Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Instruktur Fitness dan Pendidikan Spa Terapi

8520102059

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Setiyo Hartoto, M.Kes.




.......................................




Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami konsep persiapan, pelaksanaan, transisi, beban, set, repitisi,rest interval,

PO - 2

metode latihan dengan menggunakan functional training dan weight training

PO - 3

program latihan yang dikembangkan dan didesain sesuai dengan kebutuhanclientdalam mencapaiwellnessand fitness,

PO - 4

memahami teori dan praktek penggunaan, jenis latihan, dan pemeliharaan alat-alat fitness, pengetahuan tentang perawatan menggunakan aroma therapy, serta memiliki sikap bertanggung jawab terhadap tugas dan cerdas dalam menganalisis peluang di lapangan.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini akan membahas tentang pemahaman serta penguasaan teori dan praktek fitness ( indoor, outdoor, functional training, dan weight training dengan fitness equipment ), cara pengggunaan dan pemeliharaan alat-alat fitne ss serta pengetahuan tentang perawatan spa menggunakan aroma terapi. Perkuliahan dilaksanakan dengan presentasi, diskusi, praktek, unjuk kerja, dan penyelenggaraan even.

Pustaka

Utama :

  1. Ade Rai. 2007. Gaya Hidup Sehat Fitness dan Binaraga. Jakarta : Penerbit Tabloid Bola
  2. Anderson, G. 2002. “ High Intensity Strength Training: Move Aerobic than Anaerobic ”. Retrieved Sept. 9. 2006, From Mentzen-Sharket Enterprises, Inc. Site by FX Media, Inc.
  3. Arazi, Hamid dan Assadi, Abbas. 2011. Effects of 8 Weeks Equal-Volume Resistance Training with Different Workout Frequency on Maximal Strength, Endurance and Body Composition (International Journal of Sports Science and Engineering). Department of physical education and sport science, University of Guilan, Rasht, Iran
  4. ASCA ( Australian Strength & Conditioning Association ). 2010. International Conference on Applied Strength and Conditioning . Australia: ASCA.
  5. Bird, S.P., Tarpenning, K.M., & Marino, F.E. 2005. Designing Resistance Training Programmes to Enhance Muscular Fitness a Review of the Acute Programme Variable. Sport Medicine. 35 Vol.(10): 841-845.
  6. Bompa, T. O. 2015. Periodization Training for Sports, (3th edition). United State of America: Human Kinetic.
  7. Chin, A.P., Marjike., J.M., van Uffelen, J.G., Riphagen, I., and van Mechelen, W. 2008. The Fungtional Effect of Physical Exercise Training in Frail Older People. A Systemic Review. Journal Sport Medicine . Vol. 38 (9) September 2014.
  8. Clark, Michael A., Lucett, Scott., Sutton, Brian G. 2012. NASM Essensial of Personal Fitness Training. USA: Lippincott Williams & Wilkins.
  9. Clark, Michael A., Lucett, Scott., Corn, Rodney., Cappuccio, Robert., Humphrey, Reed., Kraus, J. S., Titchenal, Alam., Robbins, Paul. 2004. Optimum Performance Training for the Health and Fitness Professional ( NASM’s Course Manual) . USA.
  10. Corbin, C.B., and Lindsey, R. 1997. Concepts of Fitness and Wellness. Dubuque: Brown & Benchmark.
  11. Kemenegpora. 2008. Pembinaan dan Pelatihan Kondisi Fisik. Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.
  12. Kraemer, W.J. and Bush, J.A. 2011. Factor Afecting the Acute Neuromuscular responses to Resistance Exercise. In Rotman, J.L (Ed). ACSM’s Resour Manual for Guidelines for Exercise testing and Prescription. . 4Ed (pp: 449-259). Phyladelphia: Lippincott Williams & Wilkins.
  13. Kraemer WJ, Vingren JL, Hatfield DL, Spiering BA, and Fragala MS. 2007. Resistance training programs. In: ACSM’s Resources for the Personal Trainer . Thompson WR,Baldwin KE, Pire NI, and Niederpruem M, eds. Baltimore, MD: Lippincott, Williams, & Wilkins. pp. 372–403.
  14. La Torre, A., et al. 2010. Acute effects of static stretching on squat jump performance at different knee starting angles. Journal of Strength and Conditioning Research 24 (3): 687–94. doi:10.1519/JSC.0b013e3181c7b443.
  15. Mackenzie, B. 2005. 101 Performance Evaluation Tests . London: Electric Word plc.
  16. Sharkey, Brian J., 2011. Fitness Illustrated , Champaign-IL: Human Kinetics.
  17. Setijono, Matuankotta, Nurhasan. 2001. Instruktur Fitness . Surabaya : Unesa University Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

