Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teori Akuntansi Lanjutan

6210103027

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

8 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof Dr. Hariyati, M.Si., AK., CA




Prof. Dr. Eni Wuryani, SE., M.Si




Dr. Ni Nyoman Alit Triani, S.E., M.Ak.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik di bidang Akuntansi keuangan, Audit, Akuntansi Manajemen, dan Akuntansi Sektor Publik secara bertanggung jawab dan beretika akademik, serta mengkomunikasikannya

PLO-8

Mampu memecahkan masalah dalam bidang akuntansi keuangan dan audit melalui riset dengan perspektif multiparadigma

PLO-14

Mampu mengembangankan keilmuan akuntasi keuangan, akuntansi manajemen dan akuntansi public atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasikan karya inovatif dan teruji

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-8PLO-14

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekalimahasiswa dengan rerangka teoretis akuntansi keuangan sehingga mahasiswa mampu menjelaskanmengapa praktik akuntansi berjalan seperti sekarang. Mata kuliah ini jugamembahas proses penalaran dalam membentuk rerangka konseptual yang menjadilandasan praktik akuntansi seperti, aset dan pengukurannya, kas dan arus kas,ekuitas pemilik, konsep laba, pendapatan dan beban

Pustaka

Utama :

  1. 1. Accounting Theory, Ahmed Riahi Belkaouli, Teori Akuntansi Buku 1 dan Buku
  2. 2. Perekayasaan Akuntansi, Suwarjono, BPFE UGM edisi
  3. 3. Accounting Theory Eldon S. Hendriksen, Buku 1 dan Buku
  4. 4. Accounting Teory Vernon Kam

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Hariyati, Ak., M.Si., CA.

Prof. Dr. Eni Wuryani, S.E., M.Si., CMA.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mendeskripsikan Kerangka konseptual Pelaporan Keuangan

Mampu mendeskripsikan Kerangka konseptual Pelaporan Keuangan

Kriteria:

Mampu mendeskripsikan Kerangka konseptual Pelaporan Keuangan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 menit

Materi: Mampu mendeskripsikan Kerangka konseptual Pelaporan Keuangan
Pustaka: 1. Accounting Theory, Ahmed Riahi Belkaouli, Teori Akuntansi Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendeskripsikan Kerangka konseptual Pelaporan Keuangan
Pustaka: 4. Accounting Teory Vernon Kam
5%

2

Minggu ke 2

Mampu mendiskripsikan elemen dan struktur teori akuntansi

Mampu mendiskripsikan elemen dan struktur teori akuntansi

Kriteria:

Mampu mendiskripsikan elemen dan struktur teori akuntansi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
100 menit

Materi: Mampu mendiskripsikan elemen dan struktur teori akuntansi
Pustaka: 1. Accounting Theory, Ahmed Riahi Belkaouli, Teori Akuntansi Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendiskripsikan elemen dan struktur teori akuntansi
Pustaka: 3. Accounting Theory Eldon S. Hendriksen, Buku 1 dan Buku
5%

3

Minggu ke 3

Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi Positif

Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi Positif

Kriteria:

Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi Positif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 menit

Materi: Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi Positif
Pustaka: 3. Accounting Theory Eldon S. Hendriksen, Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi Positif
Pustaka: 4. Accounting Teory Vernon Kam
5%

4

Minggu ke 4

Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi (pendekatan regulatoris )

Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi (pendekatan regulatoris )

Kriteria:

Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi (pendekatan regulatoris )


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150 menit

Materi: Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi (pendekatan regulatoris )
Pustaka: 1. Accounting Theory, Ahmed Riahi Belkaouli, Teori Akuntansi Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi (pendekatan regulatoris )
Pustaka: 3. Accounting Theory Eldon S. Hendriksen, Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi (pendekatan regulatoris )
Pustaka: 4. Accounting Teory Vernon Kam
5%

5

Minggu ke 5

Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi (pendekatan regulatoris )

Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi (pendekatan regulatoris )

Kriteria:

Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi (pendekatan regulatoris )


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150 menit

Materi: Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi (pendekatan regulatoris )
Pustaka: 1. Accounting Theory, Ahmed Riahi Belkaouli, Teori Akuntansi Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi (pendekatan regulatoris )
Pustaka: 3. Accounting Theory Eldon S. Hendriksen, Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendiskripsikan perumusan teori akuntansi (pendekatan regulatoris )
Pustaka: 4. Accounting Teory Vernon Kam
5%

6

Minggu ke 6

Mampu mendiskripsikan Manajemen Laba

Mampu mendiskripsikan Manajemen Laba

Kriteria:

Mampu mendiskripsikan Manajemen Laba

Luring
150 menit

Materi: Mampu mendiskripsikan Manajemen Laba
Pustaka: 1. Accounting Theory, Ahmed Riahi Belkaouli, Teori Akuntansi Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendiskripsikan Manajemen Laba
Pustaka: 3. Accounting Theory Eldon S. Hendriksen, Buku 1 dan Buku
5%

