Universitas Negeri Surabaya Fakultas Teknik Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
Kode Dokumen
SEMESTER LEARNING PLAN
Course
KODE
Rumpun MataKuliah
Bobot Kredit
SEMESTER
Tanggal Penyusunan
Teknologi Makanan II
8321102073
T=2
P=0
ECTS=3.18
6
22 November 2024
OTORISASI
Pengembang S.P
Koordinator Rumpun matakuliah
Koordinator Program Studi
.......................................
.......................................
Dr. Hj. Sri Handajani, S.Pd., M.Kes.
Model Pembelajaran
Case Study
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah
Program Objectives (PO)
Matrik PLO-PO
PO
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)
PO
Minggu Ke
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
Memberikan pemahaman tentang penerapan konsep teknologi pangan dan melakukan praktek pengolahan aneka produk pangan yang berasal dari sumber nabati dan hewani dengan mengacu pada konsep kendali mutu dan metode sensoris yang tepat. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik dengan model pembelajaran praktikum. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan presentasi kelompok dan refleksi
Pustaka
Utama :
Desrosier, W. 1988. Teknologi Pengawetan Pangan. UI Press. Jakarta.
Potter, N.N. 1995. Food Science. Chapman & Hall. New York.
Purnomo, H. 1996. Dasar-dasar Pengolahan dan Pengawetan Daging. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.
Soeparno. 2005. Ilmu dan Teknologi Daging. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Sulandari, L dan Pangesthi, L.T. 2013. Teknologi Tepat Guna Pengolahan Pangan Kornet Dengan Angkak Dan Salpeter Penelitian Hibah Bersaing
Sulandari, L dan Pangesthi, L.T. 2014. Teknologi Tepat Guna Pengolahan Pangan Sosis Dengan Angkak Dan Salpeter Luaran Penelitian Hibah Bersaing.
Pudjimulyani, D. 2009. Teknologi Pengolahan Sayur-sayuran dan Buah-buahan. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Pendukung :
Dosen Pengampu
Dr. Ir. Asrul Bahar, M.Pd.
Lilis Sulandari, S.Pt., M.P.
Minggu Ke-
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot Penilaian (%)
Indikator
Kriteria & Bentuk
Luring (offline)
Daring (online)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
1
Minggu ke 1
0%
2
Minggu ke 2
0%
3
Minggu ke 3
0%
4
Minggu ke 4
0%
5
Minggu ke 5
0%
6
Minggu ke 6
0%
7
Minggu ke 7
0%
8
Minggu ke 8
0%
9
Minggu ke 9
0%
10
Minggu ke 10
0%
11
Minggu ke 11
0%
12
Minggu ke 12
0%
13
Minggu ke 13
0%
14
Minggu ke 14
0%
15
Minggu ke 15
0%
16
Minggu ke 16
0%
Rekap Persentase Evaluasi : Case Study
No
Evaluasi
Persentase
0%
Catatan
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.