Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF

8510404024

T=4

P=0

ECTS=10.08

1

1 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Drs. T. CHOLIK MUTOHIR, MA., Ph.D.




.......................................




Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memetakan dan menguraikan konsep-konsep dasar epistemologi dalam hubungannya dengan metodologi penelitian lanjut bidang keolahragaan (PENJAS) serta mampu mengimplementasikan sebagai landasan dan subjek analisis berbagai persoalan keolahragaan.

PO - 2

Sub-CPMK1 Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian kuantitatif olahraga (PENJAS)

PO - 3

Sub-CPMK2 Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian kualitatif olahraga (PENJAS)

PO - 4

Sub-CPMK3 Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian mixed merthod olahraga (PENJAS)

PO - 5

Sub-CPMK4 Mampumengidentifiksi masalah, mengumpulkan data, menganalisis data, dan memecahkan masalah berbasis data memetakan medan kajian filsafat olahraga

PO - 6

Sub-CPMK5 Mampu Menyusun proposal penelitian dalam PENJAS yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Penjabaran implementasi filsafat olahraga sebagai landasan dan subjek analisis berbagai persoalan keolahragaan dalam tiga matra, yakni ontologi, aksiologi, dan epistemologi.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
  2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
  3. Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2017). Designing and Conducting Mixed Methods Research (3rd ed.). SAGE Publications.
  4. Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). SAGE Publications.
  5. Flick, U. (2018). An Introduction to Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.
  6. Hyllegard, R., Mood, D.P, Morrow, J.R. (1996). Interpreeting Research in Sport and Exercise Science. %th Edition. St. Louis: Mosby
  7. Thomas, J.R., Nelson, J.K, Silverman, S.J. (2011). Research Methods in Physical Activity. 6th Edition. Chapaign Il: Human Kinetics
  8. Maxwell, J. A. (2013). Qualitative Research Design: An Interactive Approach (3rd ed.). SAGE Publications.
  9. Teddlie, C., & Tashakkori, A. (2009). Foundations of Mixed Methods Research: Integrating Quantitative and Qualitative Approaches in the Social and Behavioral Sciences. SAGE Publications

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Drs. H. Toho Cholik Mutohir, M.A., Ph.D.

Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd., M.Pd.

Junaidi Budi Prihanto, S.KM., M.KM., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian lanjut dalam olahraga meliputi: KUAN, KUAL, & MIXED METHOD

  1. Menjelaskan beberapa konsep Metode penelitian lanjut
  2. Menunjukkan Karakteristik penelitian lanjut
  3. Mengapresiasi berbagai pendekatan Penelitian KUAN. KUAL & MIXED METHOD
Kriteria:

Nilai penuh (10%) diperoleh apabila menjawab dengan selengkap mungkin minimal dari dua referensi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
400 menit
Menganalisis dan mendiskusikan tema penelitian lanjut dengan metode KUAN, KUAL & MIXED METHOD
0%

2

Minggu ke 2

Mampu merumuskan masalah, identifikasi variabel dan hipotesis, desain pengumpulan dan analisis data, interpretasi dan penarikan simpulan dalam Penelitian Lanjut KUAN, KUAL & MIXED METHOD

  1. Mendiskusikan tugas-tugas terkait langkah-langkah Penelitian Lanjut KUAN, KUAL & MIXED METHOD.
  2. Menganalisis kritis artikel penelitian KUAN, KUAL & MIXED METHOD dari Jurnal bereputasi identifikasi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
3x50
Membaca berbagai Artikel Penelitian KUAN, KUAL & MIXED METHOD dalam bidang keolahragaan
Membuat catatan skematik (PPT)terkait desain, masalah, variabel, kerangka berpikir, pengumpulan data, analisis data, dan simpulan
0%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian kuantitatif (KUAN) olahraga dengan pendekatan SURVE (1) dengan Deskriptif, Regresi & ANOVA

  1. Menjelaskan dan mendiskusikan penelitian KUAN lanjut.
  2. Mendisain Pendekatan Survei dengan analisis Korelasional Multivariate KUAN Olahraga

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan dan diskusi
400 menit
Menganalisis dan mendiskusikan tema penelitian KUAN lanjut dari Artikel Jurnal dengan pendekatan SURVE yang menggunakan analisis Statistik: Desktiptif, Regresi, dan ANOVA
0%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian kuantitatif (KUAN) olahraga dengan pendekatan SURVE (2) dengan Analisis Faktor & SEM

  1. Membaca berbagai Artikel terkait Penelitian KUAN Surve
  2. Mendisain Pendekatan Survei dengan analisis Korelasional Multivariate KUAN Olahraga, yakni Analisis Faktor dan SEM
Kriteria:

Nilai penuh (10%) diperoleh apabila menjawab dengan selengkap mungkin minimal dari dua referensi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawab
Menganalisis dan mendiskusikan tema penelitian KUAN lanjut dari Artikel Jurnal dengan pendekatan SURVEI dengan analisis Statistik Analisis Faktot dan SEM
0%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami dan beberapa menjelaskanpenelitian lanjut KUAL (1) dengan pendekatan Case Study, Ethnografi, Fenomenologi, & Grouded Theory.

