Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metode Penelitian

2010189122

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

24 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-14

Memformulasikan ide ide baru (new research question/desain/model baru) di bidang teknik elektro dari hasil riset yang dilaksanakan untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang rekayasa

PLO-15

Mampu mengintegrasikan sistem secara optimal serta mengevaluasi interaksi sistem terhadap aspek teknik, sosial, ekonomi, dan ekologi.

PLO-16

Mengembangkan metode, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan menganalisis secara detail topik penelitian yang menjadi bidang konsentrasi masing-masing

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menguasai metode perancangan sistem rekayasateknik elektro terkini melalui proses penyusunan rencana projek

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-14PLO-15PLO-16
PO-1     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah metodologi penelitian berisi tentang proses ilmiah tentang tahapan penelitian, Research Methodology: An Introduction, Defining the Research Problem, Research Design, Sampling Design, Measurement and Scaling Techniques, Methods of Data Collection, Processing and Analysis of Data, Sampling Fundamentals, Proses Testing, dan Interpretation and Report Writing.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE.
  2. Dodig-Crnkovic, G. (2002). COMPUTER SCIENCE IN A THEORY OF SCIENCE DISCOURSE. Master Thesis in Computer Science. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download;jsessionid=664AECAC339E0C2AD06D8BAF52BCDD0E?, doi=10.1.1.12.5766&rep=rep1&type=pdf
  3. Hong, L. Y. (2006). RESEARCH METHODS IN ENGINEERING AND SCIENCE. , http://www.wabri.org.au/postgrads/documents/RM sci_eng_notes/Eng_Leung.pdf
  4. Kumar, R. (2005). Research methodology – A step-by-step guide for beginners. SAGE.
  5. Liles, D.; Johnson, M.; Meade, L.; Underdown, D. (1995). Enterprise Engineering: A discipline?, Society for Enterprise Engineering (SEE) Conference, Orlando, FL, http://www.webs.twsu.edu/enteng/ENTENG1.html

Pendukung :

  1. Liles, D.; Johnson, M.; Meade, L.; Underdown, D. (1995). Enterprise Engineering: A discipline?, Society for Enterprise Engineering (SEE) Conference, Orlando, FL, http://www.webs.twsu.edu/enteng/ENTENG1.html

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Lilik Anifah, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami tentang Research Methodology: An Introduction

Mahasiswa mampu menjelaskan Research Methodology secara umum sesuai dengan bidang engineering

Kriteria:

Skor penilaian 0-100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem Based Learning dan DI
3 X 50

Materi: Research Methodology: An Introduction
Pustaka: Dodig-Crnkovic, G. (2002). COMPUTER SCIENCE IN A THEORY OF SCIENCE DISCOURSE. Master Thesis in Computer Science. http://citeseerx.ist.psu.edu/...?, doi=10.1.1.12.5766&rep=rep1&type=pdf
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mendefinisikan Research Problem sesuai studi kasus yang diberikan

Mahasiswa mampu mendefinisikan Research Problem sesuai studi kasus yang diberikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem based learning
3 X 50

Materi: Research Problem sesuai studi kasus yang diberikan
Pustaka: Kumar, R. (2005). Research methodology – A step-by-step guide for beginners. SAGE.

Materi: Research Problem
Pustaka: Hong, L. Y. (2006). RESEARCH METHODS IN ENGINEERING AND SCIENCE. , http://www.wabri.org.au/... sci_eng_notes/Eng_Leung.pdf
0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mendesain riset sesuai studi literatu yang telah dilakukan

Mahasiswa mampu mendesain riset sesuai studi literatu yang telah dilakukan

Kriteria:

Skor penilaian 0-100

Project based learning
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mendesain riset sesuai studi literatu yang telah dilakukan

Mahasiswa mampu mendesain riset sesuai studi literatu yang telah dilakukan

Kriteria:

Skor penilaian 0-100

Project based learning
3 X 50

Materi: desain riset sesuai studi literatu yang telah dilakukan
Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE.
0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu melakukan Sampling Design dari rancangan penelitian yang telah dibuat

Mahasiswa mampu melakukan Sampling Design dari rancangan penelitian yang telah dibuat

Kriteria:

Skor penilaian 0-100

Project based learning
3 X 50

Materi: Sampling Design
Pustaka: Dodig-Crnkovic, G. (2002). COMPUTER SCIENCE IN A THEORY OF SCIENCE DISCOURSE. Master Thesis in Computer Science. http://citeseerx.ist.psu.edu/...?, doi=10.1.1.12.5766&rep=rep1&type=pdf
0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu melakukan measurement and Scaling Techniques

Mahasiswa mampu melakukan measurement and Scaling Techniques

Kriteria:

Skor penilaian 0-100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project based learning
3 X 50

Materi: measurement and Scaling Techniques
Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu melakukan measurement and Scaling Techniques

Mahasiswa mampu melakukan measurement and Scaling Techniques


Bentuk Penilaian :
Tes
Project based learning
3 X 50

Materi: Measurement and Scaling Techniques
Pustaka: Dodig-Crnkovic, G. (2002). COMPUTER SCIENCE IN A THEORY OF SCIENCE DISCOURSE. Master Thesis in Computer Science. http://citeseerx.ist.psu.edu/...?, doi=10.1.1.12.5766&rep=rep1&type=pdf

Materi: measurement and Scaling Techniques
Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE.
15%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa menyelesaikan project berupa draft proposal thesis dengan hasil sesuai dengan aturan penulisan proposal thesis

Mahasiswa menyelesaikan project berupa draft proposal thesis dengan hasil sesuai dengan aturan penulisan proposal thesis bagian bab 1 dan riset review

Kriteria:

Skor penilaian 0 - 100 sesuai kualitas projek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning
3 X 50

30%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat berlatih mengimplementasikan Methods of Data Collection dalam riset sesuai dengan bidang

Mahasiswa dapat mengimplementasikan Methods of Data Collection dalam riset sesuai dengan bidang

Project based learning
3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memilih Processing and Analysis of Data sesuai dengan bidang dan kasus yang telah dilakukan review

Mahasiswa mampu memilih Processing and Analysis of Data sesuai dengan bidang dan kasus yang telah dilakukan review

Project based learning
3 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memilih Processing and Analysis of Data sesuai dengan bidang dan kasus yang telah dilakukan review

Mahasiswa mampu memilih Processing and Analysis of Data sesuai dengan bidang dan kasus yang telah dilakukan review


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project based learning
3 X 50

Materi: Processing and Analysis of Data sesuai dengan bidang dan kasus yang telah dilakukan review
Pustaka: Hong, L. Y. (2006). RESEARCH METHODS IN ENGINEERING AND SCIENCE. , http://www.wabri.org.au/... sci_eng_notes/Eng_Leung.pdf
0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis

Mahasiswa mampu mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis

Project based learning
3 X 50

Materi: mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis
Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE.
0%

13

Minggu ke 13

mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan presentasi
3x50 menit

Materi: mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis
Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE.

Materi: Proses Testing
Pustaka: Dodig-Crnkovic, G. (2002). COMPUTER SCIENCE IN A THEORY OF SCIENCE DISCOURSE. Master Thesis in Computer Science. http://citeseerx.ist.psu.edu/...?, doi=10.1.1.12.5766&rep=rep1&type=pdf
0%

14

Minggu ke 14

Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui rencana riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji

Keaktifan dalam diskusi

Kriteria:

Skor penilaian 0-100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
3x50 menit

Materi: mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis
Pustaka: Kumar, R. (2005). Research methodology – A step-by-step guide for beginners. SAGE.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui rencana riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji

Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui rencana riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji

Kriteria:

Skor penilaian 0-100


Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi dan presentasi
3x50 menit

Materi: mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis
Pustaka: Kumar, R. (2005). Research methodology – A step-by-step guide for beginners. SAGE.
15%

16

Minggu ke 16

Presentasi projek

Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro melalui pendekatan inter atau multidisipliner melalui rencana riset yang disusun.

Kriteria:

Skor penilaian 0-100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Presentasi projek
3x50 menit

Materi: Proposal riset/thesis
Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE.

Materi: Presentasi projek
Pustaka: Liles, D.; Johnson, M.; Meade, L.; Underdown, D. (1995). Enterprise Engineering: A discipline?, Society for Enterprise Engineering (SEE) Conference, Orlando, FL, http://www.webs.twsu.edu/...
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 45%
3. Tes 45%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.