Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S3 Pendidikan Vokasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian Inovasi Pendidikan

8300102240

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

25 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Meini Sondang Sumbawati, M.Pd




Prof. Dr. Joko, M.Pd. MT.




Prof. Dr. Ratna Suhartini, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai filsafat ilmu, filsafat, konsep dan teori dalam bidang pendidikan vokasi dan ilmu murni dalam bidangnya

PLO-6

Mampu mengkaji teori kependidikan vokasi secara mendalam dan interdisipliner ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di dalam bidang keilmuan vokasi melalui inter, multi/trandisipliner

PLO-10

Mampu menyelesaikan masalah pendidikan dan pembelajaran dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, orijinal, teruji, dan bermanfaat bagi pengembangan keilmuan.

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-10

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Inovasi diperlukan dalam bidang pendidikan sehingga dapat mempersiapkan mahasiswa untuk menyesuaikan diri dalam dunia yang kompetitif dan selalu berubah sesuai perkembangan teknologi teknologi yang sangat pesat positip dan sulit diprediksi, menjadi lebih mudah diakses, hemat biaya, hasilnya efetif dan efisien. Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal terkait inovasi pendidikan bidang vokasi. Kajian mencakup inovasi - inovasi pendidikan (keberhasilan, kegagalan, dan solusi), kurikulum, organisasi, kebijakan, teknologi pendidikan, model/pendekatan/metode pembelajaran penilaian atau evaluasi, pembelajaran yang efektif, pembelajaran abad 21, pembelajaran era society 5.0, self regulated learning, termasuk self regulated learning dan evolusi akademik dari pedagogi ke andragogi, pembelajaran keterampilan pemecahan masalah, pendidikan dan pelatihan kejuruan dalam dunia kerja yang berubah, pendidikan cerdas dalam industri 5.0, pendidikan komparatif di era persaingan dan kolaborasi, karakteristik inovasi pendidikan, penggunaan teknologi yang inovatif dalam pendidikan, dan strategi inovatif dalam pendidikan dan pelatihan teknis dan kejuruan. Pembelajaran dilakukan dengan penugasan menelusur sumber informasi, mengkaji buku-buku, jurnal-jurnal, diskusi, presentasi, refleksi, dan menggunakan pendekatan inkuiri.

Pustaka

Utama :

  1. Peter Serdyukov, 2017. Innovation in education: what works, what doesn’t, and what to do about it?. Journal of Research in Innovative Teaching & Learning Vol. 10 (1), 4-33 https://doi.org/10.1108/JRIT-10-2016-0007
  2. Yarbrough, J. R. & Hughes, P. C. (2022). Self-Directed Learning for the Knowledge Worker. In P. Hughes & J. Yarbrough (Eds.), Self-Directed Learning and the Academic Evolution From Pedagogy to Andragogy (pp. 1-14). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-7661-8.ch001
  3. Simon Mcgrath, Martin Mulder, Joy Papier, & Rebecca Suart, 2018. Handbook of Vocational Education and Training: Developments in the Changing World of 11. Work. Foundations of Competence-Based Vocational Education and Training. Springer Nature Switzerland AG 2019, DOI: 10.1007/978-3-319-49789-1 https://www.igi-global.com/gateway/book/264894
  4. Y. Supriya. Et al., 2024. Industry 5.0 in Smart Education: Concepts,Applications, Challenges, Opportunities, and Future Directions. IEEE ACCESS, Volume 12,2024 http://dx.doi.org/10.1109/ACCESS.2024.3401473
  5. IIESALC, 2021. Thinking higher and beyond perspectives on the futures of higher education to 2050. France and UNESCO International Institute for Higher Education in Latin America and the Caribbean (IESALC). https://www.iau-hesd.net/action/report-thinking-higher-and-beyond-perspectives-futures-higher-education-2050-2021
  6. Justin J. W. Powell. 2020. Comparative education in an age of competition and collaboration. Comparative Education, VoL. 56, No. 1, 57–78. https://doi.org/10.1080/03050068.2019.1701248
  7. Juli Setio, Rama Satria, Karoma, and Fajri Ismail, 2024. Analysing the Characteristics of Educational Innovation: A Literature Review of Theory and Practice. IJHESS, Vol. 6, No. 3, July 2024, pp. 691~694 https://doi.org/10.56338/ijhess.v6i3.5450
  8. Larisa V. Shavinina. 25 Mar 2013 ,The fundamentals of innovation education from: The Routledge International Handbook of Innovation Education Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203387146 Harish Kumar & Richa Sharma, 2018. Innovation in education. House Pvt. Ltd., New Delhi
  9. Fengchun Miao & JET Education Services, 2022. Innovative use of technology in education. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, Unesco https://unesdoc.unesco.org/in/rest/annotationSVC/DownloadWatermarkedAttachment/attach_import_37402ade-94dd-452c-b286-5feb79110835?_=383555eng.pdf
  10. Alzet Rama, Ambiyar Ambiyar, Remon Lapisa, Unung Verawardina. Innovative strategies in technical and vocational education and training. Jurnal IICT, Vol 2 No 9 2023 pp 1070-1097 http://dx.doi.org/10.29210/1202323361