  1. Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian KUAl lanjut
  2. Mendisain penelitian KUAL sesuai dengan masalah penelitian
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh (15%) apabila mengerjakan secara benar dan tepat waktu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
• Membaca berbagai tulisan tentang tugas- tugas Pnelitian KUAL Eksperimen
• Merefleksikan tugas Penelitian Lanjut KUAL tersebut sebagai subjek analisis sesuai karakteristiknya.
persoalan keilmuan
• Membuat catatan skematik (PPT) terkait Penelitian KUAL dan mendiskusikan dalam kelas
0%

6

Minggu ke 6

UTS mengidentifikasi kemampuan memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian KUAN & KUAL olahraga

Menyusun salah satu metode penelitian KUAN Lanjut dalam suatu Manuscript (2500-3000 kata)

Kriteria:

Nilai dengan kriteria manuscript ditulis sendiri berdasarkan atas: keakuratan, kedalaman, obyektivitas (bebas plagiasi 15%), dan ketepatan waktu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Mengerjakan UTS secara mandiri dengan open book
Materi: Dapat menggunakan sumber Pustaka secara terbuka 3x 24 jam
Pustaka:
0%

7

Minggu ke 7

Mampu mengalisis hasil penelitian KUAL dengan melakukan Reviu Jurnal secara sistematis

Mengidentifikasi artikel relevan, menganalisis dan mensintesis menjadi manuscript singkat (1500 kata)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
Mengerjakan Tugas Reviu Artikel yang dipilih
0%

8

Minggu ke 8

Mampu mendisain penelitian KUAL (1) dengan pendalaman pada Studi Kasus & Fenomenologi

  1. Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian KUAL lanjut (Studi Kasus & Fenomenologi) .
  2. Mendisain penelitian KUAL dengan pendekatan Studi Kasus atau Fenomenologi.
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh (15%) apabila mengerjakan secara benar dan tepat waktu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
3x50
•Menganalisis artikel terkait tugas- tugas Penelitian KUAL focus pada pendekatan Studi Kasus dan Fenomenologi
• Membuat catatan skematik (PPT) hasil analisis Artikel tersebut dan Didiskusikan dalam seminar di kelas.
0%

9

Minggu ke 9

Mampu mendisain penelitian KUAL (2) dengan pendalaman pada Ethnografi & Grouded Research

  1. Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian KUAL lanjut (Ethnografi & Grounded Research)
  2. Mendisain penelitian KUAL dengan pendekatan Ethnografi & Grounded Research
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh (15%) apabila mengerjakan secara benar dan tepat waktu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
3x50
•Menganalisis artikel terkait tugas- tugas Penelitian KUAL focus pada pendekatan Studi Kasus dan Fenomenologi
• Membuat catatan skematik (PPT) hasil analisis Artikel tersebut dan Didiskusikan dalam seminar di kelas.
0%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami, menjelaskan, dan mendisain penelitian Mixed Method dengan model Sequential

  1. Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian MIXED METHOD (Model Sequential) .
  2. Mendisain penelitian MIXED METHOD (Model Sequential)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Luring
3x50
•Menganalisis artikel terkait tugas- tugas Penelitian MIXED METHOD fokus pada model Sequential.
• Membuat catatan skematik (PPT) hasil analisis Artikel tersebut dan Didiskusikan dalam seminar di kelas.
0%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami, menjelaskan, dan mendisain penelitian Mixed Method dengan model Integrated

  1. Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian MIXED METHOD (Model Integrated)
  2. Mendisain penelitian MIXED METHOD (Model Integrated)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50
•Menganalisis artikel terkait tugas- tugas Penelitian MIXED METHOD fokus pada model Integrated.
• Membuat catatan skematik (PPT) hasil analisis Artikel tersebut dan Didiskusikan dalam seminar di kelas.
0%

12

Minggu ke 12

UAS mengidentifikasi kemampuan memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian KUAN & KUALatau MIXED METHOD ke dalam PROPOSAL PENELITIANDISERTASI dalam bidang olahraga

Menyususn Proposal Penelitian Disertasi (S3) sesuai topik yang dipilih dengan standar Penulisan Proposal PPS UNESA

Kriteria:

Nilai dengan kriteria manuscript ditulis sendiri berdasarkan atas: keakuratan, kedalaman, obyektivitas (bebas plagiasi 15%), dan ketepatan waktu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Mengerjakan UTS secara mandiri dengan open book
Materi: Dapat menggunakan sumber Pustaka secara terbuka 6 x 24 jam dan dilaporkan 24 Jam sebelum penutupan penyerahan Nilai Akhir
Pustaka:
40%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Portofolio 40%
40%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.