Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Seminar Hasil Penelitian Tugas Akhir

8400105076

T=5

P=0

ECTS=12.6

4

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.




Prof. Dr. Suyatno, M.Si




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains

PLO-7

Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memiliki logika, etika, kejujuran, serta sikap kritis dan terbuka dalam mempresentasikan hasil penelitian.

PO - 2

Menerapkan konsep, teori, dan metodologi ilmiah dalam mempresen¬tasikan hasil penelitian.

PO - 3

Menyajikan pemecahan masalah melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.

PO - 4

Menyajikan pengelolaan dan pengembangan penelitian sesuai bidang keilmuannya sehingga dihasilkan keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Presentasi hasil penelitian disertasi, utamanya penyajian hasil penelitian sesuai proposal yang telah disusun. Presentasi didukung bukti instrumen, data, dan dokumen atau produk lain yang menunjukkan keotentikan penelitian. Presentasi direspons dan dinilai oleh tim dosen pengampu mata kuliah, dapat dihadiri juga oleh pembimbing, pembahas sebidang ilmu, dan mahasiswa lain

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage.
  2. Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta
  3. Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa.
  4. Yin, R.K. (2016). Qualitative Reasearch from Strat to Finish. 2nd Ed. New York: Guilford Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menyusun bagian pendahuluan disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian pendahuluan disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: Menyusun bagian pendahuluan disertasi
Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta
5%

2

Minggu ke 2

Menyusun bagian pendahuluan disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian pendahuluan disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: Menyusun bagian pendahuluan disertasi
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage.
5%

3

Minggu ke 3

Menyusun bagian tinjauan pustaka disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian tinjauan pustaka disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: menyusun tinjauan pustaka dalam disertasi
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage.
5%

4

Minggu ke 4

Menyusun bagian tinjauan pustaka disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian tinjauan pustaka disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: menyusun tinjauan pustaka dalam disertasi
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage.
5%

5

Minggu ke 5

Menyusun bagian metode penelitian dalam disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian metode penelitian dalam disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: Menyusun bagian metode penelitian dalam disertasi
Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa.
5%

6

Minggu ke 6

Menyusun bagian metode penelitian dalam disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian metode penelitian dalam disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: Menyusun bagian metode penelitian dalam disertasi
Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa.
5%

7

Minggu ke 7

Menyusun bagian hasil penelitian dalam disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian hasil penelitian dalam disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: Menyusun bagian hasil penelitian dalam disertasi
Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa.
5%

8

Minggu ke 8

Menyusun bagian hasil penelitian dalam disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian hasil penelitian dalam disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: Menyusun bagian hasil penelitian dalam disertasi
Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa.
5%

9

Minggu ke 9

Menyusun bagian pembahasan hasil penelitian dalam disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian pembahasan hasil penelitian dalam disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: Menyusun bagian pembahasan hasil penelitian dalam disertasi
Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta
5%

10

Minggu ke 10

Menyusun bagian pembahasan hasil penelitian dalam disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian pembahasan hasil penelitian dalam disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: Menyusun bagian pembahasan hasil penelitian dalam disertasi
Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta
5%

11

Minggu ke 11

Menyusun bagian simpulan dan daftar pustaka dalam disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian simpulan dan daftar pustaka dalam disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: Menyusun bagian simpulan dan daftar pustaka dalam disertasi
Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa.
5%

12

Minggu ke 12

Menyusun bagian lampiran dalam disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian lampiran dalam disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: Menyusun bagian lampiran dalam disertasi
Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa.
5%

13

Minggu ke 13

Menyusun bagian lampiran dalam disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian lampiran dalam disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: Menyusun bagian lampiran dalam disertasi
Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu melaksanakan seminar hasil penelitian di hadapan dosen pengampu mata kuliah

Ketepatan dalam melaksanakan seminar hasil penelitian di hadapan dosen pengampu mata kuliah

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: Melaksanakan seminar hasil penelitian
Pustaka: Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa.
25%

15

Minggu ke 15

Mampu melakukan revisi naskah disertasi berdasarkan masukan dosen pengampu mata kuliah seminar hasil penelitian

Ketepatan dalam melakukan revisi naskah disertasi berdasarkan masukan dosen pengampu mata kuliah seminar hasil penelitian

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: Melakukan revisi seminar hasil penelitian
Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta
5%

16

Minggu ke 16

Mampu melakukan revisi naskah disertasi berdasarkan masukan dosen pengampu mata kuliah seminar hasil penelitian

Ketepatan dalam melakukan revisi naskah disertasi berdasarkan masukan dosen pengampu mata kuliah seminar hasil penelitian

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Presentasi, Diskusi, dan PjBL
5 x 50 menit
Materi: Melakukan revisi naskah disertasi setelah seminar hasil penelitian
Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.