|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Seminar Hasil Penelitian Tugas Akhir |
8400105076 |
|
T=5 |
P=0 |
ECTS=12.6 |
4 |
26 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Suyatno, M.Si.
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional |
PLO-8 |
Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memiliki logika, etika, kejujuran, serta sikap kritis dan terbuka dalam mempresentasikan hasil penelitian.
|
PO - 2 |
Menerapkan konsep, teori, dan metodologi ilmiah dalam mempresen¬tasikan hasil penelitian.
|
PO - 3 |
Menyajikan pemecahan masalah melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.
|
PO - 4 |
Menyajikan pengelolaan dan pengembangan penelitian sesuai bidang keilmuannya sehingga dihasilkan keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | | | PO-2 | | | | | PO-3 | | | | | PO-4 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Presentasi hasil penelitian disertasi, utamanya penyajian hasil penelitian sesuai proposal yang telah disusun. Presentasi didukung bukti instrumen, data, dan dokumen atau produk lain yang menunjukkan keotentikan penelitian. Presentasi direspons dan dinilai oleh tim dosen pengampu mata kuliah, dapat dihadiri juga oleh pembimbing, pembahas sebidang ilmu, dan mahasiswa lain |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage.
- Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta
- Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa.
- Yin, R.K. (2016). Qualitative Reasearch from Strat to Finish. 2nd Ed. New York: Guilford Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menyusun bagian pendahuluan disertasi |
Ketepatan dalam menyusun bagian pendahuluan disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: Menyusun bagian pendahuluan disertasi Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menyusun bagian pendahuluan disertasi |
Ketepatan dalam menyusun bagian pendahuluan disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: Menyusun bagian pendahuluan disertasi Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menyusun bagian tinjauan pustaka disertasi |
Ketepatan dalam menyusun bagian tinjauan pustaka disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: menyusun tinjauan pustaka dalam disertasi Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menyusun bagian tinjauan pustaka disertasi |
Ketepatan dalam menyusun bagian tinjauan pustaka disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: menyusun tinjauan pustaka dalam disertasi Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menyusun bagian metode penelitian dalam disertasi |
Ketepatan dalam menyusun bagian metode penelitian dalam disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: Menyusun bagian metode penelitian dalam disertasi Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menyusun bagian metode penelitian dalam disertasi |
Ketepatan dalam menyusun bagian metode penelitian dalam disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: Menyusun bagian metode penelitian dalam disertasi Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menyusun bagian hasil penelitian dalam disertasi |
Ketepatan dalam menyusun bagian hasil penelitian dalam disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: Menyusun bagian hasil penelitian dalam disertasi Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menyusun bagian hasil penelitian dalam disertasi |
Ketepatan dalam menyusun bagian hasil penelitian dalam disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: Menyusun bagian hasil penelitian dalam disertasi Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menyusun bagian pembahasan hasil penelitian dalam disertasi |
Ketepatan dalam menyusun bagian pembahasan hasil penelitian dalam disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: Menyusun bagian pembahasan hasil penelitian dalam disertasi Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menyusun bagian pembahasan hasil penelitian dalam disertasi |
Ketepatan dalam menyusun bagian pembahasan hasil penelitian dalam disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: Menyusun bagian pembahasan hasil penelitian dalam disertasi Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menyusun bagian simpulan dan daftar pustaka dalam disertasi |
Ketepatan dalam menyusun bagian simpulan dan daftar pustaka dalam disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: Menyusun bagian simpulan dan daftar pustaka dalam disertasi Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun bagian lampiran dalam disertasi |
Ketepatan dalam menyusun bagian lampiran dalam disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: Menyusun bagian lampiran dalam disertasi Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun bagian lampiran dalam disertasi |
Ketepatan dalam menyusun bagian lampiran dalam disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: Menyusun bagian lampiran dalam disertasi Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu melaksanakan seminar hasil penelitian di hadapan dosen pengampu mata kuliah |
Ketepatan dalam melaksanakan seminar hasil penelitian di hadapan dosen pengampu mata kuliah |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: Melaksanakan seminar hasil penelitian Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa. |
25% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu melakukan revisi naskah disertasi berdasarkan masukan dosen pengampu mata kuliah seminar hasil penelitian |
Ketepatan dalam melakukan revisi naskah disertasi berdasarkan masukan dosen pengampu mata kuliah seminar hasil penelitian |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: Melakukan revisi seminar hasil penelitian Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu melakukan revisi naskah disertasi berdasarkan masukan dosen pengampu mata kuliah seminar hasil penelitian |
Ketepatan dalam melakukan revisi naskah disertasi berdasarkan masukan dosen pengampu mata kuliah seminar hasil penelitian |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Presentasi, Diskusi, dan PjBL 5 x 50 menit |
Materi: Melakukan revisi naskah disertasi setelah seminar hasil penelitian Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta |
5% |