1. Memahami terminologi Fitness, Wellness, Fitness Center,dan Physical Fitness 2. Memahami Etika seorang Personal Trainer

1. Mampu menjelaskan perbedaan Fitness,Wellness, Fitness Center,dan Physical Fitness 2. Mampu memberikan contoh pada kehidupan sehari-hari dari perbedaan Fitness,Wellness, Fitness Center,dan Physical Fitness 3. Mampu menjelaskan dan memberi contoh etika seorang personal trainer

Kriteria:
  1. Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.
  2. 10%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50

Materi: memahami gerakan excercise
Pustaka: Kraemer, W.J. and Bush, J.A. 2011. Factor Afecting the Acute Neuromuscular responses to Resistance Exercise. In Rotman, J.L (Ed). ACSM’s Resour Manual for Guidelines for Exercise testing and Prescription. . 4Ed (pp: 449-259). Phyladelphia: Lippincott Williams & Wilkins.
10%

2

Minggu ke 2

Memahami Etika seorang Personal Trainer

1. Mampu menjelaskan pengertian Etika 2. Mampu menjelaskan dan memberi contoh etika seorang personal trainer

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan unjuk kerja (presentasi)
2 X 50

Materi: memahami gerakan excercise
Pustaka: Kraemer, W.J. and Bush, J.A. 2011. Factor Afecting the Acute Neuromuscular responses to Resistance Exercise. In Rotman, J.L (Ed). ACSM’s Resour Manual for Guidelines for Exercise testing and Prescription. . 4Ed (pp: 449-259). Phyladelphia: Lippincott Williams & Wilkins.
9%

3

Minggu ke 3

Memahami pengertian Weight Training dan kiat sukses dalam latihan

1. Mampu menjelaskan pengertian Weight Training 2. Dapat menentukan zona latihan individu atau orang lain 3. Dapat menentukan goal setting individu atau orang lain 4. Mencari beban maksimal dan repetisi maksimal 5. Mampu menjelaskan dan membuat variasi latihan weight training secara sederhana

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan unjuk kerja (presentasi)
2 X 50

Materi: gaya hidupp sehat
Pustaka: Ade Rai. 2007. Gaya Hidup Sehat Fitness dan Binaraga. Jakarta : Penerbit Tabloid Bola
2%

4

Minggu ke 4

Memahami Metode Workout menuju Bugar S.P.O.R.T, F.I.T, H.I.I.T, H.I.C.T, L.I.S.S, A.M.R.A.P, E.M.O.M, TABATA, ASCENDING, DESCENDING, dan PYRAMID

1. Mampu menjabarkan maksud daripada prinsip S.P.O.R.T, F.I.T, H.I.I.T, H.I.C.T, L.I.S.S, A.M.R.A.P, E.M.O.M, TABATA, ASCENDING, DESCENDING, dan PYRAMID berserta contohnya 2. Mampu menjelaskan dan menghitung daripada DNM dan BMI seseorang dengan perbedaan usia

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
2 X 50

Materi: memahami gerakan excercise
Pustaka: Kraemer WJ, Vingren JL, Hatfield DL, Spiering BA, and Fragala MS. 2007. Resistance training programs. In: ACSM’s Resources for the Personal Trainer . Thompson WR,Baldwin KE, Pire NI, and Niederpruem M, eds. Baltimore, MD: Lippincott, Williams, & Wilkins. pp. 372–403.
10%

