Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Grammatik II

8820702053

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

31 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menguasai tata bahasa Jerman sesuai konteksnya berdasarkan kemampuan yang setara GER A1.

PO - 2

Mampu memproduksi kalimat dan teks sederhana teks berbahasa Jerman secara mandiri, kreatif dan inovatif dengan menggunakan tata bahasa yang setara GER A1.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Grundgrammatik ini membahas tentang jenis kata (infleksi dan derivasi) dalam bahasa Jerman dan perubahannya dalam frasa, klausa, kalimat tunggal yang sesuai dengan tingkat bahasa A1, serta penerapannya dalam berbahasa secara lisan dan tulis. Pengkajian meliputi: alphabet bahasa Jerman, kalimat tanya, verba kala kini dan kala lampau, pronomina, nomina, bentuk lampau verba sein dan haben, kata tanya, kata ganti kepemilikan, adjektiva, preposisi,verba trennbar, angka, modalitas. Dalam mata kuliah ini diterapkan aktivitas belajar, seperti tanya jawab, diskusi, cooperative learning, problem based learning dan case-study learning. Evaluasi dan penilaian dilakukan melalui pengamatan partisipasi mahasiswa, penugasan, UTS, dan UAS.

Pustaka

Utama :

  1. Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen
  2. Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen

Pendukung :

  1. Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta.

Dosen Pengampu

Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd.

Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup perkuliahan.

Mahasiswa mendapatkan gambaran perkuliahan

Kriteria:

keterlibatan aktif mahasiswa

Presentasi, diskusi dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Kontrak Perkuliahan
Pustaka: · Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan materi Konjugation dan Personalpronomen (Nominativ) dalam kalimat.

membuat kalimat sederhana dengan konjugasi kata kerja dengan tepat

Kriteria:

ketepatan menjawab pertanyaan dan partisipasi aktif mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, Pengerjaan soal
2 X 50

Materi: Konjugation dan Personalpronomen (Nominativ)
Pustaka: Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen
0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami struktur kalimat (Satzstellung) sederhana.

mampu menyusun kalimat pernyataan dan pertanyaan (Ja/Nein-Fragen; W-Fragen)

Kriteria:

ketepatan menjawab pertanyaan dan partisipasi aktif mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, Pengerjaan soal
2 X 50

Materi: struktur kalimat (Satzstellung)
Pustaka: Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen

Materi: Latihan struktur kalimat (Satzstellung)
Pustaka: Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan materi Unbestimmte Artikel, Bestimmte Artikel dan Negation (Nominativ) dalam kalimat.

mampu membuat kalimat/ dialog singkat dengan Unbestimmte Artikel, Bestimmte Artikel dan Negation (Nominativ).

Kriteria:

ketepatan menjawab pertanyaan dan partisipasi aktif mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, tanya jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: Unbestimmte Artikel, Bestimmte Artikel dan Negation (Nominativ)
Pustaka: Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen
0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan materi Unbestimmte Artikel, Bestimmte Artikel dan Negation (Akkusativ) dalam kalimat.

mampu membuat kalimat/ dialog singkat dengan Unbestimmte Artikel, Bestimmte Artikel dan Negation (Akkusativ)

Kriteria:

ketepatan menjawab pertanyaan dan partisipasi aktif mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, tanya jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: Unbestimmte Artikel, Bestimmte Artikel dan Negation (Akkusativ)
Pustaka: Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen

Materi: Latihan Unbestimmte Artikel, Bestimmte Artikel dan Negation (Akkusativ)
Pustaka: Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan materi Possessivartikel (Nominativ, Akkusativ) dalam materi.

mampu membuat kalimat/ dialog singkat dengan Possessivartikel (Nominativ, Akkusativ).

Kriteria:

ketepatan menjawab pertanyaan dan partisipasi aktif mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, tanya jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: Possessivartikel (Nominativ, Akkusativ) dalam materi.
Pustaka: Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen

Materi: Latihan Possessivartikel (Nominativ, Akkusativ) dalam materi.
Pustaka: Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan materi Modalverben dalam kalimat.

mampu membuat kalimat/ dialog singkat dengan Modalverben

Kriteria:

ketepatan menjawab pertanyaan dan partisipasi aktif mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, Pengerjaan soal
2 X 50

Materi: Modalverben
Pustaka: Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen

Materi: Latihan Modalverben
Pustaka: Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menjawab soal UTS dari materi pertemuan 1-7.

