|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kuliah Kerja Nyata (Kkn) |
8820803126 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
7 Desember 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Miftachul Amri, M.Pd., M.Ed., Ph.D.
|
Miftachul Amri, M.Pd., M.Ed., Ph.D.
|
Miftachul Amri, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Mampu menyimak dan membaca (reseptif) dalam bahasa Mandarin dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara HSK 4 dan HSKK Menengah |
PLO-8 |
Mampu berbicara dan menulis (produktif) dalam bahasa Mandarin dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara HSK 4 dan HSKK Menengah |
PLO-9 |
Mampu merancang, mengimplementasikan, dan menilai pembelajaran inovatif bahasa Mandarin |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diwadahi oleh mata kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan cara mempraktekkan teori yang telah diperoleh selama perkuliahan di kampus yang akan diterapkan di masyarakat
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat mengadaptasikan (P4) ilmu yang diperoleh di kampus untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dan mencipta (C6) terobosan baru untuk masyarakat dalam penyelesaian permasalahan dengan cara menanggapi (A2) permasalahan yang ada di masyarakat.
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat bekerjasama dengan sesama mahasiswa Universitas Diponegoro yang berbeda-beda fakultas di lokasi KKN
|
PO - 4 |
Mahasiswa bersamasama dengan masyarakat terlibat aktif dalam menyelesaikan program-program yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang sudah direncanakan berdasarkan permasalahan yang ada di masyarakat
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | | ✔ | | | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | PO-3 | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | PO-4 | ✔ | | | ✔ | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembelajaran dilakukan dengan pola Pra Penerjunan dan Penerjunan. Pra penerjunan, diberikandua bulan sebelum penerjunan KKN dengan memberikan materi kuliah |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Mintowati, M.Pd. Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd. Prof. Dr. Subandi, S.Pd., M.A. Miftachul Amri, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D. Prof. Dr. Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd. Mamik Tri Wedawati, S.S., M.Pd. GALIH WIBISONO |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami (C2) arti penting KKN sebagai pengabdian kepada masyarakat |
Mahasiswa dapat bekerjasama antar mahasiswa |
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan tujuan mengambil mata kuliah KKN Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Small Group Discussion
|
|
Materi: FGD Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami (C2) arti penting KKN sebagai pengabdian kepada masyarakat |
Mahasiswa dapat bekerjasama antar mahasiswa |
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan tujuan mengambil mata kuliah KKN Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Group Discussion
|
|
Materi: FGD Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami (C2) arti penting KKN sebagai pengabdian kepada masyarakat |
Mahasiswa dapat bekerjasama antar mahasiswa |
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan tujuan mengambil mata kuliah KKN Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Small Group Discussion
|
|
Materi: FGD Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
6% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami (C2) arti penting KKN sebagai pengabdian kepada masyarakat |
Mahasiswa dapat bekerjasama antar mahasiswa |
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan tujuan mengambil mata kuliah KKN Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Small Group Discussion
|
|
Materi: FGD Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
8% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memahami (C2) arti penting KKN sebagai pengabdian kepada masyarakat |
Mahasiswa dapat bekerjasama antar mahasiswa |
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan tujuan mengambil mata kuliah KKN Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Small Group Discussion
|
|
Materi: FGD Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memahami (C2) arti penting KKN sebagai pengabdian kepada masyarakat |
Mahasiswa dapat bekerjasama antar mahasiswa |
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan tujuan mengambil mata kuliah KKN Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Group Discussion
|
|
Materi: FGD Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu memahami (C2) arti penting KKN sebagai pengabdian kepada masyarakat |
Mahasiswa dapat bekerjasama antar mahasiswa |
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan tujuan mengambil mata kuliah KKN Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Group Discussion
|
|
Materi: FGD Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
6% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu memahami (C2) arti penting KKN sebagai pengabdian kepada masyarakat |
Mahasiswa dapat bekerjasama antar mahasiswa |
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan tujuan mengambil mata kuliah KKN Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Small Group Discussion
|
|
Materi: FGD Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
8% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami (C2) arti penting KKN sebagai pengabdian kepada masyarakat |
Mahasiswa dapat bekerjasama antar mahasiswa |
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan tujuan mengambil mata kuliah KKN Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Small Group Discussion
|
|
Materi: FGD Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami (C2) arti penting KKN sebagai pengabdian kepada masyarakat |
Mahasiswa dapat bekerjasama antar mahasiswa |
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan tujuan mengambil mata kuliah KKN Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Small Group Discussion
|
|
Materi: FGD Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami (C2) arti penting KKN sebagai pengabdian kepada masyarakat |
Mahasiswa dapat bekerjasama antar mahasiswa |
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan tujuan mengambil mata kuliah KKN Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Small Group Discussion
|
|
Materi: FGD Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami (C2) arti penting KKN sebagai pengabdian kepada masyarakat |
Mahasiswa dapat bekerjasama antar mahasiswa |
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan tujuan mengambil mata kuliah KKN Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Group Discussion
|
|
Materi: FGD Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami (C2) arti penting KKN sebagai pengabdian kepada masyarakat |
Mahasiswa dapat bekerjasama antar mahasiswa |
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan tujuan mengambil mata kuliah KKN Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Group Discussion
|
|
Materi: FGD Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memahami (C2) arti penting KKN sebagai pengabdian kepada masyarakat |
Mahasiswa dapat bekerjasama antar mahasiswa |
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan tujuan mengambil mata kuliah KKN Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
Small Group Discussion
|
|
Materi: FGD Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memahami (C2) arti penting KKN sebagai pengabdian kepada masyarakat |
Mahasiswa dapat bekerjasama antar mahasiswa |
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan tujuan mengambil mata kuliah KKN Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
Small Group Discussion
|
|
Materi: FGD Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
5% |
16
Minggu ke 16 |
mampu berkolaborasi dengan masyarakat di desa |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
UAS 90 menit |
|
Materi: UAS Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional |
12% |