5

Minggu ke 5

Memahami pengertian tentang beban maksimal, set, repetisi, rest interval, volume, intensity, interval training dan circuit training

1. Mampu menjelaskan maksud dari beban maksimal, set, repetisi, rest interval, volume, intensity. 2. Mampu menyertakan set, repetisi dan interval dalam program weight training 3. Mampu membuat latihan Total Body Weight dengan model circuit

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
2 X 50

Materi: memahami gerakan excercise
Pustaka: Kemenegpora. 2008. Pembinaan dan Pelatihan Kondisi Fisik. Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.
1%

6

Minggu ke 6

Memahami pengetahuan umum Aromaterapi dan praktek cara penggunaannya yang benar

1. Mampu menjelaskan pengertian aromaterapi 2. Mampu merasakan dan menjelaskan positif dan negatif dari proses aromaterapi masuk ke dalam tubuh 3. Mampu menjelaskan manfaat penggunaan aromaterapi positif dan negatif 4. Mampu menjelaskan aromaterapi dapat digunakan dimana saja 5. Mampu mancampur berbagai macam aromaterapi beserta manfaatnya

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
2 X 50

Materi: memahami gerakan excercise
Pustaka: Arazi, Hamid dan Assadi, Abbas. 2011. Effects of 8 Weeks Equal-Volume Resistance Training with Different Workout Frequency on Maximal Strength, Endurance and Body Composition (International Journal of Sports Science and Engineering). Department of physical education and sport science, University of Guilan, Rasht, Iran
10%

7

Minggu ke 7

USS

Menjelaskan pengertian dari fitness, physical fitness, functional training dan weight training beserta contohnya

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

2 X 50

Materi: melalkukan gerakan kekuatan bagian kaki
Pustaka: Mackenzie, B. 2005. 101 Performance Evaluation Tests . London: Electric Word plc.
10%

8

Minggu ke 8

Praktek Pemanasan dan aktivitas menggunakan dumbbell

1. Mampu menjelaskan dan memberikan pemanasan statis, PNF dan dinamis 2. Mampu menjelaskan dan memberikan contoh latihan beban dengan menggunakan dumbbell

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, unjuk kerja, tanya jawab dan penugasan
2 X 50

Materi: melalkukan gerakan kekuatan bagian kaki
Pustaka: La Torre, A., et al. 2010. Acute effects of static stretching on squat jump performance at different knee starting angles. Journal of Strength and Conditioning Research 24 (3): 687–94. doi:10.1519/JSC.0b013e3181c7b443.
10%

9

Minggu ke 9

Praktek weight training dengan menggunakan beban dalam (using body weight training)

Mampu menjelaskan dan memberikan contoh latihan beban dengan menggunakan beban tubuh sendiri (upper body, lower body, dan core)

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, unjuk kerja, tanya jawab dan penugasan
2 X 50

Materi: melalkukan gerakan kekuatan bagian kaki
Pustaka: Bird, S.P., Tarpenning, K.M., & Marino, F.E. 2005. Designing Resistance Training Programmes to Enhance Muscular Fitness a Review of the Acute Programme Variable. Sport Medicine. 35 Vol.(10): 841-845.
5%

10

Minggu ke 10

Praktek latihan dengan menggunakan functional training (Gymball, TRX, Resistance band, Battle Rope, Kinesis Wall, Bosu, ViPR, Olympic Bar, Curve Bar, ladder drill, friction training, matras)

Mampu menjelaskan dan memberikan contoh latihan beban dengan menggunakan functional training (Gymball, TRX, Resistance band, Battle Rope, Kinesis Wall, Bosu, ViPR, Olympic Bar, Curve Bar, ladder drill, friction training, matras)

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktek, Discovery Learning, tanya jawab dan penugasan
2 X 50

