Nur Afifah, M.Pd., M.Pd, M.Ilyas Marzuki, M.Pd.




Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.




Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-5

Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal.

PLO-6

Menguasai konsep teoritis pedagogik sebagai landasan dalam praksis perencanaan, implementasi proses, pelaksanaan penilaian dan evaluasi pembelajaran IPS yang inovatif dan adaptif sesuai dengan kurikulum sekolah.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan nilai-nilai kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan pembelajaran konsep dasar IPS

PO - 2

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang rumpun ilmu social serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PO - 3

Menguasai konsep teoritis pedagogik rumpun ilmu soial sebagai landasan dalam praksis perencanaan pembelajaran IPS yang inovatif dan adaptif sesuai dengan kurikulum sekolah.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Konsep Dasar IPS ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa Pendidikan IPS tentang konsep dasar IPS sebagai landasan kajian yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi geografi, sosiologi, antropologi, ekonomi, sejarah, politik, keterampilan dan nilai-nilai. Mata kuliah ini meliputi substansi bidang kajian IPS, pemahaman esensi konsep dan proses pembentuknya, cakupan konsep-konsep dasar geografi, sosiologi, antropologi, ekonomi, sejarah. Mata kuliah ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa melalui kegiatan inkuiri, investigasi kelompok, case study yang berorientasi penyelesaian masalah sosial di masayarakat. Luaran matakuliah ini berupa laporan studi kasus yang dapat menjadi acuan mahasiswa calon guru dalam mengembangkan pembelajaran IPS.

Pustaka

Utama :

  1. Gunasnsyah, ganes. 2015. Konsep Dasar Ilmu- Ilmu Sosial . Sidoarjo: Zifatama
  2. Hutauruk, Achmad Fakhri. 2020. Sejarah Indoensia: Masuknya Islam Hingga Kolonialisme . Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.
  3. Madjid, M.Dien dan Johan Wahyudi. 2014. Ilmu Sejarah: Sebuah Pengantar . Jakarta: Kencana
  4. Rodríguez, N. N., & Swalwell, K. (2023). Social studies for a better world: An anti-oppressive approach for elementary educators. Routledge.
  5. Siska, Yulia. 2017. Geografi Sejarah Indonesia. Penerbit: Garudhawaca
  6. Damsar. 2016. Pengantar Sosiologi Ekonomi Edisi Kedua . Jakarta : Kencana
  7. 8. he College, Career, and Civic Life (C3)Framework for Social Studies State Standards: Guidance for Enhancing the Rigor of K-12 Civics, Economics, Geography, and History (Silver Spring, MD: NCSS, 2013). http://www.socialstudiesSmaldino, Sharon, Deborah Lowther, James D. Russel, 2011, Instructional Technology and Media For Learning, Edisi kesembilan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Pendukung :

  1. Nafisah, D., Setyowati, D. L., Banowati, E., & Priyanto, A. S. (2020). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Pembelajaran IPS Di Era New Normal. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 390-397).
  2. Prasetya, S. P., Segara, N. B., & Imron, A. (2020). Effectiveness of outdoor learning optimization program in learning social studies. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 314-327.
  3. 3. Bahri, M. A., Setyawan, K. G., Prasetya, S. P., & Marzuqi, M. I. (2022). Kajian Kearifan Lokal Tradisi Peringatan Haul Sesepuh Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Ejournal. Unesa. Ac. Id, 2.

Dosen Pengampu

Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Muhammad Ilyas Marzuqi, M.Pd.

Dr. Durrotun Nafisah, S.Pd., M.Pd.

