|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metode Penelitian |
2010189122 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
1 |
24 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-14 |
Memformulasikan ide ide baru (new research question/desain/model baru) di bidang teknik elektro dari hasil riset yang dilaksanakan untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang rekayasa |
PLO-15 |
Mampu mengintegrasikan sistem secara optimal serta mengevaluasi interaksi sistem terhadap aspek teknik, sosial, ekonomi, dan ekologi. |
PLO-16 |
Mengembangkan metode, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan menganalisis secara detail topik penelitian yang menjadi bidang konsentrasi masing-masing |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menguasai metode perancangan sistem rekayasateknik elektro terkini melalui proses penyusunan rencana projek
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-14 | PLO-15 | PLO-16 | PO-1 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah metodologi penelitian berisi tentang proses ilmiah tentang tahapan penelitian, Research Methodology: An Introduction, Defining the Research Problem, Research Design, Sampling Design, Measurement and Scaling Techniques, Methods of Data Collection, Processing and Analysis of Data, Sampling Fundamentals, Proses Testing, dan Interpretation and Report Writing. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE.
- Dodig-Crnkovic, G. (2002). COMPUTER SCIENCE IN A THEORY OF SCIENCE DISCOURSE. Master Thesis in Computer Science. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download;jsessionid=664AECAC339E0C2AD06D8BAF52BCDD0E?, doi=10.1.1.12.5766&rep=rep1&type=pdf
- Hong, L. Y. (2006). RESEARCH METHODS IN ENGINEERING AND SCIENCE. , http://www.wabri.org.au/postgrads/documents/RM sci_eng_notes/Eng_Leung.pdf
- Kumar, R. (2005). Research methodology – A step-by-step guide for beginners. SAGE.
- Liles, D.; Johnson, M.; Meade, L.; Underdown, D. (1995). Enterprise Engineering: A discipline?, Society for Enterprise Engineering (SEE) Conference, Orlando, FL, http://www.webs.twsu.edu/enteng/ENTENG1.html
|
Pendukung : |
|
- Liles, D.; Johnson, M.; Meade, L.; Underdown, D. (1995). Enterprise Engineering: A discipline?, Society for Enterprise Engineering (SEE) Conference, Orlando, FL, http://www.webs.twsu.edu/enteng/ENTENG1.html
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Lilik Anifah, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami tentang Research Methodology: An Introduction |
Mahasiswa mampu menjelaskan Research Methodology secara umum sesuai dengan bidang engineering |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem Based Learning dan DI 3 X 50 |
|
Materi: Research Methodology: An Introduction Pustaka: Dodig-Crnkovic, G. (2002). COMPUTER SCIENCE IN A THEORY OF SCIENCE DISCOURSE. Master Thesis in Computer Science. http://citeseerx.ist.psu.edu/...?, doi=10.1.1.12.5766&rep=rep1&type=pdf |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mendefinisikan Research Problem sesuai studi kasus yang diberikan |
Mahasiswa mampu mendefinisikan Research Problem sesuai studi kasus yang diberikan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem based learning 3 X 50 |
|
Materi: Research Problem sesuai studi kasus yang diberikan Pustaka: Kumar, R. (2005). Research methodology – A step-by-step guide for beginners. SAGE. Materi: Research Problem Pustaka: Hong, L. Y. (2006). RESEARCH METHODS IN ENGINEERING AND SCIENCE. , http://www.wabri.org.au/... sci_eng_notes/Eng_Leung.pdf |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mendesain riset sesuai studi literatu yang telah dilakukan |
Mahasiswa mampu mendesain riset sesuai studi literatu yang telah dilakukan |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 |
Project based learning 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mendesain riset sesuai studi literatu yang telah dilakukan |
Mahasiswa mampu mendesain riset sesuai studi literatu yang telah dilakukan |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 |
Project based learning 3 X 50 |
|
Materi: desain riset sesuai studi literatu yang telah dilakukan Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE. |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu melakukan Sampling Design dari rancangan penelitian yang telah dibuat |
Mahasiswa mampu melakukan Sampling Design dari rancangan penelitian yang telah dibuat |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 |
Project based learning 3 X 50 |
|
