Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Penyusunan Laporan Desa Wisata

7920204341

T=4

P=0

ECTS=6.36

5

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar penyusunan laporan terkait desa wisata.

PO - 2

Mahasiswa dapat mengumpulkan dan menganalisis data pariwisata desa untuk disajikan dalam bentuk laporan.

PO - 3

Mahasiswa mampu menulis laporan desa wisata yang informatif dan strategis.

PO - 4

Mahasiswa dapat menyusun rekomendasi untuk pengembangan desa wisata berdasarkan hasil laporan yang telah disusun.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam menyusun laporan yang komprehensif dan profesional mengenai pengelolaan desa wisata. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis laporan yang berkaitan dengan aktivitas pariwisata desa, termasuk laporan perkembangan, evaluasi, dan rekomendasi untuk peningkatan desa wisata. Mata kuliah ini juga mengajarkan teknik pengumpulan data, analisis, dan penyajian informasi yang relevan. Mahasiswa akan terlibat dalam praktik menyusun laporan berdasarkan studi kasus nyata yang melibatkan desa wisata.

Pustaka

Utama :

  1. Jones, Leo. 2001. Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry.
  2. Wyatt, Rawdon. 2007. Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism.
  3. Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice.
  4. Duckett, Jon. 2014. HTML and CSS: Design and Build Websites.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pada akhir mata perkuliahan, mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar penyusunan laporan yang sistematis dan informatif terkait dengan desa wisata.

Mahasiswa dapat menjelaskan struktur laporan formal yang diperlukan dalam industri pariwisata.

Kriteria:

Kejelasan dalam menjelaskan elemen-elemen utama laporan, seperti pendahuluan, isi, dan kesimpulan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
LURING
4 X 50

Materi: pemahaman standar industri pariwisata dan jenis-jenis laporan.
Pustaka: Jones, Leo. 2001. Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry.
5%

2

Minggu ke 2

Pada akhir mata perkuliahan, mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar penyusunan laporan yang sistematis dan informatif terkait dengan desa wisata.

Mahasiswa dapat menjelaskan struktur laporan formal yang diperlukan dalam industri pariwisata.

Kriteria:

Kejelasan dalam menjelaskan elemen-elemen utama laporan, seperti pendahuluan, isi, dan kesimpulan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
LURING
4 X 50

Materi: pemahaman standar industri pariwisata dan jenis-jenis laporan.
Pustaka: Jones, Leo. 2001. Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry.
5%

3

Minggu ke 3

Pada akhir mata perkuliahan, mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar penyusunan laporan yang sistematis dan informatif terkait dengan desa wisata.

Mahasiswa dapat menjelaskan struktur laporan formal yang diperlukan dalam industri pariwisata.

Kriteria:

Kejelasan dalam menjelaskan elemen-elemen utama laporan, seperti pendahuluan, isi, dan kesimpulan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
LURING
4 X 50

Materi: pemahaman standar industri pariwisata dan jenis-jenis laporan.
Pustaka: Jones, Leo. 2001. Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry.
5%

4

Minggu ke 4

Pada akhir mata perkuliahan, mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar penyusunan laporan yang sistematis dan informatif terkait dengan desa wisata.

Mahasiswa dapat menjelaskan struktur laporan formal yang diperlukan dalam industri pariwisata.

Kriteria:

Kejelasan dalam menjelaskan elemen-elemen utama laporan, seperti pendahuluan, isi, dan kesimpulan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
LURING
4 X 50

Materi: pemahaman standar industri pariwisata dan jenis-jenis laporan.
Pustaka: Jones, Leo. 2001. Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry.
5%

5

Minggu ke 5

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menyusun data yang relevan untuk pengembangan desa wisata.

Kriteria:

Ketepatan dalam mengidentifikasi sumber data yang kredibel dan relevan.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: teknik pengumpulan dan analisis data untuk mendukung rekomendasi.
Pustaka: Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice.
5%

6

Minggu ke 6

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menyusun data yang relevan untuk pengembangan desa wisata.

Kriteria:

Ketepatan dalam mengidentifikasi sumber data yang kredibel dan relevan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: teknik pengumpulan dan analisis data untuk mendukung rekomendasi.
Pustaka: Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice.
5%

7

Minggu ke 7

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menyusun data yang relevan untuk pengembangan desa wisata.