Pendukung :

  1. A. Muhammad Syafar, Hamsu Abdul Gani, & Muhammad Agung, 2024. Model pembelajaran berbasis augmented dan virtual reality. CV.Eureka Media Aksara, Purbalingga
  2. Harish Kumar & Richa Sharma, 2018. Innovation in education. House Pvt. Ltd., New Delhi
  3. Hendro Wijayanto & Paulus Harsadi, 2019. Modul Transformasi digital. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&cluster=4994272928219962120
  4. Jerome C Glenn and The Millennium Project Team. work/technology 2050 global scenarios and actions. 2019 The Millennium Project, Washington, D.C. https://www.millennium-project.org/projects/workshops-on-future-of-worktechnology-2050-scenarios/
  5. Jennifer D. Robinson Pharm &Adam M. Persky, 2020. Developing Self-Directed Learners American Journal of Pharmaceutical Education Vol. 84, Issue 3, 1 March 2020, 847512. https://doi.org/10.5688/ajpe847512

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Any Sutiadiningsih, M.Si.

Dr. Meini Sondang Sumbawati, M.Pd.

Prof. Dr. Joko, M.Pd., M.T.

Dr. Theodorus Wiyanto Wibowo, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

menganalisis karakteristik inovasi pendidikan

Pemahaman tentang konsep dasar inovasi pendidikan

Kriteria:

Kejelasan pemahaman konsep dasar dan kontribusi diskusi.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi dan brain storming
100

Materi: Pengantar Mata Kuliah dan Konsep Green TVET
Pustaka: Justin J. W. Powell. 2020. Comparative education in an age of competition and collaboration. Comparative Education, VoL. 56, No. 1, 57–78. https://doi.org/...
5%

2

Minggu ke 2

Faktor-faktor yang berpengaruh pada inovasi pendidikan

Analisis relevansi prinsip keberlanjutan dalam pendidikan vokasi.

Kriteria:

Kedalaman analisis dan penggunaan referensi yang tepat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi dan diskusi singkat; penugasan secara perorangan
100

Materi: Filosofi dan Prinsip Keberlanjutan dalam Green TVET
Pustaka: Hendro Wijayanto & Paulus Harsadi, 2019. Modul Transformasi digital. https://scholar.google.co.id/...
5%

3

Minggu ke 3

menganalisis pengaruh tren nasional, internasional dan teknologi pendidikan dalam inovasi pendidikan

Analisis relevansi prinsip keberlanjutan dalam pendidikan vokasi.

