|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Bahasa Inggris |
99992140103022 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
0 |
25 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membekali mahasiswa pada keterampilan dan komponen bahasa pada level dasar (pre-intermediate). Matakuliah ini juga memperkenalkan tes terstandarisasi yang memuat latihan keterampilan membaca (reading skills), menyimak (listening comprehension) dan tata bahasa dan kosakata (structure and vocabulary) yang diarahkan untuk persiapan test bahasa inggris standar Internasional. Semua kegiatan perkuliahan akan disajikan dengan cara ceramah dan diskusi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sharpe, Pamela. J. 2003. How to prepare for the TOEFL. Barron&rsquos Educational Series. NY
- Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY
- _______. 2012. Official Guide to the TOEFL Test With CD-ROM, 4th Edition (Official Guide to the Toefl Ibt). McGraw-Hill. USA.
- Phillips, Deborah. 2001. Longman Introductory Course for the TOEFL Test: iBT, 2nd ed. Pearson Education. NY
- Worcester, Adam, et al. 2008. Building Skill for the TOEFL iBT: Beginning. Compass Publishing.
- Cullen, Pauline, et al. 2014. The Official Cambridge Guide to IELTS Students Book With Answers with DVD-ROM. Oxford University Press.
- Parthare, Emma Parthare, Gary May, Peter. 2013. Headway Academic Skills IELTS Study Skills Edition: Level 1 Students Book.Oxford University Press.
- Lougheed, Lin. 2007. Longman Preparation Series for the TOEIC Test: Listening and Reading, 5th Edition. Pearson Education. NY
- Buku yang disusun oleh Tim Mata Kuliah Bahasa Inggris
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dyah Riandadari, S.T., M.T. Lena Citra Manggalasari,, M.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami seluk beluk English Standardized TestMemahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Part Of Speech & Singular-Plural Forms (Count-Uncount) |
- Mahasiswa mampu:Membedakan jenis-jenis English Standardized Test
- Memahami pentingnya English Standardized Test
- Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Part Of Speech & Singular-Plural Forms (Count-Uncount)
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Part Of Speech & Singular-Plural Forms (Count-Uncount)
|
Kriteria:
null |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan DeterminersMemahami isi percakapan pendek tentang Topics & Details |
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan Determiners
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan Determiners
- Mengidentifikasi topik utama dan hal detail dalam sebuah percakapan pendek
|
Kriteria:
null |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan ModalsMemahami isi percakapan pendek tentang Reversals & Problems |
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan Modals
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan Modals
- Mengidentifikasi putusan akhir dan masalah dalam sebuah percakapan pendek
|
Kriteria:
null |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan SubjunctiveMemahami isi percakapan pendek tentang Idioms & Emotions |
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan Subjunctive
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan Subjunctive
- Mengidentifikasi arti idiom dan perasaan atau emosi yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
|
Kriteria:
null |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Tenses (Active) dan Passive VoiceMemahami isi percakapan pendek tentang Suggestions & Assumptions |
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Tenses (Active) dan Passive Voice
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Tenses (Active) dan Passive Voice
- Mengidentifikasi saran dan asumsi yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
|
Kriteria:
null |
Ceramah, Diskusi 1 X 1 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Subject-Verb Agreement dan Gerunds & InfinitivesMemahami isi percakapan agak panjang (longer dialog) tentang kehidupan di kampus dan diluar kampus |
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Subject-Verb Agreement dan Gerunds & Infinitives
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Subject-Verb Agreement dan Gerunds & Infinitives
- Menentukan informasi rinci yang terdapat dalam sebuah percakapan agak panjang
|
Kriteria:
null |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective dan Noun Clause Memahami isi monolog (General Talks) |
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective dan Noun Clause
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective dan Noun Clause
- Menentukan informasi rinci yang terdapat dalam sebuah monolog
|
Kriteria:
null |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTSMemahami Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses & Parallel StructureMengidentifikasi Main Idea/Topic, Main Purpose, Organization Of Ideas, Tone, Previous/Following Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses & Parallel Structure
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses & Parallel Structure
- Menyelesaikan soal-soal Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses & Parallel Structure
- Mengidentifikasi Main Idea/Topic, Main Purpose, Organization Of Ideas, Tone, Previous/Following Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis
- Menyelesaikan soal-soal Reading Comprehension yang terkait dengan Main Idea/Topic, Main Purpose, Organization Of Ideas, Tone, Previous/Following Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis
|
Kriteria:
null |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences & Comparison Mengidentifikasi Inference, Purpose, Details, Negative And Line Items pada sebuah wacana tulis |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences & Comparison
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences & Comparison
- Menyelesaikan soal-soal Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences & Comparison
- Mengidentifikasi Inference, Purpose, Details, Negative And Line Items pada sebuah wacana tulis
- Menyelesaikan soal-soal Reading Comprehension yang terkait dengan Inference, Purpose, Details, Negative And Line Items pada sebuah wacana tulis
|
Kriteria:
null |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan pada pertemuan 1 s/d 10Mengidentifikasi Vocabulary Items & Reference Items pada sebuah wacana tulis |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan pada pertemuan 1 s/d 10
- Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yangdiajarkan pada pertemuan 1 s/d 10
- Mengidentifikasi Vocabulary Items & Reference Items pada sebuah wacana tulis
|
Kriteria:
null |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami materi Tata Bahasa InggrisMemahami materi Reading ComprehensionMemahami materi Listening Comprehension |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Listening Comprehension yang telah diajarkan
|
Kriteria:
null |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami materi Tata Bahasa InggrisMemahami materi Reading ComprehensionMemahami materi Listening Comprehension |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Listening Comprehension yang telah diajarkan
|
Kriteria:
null |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami materi Tata Bahasa InggrisMemahami materi Reading ComprehensionMemahami materi Listening Comprehension |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Listening Comprehension yang telah diajarkan
|
Kriteria:
null |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami materi Tata Bahasa InggrisMemahami materi Reading ComprehensionMemahami materi Listening Comprehension |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Listening Comprehension yang telah diajarkan
|
Kriteria:
null |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami materi Tata Bahasa InggrisMemahami materi Reading ComprehensionMemahami materi Listening Comprehension |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Listening Comprehension yang telah diajarkan
|
Kriteria:
null |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
|
|
3 X 50 |
|
|
0% |