Materi: Sampling Design Pustaka: Dodig-Crnkovic, G. (2002). COMPUTER SCIENCE IN A THEORY OF SCIENCE DISCOURSE. Master Thesis in Computer Science. http://citeseerx.ist.psu.edu/...?, doi=10.1.1.12.5766&rep=rep1&type=pdf |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu melakukan measurement and Scaling Techniques |
Mahasiswa mampu melakukan measurement and Scaling Techniques |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project based learning 3 X 50 |
|
Materi: measurement and Scaling Techniques Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu melakukan measurement and Scaling Techniques |
Mahasiswa mampu melakukan measurement and Scaling Techniques |
Bentuk Penilaian : Tes |
Project based learning 3 X 50 |
|
Materi: Measurement and Scaling Techniques Pustaka: Dodig-Crnkovic, G. (2002). COMPUTER SCIENCE IN A THEORY OF SCIENCE DISCOURSE. Master Thesis in Computer Science. http://citeseerx.ist.psu.edu/...?, doi=10.1.1.12.5766&rep=rep1&type=pdf Materi: measurement and Scaling Techniques Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE. |
15% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa menyelesaikan project berupa draft proposal thesis dengan hasil sesuai dengan aturan penulisan proposal thesis |
Mahasiswa menyelesaikan project berupa draft proposal thesis dengan hasil sesuai dengan aturan penulisan proposal thesis bagian bab 1 dan riset review |
Kriteria:
Skor penilaian 0 - 100 sesuai kualitas projek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning 3 X 50 |
|
|
30% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat berlatih mengimplementasikan Methods of Data Collection dalam riset sesuai dengan bidang |
Mahasiswa dapat mengimplementasikan Methods of Data Collection dalam riset sesuai dengan bidang |
|
Project based learning 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memilih Processing and Analysis of Data sesuai dengan bidang dan kasus yang telah dilakukan review |
Mahasiswa mampu memilih Processing and Analysis of Data sesuai dengan bidang dan kasus yang telah dilakukan review |
|
Project based learning 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memilih Processing and Analysis of Data sesuai dengan bidang dan kasus yang telah dilakukan review |
Mahasiswa mampu memilih Processing and Analysis of Data sesuai dengan bidang dan kasus yang telah dilakukan review |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project based learning 3 X 50 |
|
Materi: Processing and Analysis of Data sesuai dengan bidang dan kasus yang telah dilakukan review Pustaka: Hong, L. Y. (2006). RESEARCH METHODS IN ENGINEERING AND SCIENCE. , http://www.wabri.org.au/... sci_eng_notes/Eng_Leung.pdf |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis |
Mahasiswa mampu mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis |
|
Project based learning 3 X 50 |
|
Materi: mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE. |
0% |
13
Minggu ke 13 |
mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan presentasi 3x50 menit |
|
Materi: mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE. Materi: Proses Testing Pustaka: Dodig-Crnkovic, G. (2002). COMPUTER SCIENCE IN A THEORY OF SCIENCE DISCOURSE. Master Thesis in Computer Science. http://citeseerx.ist.psu.edu/...?, doi=10.1.1.12.5766&rep=rep1&type=pdf |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui rencana riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji |
Keaktifan dalam diskusi |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3x50 menit |
|
Materi: mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis Pustaka: Kumar, R. (2005). Research methodology – A step-by-step guide for beginners. SAGE. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui rencana riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji |
Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui rencana riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 Bentuk Penilaian : Tes |
Diskusi dan presentasi 3x50 menit |
|
Materi: mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis Pustaka: Kumar, R. (2005). Research methodology – A step-by-step guide for beginners. SAGE. |
15% |
16
Minggu ke 16 |
Presentasi projek |
Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro melalui pendekatan inter atau multidisipliner melalui rencana riset yang disusun. |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Presentasi projek 3x50 menit |
|
Materi: Proposal riset/thesis Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE. Materi: Presentasi projek Pustaka: Liles, D.; Johnson, M.; Meade, L.; Underdown, D. (1995). Enterprise Engineering: A discipline?, Society for Enterprise Engineering (SEE) Conference, Orlando, FL, http://www.webs.twsu.edu/... |
30% |