Kriteria:

Kedalaman analisis dan penggunaan referensi yang tepat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi dan diskusi singkat; penugasan secara perorangan

Materi: Filosofi dan Prinsip Keberlanjutan dalam Green TVET
Pustaka: A. Muhammad Syafar, Hamsu Abdul Gani, & Muhammad Agung, 2024. Model pembelajaran berbasis augmented dan virtual reality. CV.Eureka Media Aksara, Purbalingga
0%

4

Minggu ke 4

Menganalisis pengaruh tren science dan teknologi informasi dalam inovasi pendidikan

Kemampuan menjelaskan strategi implementasi yang efektif.

Kriteria:
  1. Non tes
  2. Kejelasan analisis dan contoh strategi implementasi.
  3. Strategi Implementasi Green TVET
Studi kasus, diskusi kelompok
100

5%

5

Minggu ke 5

Inovasi pendidikan ditinjau dari kewirausahaan

Analisis potensi teknologi ramah lingkungan dalam pendidikan vokasi.

Kriteria:

Ketepatan analisis dan contoh implementasi teknologi.

Presentasi dan diskusi

Materi: Teknologi Ramah Lingkungan dalam Pendidikan Vokasi
Pustaka: Fengchun Miao & JET Education Services, 2022. Innovative use of technology in education. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, Unesco https://unesdoc.unesco.org/...
5%

6

Minggu ke 6

Mengevaluasi kurikulum dalam mendukung keberlanjutan.

Kemampuan mengevaluasi kurikulum pendidikan vokasi berbasis Green TVET.

Kriteria:

Ketepatan analisis kurikulum dan relevansi rekomendasi.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
study kasus
100

Materi: Kurikulum Pendidikan Vokasi Berbasis Green TVET
Pustaka: Y. Supriya. Et al., 2024. Industry 5.0 in Smart Education: Concepts,Applications, Challenges, Opportunities, and Future Directions. IEEE ACCESS, Volume 12,2024 http://dx.doi.org/...
10%

7

Minggu ke 7

Menganalisis praktik inovasi pendidikan global.

Kemampuan menganalisis praktik inovasi pendidikan di berbagai negara.

Kriteria:

Kedalaman analisis dan pembelajaran yang diambil.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi
100

Materi: Studi Kasus: Praktik Inovasi Pendidikan di Berbagai Negara
Pustaka: Hendro Wijayanto & Paulus Harsadi, 2019. Modul Transformasi digital. https://scholar.google.co.id/...
4%

8

Minggu ke 8

Mengidentifikasi faktor-faktor kunci dalam inovasi pendidikan.

Kemampuan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat inovasi pendidikan.

Kriteria:

Ketepatan identifikasi dan argumentasi pendukung.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi
100

Materi: Faktor Pendukung dan Penghambat Inovasi Pendidikan
Pustaka: Jerome C Glenn and The Millennium Project Team. work/technology 2050 global scenarios and actions. 2019 The Millennium Project, Washington, D.C. https://www.millennium-project.org/...
20%

9

Minggu ke 9

Mengklasifikasikan kategori inovasi; menganalisis dan mengevaluasi keberhasilan, kegagalan; dan mengkreasi solusi inovasi dalam pendidikan

  1. Menelusur sumber informasi perorangan
  2. Menyusun rangkuman materi singkat berisi mengklasifikasikan kategori inovasi; menganalisis dan mengevaluasi keberhasilan, kegagalan/hambatan; dan mengkreasi solusi inovasi dalam pendidikan (perorangan)
  3. Membuat PPT dan mempresentasikan (khusus ahasiswa ke -1)
  4. Merevisi rangkuman materi singkat
  5. Mengupload rangkuman materi singkat yang direvisi
  6. Partisipatif
Kriteria:
  1. Ketepatan dan kebaharuan sumber informasi, skor maks 10
  2. Ketepatan isi dan kualitas rangkuman materi singkat, berisi:A. Judul; B. Latar Belakang; C. Permasalahan; D. Tujuan; E. Kajian Pustaka : 1. Hasil analisis kategorisasi inovasi, 2. Hasil alisis dan evaluasi keberhasilan dan kegagalan/hambatan inovasi, 3. Kreasi inovasi untuk meningkatkan skala dan laju transformasi berbasis inovasi; F. Pembahasan; G. Simpulan dan Saran; H. Refleksi; dan J. Daftar pustaka. Skor maks 30
  3. Ketepatan isi dan kualitas rangkuman materi singkat yang telah direvisi, skor maks 5
  4. Ketepatan waktu upload rangkuman materi singkat yang direvisi, skor maks 5
  5. Partisipatif, skor min 50

