Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Kedokteran
Program Studi S1 Kedokteran

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PSIKIATRI

1120306037

T=5

P=1

ECTS=9.54

6

12 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




dr. Ariesia Dewi Ciptorini, Sp.N




.......................................




Nur Ilahi Anjani, S.Ked., M.Kes.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, ilmu Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Pencegahan/Kedokteran Komunitas, dan kedokteran olahraga.

PLO-6

Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif kepada individu, masyarakat, dan tim kerja.

PLO-7

Terampil dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan.

PLO-8

Terampil mensimulasikan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis,dan kreatif dalam melakukan pekerjaan di bidang kedokteran serta sesuai dengan standar kompetensi kerja pada mata kuliah Psikiatri

PO - 2

Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, ilmu Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Pencegahan/Kedokteran Komunitas, dan kedokteran olahraga khususnya dalam mata kuliah Psikiatri

PO - 3

Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif dalam tim seusai peran pada mata kuliah Psikiatri

PO - 4

Terampil dalam memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi dalam mata kuliah Psikiatri

PO - 5

Terampil mensimulasikan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer dalam mata kuliah Psikiatri

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mendalam tentang Ilmu Kesehatan Jiwa yang meliputi anatomi, fisiologi, patofisiologi, diagnosis, diagnosis banding, tatalaksana, KIE dan faktor olahraga yang berpengaruh pada Sistem Saraf. Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan SPICES dan model PBL. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah kuliah, turotial, dan praktikum.

Pustaka

Utama :

  1. American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5-TR). 5th ed., Text Revision.
  2. Sadock, B. J., Sadock, V. A., & Ruiz, P. (2021). Kaplan & Sadock's Synopsis of Psychiatry: Behavioral Sciences/Clinical Psychiatry. 12th ed.
  3. Stahl, S. M. (2020). Stahl's Essential Psychopharmacology: Neuroscientific Basis and Practical Applications. 5th ed.
  4. PDSKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia). (2023). Pedoman Praktik Klinis Psikiatri di Indonesia. PDSKJI
  5. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Pedoman Pelayanan Kesehatan Jiwa di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama.
  6. World Health Organization. (2021). Comprehensive Mental Health Action Plan 2013–2030.
  7. Bhugra, D., & Bhui, K. S. (2022). Textbook of Cultural Psychiatry. Cambridge University Press.
  8. Gelder, M., Harrison, P., & Cowen, P. (2021). Shorter Oxford Textbook of Psychiatry. Oxford University Press.
  9. Yatham, L. N., & Maj, M. (2020). Bipolar Disorders: Clinical and Neurobiological Foundations. Springer.
  10. Boland, R., & Verduin, M. (2022). Kaplan and Sadock's Pocket Handbook of Clinical Psychiatry. Wolters Kluwer Health.
  11. Firth, J., & Torous, J. (2021). Digital Mental Health: A Global Perspective. Elsevier.
  12. Kessler, R. C., & Bromet, E. J. (2020). Epidemiology of Psychiatric Disorders in a Global Perspective. Annual Review of Public Health, 41(1), 95-113.
  13. Goodman, R., & Scott, S. (2022). Child and Adolescent Psychiatry. Wiley-Blackwell.
  14. Tandon, R., Keshavan, M. S., & Nasrallah, H. A. (2020). Schizophrenia Research Trends. Springer.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mengetahui dasar pengetahuan Penyakit Psikiatri

  1. Dasar-dasar Ilmu Psikiatri
  2. Neurobiologi gangguan psikiatri.
  3. Psikologi dasar: perkembangan kepribadian, perilaku, dan emosi.
  4. Aspek sosiokultural dalam kesehatan mental.
  5. Konsep normal dan abnormal dalam psikiatri.
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah

Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL

Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik

Materi: Anatomi, Fisiologi, Patofisiologi Ilmu Kesehatan Jiwa
Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5-TR). 5th ed., Text Revision.

