|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Bahasa Inggris |
99992140103022 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
0 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dyah Riandadari, Dewi Puspitasari
|
Dyah Riandadari, S.T., M.T
|
Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tertulis secara akurat dan sahih kepada pihak lain yang membutuhkan. |
PLO-9 |
Mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains dan/atau material, dan keteknikan untuk untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menerapkan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan dan tertulis dalam konteks teknik mesin (C3)
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menganalisis dokumen teknis dalam bahasa Inggris untuk memahami konsep-konsep teknik yang kompleks (C4)
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi keakuratan dan keefektifan penggunaan bahasa Inggris dalam laporan teknis (C5)
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menciptakan presentasi lisan dan tertulis yang efektif menggunakan terminologi teknik dalam bahasa Inggris (C6)
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat menerapkan bahasa Inggris teknis dalam simulasi situasi kerja nyata di bidang teknik mesin (C3)
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat menganalisis dan menafsirkan data teknis yang disajikan dalam bahasa Inggris untuk mendukung pengambilan keputusan teknis (C4)
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasi internasional antara tim teknik (C5)
|
PO - 8 |
Mahasiswa dapat menciptakan dokumentasi teknis seperti manual dan spesifikasi produk dalam bahasa Inggris yang jelas dan tepat (C6)
|
PO - 9 |
Mahasiswa dapat menganalisis studi kasus teknik dalam bahasa Inggris untuk mengidentifikasi masalah dan solusi potensial (C4)
|
PO - 10 |
Mahasiswa dapat menerapkan terminologi teknis dalam bahasa Inggris dalam diskusi kelompok dan presentasi (C3)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-6 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | ✔ | | PO-4 | ✔ | | PO-5 | ✔ | ✔ | PO-6 | | ✔ | PO-7 | ✔ | | PO-8 | ✔ | ✔ | PO-9 | | ✔ | PO-10 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membekali mahasiswa pada keterampilan dan komponen bahasa pada level dasar (pre-intermediate). Matakuliah ini juga memperkenalkan tes terstandarisasi yang memuat latihan keterampilan membaca (reading skills), menyimak (listening comprehension) dan tata bahasa dan kosakata (structure and vocabulary) yang diarahkan untuk persiapan test bahasa inggris standar Internasional. Semua kegiatan perkuliahan akan disajikan dengan cara ceramah dan diskusi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sharpe, Pamela. J. 2003. How to prepare for the TOEFL. Barron&rsquos Educational Series. NY
- Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY
- _______. 2012. Official Guide to the TOEFL Test With CD-ROM, 4th Edition (Official Guide to the Toefl Ibt). McGraw-Hill. USA.
- Phillips, Deborah. 2001. Longman Introductory Course for the TOEFL Test: iBT, 2nd ed. Pearson Education. NY
- Worcester, Adam, et al. 2008. Building Skill for the TOEFL iBT: Beginning. Compass Publishing.
- Cullen, Pauline, et al. 2014. The Official Cambridge Guide to IELTS Students Book With Answers with DVD-ROM. Oxford University Press.
- Parthare, Emma Parthare, Gary May, Peter. 2013. Headway Academic Skills IELTS Study Skills Edition: Level 1 Students Book.Oxford University Press.
- Lougheed, Lin. 2007. Longman Preparation Series for the TOEIC Test: Listening and Reading, 5th Edition. Pearson Education. NY
- Buku yang disusun oleh Tim Mata Kuliah Bahasa Inggris
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dyah Riandadari, S.T., M.T. Lena Citra Manggalasari,, M.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami seluk beluk English Standardized TestMemahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Part Of Speech & Singular-Plural Forms (Count-Uncount) |
- Mahasiswa mampu:Membedakan jenis-jenis English Standardized Test
- Memahami pentingnya English Standardized Test
- Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Part Of Speech & Singular-Plural Forms (Count-Uncount)
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Part Of Speech & Singular-Plural Forms (Count-Uncount)
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY |
1% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan DeterminersMemahami isi percakapan pendek tentang Topics & Details |
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan Determiners
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Word Order dan Determiners
- Mengidentifikasi topik utama dan hal detail dalam sebuah percakapan pendek
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Sharpe, Pamela. J. 2003. How to prepare for the TOEFL. Barron&rsquos Educational Series. NY |
1% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan ModalsMemahami isi percakapan pendek tentang Reversals & Problems |
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan Modals
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Reflexive And Emphatic Pronouns dan Modals
- Mengidentifikasi putusan akhir dan masalah dalam sebuah percakapan pendek
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Cullen, Pauline, et al. 2014. The Official Cambridge Guide to IELTS Students Book With Answers with DVD-ROM. Oxford University Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan SubjunctiveMemahami isi percakapan pendek tentang Idioms & Emotions |
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan Subjunctive
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Causative dan Subjunctive
- Mengidentifikasi arti idiom dan perasaan atau emosi yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Parthare, Emma Parthare, Gary May, Peter. 2013. Headway Academic Skills IELTS Study Skills Edition: Level 1 Students Book.Oxford University Press. |
1% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Tenses (Active) dan Passive VoiceMemahami isi percakapan pendek tentang Suggestions & Assumptions |
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Tenses (Active) dan Passive Voice
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Tenses (Active) dan Passive Voice
- Mengidentifikasi saran dan asumsi yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 1 X 1 |
|