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Presentasi dan diskusi singkat; penugasan menelusur sumber informasi klasifikasi inovasi, hambatan inovasi, dan mengkreasi cara meningkatkan skala dan laju transformasi berbasis inovasi dalam sistem pendidikan untuk dianalisis dan dievaluasi dan disimpulkan untuk dibuat rangkuman materi singkat dilengkapi simpulan; membuat dan mempresentasikan PPT dan mengupload pada goo
gle drive (khusus mahasiswa ke-1), dan melakukan refleksi. Rangkuman materi singkat masing-masing mahasiswa juga diupload pada google drive .
2 X 50
Materi: Innovation in education: what works, what doesn’t, and what to do about it?
Pustaka: Peter Serdyukov, 2017. Innovation in education: what works, what doesn’t, and what to do about it?. Journal of Research in Innovative Teaching & Learning Vol. 10 (1), 4-33 https://doi.org/...
3%

10

Minggu ke 10

Menganalisis, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran mandiri, pembelajaran seumur hidup, kepemimpinan pendidikan, dan pendidikan berbasis kompetensi

  1. Menelusur sumber informasi
  2. Menyusun rangkuman materi singkat
  3. Membuat, presentasi, dan upload PPT (mahasiswa ke 2)
  4. Merevisi rangkuman materi singkai dan upload perorangan
  5. Partisipatif
Kriteria:
  1. Ketepatan dan kebaharuan sumber informasi, skor maks 10
  2. Ketepatan isi dan kualitas rangkuman materi singkat: A. judul; B. Latar belakang; C. Permasalahan;D. Tujuan; E. Kajian pustaka (Analisis, evaluasi, dan kreasi: pembelajaran mandiri, pembelajaran seumur hidup, kepemimpinan pendidikan, pendidikan berbasis kompetensi, dan evolusi akademik dari pedagogi ke andragogi); F. Pembahasan; G. Simpulan dan Saran; H. Refleksi; dan I. Daftar pustaka. Skor maks 25
  3. Partisipasi dan keaktifan pada presentasi, Skor maks 5
  4. Ketepatan isi dan kualitasa rangkuman materi singkat setelah direvisi, skor maks 5
  5. Ketepatan waktu upload rangkuman materi singkat yang direvisi, skor maks 5
  6. Partisipatif, skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Presentasi dan diskusi singkat; penugasan perorangan menelusur sumber informasi; menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi pembelajaran mandiri, pembelajaran seumur hidup, kepemimpinan pendidikan, pendidikan berbasis kompetensi, dan evolusi akademik dari pedagogi ke andragogi; membuat rangkuman materi singkat; membuat PPT dan presentasi; dan melakukan refleksi.
2 X 50
Materi: Developing Self-Directed Learners
Pustaka: 11. Jennifer D. Robinson Pharm &Adam M. Persky, 2020. Developing Self-Directed Learners American Journal of Pharmaceutical Education Vol. 84, Issue 3, 1 March 2020, 847512. https://doi.org/......

Materi: Self-Directed Learning and the Academic Evolution From Pedagogy to Andragogy
Pustaka: Yarbrough, J. R. & Hughes, P. C. (2022). Self-Directed Learning for the Knowledge Worker. In P. Hughes & J. Yarbrough (Eds.), Self-Directed Learning and the Academic Evolution From Pedagogy to Andragogy (pp. 1-14). IGI Global. https://doi.org/...

