|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Konsep Dasar IPS |
8420703102 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd., Dr. Durrotun Nafisah, S.Pd., Dr. Silvi Nur Afifah, M.Pd., M.Pd, M.Ilyas Marzuki, M.Pd.
|
Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-5 |
Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal. |
PLO-6 |
Menguasai konsep teoritis pedagogik sebagai landasan dalam praksis perencanaan, implementasi proses, pelaksanaan penilaian dan evaluasi pembelajaran IPS yang inovatif dan adaptif sesuai dengan kurikulum sekolah. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan pembelajaran konsep dasar IPS
|
PO - 2 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang rumpun ilmu social serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
|
PO - 3 |
Menguasai konsep teoritis pedagogik rumpun ilmu soial sebagai landasan dalam praksis perencanaan pembelajaran IPS yang inovatif dan adaptif sesuai dengan kurikulum sekolah.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Konsep Dasar IPS ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa Pendidikan IPS tentang konsep dasar IPS sebagai landasan kajian yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi geografi, sosiologi, antropologi, ekonomi, sejarah, politik, keterampilan dan nilai-nilai. Mata kuliah ini meliputi substansi bidang kajian IPS, pemahaman esensi konsep dan proses pembentuknya, cakupan konsep-konsep dasar geografi, sosiologi, antropologi, ekonomi, sejarah. Mata kuliah ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa melalui kegiatan inkuiri, investigasi kelompok, case study yang berorientasi penyelesaian masalah sosial di masayarakat. Luaran matakuliah ini berupa laporan studi kasus yang dapat menjadi acuan mahasiswa calon guru dalam mengembangkan pembelajaran IPS. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Gunasnsyah, ganes. 2015. Konsep Dasar Ilmu- Ilmu Sosial . Sidoarjo: Zifatama
- Hutauruk, Achmad Fakhri. 2020. Sejarah Indoensia: Masuknya Islam Hingga Kolonialisme . Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.
- Madjid, M.Dien dan Johan Wahyudi. 2014. Ilmu Sejarah: Sebuah Pengantar . Jakarta: Kencana
- Rodríguez, N. N., & Swalwell, K. (2023). Social studies for a better world: An anti-oppressive approach for elementary educators. Routledge.
- Siska, Yulia. 2017. Geografi Sejarah Indonesia. Penerbit: Garudhawaca
- Damsar. 2016. Pengantar Sosiologi Ekonomi Edisi Kedua . Jakarta : Kencana
- 8. he College, Career, and Civic Life (C3)Framework for Social Studies State Standards: Guidance for Enhancing the Rigor of K-12 Civics, Economics, Geography, and History (Silver Spring, MD: NCSS, 2013). http://www.socialstudiesSmaldino, Sharon, Deborah Lowther, James D. Russel, 2011, Instructional Technology and Media For Learning, Edisi kesembilan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
|
Pendukung : |
|
- Nafisah, D., Setyowati, D. L., Banowati, E., & Priyanto, A. S. (2020). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Pembelajaran IPS Di Era New Normal. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 390-397).
- Prasetya, S. P., Segara, N. B., & Imron, A. (2020). Effectiveness of outdoor learning optimization program in learning social studies. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 314-327.