Materi: Anatomi, Fisiologi, Patofisiologi Ilmu Kesehatan Jiwa
Pustaka: Sadock, B. J., Sadock, V. A., & Ruiz, P. (2021). Kaplan & Sadock's Synopsis of Psychiatry: Behavioral Sciences/Clinical Psychiatry. 12th ed.

Materi: Anatomi, Fisiologi, Patofisiologi Ilmu Kesehatan Jiwa
Pustaka: Stahl, S. M. (2020). Stahl's Essential Psychopharmacology: Neuroscientific Basis and Practical Applications. 5th ed.

Materi: Anatomi, Fisiologi, Patofisiologi Ilmu Kesehatan Jiwa
Pustaka: PDSKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia). (2023). Pedoman Praktik Klinis Psikiatri di Indonesia. PDSKJI

Materi: Anatomi, Fisiologi, Patofisiologi Ilmu Kesehatan Jiwa
Pustaka: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Pedoman Pelayanan Kesehatan Jiwa di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama.

Materi: Anatomi, Fisiologi, Patofisiologi Ilmu Kesehatan Jiwa
Pustaka: World Health Organization. (2021). Comprehensive Mental Health Action Plan 2013–2030.

Materi: Anatomi, Fisiologi, Patofisiologi Ilmu Kesehatan Jiwa
Pustaka: Bhugra, D., & Bhui, K. S. (2022). Textbook of Cultural Psychiatry. Cambridge University Press.

Materi: Anatomi, Fisiologi, Patofisiologi Ilmu Kesehatan Jiwa
Pustaka: Gelder, M., Harrison, P., & Cowen, P. (2021). Shorter Oxford Textbook of Psychiatry. Oxford University Press.

Materi: Anatomi, Fisiologi, Patofisiologi Ilmu Kesehatan Jiwa
Pustaka: Yatham, L. N., & Maj, M. (2020). Bipolar Disorders: Clinical and Neurobiological Foundations. Springer.

Materi: Anatomi, Fisiologi, Patofisiologi Ilmu Kesehatan Jiwa
Pustaka: Boland, R., & Verduin, M. (2022). Kaplan and Sadock's Pocket Handbook of Clinical Psychiatry. Wolters Kluwer Health.

Materi: Anatomi, Fisiologi, Patofisiologi Ilmu Kesehatan Jiwa
Pustaka: Firth, J., & Torous, J. (2021). Digital Mental Health: A Global Perspective. Elsevier.

Materi: Anatomi, Fisiologi, Patofisiologi Ilmu Kesehatan Jiwa
Pustaka: Kessler, R. C., & Bromet, E. J. (2020). Epidemiology of Psychiatric Disorders in a Global Perspective. Annual Review of Public Health, 41(1), 95-113.

Materi: Anatomi, Fisiologi, Patofisiologi Ilmu Kesehatan Jiwa
Pustaka: Goodman, R., & Scott, S. (2022). Child and Adolescent Psychiatry. Wiley-Blackwell.

Materi: Anatomi, Fisiologi, Patofisiologi Ilmu Kesehatan Jiwa
Pustaka: Tandon, R., Keshavan, M. S., & Nasrallah, H. A. (2020). Schizophrenia Research Trends. Springer.
4%

2

Minggu ke 2

Mampu memutuskan pemeriksaan fisik dan penunjang penyakit Psikiatri

  1. Pemeriksaan dan Diagnosis Psikiatri
  2. Wawancara psikiatri: teknik dan pendekatan.
  3. Mental status examination (MSE).
  4. Diagnosis berdasarkan DSM-5 dan ICD-10.
  5. Penggunaan alat bantu diagnostik (skala dan kuesioner psikiatri).
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah

Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL

Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik

Materi: Pemeriksaan fisik dan penunjang penyakit Psikiatri
Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5-TR). 5th ed., Text Revision.

Materi: Pemeriksaan fisik dan penunjang penyakit Psikiatri
Pustaka: Sadock, B. J., Sadock, V. A., & Ruiz, P. (2021). Kaplan & Sadock's Synopsis of Psychiatry: Behavioral Sciences/Clinical Psychiatry. 12th ed.