Materi: Developing Self-Directed Learners
Pustaka: Jennifer D. Robinson Pharm &Adam M. Persky, 2020. Developing Self-Directed Learners American Journal of Pharmaceutical Education Vol. 84, Issue 3, 1 March 2020, 847512. https://doi.org/...
3%

11

Minggu ke 11

Menganalisis dan mengevaluasi pendidikan dan pelatihan kejuruan dalam perkembangan dunia kerja yang berubah

  1. Menelusur sumber informasi
  2. Menyusun rangkuman materi singkat individu dan upload di google drive
  3. Membuat dan presentasi PPT klasikal (mahasiswa ke-3)
  4. Merevisi dan upload rangkuman materi singkat individu
  5. Partisipatif
Kriteria:
  1. Ketepatan dan kebaharuan sumber informasi, skor maks 10
  2. Ketepatan isi dan kualitas rangkuman materi singkat: A. judul, B. Latar belakang, C. Permasalahan, D. Tujuan); E. Kajian pustaka (1. Hasil analisis dan evaluasi tren ekonomi dan pasar tenaga kerja saat ini - masa depan dan implikasinya bagi pendidikan VET, 2. Analisis dan evaluasi keterlibatan VET dengan pendekatan kekuatan dan agenda pembangunan manusia yang semakin meningkat dan berkelanjutan, 3. Analisis gagasan reformasi sistem dan teknologi pada skala yang berbeda di berbagai pengaturan, 4. Analisis dan evaluasi pembelajaran guru VET dari perspektif komparatif; F. Pembahasan; G. Simpulan dan Saran; H. Refleksi; dan I. Daftar pustaka. Skor maks 30
  3. Kualitas presentasi kelas (keaktifan, partisipasi, ketepatan menerima dan m, skor maks 5
  4. Ketepatan isi dan kualitas rangkuman materi singkat yang telah direvisi, dan ketepatan waktu , skor maks 5
  5. Partisipatif, skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi dan diskusi singkat; penugasan individu untuk menelusur sumber informasi untuk menganalisis: 1) tren ekonomi dan pasar tenaga kerja saat ini-masa depan dan implikasinya pada pendidikan VET, 2) keterlibatan VET dengan pendekatan kekuatan pembangunan manusia yang semakin meningkat dan berkelanjutan, 3) gagasan reformasi sistem dan teknologi tertentu di berbagai pengaturan, 4) pembelajaran guru VET dari perspektif komparatif; membuat rangkuman materi singkat; membuat dan presentasi PPT untuk mahasiswa ke-3 dan upload PPT
2 X 50

Materi: Developments in the changing world of work. Foundations of competence-based vocational education and training
Pustaka: Simon Mcgrath, Martin Mulder, Joy Papier, & Rebecca Suart, 2018. Handbook of Vocational Education and Training: Developments in the Changing World of 11. Work. Foundations of Competence-Based Vocational Education and Training. Springer Nature Switzerland AG 2019, DOI: 10.1007/978-3-319-49789-1 https://www.igi-global.com/...

Materi: Thinking higher and beyond perspectives on the futures of higher education to 2050
Pustaka: IIESALC, 2021. Thinking higher and beyond perspectives on the futures of higher education to 2050. France and UNESCO International Institute for Higher Education in Latin America and the Caribbean (IESALC). https://www.iau-hesd.net/...

Materi: The Millennium Project Team. work/technology 2050 global scenarios and actions
Pustaka: Jerome C Glenn and The Millennium Project Team. work/technology 2050 global scenarios and actions. 2019 The Millennium Project, Washington, D.C. https://www.millennium-project.org/...
3%