- 3. Bahri, M. A., Setyawan, K. G., Prasetya, S. P., & Marzuqi, M. I. (2022). Kajian Kearifan Lokal Tradisi Peringatan Haul Sesepuh Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Ejournal. Unesa. Ac. Id, 2.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd. Muhammad Ilyas Marzuqi, M.Pd. Dr. Durrotun Nafisah, S.Pd., M.Pd. Dr. Silvi Nur Afifah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisa Hakikat IPS dan ilmuilmu sosial |
- Menjelaskan pengertian, tujuan, dan ruang lingkup IPS
- Menjelaskan pengertian, tujuan, dan ruang lingkup ilmu-ilmu social
- Membedakan IPS dengan ilmu-ilmu sosial
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Kuliah
Small Group Discussion
|
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: Hakikat IPS dan ilmu-ilmu sosial Pustaka: Rodríguez, N. N., & Swalwell, K. (2023). Social studies for a better world: An anti-oppressive approach for elementary educators. Routledge. |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisa Konsep, Tujuan Pendidikan IPS dan dapat menerapkannya dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan konsep dasar IPS
- Menjelaskan tujuan Pendidikan IPS
- Menganalisis pembelajaran IPS di sekolah
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah
Small Group Discussion
|
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: Pembelajaran IPS di sekolah Pustaka: Rodríguez, N. N., & Swalwell, K. (2023). Social studies for a better world: An anti-oppressive approach for elementary educators. Routledge. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menganalisis struktur, konsep dan prosedur pembentukan konsep esensial sosiologi |
- Menjelaskan perspektif kajian sosiologi
- Mendaftar konsep esensial sosiologi
- Mengidenfitikasi konsep abstrak dan konsep kongkrit sosiologi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah
Small Group Discussion
|
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: konsep esensial sosiologi Pustaka: Rodríguez, N. N., & Swalwell, K. (2023). Social studies for a better world: An anti-oppressive approach for elementary educators. Routledge. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menganalisis struktur, konsep dan prosedur pembentukan konsep esensial ekonomi |
- Menjelaskan perspektif kajian ekonomi
- Mendaftar konsep esensial ekonomi
- Mengidenfitikasi konsep abstrak dan konsep kongkrit ekonomi
- Menganalisis masalah-masalah ekonomi
- Mengkonstruk kembali hubungan fakta dan konsep esensial ekonomi
|
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah
Small Group Discussion
|
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: konsep esensial ekonomi Pustaka: Damsar. 2016. Pengantar Sosiologi Ekonomi Edisi Kedua . Jakarta : Kencana |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis struktur, konsep dan prosedur pembentukan konsep esensial sejarah |
- Menjelaskan perspektif kajian sejarah
- Mendaftar konsep esensial sejarah
- Mengidenfitikasi konsep abstrak dan konsep kongkrit sejarah
|
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah
Small Group Discussion
|
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: Konsep esensial sejarah Pustaka: Hutauruk, Achmad Fakhri. 2020. Sejarah Indoensia: Masuknya Islam Hingga Kolonialisme . Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menganalisis struktur, konsep dan prosedur pembentukan konsep esensial geografi |
- Menjelaskan perspektif kajian geografi
- Mendaftar konsep esensial geografi
- Mengidenfitikasi konsep abstrak dan konsep kongkrit geografi
- Mengkonstruk kembali hubungan fakta dan konsep esensial geografi
|
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah
Small Group Discussion
|
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: Konsep esensial sejarah Pustaka: Hutauruk, Achmad Fakhri. 2020. Sejarah Indoensia: Masuknya Islam Hingga Kolonialisme . Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menganalisis struktur, konsep dan prosedur pembentukan konsep esensial antropologi |
- 1 Menjelaskan perspektif kajian antropologi
- 2 Mendaftar konsep esensial antropologi
- 3 Mengidenfitikasi konsep abstrak dan konsep kongkrit antropologi
- 4 Mengkonstruk kembali hubungan fakta dan konsep esensial antropologi
|
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Base Learning
|
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: Konsep esensial antropologi Pustaka: 8. he College, Career, and Civic Life (C3)Framework for Social Studies State Standards: Guidance for Enhancing the Rigor of K-12 Civics, Economics, Geography, and History (Silver Spring, MD: NCSS, 2013). http://www.socialstudiesSmaldino/..., Sharon, Deborah Lowther, James D. Russel, 2011, Instructional Technology and Media For Learning, Edisi kesembilan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Orang, Tempat, dan Lingkungan (People, Places, And Environments) |