Materi: Pemeriksaan fisik dan penunjang penyakit Psikiatri
Pustaka: Stahl, S. M. (2020). Stahl's Essential Psychopharmacology: Neuroscientific Basis and Practical Applications. 5th ed.

Materi: Pemeriksaan fisik dan penunjang penyakit Psikiatri
Pustaka: PDSKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia). (2023). Pedoman Praktik Klinis Psikiatri di Indonesia. PDSKJI

Materi: Pemeriksaan fisik dan penunjang penyakit Psikiatri
Pustaka: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Pedoman Pelayanan Kesehatan Jiwa di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama.

Materi: Pemeriksaan fisik dan penunjang penyakit Psikiatri
Pustaka: World Health Organization. (2021). Comprehensive Mental Health Action Plan 2013–2030.

Materi: Pemeriksaan fisik dan penunjang penyakit Psikiatri
Pustaka: Bhugra, D., & Bhui, K. S. (2022). Textbook of Cultural Psychiatry. Cambridge University Press.

Materi: Pemeriksaan fisik dan penunjang penyakit Psikiatri
Pustaka: Gelder, M., Harrison, P., & Cowen, P. (2021). Shorter Oxford Textbook of Psychiatry. Oxford University Press.

Materi: Pemeriksaan fisik dan penunjang penyakit Psikiatri
Pustaka: Yatham, L. N., & Maj, M. (2020). Bipolar Disorders: Clinical and Neurobiological Foundations. Springer.

Materi: Pemeriksaan fisik dan penunjang penyakit Psikiatri
Pustaka: Boland, R., & Verduin, M. (2022). Kaplan and Sadock's Pocket Handbook of Clinical Psychiatry. Wolters Kluwer Health.

Materi: Pemeriksaan fisik dan penunjang penyakit Psikiatri
Pustaka: Firth, J., & Torous, J. (2021). Digital Mental Health: A Global Perspective. Elsevier.

Materi: Pemeriksaan fisik dan penunjang penyakit Psikiatri
Pustaka: Kessler, R. C., & Bromet, E. J. (2020). Epidemiology of Psychiatric Disorders in a Global Perspective. Annual Review of Public Health, 41(1), 95-113.

Materi: Pemeriksaan fisik dan penunjang penyakit Psikiatri
Pustaka: Goodman, R., & Scott, S. (2022). Child and Adolescent Psychiatry. Wiley-Blackwell.

Materi: Pemeriksaan fisik dan penunjang penyakit Psikiatri
Pustaka: Tandon, R., Keshavan, M. S., & Nasrallah, H. A. (2020). Schizophrenia Research Trends. Springer.
4%

3

Minggu ke 3

Mampu memutuskan diagnosis dan diagnosis banding penyakit Psikiatri

  1. Gangguan Psikiatri Umum: Gangguan mood, kecemasan, psikosis, gangguan kepribadian, gangguan somatoform dan psikosomatik
  2. Gangguan Neurokognitif
  3. Gangguan Psikiatri dan Penyakit Medis
  4. Psikiatri anak dan remaja
  5. Psikiatri geriatric
  6. Psikiatri Komunitas
  7. Masalah Psikiatri Khusus
  8. Kegawatan Psikiatri
  9. Etika dan Hukum dalam Psikiatri
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah

Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL

Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik

Materi: Diagnosis dan diagnosis banding penyakit Psikiatri
Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5-TR). 5th ed., Text Revision.

Materi: Diagnosis dan diagnosis banding penyakit Psikiatri
Pustaka: Sadock, B. J., Sadock, V. A., & Ruiz, P. (2021). Kaplan & Sadock's Synopsis of Psychiatry: Behavioral Sciences/Clinical Psychiatry. 12th ed.

Materi: Diagnosis dan diagnosis banding penyakit Psikiatri
Pustaka: Stahl, S. M. (2020). Stahl's Essential Psychopharmacology: Neuroscientific Basis and Practical Applications. 5th ed.