12

Minggu ke 12

  1. Menganalisis dan mengevaluasi pemenuhan kebutuhan manusia dan memberikan ketahanan serta pemahaman yang lebih baik tentang keberlanjutan.
  2. Menganalisis dan mengevaluasi peran Industri 5.0 dalam pendidikan cerdas.
  3. Menganalisis dan mengevaluasi skenario di sektor pendidikan saat ini dan tantangannya untuk menetapkan kebutuhan pendidikan 1.0 dan transisi progresifnya ke Pendidikan 4.0.
  4. Menganalisis dan mengevaluasi motivasi mengintegrasikan Industri 5.0 dengan pendidikan 4.0 dan teknologi pendukungnya
  5. Mendeskripsikan penerapan Industri 5.0 di berbagai sektor pendidikan
  6. Menganalisis dan mengevaluasi keberhasilan dan tantangan penerapan Industri 5.0 di berbagai sektor dan alternatif solusinya
  1. Menelusur sumber informasi
  2. Membuat rangkuman materi singkat individu
  3. Merevisi rangkuman materi singkat yang di singkat dan upload
  4. Partisipatif
Kriteria:
  1. Ketepatan isi dan kualitas rangkuman materi singkat: A. Judul; B. Pendahuluan; C. Permasalahan, D. Tujuan; E. Kajian Pustaka/Hasil Analisis : 1. Pemenuhan kebutuhan manusia dan memberikan ketahanan serta pemahaman keberlanjutan, 2. Peran Industri 5.0 dalam pendidikan cerdas, 3. Skenario di sektor pendidikan saat ini dan tantangannya untuk menetapkan kebutuhan pendidikan 1.0 dan transisi progresifnya ke pendidikan 4.0, 4. Motivasi mengintegrasikan Industri 5.0 dengan pendidikan 4.0 dan teknologi pendukungnya, 5. Mendeskripsikan penerapan Industri 5.0 di berbagai sektor pendidikan, 6. Keberhasilan dan tantangan penerapan Industri 5.0 di berbagai sektor dan alternatif solusinya; F. Pembahasan; G. Membuat simpulan dan saran; H. Refleksi; I. Daftar Pustaka. Skor maks 40.
  2. Ketepatan isi dan kualitasa rangkuman materi singkat yang direvisi, skor maks 5
  3. Ketepatan waktu upload, skor maks 5
  4. Partisipatif, skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi dipandu dosen; penugasan individu menelusur sumber informasi untuk membuat rangkuman materi berdasarkan hasil analisis dan evaluasinya tentang tentang: pemenuhan kebutuhan manusia dan memberikan ketahanan serta pemahaman keberlanjutan yang lebih baik, peran Industri 5.0 dalam pendidikan cerdas, skenario di sektor pendidikan saat ini dan tantangannya untuk menetapkan kebutuhan pendidikan 1.0 dan transisi progresifnya ke pendidikan 4.0, motivasi mengintegrasikan Industri 5.0 dengan pendidikan 4.0 dan teknologi pendukungnya, mendeskripsikan penerapan Industri 5.0 di berbagai sektor pendidikan, keberhasilan dan tantangan penerapan Industri 5.0 di berbagai sektor dan alternatif solusinya; dan refleksi.
2 X 50

Materi: Industry 5.0 in smart education
Pustaka: Y. Supriya. Et al., 2024. Industry 5.0 in Smart Education: Concepts,Applications, Challenges, Opportunities, and Future Directions. IEEE ACCESS, Volume 12,2024 http://dx.doi.org/...

Materi: Modul Transformasi digital
Pustaka: Hendro Wijayanto & Paulus Harsadi, 2019. Modul Transformasi digital. https://scholar.google.co.id/...
4%