Materi: melalkukan gerakan kekuatan bagian kaki
Pustaka: Clark, Michael A., Lucett, Scott., Corn, Rodney., Cappuccio, Robert., Humphrey, Reed., Kraus, J. S., Titchenal, Alam., Robbins, Paul. 2004. Optimum Performance Training for the Health and Fitness Professional ( NASM’s Course Manual) . USA.
5%

11

Minggu ke 11

Praktek latihan dengan menggunakan functional training (Gymball, TRX, Resistance band, Battle Rope, Kinesis Wall, Bosu, ViPR, Olympic Bar, Curve Bar, ladder drill, friction training, matras)

Mampu menjelaskan dan memberikan contoh latihan beban dengan menggunakan functional training (Gymball, TRX, Resistance band, Battle Rope, Kinesis Wall, Bosu, ViPR, Olympic Bar, Curve Bar, ladder drill, friction training, matras)

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktek, Discovery Learning, tanya jawab dan penugasan
2 X 50

Materi: memahami gerakan excercise
Pustaka: Kraemer WJ, Vingren JL, Hatfield DL, Spiering BA, and Fragala MS. 2007. Resistance training programs. In: ACSM’s Resources for the Personal Trainer . Thompson WR,Baldwin KE, Pire NI, and Niederpruem M, eds. Baltimore, MD: Lippincott, Williams, & Wilkins. pp. 372–403.
5%

12

Minggu ke 12

Praktek fitness instructor cardio workout

Mampu menjelaskan dan mempraktekkan fitness instructor cardio workout (Senam Aerobic low impact, senam aerobic high impact, Zumba fitness, body combat, RPM, body pump, Stck Punch, Total body weight workout)

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, unjuk kerja, tanya jawab dan penugasan
2 X 50

Materi: melalkukan gerakan kekuatan bagian kaki
Pustaka: Clark, Michael A., Lucett, Scott., Sutton, Brian G. 2012. NASM Essensial of Personal Fitness Training. USA: Lippincott Williams & Wilkins.
3%

13

Minggu ke 13

Penyelenggaraan Training Camp Event

Mampu menyelenggarakan even di Surabaya.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan dan Praktek
2 X 50

Materi: melaksanakan peyelenggaran event
Pustaka: La Torre, A., et al. 2010. Acute effects of static stretching on squat jump performance at different knee starting angles. Journal of Strength and Conditioning Research 24 (3): 687–94. doi:10.1519/JSC.0b013e3181c7b443.
5%

14

Minggu ke 14

Penyelenggaraan Training Camp Event

Mampu menyelenggarakan even di Surabaya.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan dan Praktek
2 X 50

Materi: melaksanakan peyelenggaran event
Pustaka: Bompa, T. O. 2015. Periodization Training for Sports, (3th edition). United State of America: Human Kinetic.
4%

15

Minggu ke 15

Penyelenggaraan Training Camp Event

Mampu menyelenggarakan even di Surabaya.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penugasan dan Praktek
2 X 50

Materi: mampu mengevaluasi event
Pustaka: Kraemer WJ, Vingren JL, Hatfield DL, Spiering BA, and Fragala MS. 2007. Resistance training programs. In: ACSM’s Resources for the Personal Trainer . Thompson WR,Baldwin KE, Pire NI, and Niederpruem M, eds. Baltimore, MD: Lippincott, Williams, & Wilkins. pp. 372–403.
1%

16

Minggu ke 16

UAS

Menjelaskan tentang program latihan

Kriteria:

Nilai penuh apabila mampu memdeskripsikan jawaban dari soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes
2 X 50

Materi: UAS
Pustaka: Clark, Michael A., Lucett, Scott., Corn, Rodney., Cappuccio, Robert., Humphrey, Reed., Kraus, J. S., Titchenal, Alam., Robbins, Paul. 2004. Optimum Performance Training for the Health and Fitness Professional ( NASM’s Course Manual) . USA.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 43.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 51.5%
3. Tes 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.