Materi: Diagnosis dan diagnosis banding penyakit Psikiatri
Pustaka: PDSKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia). (2023). Pedoman Praktik Klinis Psikiatri di Indonesia. PDSKJI

Materi: Diagnosis dan diagnosis banding penyakit Psikiatri
Pustaka: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Pedoman Pelayanan Kesehatan Jiwa di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama.

Materi: Diagnosis dan diagnosis banding penyakit Psikiatri
Pustaka: World Health Organization. (2021). Comprehensive Mental Health Action Plan 2013–2030.

Materi: Diagnosis dan diagnosis banding penyakit Psikiatri
Pustaka: Bhugra, D., & Bhui, K. S. (2022). Textbook of Cultural Psychiatry. Cambridge University Press.

Materi: Diagnosis dan diagnosis banding penyakit Psikiatri
Pustaka: Gelder, M., Harrison, P., & Cowen, P. (2021). Shorter Oxford Textbook of Psychiatry. Oxford University Press.

Materi: Diagnosis dan diagnosis banding penyakit Psikiatri
Pustaka: Yatham, L. N., & Maj, M. (2020). Bipolar Disorders: Clinical and Neurobiological Foundations. Springer.

Materi: Diagnosis dan diagnosis banding penyakit Psikiatri
Pustaka: Boland, R., & Verduin, M. (2022). Kaplan and Sadock's Pocket Handbook of Clinical Psychiatry. Wolters Kluwer Health.

Materi: Diagnosis dan diagnosis banding penyakit Psikiatri
Pustaka: Firth, J., & Torous, J. (2021). Digital Mental Health: A Global Perspective. Elsevier.

Materi: Diagnosis dan diagnosis banding penyakit Psikiatri
Pustaka: Kessler, R. C., & Bromet, E. J. (2020). Epidemiology of Psychiatric Disorders in a Global Perspective. Annual Review of Public Health, 41(1), 95-113.

Materi: Diagnosis dan diagnosis banding penyakit Psikiatri
Pustaka: Goodman, R., & Scott, S. (2022). Child and Adolescent Psychiatry. Wiley-Blackwell.

Materi: Diagnosis dan diagnosis banding penyakit Psikiatri
Pustaka: Tandon, R., Keshavan, M. S., & Nasrallah, H. A. (2020). Schizophrenia Research Trends. Springer.
4%

4

Minggu ke 4

Mampu memutuskan tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako penyakit Psikiatri

  1. Mampu menganalisis tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako Gangguan Psikiatri
  2. Psikofarmakologi
  3. Psikoterapi
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah

Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL

Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik

Materi: Tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako penyakit Psikiatri
Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5-TR). 5th ed., Text Revision.

Materi: Tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako penyakit Psikiatri
Pustaka: Sadock, B. J., Sadock, V. A., & Ruiz, P. (2021). Kaplan & Sadock's Synopsis of Psychiatry: Behavioral Sciences/Clinical Psychiatry. 12th ed.

Materi: Tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako penyakit Psikiatri
Pustaka: Stahl, S. M. (2020). Stahl's Essential Psychopharmacology: Neuroscientific Basis and Practical Applications. 5th ed.

Materi: Tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako penyakit Psikiatri
Pustaka: PDSKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia). (2023). Pedoman Praktik Klinis Psikiatri di Indonesia. PDSKJI

Materi: Tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako penyakit Psikiatri
Pustaka: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Pedoman Pelayanan Kesehatan Jiwa di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama.

Materi: Tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako penyakit Psikiatri
Pustaka: World Health Organization. (2021). Comprehensive Mental Health Action Plan 2013–2030.

Materi: Tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako penyakit Psikiatri
Pustaka: Bhugra, D., & Bhui, K. S. (2022). Textbook of Cultural Psychiatry. Cambridge University Press.

Materi: Tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako penyakit Psikiatri
Pustaka: Gelder, M., Harrison, P., & Cowen, P. (2021). Shorter Oxford Textbook of Psychiatry. Oxford University Press.

