|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Manajemen
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
MPK-Praktik Kewirausahaan Lanjut |
6120102202 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
6 |
19 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Yuyun Isbanah, S.E., M.SM. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-11 |
Lulusan mampu menerapkan jiwa entrepreneurial leadership secara berkelanjutan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
C6. Mahasiswa mampu mengimplementasikan business plan secara tepat dalam praktik bisnis.
|
PO - 2 |
C5. Mahasiswa mampu memilih Teknologi Informasi yang tepat dalam praktik business plan.
|
PO - 3 |
P4. Mahasiswa mampu mengembangkan strategi secara tepat dalam mengelola usaha
|
PO - 4 |
A4. Mahasiswa mampu berpegang teguh pada karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh dalam pembelajaran Kewirausahaan Lanjut
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-11 | PO-1 | | PO-2 | | PO-3 | | PO-4 | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah iniberisi tentang konsep dan menerapkan bisnis plan yang telah dibuat denganmengacu pada konsep Strategi Memulai Usaha, Salesmanship, Pengukuran KinerjaBisnis, dan Rencana Bisnis. Metode pembelajaran yang digunakan dalam matakuliah praktik kewirausahaan adalah diskusi, penugasan, pembelajaran langsung, simulasi, pemeblajarankooperatif, group investigation, belajar bekerja terpadu (Co-op), dan praktikkewirausahaan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya
- Tim Kewirausahaan FE Unesa 2015. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya
- Kaplan, Robert S. 2010. Conceptual Foundation of The Balance Scorecard. Working Paper. Harvard Business School. Harvard University :10-0744.
- David, Fred R. 2011. Manajemen Strategik: Konsep. Jakarta: Salemba Empat
- Robinson& Pearce. 2008. Manajemen Strategik Edisi 10 Jakarta : Salemba Empat
- Cravens, David W. & Nigel F. Pearcy. 2006. Strategic Marketing, 8 th edition. McGraw-Hill.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Monika Tiarawati, S.E., M.M. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Merumuskan Strategi Memulai Usaha |
- Membedakan bentuk-bentuk usaha
- Mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan bentuk-bentuk usaha
- Merumuskan teknik dan strategi memulai usaha
|
Kriteria:
projek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: strategi memulai usaha Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya Materi: strategi memulai usaha Pustaka: Tim Kewirausahaan FE Unesa 2015. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Salesmanship |
- Mendeskripsikan konsep dan unsur dalam menjual
- Menyebutkan karakter syarat penjual
- Menyebutkan tipe-tipe pembeli
- Menelaah proses penjualan
|
Kriteria:
projek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Model Pembelajaran Langsung dan Simulasi 2 X 50 |
|
Materi: salesmanship Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya Materi: salesmanship Pustaka: Tim Kewirausahaan FE Unesa 2015. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya Materi: salesmanship Pustaka: Cravens, David W. & Nigel F. Pearcy. 2006. Strategic Marketing, 8 th edition. McGraw-Hill. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Evaluasi Pengukuran Kinerja Bisnis |
- Menganalisis laporan keuangan
- Menganalisis analisis break even point
- Menganalisis arus kas
|
Kriteria:
projek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Model Pembelajaran Langsung 2 X 50 |
|
Materi: kinerja bisnis Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya Materi: pengukuran kinerja Pustaka: Kaplan, Robert S. 2010. Conceptual Foundation of The Balance Scorecard. Working Paper. Harvard Business School. Harvard University :10-0744. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis rencana bisnis |
- Mampu merumuskan rencana bisnis (bussines plan)
- Mampu menyusun rencana pemasaran
- Mampu menyusun rencana SDM
- Mampu menyusun rencana operasional
- Mampu menyusun rencana keuangan
|
Kriteria:
projek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Model pembelajaran kooperatif 2 X 50 |
|
|
2% |
5
Minggu ke 5 |
Belajar bekerja terpadu (Magang) di UMKM |
Menggali praktik bisnis di UMKM |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Model pembelajaran Group Investigation 2 X 50 |
|
|
2% |
6
Minggu ke 6 |
Belajar bekerja terpadu (Magang) di UMKM |
Menggali praktik bisnis di UMKM |
Kriteria:
projek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Model pembelajaran Group Investigation 2 X 50 |
|
|
3% |
7
Minggu ke 7 |
Belajar bekerja terpadu (Magang) di UMKM |
Menggali praktik bisnis di UMKM |
Kriteria:
projek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Model pembelajaran Group Investigation 2 X 50 |
|
|
2% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
2 X 50 |
|
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Melakukan Praktek Lapangan |
- Menyusun proposal sponsor
- Mengidentifikasi masalah-masalah bisnis
- Merancang gebyar wirausaha
|
Kriteria:
projek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Out Class 2 X 50 |
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Melakukan Praktek Lapangan |
- Menyusun proposal sponsor
- Mengidentifikasi masalah-masalah bisnis
- Merancang gebyar wirausaha
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Out Class 2 X 50 |
|
|
2% |
11
Minggu ke 11 |
Melakukan Praktek Lapangan |
- Menyusun proposal sponsor
- Mengidentifikasi masalah-masalah bisnis
- Merancang gebyar wirausaha
|
Kriteria:
projek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Out Class 2 X 50 |
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Melakukan Praktek Lapangan |
- Menyusun proposal sponsor
- Mengidentifikasi masalah-masalah bisnis
- Merancang gebyar wirausaha
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Out Class 2 X 50 |
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Melakukan Praktek Lapangan |
- Menyusun proposal sponsor
- Mengidentifikasi masalah-masalah bisnis
- Merancang gebyar wirausaha
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Out Class 2 X 50 |
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Melakukan Praktek Lapangan |
- Menyusun proposal sponsor
- Mengidentifikasi masalah-masalah bisnis
- Merancang gebyar wirausaha
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Out Class 2 X 50 |
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Belajar bekerja terpadu (Magang) di UMKM |
Menggali praktik bisnis di UMKM |
Kriteria:
rubrik holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Model pembelajaran Group Investigation 2 X 50 |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
2 X 50 |
|
|
30% |