mampu menggunakan materi yang sudah dipelajari dalam kalimat

Kriteria:

ketepatan menjawab pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Tes
pengerjaan UTS
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 1-7
Pustaka: Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen

Materi: Materi pertemuan 1-7
Pustaka: Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta.
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa memahami dan mengguunakan materi Trennbare Verben und Untrennbare Verben dalam kalimat

mampu membuat kalimat/ dialog singkat dengan Trennbare Verben und Untrennbare Verben

Kriteria:

ketepatan menjawab pertanyaan dan partisipasi aktif mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi, pengerjaan soal, diskusi
2 X 50

Materi: Trennbare Verben und Untrennbare Verben
Pustaka: Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen

Materi: Latihan Trennbare Verben und Untrennbare Verben
Pustaka: Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami materi Unbestimmte Artikel, Bestimmte Artikel dan Negation im Dativ.

memahami dan menggunakan materi Unbestimmte Artikel, Bestimmte Artikel dan Negation im Dativ dalam kalimat.

Kriteria:

ketepatan menjawab pertanyaan dan partisipasi aktif mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, Pengerjaan soal
2 X 50

Materi: Unbestimmte Artikel, Bestimmte Artikel dan Negation im Dativ
Pustaka: Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen

Materi: Latihan Unbestimmte Artikel, Bestimmte Artikel dan Negation im Dativ
Pustaka: Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami materi Präposition mit Dativ (mit, nach, zu, bei, von) dan mit Akktusativ (fuer)

memahami dan menggunakan materi Präposition mit Dativ (mit, nach, zu, bei, von) dan mit Akktusativ (fuer) dalam kalimat

Kriteria:

ketepatan menjawab pertanyaan dan partisipasi aktif mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, Pengerjaan soal
2 X 50

Materi: Präposition mit Dativ (mit, nach, zu, bei, von) dan mit Akktusativ (fuer)
Pustaka: Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen

Materi: Latihan Präposition mit Dativ (mit, nach, zu, bei, von) dan mit Akktusativ (fuer)
Pustaka: Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami materi Personalpronomen im Akkusativ

memahami dan menggunakan materi Personalpronomen im Akkusativ dalam kalimat

Kriteria:

ketepatan menjawab pertanyaan dan partisipasi aktif mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, Pengerjaan soal
2 X 50

Materi: Personalpronomen im Akkusativ
Pustaka: Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen

Materi: Latihan Personalpronomen im Akkusativ
Pustaka: Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen
0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami dan manggunakan materi Perfekt: Partizip II dalam kalimat

memahami dan menggunakan materi Perfekt: Partizip II dalam kalimat

Kriteria:

ketepatan menjawab pertanyaan dan partisipasi aktif mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, Pengerjaan soal
2 X 50

Materi: Perfekt: Partizip II
Pustaka: Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen

Materi: Latihan Perfekt: Partizip II
Pustaka: Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan materi Perfekt: Satzstellung dalam kalimat

memahami dan menggunakan materi Perfekt: Satzstellung dalam kalimat

Kriteria:

ketepatan menjawab pertanyaan dan partisipasi aktif mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, Pengerjaan soal
2 X 50

Materi: Perfekt: Satzstellung
Pustaka: Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen

Materi: Latihan Perfekt: Satzstellung
Pustaka: Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menggunakan materi pertemuan 8-14 dalam percakapan

mamahami dan menggunakan materi pertemuan 8-14 dalam kalimat

Kriteria:

kesesuaian situasi dan poin berbicara, interaksi, variasi kosakata, penggunaan kosakata, penggunaan tatabahasa yang tepat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project: percakapan
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 1-7
Pustaka: Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengerjakan soal UAS dari pertemuan 8-14.

mampu memahami dan menggunakan materi yang sudah dipelajari dalam kalimat

Kriteria:

ketepatan menjawab pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Tes
pengerjaan UAS
2 X 50

Materi: Materi pertemuan 9-14
Pustaka: Dengler, Stefanie, Rusch, Paul, et al. 2017. Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1 Kursbuch. Stuttgart: Klett Verlag. · Funk, Hermann, Kuhn, Christina & Demme, Silke. 2009. Studio d A1, Kurs- und Übungsbuch mit CD und Lösungen. Katalis: Jakarta · Fandrych, C., & Tallowitz, U. 2010. Klipp und Klar: Übungsgrammatik Grundstufe Deutsch in 99 Schritten. Stuttgart: Ernst Klett Sprachen
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.