Menjelaskan hubungan antara orang, tempat dan lingkungan |
Kriteria:
Rubrik Kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Base Learning
|
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: Isue-isue Kontemporer berdasarkan tema NCSS dan SDGs Pustaka: Siska, Yulia. 2017. Geografi Sejarah Indonesia. Penerbit: Garudhawaca |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Produksi, Distribusi, dan Konsumsi (Production, Distribution And Consumption) |
memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Produksi, Distribusi, dan Konsumsi (Production, Distribution And Consumption) |
Kriteria:
Rubrik Kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Base Learning
|
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: konten ilmu sosial dengan tema Produksi, Distribusi, dan Konsumsi (Production, Distribution And Consumption) Pustaka: Damsar. 2016. Pengantar Sosiologi Ekonomi Edisi Kedua . Jakarta : Kencana |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Masyarakat (Science, Technology, And Society) |
memhami tema Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Masyarakat (Science, Technology, And Society) |
Kriteria:
Rubrik Kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Base Learning
|
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Masyarakat Pustaka: Siska, Yulia. 2017. Geografi Sejarah Indonesia. Penerbit: Garudhawaca |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Budaya (Culture), Waktu, Kebersinambungan, dan Perubahan (Time, Continuity, And Change) |
Memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Budaya (Culture), Waktu, Kebersinambungan, dan Perubahan (Time, Continuity, And Change) |
Kriteria:
Rubrik Kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Base Learning
|
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: Perubahan Budaya Pustaka: 3. Bahri, M. A., Setyawan, K. G., Prasetya, S. P., & Marzuqi, M. I. (2022). Kajian Kearifan Lokal Tradisi Peringatan Haul Sesepuh Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Ejournal. Unesa. Ac. Id, 2. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Pengembangan dan Identitas Individu (Individual Development And Identity) dan Individu, Kelompok, dan Institusi (Individuals, Groups, And Institutions) |
tema Pengembangan dan Identitas Individu (Individual Development And Identity) dan Individu, Kelompok, dan Institusi (Individuals, Groups, And Institutions) |
Kriteria:
Rubrik Kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Base Learning
|
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: Tema NCSS Pengembangan dan Identitas Individu (Individual Development And Identity) Pustaka: Prasetya, S. P., Segara, N. B., & Imron, A. (2020). Effectiveness of outdoor learning optimization program in learning social studies. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 314-327. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Kekuatan, Otoritas, dan Tata Kelola (Power, Authority, And Governance) dan Koneksi Global (Global Connections) |
memahami konten ilmu sosial dengan tema Kekuatan, Otoritas, dan Tata Kelola (Power, Authority, And Governance) dan Koneksi Global (Global Connections) |
Kriteria:
Rubrik Kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Base Learning
|
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: Kekuatan, Otoritas, dan Tata Kelola (Power, Authority, And Governance) dan Koneksi Global (Global Connections) Pustaka: Prasetya, S. P., Segara, N. B., & Imron, A. (2020). Effectiveness of outdoor learning optimization program in learning social studies. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 314-327. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami konten-konten ilmu sosial dengan tema Kekuatan, Otoritas, dan Tata Kelola (Power, Authority, And Governance) dan Koneksi Global (Global Connections) |
Memahami konten ilmu sosial dengan tema Kekuatan, Otoritas, dan Tata Kelola (Power, Authority, And Governance) dan Koneksi Global (Global Connections) |
Kriteria:
Rubrik Kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Base Learning
|
Vlearning
http://vlearning.unesa.ac.id
|
Materi: Warga Negara yang Baik dan Berbudaya ( Civic Ideals And Practices) Pustaka: 3. Bahri, M. A., Setyawan, K. G., Prasetya, S. P., & Marzuqi, M. I. (2022). Kajian Kearifan Lokal Tradisi Peringatan Haul Sesepuh Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Ejournal. Unesa. Ac. Id, 2. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
|
Kriteria:
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
5% |