7

Minggu ke 7

Mampu mendiskripsikan Manajemen Laba

Mampu mendiskripsikan Manajemen Laba

Kriteria:

Mampu mendiskripsikan Manajemen Laba

Luring
150 menit

Materi: Mampu mendiskripsikan Manajemen Laba
Pustaka: 1. Accounting Theory, Ahmed Riahi Belkaouli, Teori Akuntansi Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendiskripsikan Manajemen Laba
Pustaka: 3. Accounting Theory Eldon S. Hendriksen, Buku 1 dan Buku
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes


20%

9

Minggu ke 9

Mampu mendiskripsikan ekuitas (kekayaan) pemilik

Mampu mendiskripsikan ekuitas (kekayaan) pemilik

Kriteria:

Mampu mendiskripsikan ekuitas (kekayaan) pemilik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150 menit

Materi: Mampu mendiskripsikan ekuitas (kekayaan) pemilik
Pustaka: 1. Accounting Theory, Ahmed Riahi Belkaouli, Teori Akuntansi Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendiskripsikan ekuitas (kekayaan) pemilik
Pustaka: 4. Accounting Teory Vernon Kam
5%

10

Minggu ke 10

Mampu mendiskripsikan konsep laba

Mampu mendiskripsikan konsep laba

Kriteria:

Mampu mendiskripsikan konsep laba


Daring
150 menit
Materi: Mampu mendiskripsikan konsep laba
Pustaka: 3. Accounting Theory Eldon S. Hendriksen, Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendiskripsikan konsep laba
Pustaka: 4. Accounting Teory Vernon Kam
5%

11

Minggu ke 11

Mampu mendiskripsikan konsep pendapatan

Mampu mendiskripsikan konsep pendapatan

Kriteria:

Mampu mendiskripsikan konsep pendapatan


Daring
150 menit
Materi: Mampu mendiskripsikan konsep pendapatan
Pustaka: 3. Accounting Theory Eldon S. Hendriksen, Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendiskripsikan konsep pendapatan
Pustaka: 4. Accounting Teory Vernon Kam
5%

12

Minggu ke 12

Mampu mendiskripsikan konsep biaya

Mampu mendiskripsikan konsep biaya

Kriteria:

Mampu mendiskripsikan konsep biaya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150 menit

Materi: Mampu mendiskripsikan konsep biaya
Pustaka: 3. Accounting Theory Eldon S. Hendriksen, Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendiskripsikan konsep biaya
Pustaka: 4. Accounting Teory Vernon Kam
5%

13

Minggu ke 13

Mampu mendiskripsikan pendekatan positif, perataan laba, dan manajemen laba

Mampu mendiskripsikan pendekatan positif, perataan laba, dan manajemen laba

Kriteria:

Mampu mendiskripsikan pendekatan positif, perataan laba, dan manajemen laba


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150 menit

Materi: Mampu mendiskripsikan pendekatan positif, perataan laba, dan manajemen laba
Pustaka: 1. Accounting Theory, Ahmed Riahi Belkaouli, Teori Akuntansi Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendiskripsikan pendekatan positif, perataan laba, dan manajemen laba
Pustaka: 3. Accounting Theory Eldon S. Hendriksen, Buku 1 dan Buku
5%

14

Minggu ke 14

Mampu mendiskripsikan akuntansi nilai saat ini (fair value)

Mampu mendiskripsikan akuntansi nilai saat ini (fair value)

Kriteria:

Mampu mendiskripsikan akuntansi nilai saat ini (fair value)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150 menit

Materi: Mampu mendiskripsikan akuntansi nilai saat ini (fair value)
Pustaka: 1. Accounting Theory, Ahmed Riahi Belkaouli, Teori Akuntansi Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendiskripsikan akuntansi nilai saat ini (fair value)
Pustaka: 3. Accounting Theory Eldon S. Hendriksen, Buku 1 dan Buku
5%

15

Minggu ke 15

Mampu mendiskripsikan tentang prespektif penelitian dalam akuntansi

Mampu mendiskripsikan tentang prespektif penelitian dalam akuntansi

Kriteria:

Mampu mendiskripsikan tentang prespektif penelitian dalam akuntansi

Luring
150 menit

Materi: Mampu mendiskripsikan tentang prespektif penelitian dalam akuntansi
Pustaka: 1. Accounting Theory, Ahmed Riahi Belkaouli, Teori Akuntansi Buku 1 dan Buku

Materi: Mampu mendiskripsikan tentang prespektif penelitian dalam akuntansi
Pustaka: 3. Accounting Theory Eldon S. Hendriksen, Buku 1 dan Buku
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes


Materi: UAS
Pustaka:
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 45%
2. Tes 45%
90%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.