Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Microteaching

8320704105

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

22 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Drs. Bambang Sujatmiko, M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Menguasai konsep, model pembelajaran inovatif, dan program pengajaran di bidang teknologi informasi yang relevan dengan perkembangan teknologi terkini.

PLO-13

Mampu mengembangkan produk pendidikan atau sumber belajar yang inovatif dengan menggunakan strategi berbasis desain ilmiah untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang dapat diintegrasikan dengan TIK.

PLO-14

Mampu mengembangkan program pengajaran di bidang teknologi informasi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep dan model pembelajaran inovatif dalam perancangan dan pelaksanaan kegiatan microteaching (C3)

PO - 2

Menganalisis efektivitas penggunaan teknologi informasi dalam mendukung kegiatan pembelajaran pada sesi microteaching (C4)

PO - 3

Mengevaluasi dan memberikan umpan balik terhadap pelaksanaan microteaching rekan sejawat berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan (C5)

PO - 4

Menciptakan strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif yang terintegrasi dengan teknologi informasi untuk kegiatan microteaching (C6)

PO - 5

Menerapkan berbagai model pembelajaran teknologi informasi dalam situasi nyata melalui kegiatan microteaching (C3)

PO - 6

Menganalisis dan menyesuaikan materi pembelajaran dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik dalam konteks microteaching (C4)

PO - 7

Mengevaluasi penggunaan media dan teknologi pembelajaran dalam sesi microteaching berdasarkan teori dan praktik terbaik (C5)

PO - 8

Menciptakan dan mengimplementasikan inovasi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi terkini dalam microteaching (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip desain instruksional dalam pengembangan materi dan kegiatan pembelajaran untuk microteaching (C3)

PO - 10

Menganalisis hasil evaluasi microteaching untuk perbaikan dan pengembangan strategi pengajaran selanjutnya (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-13PLO-14
PO-1  
PO-2 
PO-3 
PO-4  
PO-5 
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Microteaching pada program studi Pendidikan Teknologi Informasi bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran secara mikro. Mahasiswa akan mempraktikkan kemampuan mengajar di depan teman sekelas atau dosen pengampu dengan fokus pada teknik pengajaran yang efektif. Ruang lingkup mata kuliah ini mencakup pemahaman terhadap prinsip-prinsip pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, manajemen kelas, serta kemampuan refleksi terhadap proses pengajaran yang telah dilakukan.

Pustaka

Utama :

  1. > Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, danAplikasi. Jakarta: Grasindo.
  2. Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  3. Makawimbang, J.E. 2013. Supervisi KlinisTeori Dan Pengukurannya (Analisis di bidangPendidikan). Bandung: Alfabeta
  4. UPT-P4 Unesa. 2014. Pedoman Pengalaman Lapangan. Surabaya: University Press.
  5. Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill International Edition.
  6. Slavin, R.E. 2011. PsikologiPendidikan (TeoridanPraktik) (Terjemahan). Jakarta: PT Indeks.
  7. Baroncelli, Stefania., Farneti, Roberto., Horga, Ioan., Vanhoonacker , Sophie (eds). 2014. Teaching and Learning the European Union: Traditional and Innovative Method.Dordrecht: Springer.
  8. Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd.

Drs. Bambang Sujatmiko, M.T.

SETYA CHENDRA WIBAWA

Dr. Yeni Anistyasari, S.Pd., M.Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.