Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Energi dan Kehidupan (Energy and living)

8410102236

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Prof.Dr. Yuni Sri Rahayu, M.Si.




Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan.

PLO-7

Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

Program Objectives (PO)

PO - 1

1) Mengembangkan pengetahuan tentang bahan-bahan sumber energi dalam kehidupan termasuk sistem biologi, proses-proses yang menghasilkan dan menggunakan energi (termasuk fotosintesis), pengangkutan dan konversi energi dalam sistem biologi dan kehidupan sehari-hari.

PO - 2

2) Memecahkan masalah ketersediaan dan kebutuhan energi, pembentukan kesadaran dan sikap hemat energi melalui pendekatan interdisipliner dalam bentuk rancangan pembelajaran IPA.

PO - 3

3) Mengelola kegiatan riset/kajian untuk memecahkan masalah ketersediaan energi menggunakan berbagai sumber informasi, ilmu-ilmu fisika, kimia, biologi, dan teknologi yang relevan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji konsep energi dan perannya dalam sistem kehidupan sehari-hari termasuk sistem biologi, bentukbentuk energi dan perubahannya, fotosintesis (fotosistem 1, fotosistem 2, fosforilasi dan fiksasi karbon), jalur-jalur konversi energi (oksidasi, glikolisis, siklus Krebs, dan rantai respirasi).

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si.

Prof.Dr. Yuni Sri Rahayu, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


5%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


5%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


5%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


5%

5

Minggu ke 5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


5%

6

Minggu ke 6


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

7

Minggu ke 7


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja


15%

9

Minggu ke 9


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

10

Minggu ke 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

11

Minggu ke 11


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

12

Minggu ke 12


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

13

Minggu ke 13


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

14

Minggu ke 14


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

15

Minggu ke 15


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja


15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 67.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10%
3. Praktik / Unjuk Kerja 22.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.