Dr. Silvi Nur Afifah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisa Hakikat IPS dan ilmuilmu sosial

  1. Menjelaskan pengertian, tujuan, dan ruang lingkup IPS
  2. Menjelaskan pengertian, tujuan, dan ruang lingkup ilmu-ilmu social
  3. Membedakan IPS dengan ilmu-ilmu sosial

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Kuliah
Small Group Discussion
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: Hakikat IPS dan ilmu-ilmu sosial
Pustaka: Rodríguez, N. N., & Swalwell, K. (2023). Social studies for a better world: An anti-oppressive approach for elementary educators. Routledge.
10%

2

Minggu ke 2

Menganalisa Konsep, Tujuan Pendidikan IPS dan dapat menerapkannya dalam praktek pembelajaran

  1. Menjelaskan konsep dasar IPS
  2. Menjelaskan tujuan Pendidikan IPS
  3. Menganalisis pembelajaran IPS di sekolah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Small Group Discussion
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: Pembelajaran IPS di sekolah
Pustaka: Rodríguez, N. N., & Swalwell, K. (2023). Social studies for a better world: An anti-oppressive approach for elementary educators. Routledge.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis struktur, konsep dan prosedur pembentukan konsep esensial sosiologi

  1. Menjelaskan perspektif kajian sosiologi
  2. Mendaftar konsep esensial sosiologi
  3. Mengidenfitikasi konsep abstrak dan konsep kongkrit sosiologi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Small Group Discussion
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: konsep esensial sosiologi
Pustaka: Rodríguez, N. N., & Swalwell, K. (2023). Social studies for a better world: An anti-oppressive approach for elementary educators. Routledge.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menganalisis struktur, konsep dan prosedur pembentukan konsep esensial ekonomi

  1. Menjelaskan perspektif kajian ekonomi
  2. Mendaftar konsep esensial ekonomi
  3. Mengidenfitikasi konsep abstrak dan konsep kongkrit ekonomi
  4. Menganalisis masalah-masalah ekonomi
  5. Mengkonstruk kembali hubungan fakta dan konsep esensial ekonomi
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Small Group Discussion
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: konsep esensial ekonomi
Pustaka: Damsar. 2016. Pengantar Sosiologi Ekonomi Edisi Kedua . Jakarta : Kencana
10%

5

Minggu ke 5

Mampu menganalisis struktur, konsep dan prosedur pembentukan konsep esensial sejarah

  1. Menjelaskan perspektif kajian sejarah
  2. Mendaftar konsep esensial sejarah
  3. Mengidenfitikasi konsep abstrak dan konsep kongkrit sejarah
Kriteria:

Non Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Small Group Discussion
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: Konsep esensial sejarah
Pustaka: Hutauruk, Achmad Fakhri. 2020. Sejarah Indoensia: Masuknya Islam Hingga Kolonialisme . Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis struktur, konsep dan prosedur pembentukan konsep esensial geografi

  1. Menjelaskan perspektif kajian geografi
  2. Mendaftar konsep esensial geografi
  3. Mengidenfitikasi konsep abstrak dan konsep kongkrit geografi
  4. Mengkonstruk kembali hubungan fakta dan konsep esensial geografi
Kriteria:

Non Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Small Group Discussion
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: Konsep esensial sejarah
Pustaka: Hutauruk, Achmad Fakhri. 2020. Sejarah Indoensia: Masuknya Islam Hingga Kolonialisme . Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis struktur, konsep dan prosedur pembentukan konsep esensial antropologi

  1. 1 Menjelaskan perspektif kajian antropologi
  2. 2 Mendaftar konsep esensial antropologi
  3. 3 Mengidenfitikasi konsep abstrak dan konsep kongkrit antropologi
  4. 4 Mengkonstruk kembali hubungan fakta dan konsep esensial antropologi
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Base Learning
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: Konsep esensial antropologi
Pustaka: 8. he College, Career, and Civic Life (C3)Framework for Social Studies State Standards: Guidance for Enhancing the Rigor of K-12 Civics, Economics, Geography, and History (Silver Spring, MD: NCSS, 2013). http://www.socialstudiesSmaldino/..., Sharon, Deborah Lowther, James D. Russel, 2011, Instructional Technology and Media For Learning, Edisi kesembilan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
10%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Orang, Tempat, dan Lingkungan (People, Places, And Environments)

