Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Manajemen

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

MPK-Praktik Kewirausahaan Lanjut

6120102202

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

19 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yuyun Isbanah, S.E., M.SM.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-11

Lulusan mampu menerapkan jiwa entrepreneurial leadership secara berkelanjutan

Program Objectives (PO)

PO - 1

C6. Mahasiswa mampu mengimplementasikan business plan secara tepat dalam praktik bisnis.

PO - 2

C5. Mahasiswa mampu memilih Teknologi Informasi yang tepat dalam praktik business plan.

PO - 3

P4. Mahasiswa mampu mengembangkan strategi secara tepat dalam mengelola usaha

PO - 4

A4. Mahasiswa mampu berpegang teguh pada karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh dalam pembelajaran Kewirausahaan Lanjut

Matrik PLO-PO

 
POPLO-11
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah iniberisi tentang konsep dan menerapkan bisnis plan yang telah dibuat denganmengacu pada konsep Strategi Memulai Usaha, Salesmanship, Pengukuran KinerjaBisnis, dan Rencana Bisnis. Metode pembelajaran yang digunakan dalam matakuliah praktik kewirausahaan adalah diskusi, penugasan, pembelajaran langsung, simulasi, pemeblajarankooperatif, group investigation, belajar bekerja terpadu (Co-op), dan praktikkewirausahaan.

Pustaka

Utama :

  1. Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya
  2. Tim Kewirausahaan FE Unesa 2015. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya
  3. Kaplan, Robert S. 2010. Conceptual Foundation of The Balance Scorecard. Working Paper. Harvard Business School. Harvard University :10-0744.
  4. David, Fred R. 2011. Manajemen Strategik: Konsep. Jakarta: Salemba Empat
  5. Robinson& Pearce. 2008. Manajemen Strategik Edisi 10 Jakarta : Salemba Empat
  6. Cravens, David W. & Nigel F. Pearcy. 2006. Strategic Marketing, 8 th edition. McGraw-Hill.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Monika Tiarawati, S.E., M.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Merumuskan Strategi Memulai Usaha

  1. Membedakan bentuk-bentuk usaha
  2. Mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan bentuk-bentuk usaha
  3. Merumuskan teknik dan strategi memulai usaha
Kriteria:

projek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan Penugasan
2 X 50

Materi: strategi memulai usaha
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya

Materi: strategi memulai usaha
Pustaka: Tim Kewirausahaan FE Unesa 2015. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya
5%

2

Minggu ke 2

Salesmanship

  1. Mendeskripsikan konsep dan unsur dalam menjual
  2. Menyebutkan karakter syarat penjual
  3. Menyebutkan tipe-tipe pembeli
  4. Menelaah proses penjualan
Kriteria:

projek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model Pembelajaran Langsung dan Simulasi
2 X 50

Materi: salesmanship
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya

Materi: salesmanship
Pustaka: Tim Kewirausahaan FE Unesa 2015. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya

Materi: salesmanship
Pustaka: Cravens, David W. & Nigel F. Pearcy. 2006. Strategic Marketing, 8 th edition. McGraw-Hill.
2%

3

Minggu ke 3

Evaluasi Pengukuran Kinerja Bisnis

  1. Menganalisis laporan keuangan
  2. Menganalisis analisis break even point
  3. Menganalisis arus kas
Kriteria:

projek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model Pembelajaran Langsung
2 X 50

Materi: kinerja bisnis
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya

Materi: pengukuran kinerja
Pustaka: Kaplan, Robert S. 2010. Conceptual Foundation of The Balance Scorecard. Working Paper. Harvard Business School. Harvard University :10-0744.
2%

4

Minggu ke 4

Menganalisis rencana bisnis

  1. Mampu merumuskan rencana bisnis (bussines plan)
  2. Mampu menyusun rencana pemasaran
  3. Mampu menyusun rencana SDM
  4. Mampu menyusun rencana operasional
  5. Mampu menyusun rencana keuangan
Kriteria:

projek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model pembelajaran kooperatif
2 X 50

2%

5

Minggu ke 5

Belajar bekerja terpadu (Magang) di UMKM

Menggali praktik bisnis di UMKM


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model pembelajaran Group Investigation
2 X 50

2%

6

Minggu ke 6

Belajar bekerja terpadu (Magang) di UMKM

Menggali praktik bisnis di UMKM

Kriteria:

projek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model pembelajaran Group Investigation
2 X 50

3%

7

Minggu ke 7

Belajar bekerja terpadu (Magang) di UMKM

Menggali praktik bisnis di UMKM

Kriteria:

projek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model pembelajaran Group Investigation
2 X 50

2%

8

Minggu ke 8

Ujian Akhir Semester (UAS)


    Bentuk Penilaian :
    Tes

    2 X 50

    20%

    9

    Minggu ke 9

    Melakukan Praktek Lapangan

    1. Menyusun proposal sponsor
    2. Mengidentifikasi masalah-masalah bisnis
    3. Merancang gebyar wirausaha
    Kriteria:

    projek


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Out Class
    2 X 50

    5%

    10

    Minggu ke 10

    Melakukan Praktek Lapangan

    1. Menyusun proposal sponsor
    2. Mengidentifikasi masalah-masalah bisnis
    3. Merancang gebyar wirausaha

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Out Class
    2 X 50

    2%

    11

    Minggu ke 11

    Melakukan Praktek Lapangan

    1. Menyusun proposal sponsor
    2. Mengidentifikasi masalah-masalah bisnis
    3. Merancang gebyar wirausaha
    Kriteria:

    projek


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Out Class
    2 X 50

    5%

    12

    Minggu ke 12

    Melakukan Praktek Lapangan

    1. Menyusun proposal sponsor
    2. Mengidentifikasi masalah-masalah bisnis
    3. Merancang gebyar wirausaha

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Out Class
    2 X 50

    5%

    13

    Minggu ke 13

    Melakukan Praktek Lapangan

    1. Menyusun proposal sponsor
    2. Mengidentifikasi masalah-masalah bisnis
    3. Merancang gebyar wirausaha

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Out Class
    2 X 50

    5%

    14

    Minggu ke 14

    Melakukan Praktek Lapangan

    1. Menyusun proposal sponsor
    2. Mengidentifikasi masalah-masalah bisnis
    3. Merancang gebyar wirausaha

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Out Class
    2 X 50

    5%

    15

    Minggu ke 15

    Belajar bekerja terpadu (Magang) di UMKM

    Menggali praktik bisnis di UMKM

    Kriteria:

    rubrik holistik


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Model pembelajaran Group Investigation
    2 X 50

    5%

    16

    Minggu ke 16

    UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)


      Bentuk Penilaian :
      Tes

      2 X 50

      30%



      Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

      No Evaluasi Persentase
      1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
      2. Tes 50%
      100%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.