Kriteria:

Ketepatan dalam mengidentifikasi sumber data yang kredibel dan relevan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: teknik pengumpulan dan analisis data untuk mendukung rekomendasi.
Pustaka: Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice.
5%

8

Minggu ke 8

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menyusun data yang relevan untuk pengembangan desa wisata.

Kriteria:

Ketepatan dalam mengidentifikasi sumber data yang kredibel dan relevan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: teknik pengumpulan dan analisis data untuk mendukung rekomendasi.
Pustaka: Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice.
5%

9

Minggu ke 9

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu Menguasai teknik penulisan laporan formal yang sesuai dengan standar industri pariwisata.

Kriteria:

Keteraturan dan koherensi dalam penulisan laporan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4 X 50

Materi: teknik penulisan formal dan bahasa yang digunakan dalam laporan pariwisata.
Pustaka: Wyatt, Rawdon. 2007. Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism.
10%

10

Minggu ke 10

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu Menguasai teknik penulisan laporan formal yang sesuai dengan standar industri pariwisata.

Kriteria:

Keteraturan dan koherensi dalam penulisan laporan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4 X 50

Materi: teknik penulisan formal dan bahasa yang digunakan dalam laporan pariwisata.
Pustaka: Wyatt, Rawdon. 2007. Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism.
5%

11

Minggu ke 11

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu Menguasai teknik penulisan laporan formal yang sesuai dengan standar industri pariwisata.

Kriteria:

Keteraturan dan koherensi dalam penulisan laporan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4 X 50

Materi: teknik penulisan formal dan bahasa yang digunakan dalam laporan pariwisata.
Pustaka: Wyatt, Rawdon. 2007. Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism.
5%

12

Minggu ke 12

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu Menguasai teknik penulisan laporan formal yang sesuai dengan standar industri pariwisata.

Kriteria:

Keteraturan dan koherensi dalam penulisan laporan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4 X 50

Materi: teknik penulisan formal dan bahasa yang digunakan dalam laporan pariwisata.
Pustaka: Wyatt, Rawdon. 2007. Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism.
5%

13

Minggu ke 13

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dalam menyusun laporan berbasis data yang memberikan rekomendasi strategis untuk peningkatan pariwisata desa.

Mahasiswa mampu menganalisis data lapangan untuk merumuskan rekomendasi pengembangan.

Kriteria:

Ketepatan analisis yang mendasari rekomendasi pengembangan desa wisata.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4 X 50

Materi: pemanfaatan teknologi untuk presentasi dan penyusunan rekomendasi berbasis data.
Pustaka: Duckett, Jon. 2014. HTML and CSS: Design and Build Websites.
5%

14

Minggu ke 14

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dalam menyusun laporan berbasis data yang memberikan rekomendasi strategis untuk peningkatan pariwisata desa.

Mahasiswa mampu menganalisis data lapangan untuk merumuskan rekomendasi pengembangan.

Kriteria:

Ketepatan analisis yang mendasari rekomendasi pengembangan desa wisata.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4 X 50

Materi: pemanfaatan teknologi untuk presentasi dan penyusunan rekomendasi berbasis data.
Pustaka: Duckett, Jon. 2014. HTML and CSS: Design and Build Websites.
5%

15

Minggu ke 15

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dalam menyusun laporan berbasis data yang memberikan rekomendasi strategis untuk peningkatan pariwisata desa.

Mahasiswa mampu menganalisis data lapangan untuk merumuskan rekomendasi pengembangan.

Kriteria:

Ketepatan analisis yang mendasari rekomendasi pengembangan desa wisata.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4 X 50

Materi: pemanfaatan teknologi untuk presentasi dan penyusunan rekomendasi berbasis data.
Pustaka: Duckett, Jon. 2014. HTML and CSS: Design and Build Websites.
10%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa akan menyusun laporan lengkap mengenai potensi, masalah, dan pengembangan desa wisata berdasarkan studi kasus yang ditugaskan

Kriteria:
  1. Penyusunan Laporan Desa Wisata
  2. Presentasi Proyek Laporan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja


14%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 39.18%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 7%
3. Penilaian Portofolio 19.18%
4. Praktik / Unjuk Kerja 33.68%
99.04%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.