Menjelaskan hubungan antara orang, tempat dan lingkungan

Kriteria:

Rubrik Kinerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Base Learning
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: Isue-isue Kontemporer berdasarkan tema NCSS dan SDGs
Pustaka: Siska, Yulia. 2017. Geografi Sejarah Indonesia. Penerbit: Garudhawaca
10%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Produksi, Distribusi, dan Konsumsi (Production, Distribution And Consumption)

memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Produksi, Distribusi, dan Konsumsi (Production, Distribution And Consumption)

Kriteria:

Rubrik Kinerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Base Learning
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: konten ilmu sosial dengan tema Produksi, Distribusi, dan Konsumsi (Production, Distribution And Consumption)
Pustaka: Damsar. 2016. Pengantar Sosiologi Ekonomi Edisi Kedua . Jakarta : Kencana
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Masyarakat (Science, Technology, And Society)

memhami tema Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Masyarakat (Science, Technology, And Society)

Kriteria:

Rubrik Kinerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Base Learning
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Masyarakat
Pustaka: Siska, Yulia. 2017. Geografi Sejarah Indonesia. Penerbit: Garudhawaca
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Budaya (Culture), Waktu, Kebersinambungan, dan Perubahan (Time, Continuity, And Change)

Memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Budaya (Culture), Waktu, Kebersinambungan, dan Perubahan (Time, Continuity, And Change)

Kriteria:

Rubrik Kinerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Base Learning
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: Perubahan Budaya
Pustaka: 3. Bahri, M. A., Setyawan, K. G., Prasetya, S. P., & Marzuqi, M. I. (2022). Kajian Kearifan Lokal Tradisi Peringatan Haul Sesepuh Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Ejournal. Unesa. Ac. Id, 2.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Pengembangan dan Identitas Individu (Individual Development And Identity) dan Individu, Kelompok, dan Institusi (Individuals, Groups, And Institutions)

tema Pengembangan dan Identitas Individu (Individual Development And Identity) dan Individu, Kelompok, dan Institusi (Individuals, Groups, And Institutions)

Kriteria:

Rubrik Kinerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Base Learning
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: Tema NCSS Pengembangan dan Identitas Individu (Individual Development And Identity)
Pustaka: Prasetya, S. P., Segara, N. B., & Imron, A. (2020). Effectiveness of outdoor learning optimization program in learning social studies. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 314-327.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Kekuatan, Otoritas, dan Tata Kelola (Power, Authority, And Governance) dan Koneksi Global (Global Connections)

memahami konten ilmu sosial dengan tema Kekuatan, Otoritas, dan Tata Kelola (Power, Authority, And Governance) dan Koneksi Global (Global Connections)

Kriteria:

Rubrik Kinerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Base Learning
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: Kekuatan, Otoritas, dan Tata Kelola (Power, Authority, And Governance) dan Koneksi Global (Global Connections)
Pustaka: Prasetya, S. P., Segara, N. B., & Imron, A. (2020). Effectiveness of outdoor learning optimization program in learning social studies. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 314-327.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Kekuatan, Otoritas, dan Tata Kelola (Power, Authority, And Governance) dan Koneksi Global (Global Connections)

Memahami konten ilmu sosial dengan tema Kekuatan, Otoritas, dan Tata Kelola (Power, Authority, And Governance) dan Koneksi Global (Global Connections)

Kriteria:

Rubrik Kinerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Base Learning
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
Materi: Warga Negara yang Baik dan Berbudaya ( Civic Ideals And Practices)
Pustaka: 3. Bahri, M. A., Setyawan, K. G., Prasetya, S. P., & Marzuqi, M. I. (2022). Kajian Kearifan Lokal Tradisi Peringatan Haul Sesepuh Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Ejournal. Unesa. Ac. Id, 2.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Kriteria:


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 45%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Tes 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.