13

Minggu ke 13

  1. Menganalisis dan mengevaluasi pendidikan komparatif di era persaingan dan kolaborasi
  2. Menganalisis dan mengevaluasi karakteristik inovasi pendidikan
  1. Menelusur sumber informasi
  2. Membuat rangkuman materi singkat hasil analisis dan evaluasi pendidikan komparatif di era persaingan dan kolaborasi, dan melakukan refleksi
  3. Membuat rangkuman materi singkat hasil analisis dan evaluasi karakteristik inovasi pendidikan dan melakukan refleksi
  4. Membuat PPT rangkuman materi singkat hasil analisis dan evaluasi pendidikan komparatif di era persaingan dan kolaborasi
  5. Membuat PPT rangkuman materi singkat hasil analisis dan evaluasi karakteristik inovasi pendidikan
  6. Presentasi PPT
  7. Melakukan revisi rangkuman materi singkat pendidikan komparatif di era persaingan dan kolaborasi
  8. Melakukan revisi rangkuman materi singkat karakteristik inovasi pendidikan
  9. Melakukan revisi PPT
  10. Partisipatif
Kriteria:
  1. Ketepatan dan kebaharuan sumber informasi , skor maks 5
  2. Ketepatan isi dan kualitas rangkuman materi singkat: A. Judul; B. Pendahuluan; C. Permasalahan, D. Tujuan; E. Kajian Pustaka/Hasil Analisis dan Evaluasi Pendidikan Komparatif di Era Persaingan dan Kolaborasi; F. Pembahasan; G. Simpulan dan Saran; H. Refleksi; I. Daftar Pustaka. Skor maks 15.
  3. Ketepatan isi dan kualitas rangkuman materi singkat: A. Judul; B. Pendahuluan; C. permasalahan, D. Tujuan; E. Kajian Pustaka/Hasil Analisis dan Evaluasi Karakteristik Inovasi Pendidikan; F. Pembahasan; G. Simpulan dan Saran; H. Refleksi; I. Daftar Pustaka. Skor maks 15.
  4. Ketepatan isi dan tampilan PPT, skor maks 5
  5. Kualitas presentasi kelas, skor maks 5
  6. Ketepatan waktu upload, skormaks 5
  7. Partisipatif, skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi dan diskusi singkat; penugasan secara berkelompok untuk menelusur sumber informasi untuk menganalisis dan mengevaluasi : 1) pendidikan komparatif di era persaingan dan kolaborasi, dan 2) karakteristik inovasi pendidikan; membuat rangkuman materi singkat; membuat PPT dan mempresentasikan (mahasiswa ke-1); serta melakukan refleksi. Rangkuman materi singkat dan PPT diupload pada google drive
2 X 50

Materi: Comparative education in age of competition and collaboration
Pustaka: Justin J. W. Powell. 2020. Comparative education in an age of competition and collaboration. Comparative Education, VoL. 56, No. 1, 57–78. https://doi.org/...

Materi: Analysing the characteristics of education
Pustaka: Juli Setio, Rama Satria, Karoma, and Fajri Ismail, 2024. Analysing the Characteristics of Educational Innovation: A Literature Review of Theory and Practice. IJHESS, Vol. 6, No. 3, July 2024, pp. 691~694 https://doi.org/...
4%

14

Minggu ke 14

Menganalisis dan mengevaluasi penggunaan teknologi inovatif dalam pendidikan

  1. Menelusur sumber informasi
  2. Membuat rangkuman materi singkat hasil analisis dan evaluasi penggunaan teknologi inovatif dalam pendidikan, dan melakukan refleksi perorangan
  3. Membuat PPT penggunaan teknologi inovatif dalam pendidikan dan mempresentasikan (mahasiswa ke-2)
  4. Melakukan revisi rangkuman materi singkatpenggunaan teknologi inovatif dalam pendidikan (perorangan)
  5. Partisipatif
Kriteria:
  1. Ketepatan dan kebaharuan sumber informasi , skor maks 10
  2. Ketepatan isi dan kualitas rangkuman materi singkat: A. Judul; B. Pendahuluan; C. Permasalahan, D. Tujuan; E. Kajian Pustaka/Hasil Analisis dan Evaluasi penggunaan teknologi inovatif dalam pendidikan; F. Pembahasan; G. Simpulan dan Saran; H. Refleksi; H. Daftar Pustaka. Skor maks 35.
  3. Ketepatan waktu upload, skor maks 5
  4. Partisipatif, skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi singkat; penugasan secara perorangan untuk menelusur sumber informasi untuk menganalisis dan mengevaluasi penggunaan teknologi yang inovatif dalam pendidikan; membuat rangkuman materi singkat perorangan dan membuat PPT serta mempresentasikan (mahasiswa ke 2); serta melakukan refleksi. Rangkuman materi singkat dan PPT diupload pada google drive
2 X 50

Materi: Innovative use of technology in education
Pustaka: Fengchun Miao & JET Education Services, 2022. Innovative use of technology in education. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, Unesco https://unesdoc.unesco.org/...