Materi: Tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako penyakit Psikiatri
Pustaka: Yatham, L. N., & Maj, M. (2020). Bipolar Disorders: Clinical and Neurobiological Foundations. Springer.

Materi: Tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako penyakit Psikiatri
Pustaka: Boland, R., & Verduin, M. (2022). Kaplan and Sadock's Pocket Handbook of Clinical Psychiatry. Wolters Kluwer Health.

Materi: Tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako penyakit Psikiatri
Pustaka: Firth, J., & Torous, J. (2021). Digital Mental Health: A Global Perspective. Elsevier.

Materi: Tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako penyakit Psikiatri
Pustaka: Kessler, R. C., & Bromet, E. J. (2020). Epidemiology of Psychiatric Disorders in a Global Perspective. Annual Review of Public Health, 41(1), 95-113.

Materi: Tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako penyakit Psikiatri
Pustaka: Goodman, R., & Scott, S. (2022). Child and Adolescent Psychiatry. Wiley-Blackwell.

Materi: Tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako penyakit Psikiatri
Pustaka: Tandon, R., Keshavan, M. S., & Nasrallah, H. A. (2020). Schizophrenia Research Trends. Springer.
4%

5

Minggu ke 5

Mampu memutuskan upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga

  1. Mampu menganalisis Hubungan/ Perubahan/ Adaptasi Psikiatri dan Olahraga
  2. Mampu menganalisis Gangguan Psikiatri akibat Olahraga
  3. Mampu memutuskan upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah

Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL

Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik

Materi: Upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga
Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5-TR). 5th ed., Text Revision.

Materi: Upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga
Pustaka: Sadock, B. J., Sadock, V. A., & Ruiz, P. (2021). Kaplan & Sadock's Synopsis of Psychiatry: Behavioral Sciences/Clinical Psychiatry. 12th ed.

Materi: Upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga
Pustaka: Stahl, S. M. (2020). Stahl's Essential Psychopharmacology: Neuroscientific Basis and Practical Applications. 5th ed.

Materi: Upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga
Pustaka: PDSKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia). (2023). Pedoman Praktik Klinis Psikiatri di Indonesia. PDSKJI

Materi: Upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga
Pustaka: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Pedoman Pelayanan Kesehatan Jiwa di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama.

Materi: Upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga
Pustaka: World Health Organization. (2021). Comprehensive Mental Health Action Plan 2013–2030.

Materi: Upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga
Pustaka: Bhugra, D., & Bhui, K. S. (2022). Textbook of Cultural Psychiatry. Cambridge University Press.

Materi: Upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga
Pustaka: Gelder, M., Harrison, P., & Cowen, P. (2021). Shorter Oxford Textbook of Psychiatry. Oxford University Press.

Materi: Upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga
Pustaka: Yatham, L. N., & Maj, M. (2020). Bipolar Disorders: Clinical and Neurobiological Foundations. Springer.

Materi: Upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga
Pustaka: Boland, R., & Verduin, M. (2022). Kaplan and Sadock's Pocket Handbook of Clinical Psychiatry. Wolters Kluwer Health.

Materi: Upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga
Pustaka: Firth, J., & Torous, J. (2021). Digital Mental Health: A Global Perspective. Elsevier.

Materi: Upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga
Pustaka: Kessler, R. C., & Bromet, E. J. (2020). Epidemiology of Psychiatric Disorders in a Global Perspective. Annual Review of Public Health, 41(1), 95-113.

Materi: Upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga
Pustaka: Goodman, R., & Scott, S. (2022). Child and Adolescent Psychiatry. Wiley-Blackwell.

Materi: Upaya promotif dan preventif tentang Penyakit Psikiatri dan Olahraga
Pustaka: Tandon, R., Keshavan, M. S., & Nasrallah, H. A. (2020). Schizophrenia Research Trends. Springer.
4%

6

Minggu ke 6

Ujian Akhir BLOK


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
CBT & Praktikum

80%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Praktik / Unjuk Kerja 40%
3. Tes 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.