Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Law and Sustainable Development Goals

7410802055

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Nasional

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

28 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Sulaksono, S.H., M.H.




Muh. Ali Masnun, S.H., M.H.




Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

mahasiswa mampu menganalisis materi law and sustainable development goals dan dikontekstualisasikan dalam kasus-kasus hukum yang ada di masyarakat.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Law And Sustainable Development mempelajari tentang perkembangan gagasan sustainable development goals, implikasinya terkait dengan kebijakan hukum Indonesia, serta upaya Indonesia dalam menerapkan sustainable development goals di bidang hukum

Pustaka

Utama :

  1. 1. H.R. Otje Salman S., Eddy Damian. Konsep-Konsep Hukum Dalam Pembangunan. Edisi Digital. Alumni, Bandung. 2021
  2. 2. Eddy Damian, Dinamika Hukum Dalam Pembangunan Berkelanjutan Alumni, Bandung. 2017
  3. 3. Jimly Ashiddiqie, Green Constitution: Nuansa Hijau Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Rajawali Press, Jakarta. 2009
  4. 4. Adis Imam Munandar, Agus Heru Darjono, ‎Zeffa Aprilasani, Pembangunan Berkelanjutan: Studi Kasus Di Indonesia. Sekolah Kajian Stratejik dan Global UI. 2019.

Pendukung :

  1. 1. A. Halim Iskandar. SDGs DESA : Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan, Yayasan Pustaka Obor, Jakarta. 2020
  2. 2. A. Halim Iskandar. SDGs Desa: Metodologi dan Pengukuran (Trilogi SDGs Desa #2). Yayasan Pustaka Obor, Jakarta. 2020
  3. 3. Regulasi SDGs. Tersedia dalam: https://sdgs.bappenas.go.id/literasi/regulasi/

Dosen Pengampu

Dr. Sulaksono, S.H., M.H.

Muh. Ali Masnun, S.H., M.H.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mendeskripsikan secara sederhana tentang sustainable development goals

Dapat mendeskripsikan secara sederhana tentang sustainable development goals

Kriteria:

Ketepatan mendeskripsikan secara sederhana tentang sustainable development goals


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-1: mendeskripsikan secara sederhana tentang sustainable development goals
2x45 Menit

Materi: 1. Pengantar 2. Sejarah sustainable development goals
Pustaka: 2. Eddy Damian, Dinamika Hukum Dalam Pembangunan Berkelanjutan Alumni, Bandung. 2017
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah perkembangan gagasan sustainable development goals

Dapat menjelaskan sejarah perkembangan gagasan sustainable development goals

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan sejarah perkembangan gagasan sustainable development goals


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-2:
Melakukan review materi
2x45 Menit

Materi: 1. Pengantar 2. Sejarah sustainable development goals
Pustaka: 2. Eddy Damian, Dinamika Hukum Dalam Pembangunan Berkelanjutan Alumni, Bandung. 2017
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mampu membedakan antara millennium development goals dengan sustainable development goals

Dapat membedakan antara millennium development goals dengan sustainable development goals

Kriteria:

Ketepatan analisis tentang perbedaan antara millennium development goals dengan sustainable development goals


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-3:
Melakukan review materi
2x45 Menit

Materi: 1. Pengantar 2. Sejarah sustainable development goals 3. Konsep dasar sustainable development goals 4. Konsep dasar millennium development goals
Pustaka: 1. H.R. Otje Salman S., Eddy Damian. Konsep-Konsep Hukum Dalam Pembangunan. Edisi Digital. Alumni, Bandung. 2021
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiwa mampu menjelaskan 17 tujuan dari sustainable development goals

Dapat menjelaskan problematika pelaksanaan 17 tujuan dari sustainable development goals

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan problematika pelaksanaan 17 tujuan dari sustainable development goals


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-4: Menjelaskan 17 tujuan dari sustainable development goals dengan disertai contoh
2x45 Menit

Materi: 1. 17 tujuan dari sustainable development goals
Pustaka: 2. Eddy Damian, Dinamika Hukum Dalam Pembangunan Berkelanjutan Alumni, Bandung. 2017
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan problematika pelaksanaan 17 tujuan dari sustainable development goals

Dapat menjelaskan problematika pelaksanaan 17 tujuan dari sustainable development goals

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan problematika pelaksanaan 17 tujuan dari sustainable development goals


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-5: menjelaskan problematika pelaksanaan 17 tujuan dari sustainable development goals
2x45 Menit

Materi: 1. 17 tujuan dari sustainable development goals dan problematika pelaksanaannya
Pustaka: 2. Eddy Damian, Dinamika Hukum Dalam Pembangunan Berkelanjutan Alumni, Bandung. 2017
10%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menjelaskan relevansi pelaksanaan 17 tujuan dari sustainable development goals ditinjau dari aspek hukum

Dapat menjelaskan relevansi pelaksanaan 17 tujuan dari sustainable development goals ditinjau dari aspek hukum

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan relevansi pelaksanaan 17 tujuan dari sustainable development goals ditinjau dari aspek hukum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-6: Presentasi secara berkelompok relevansi pelaksanaan 17 tujuan dari sustainable development goals ditinjau dari aspek hukum
2x45 Menit

Materi: 1. 17 tujuan dari sustainable development goals ditinjau dari aspek hukum
Pustaka: 3. Regulasi SDGs. Tersedia dalam: https://sdgs.bappenas.go.id/...
10%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menjelaskan problematika dan isu hukum terkait sustainable development goals secara global dan internasional

Dapat menjelaskan problematika dan isu hukum terkait sustainable development goals secara global dan internasional