Materi: - Pustaka: Buku yang disusun oleh Tim Mata Kuliah Bahasa Inggris |
1% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Subject-Verb Agreement dan Gerunds & InfinitivesMemahami isi percakapan agak panjang (longer dialog) tentang kehidupan di kampus dan diluar kampus |
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Subject-Verb Agreement dan Gerunds & Infinitives
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Subject-Verb Agreement dan Gerunds & Infinitives
- Menentukan informasi rinci yang terdapat dalam sebuah percakapan agak panjang
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: _______. 2012. Official Guide to the TOEFL Test With CD-ROM, 4th Edition (Official Guide to the Toefl Ibt). McGraw-Hill. USA. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective dan Noun Clause Memahami isi monolog (General Talks) |
- Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi pola struktur Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective dan Noun Clause
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adjective Clause & Adjective dan Noun Clause
- Menentukan informasi rinci yang terdapat dalam sebuah monolog
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Cullen, Pauline, et al. 2014. The Official Cambridge Guide to IELTS Students Book With Answers with DVD-ROM. Oxford University Press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTSMemahami Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses & Parallel StructureMengidentifikasi Main Idea/Topic, Main Purpose, Organization Of Ideas, Tone, Previous/Following Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses & Parallel Structure
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses & Parallel Structure
- Menyelesaikan soal-soal Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Adverb Clauses & Parallel Structure
- Mengidentifikasi Main Idea/Topic, Main Purpose, Organization Of Ideas, Tone, Previous/Following Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis
- Menyelesaikan soal-soal Reading Comprehension yang terkait dengan Main Idea/Topic, Main Purpose, Organization Of Ideas, Tone, Previous/Following Paragraph Questions pada sebuah wacana tulis
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Tes |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Buku yang disusun oleh Tim Mata Kuliah Bahasa Inggris |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences & Comparison Mengidentifikasi Inference, Purpose, Details, Negative And Line Items pada sebuah wacana tulis |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences & Comparison
- Memberikan contoh penggunaan Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences & Comparison
- Menyelesaikan soal-soal Tata Bahasa Inggris yang terkait dengan Conditional Sentences & Comparison
- Mengidentifikasi Inference, Purpose, Details, Negative And Line Items pada sebuah wacana tulis
- Menyelesaikan soal-soal Reading Comprehension yang terkait dengan Inference, Purpose, Details, Negative And Line Items pada sebuah wacana tulis
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Parthare, Emma Parthare, Gary May, Peter. 2013. Headway Academic Skills IELTS Study Skills Edition: Level 1 Students Book.Oxford University Press. |
1% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan pada pertemuan 1 s/d 10Mengidentifikasi Vocabulary Items & Reference Items pada sebuah wacana tulis |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan pada pertemuan 1 s/d 10
- Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yangdiajarkan pada pertemuan 1 s/d 10
- Mengidentifikasi Vocabulary Items & Reference Items pada sebuah wacana tulis
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Cullen, Pauline, et al. 2014. The Official Cambridge Guide to IELTS Students Book With Answers with DVD-ROM. Oxford University Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami materi Tata Bahasa InggrisMemahami materi Reading ComprehensionMemahami materi Listening Comprehension |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Listening Comprehension yang telah diajarkan
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Cullen, Pauline, et al. 2014. The Official Cambridge Guide to IELTS Students Book With Answers with DVD-ROM. Oxford University Press. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami materi Tata Bahasa InggrisMemahami materi Reading ComprehensionMemahami materi Listening Comprehension |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Listening Comprehension yang telah diajarkan
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Worcester, Adam, et al. 2008. Building Skill for the TOEFL iBT: Beginning. Compass Publishing. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami materi Tata Bahasa InggrisMemahami materi Reading ComprehensionMemahami materi Listening Comprehension |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Listening Comprehension yang telah diajarkan
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Cullen, Pauline, et al. 2014. The Official Cambridge Guide to IELTS Students Book With Answers with DVD-ROM. Oxford University Press. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami materi Tata Bahasa InggrisMemahami materi Reading ComprehensionMemahami materi Listening Comprehension |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Listening Comprehension yang telah diajarkan
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami materi Tata Bahasa InggrisMemahami materi Reading ComprehensionMemahami materi Listening Comprehension |
- Mahasiswa mampu:Menjelaskan materi Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Tata Bahasa Inggris yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Reading Comprehension yang telah diajarkan
- Menyelesaikan soal-soal materi Listening Comprehension yang telah diajarkan
|
Kriteria:
null Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Phillips, Deborah. 2001. Longman Introductory Course for the TOEFL Test: iBT, 2nd ed. Pearson Education. NY |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
kesesuaian matrik |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban Bentuk Penilaian : Tes |
3 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Phillips, Deborah. 2004. Longman Preparation Course for the TOEFL Test: The Paper Test (Student Book with Answer Key and CD-ROM). Pearson Education. NY |
30% |