Materi: Innovation in education
Pustaka: Harish Kumar & Richa Sharma, 2018. Innovation in education. House Pvt. Ltd., New Delhi
4%

15

Minggu ke 15

Strategi inovatif dalam pendidikan dan pelatihan teknis dan kejuruan untuk mempercepat pengembangan sumber daya manusia

  1. Menelusur sumber informasi perorangan
  2. Membuat rangkuman materi singkat hasil analisis dan evaluasi Strategi inovatif dalam pendidikan dan pelatihan teknis dan kejuruan untuk mempercepat pengembangan sumber daya manusia, dan melakukan refleksi perorangan
  3. Membuat PPT Strategi inovatif dalam pendidikan dan pelatihan teknis dan kejuruan untuk mempercepat pengembangan sumber daya manusia (mahasiswa ke-3)
  4. Melakukan revisi rangkuman materi singkat Strategi inovatif dalam pendidikan dan pelatihan teknis dan kejuruan untuk mempercepat pengembangan sumber daya manusia (perorangan)
  5. Partisipatif
Kriteria:
  1. Ketepatan dan kebaharuan sumber informasi , skor maks 10
  2. Ketepatan isi dan kualitas rangkuman materi singkat: A. Judul; B. Pendahuluan; C. Permasalahan, D. Tujuan; E. Kajian Pustaka/Hasil Analisis dan Evaluasi Strategi inovatif dalam pendidikan dan pelatihan teknis dan kejuruan untuk mempercepat pengembangan sumber daya manusia; F. Pembahasan; G. Simpulan dan Saran; H. Refleksi; H. Daftar Pustaka. Skor maks 35.
  3. Ketepatan waktu upload, skor maks 5
  4. Partisipatif, skor min 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi singkat; penugasan secara perorangan untuk menelusur sumber informasi sebagai bahan menganalisis dan mengevaluasi Strategi inovatif dalam pendidikan dan pelatihan teknis dan kejuruan untuk mempercepat pengembangan sumber daya manusia; membuat rangkuman materi singkat perorangan dan membuat PPT serta mempresentasikan (mahasiswa ke 3); serta melakukan refleksi. Rangkuman materi singkat dan PPT diupload pada google drive
2 X 50

Materi: Innovative strategies in technical and vocational education and training
Pustaka: Alzet Rama, Ambiyar Ambiyar, Remon Lapisa, Unung Verawardina. Innovative strategies in technical and vocational education and training. Jurnal IICT, Vol 2 No 9 2023 pp 1070-1097 http://dx.doi.org/...

Materi: Model pembelajaran berbasis augmented dan virtual reality
Pustaka: A. Muhammad Syafar, Hamsu Abdul Gani, & Muhammad Agung, 2024. Model pembelajaran berbasis augmented dan virtual reality. CV.Eureka Media Aksara, Purbalingga
15%

16

Minggu ke 16

UAS

Kriteria:
  1. Pada tahapan selesai menyusun draft, skor maks 25
  2. Pada tahapan selesai perbaikan, skor maks 35
  3. Pada tahapan selesai review, skor maks 40
  4. Pada tahapan selesai finishing, skor maks 45
  5. Pada tahapan terbit, skor maks 50
  6. Partisipasi, skor min
  7. Partisipasi, skor min 50%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Penugasan diberikan pada saat kontrak kuliah secara berkelompok menyusun draft, perbaikan, direview, dan proses penerbitan paling akhir pada saat pelaksanaan ujian akhir semester
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 29.5%
3. Penilaian Portofolio 6%
4. Tes 4.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.