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan problematika dan isu hukum terkait sustainable development goals secara global dan internasional


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas-7: review materi
2x45 Menit

Materi: 1. Problematika dan isu hukum terkait sustainable development goals secara global dan internasional
Pustaka: 3. Regulasi SDGs. Tersedia dalam: https://sdgs.bappenas.go.id/...
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

Ujian Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ujian Tengah Semester
2x45 Menit

Materi: UTS
Pustaka: 1. H.R. Otje Salman S., Eddy Damian. Konsep-Konsep Hukum Dalam Pembangunan. Edisi Digital. Alumni, Bandung. 2021
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan peraturan dan kebijakan hukum yang terkait dengan sustainable development goals di Indonesia

Dapat menjelaskan peraturan dan kebijakan hukum yang terkait dengan sustainable development goals di Indonesia

Kriteria:

penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi
*Tugas 8 : review materi
2x45 Menit

Materi: 1. Peraturan dan kebijakan hukum yang terkait dengan sustainable development goals di Indonesia
Pustaka: 3. Jimly Ashiddiqie, Green Constitution: Nuansa Hijau Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Rajawali Press, Jakarta. 2009
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis problematika dan isu hukum terkait sustainable development goals di lingkup Indonesia

Dapat menganalisis kasus tentang problematika dan isu hukum terkait sustainable development goals di lingkup Indonesia

Kriteria:

Ketepatan menganalisis kasus tentang problematika dan isu hukum terkait sustainable development goals di lingkup Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 9 : presentasi tentang problematika dan isu hukum terkait sustainable development goals di lingkup Indonesia
2x45 Menit

Materi: 1. Peraturan dan kebijakan hukum yang terkait dengan sustainable development goals di Indonesia
Pustaka: 4. Adis Imam Munandar, Agus Heru Darjono, ‎Zeffa Aprilasani, Pembangunan Berkelanjutan: Studi Kasus Di Indonesia. Sekolah Kajian Stratejik dan Global UI. 2019.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menganalisis kasus hukum tentang pengaturan dan penerapan sustainable development goals di Indonesia

Dapat menganalisis kasus hukum tentang pengaturan dan penerapan sustainable development goals di Indonesia

Kriteria:

Ketepatan analisis kasus hukum tentang pengaturan dan penerapan sustainable development goals di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 10: Studi kasus hukum tentang pengaturan dan penerapan sustainable development goals di Indonesia
2x45 Menit

Materi: 1. Peraturan dan kebijakan hukum yang terkait dengan sustainable development goals di Indonesia 2. Analisis kasus
Pustaka: 1. A. Halim Iskandar. SDGs DESA : Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan, Yayasan Pustaka Obor, Jakarta. 2020
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami hambatan, tantangan, serta kendala penerapan sustainable development goals di Indonesia

Dapat memahami hambatan, tantangan, serta kendala penerapan sustainable development goals di Indonesia

Kriteria:

Ketepatan analisis tentang hambatan, tantangan, serta kendala penerapan sustainable development goals di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 11 : Presentasi terkait hambatan, tantangan, serta kendala penerapan sustainable development goals di Indonesia
2x45 Menit

Materi: 1. Peraturan dan kebijakan hukum yang terkait dengan sustainable development goals di Indonesia 2. Hambatan, Tantangan, dan Kendala sustainable development goals di Indonesia
Pustaka: 2. A. Halim Iskandar. SDGs Desa: Metodologi dan Pengukuran (Trilogi SDGs Desa #2). Yayasan Pustaka Obor, Jakarta. 2020
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami konsep tentang sustainable development goals desa

Dapat memahami konsep tentang sustainable development goals desa

Kriteria:

Ketepatan memahami konsep tentang sustainable development goals desa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 12 : review materi
2x45 Menit

Materi: 1. Sustainable development goals desa
Pustaka: 1. A. Halim Iskandar. SDGs DESA : Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan, Yayasan Pustaka Obor, Jakarta. 2020
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami kasus hukum tentang pengaturan dan penerapan sustainable development goals desa

Dapat memahami kasus hukum tentang pengaturan dan penerapan sustainable development goals desa

Kriteria:

Ketepatan dalam memahami kasus hukum tentang pengaturan dan penerapan sustainable development goals desa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 13 :
Presentasi terkait
kasus hukum tentang pengaturan dan penerapan sustainable development goals desa
2x45 Menit

Materi: 1. Sustainable development goals desa
Pustaka: 2. A. Halim Iskandar. SDGs Desa: Metodologi dan Pengukuran (Trilogi SDGs Desa #2). Yayasan Pustaka Obor, Jakarta. 2020
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu merumuskan inovasi terkait pengaturan dan penerapan sustainable development goals

Dapat merumuskan inovasi terkait pengaturan dan penerapan sustainable development goals

Kriteria:

Ketepatan dan keseuaian merumuskan inovasi terkait pengaturan dan penerapan sustainable development goals


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 14 : Menyusun artikel terkait inovasi pengaturan dan penerapan sustainable development goals
2x45 Menit

Materi: 1. Sustainable development goals 2. Inovasi hukum
Pustaka: 2. Eddy Damian, Dinamika Hukum Dalam Pembangunan Berkelanjutan Alumni, Bandung. 2017
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ujian Akhir Semester
2x45 Menit

Materi: UAS
Pustaka: 1. H.R. Otje Salman S., Eddy Damian. Konsep-Konsep Hukum Dalam Pembangunan. Edisi Digital. Alumni, Bandung. 2021
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 67.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 15%
3. Praktik / Unjuk Kerja 12.5%
4. Tes 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.