|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Penyusunan Laporan Desa Wisata |
7920204341 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
5 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar penyusunan laporan terkait desa wisata.
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat mengumpulkan dan menganalisis data pariwisata desa untuk disajikan dalam bentuk laporan.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menulis laporan desa wisata yang informatif dan strategis.
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menyusun rekomendasi untuk pengembangan desa wisata berdasarkan hasil laporan yang telah disusun.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam menyusun laporan yang komprehensif dan profesional mengenai pengelolaan desa wisata. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis laporan yang berkaitan dengan aktivitas pariwisata desa, termasuk laporan perkembangan, evaluasi, dan rekomendasi untuk peningkatan desa wisata. Mata kuliah ini juga mengajarkan teknik pengumpulan data, analisis, dan penyajian informasi yang relevan. Mahasiswa akan terlibat dalam praktik menyusun laporan berdasarkan studi kasus nyata yang melibatkan desa wisata. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Jones, Leo. 2001. Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry.
- Wyatt, Rawdon. 2007. Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism.
- Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice.
- Duckett, Jon. 2014. HTML and CSS: Design and Build Websites.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pada akhir mata perkuliahan, mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar penyusunan laporan yang sistematis dan informatif terkait dengan desa wisata. |
Mahasiswa dapat menjelaskan struktur laporan formal yang diperlukan dalam industri pariwisata. |
Kriteria:
Kejelasan dalam menjelaskan elemen-elemen utama laporan, seperti pendahuluan, isi, dan kesimpulan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
LURING 4 X 50 |
|
Materi: pemahaman standar industri pariwisata dan jenis-jenis laporan. Pustaka: Jones, Leo. 2001. Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Pada akhir mata perkuliahan, mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar penyusunan laporan yang sistematis dan informatif terkait dengan desa wisata. |
Mahasiswa dapat menjelaskan struktur laporan formal yang diperlukan dalam industri pariwisata. |
Kriteria:
Kejelasan dalam menjelaskan elemen-elemen utama laporan, seperti pendahuluan, isi, dan kesimpulan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
LURING 4 X 50 |
|
Materi: pemahaman standar industri pariwisata dan jenis-jenis laporan. Pustaka: Jones, Leo. 2001. Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Pada akhir mata perkuliahan, mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar penyusunan laporan yang sistematis dan informatif terkait dengan desa wisata. |
Mahasiswa dapat menjelaskan struktur laporan formal yang diperlukan dalam industri pariwisata. |
Kriteria:
Kejelasan dalam menjelaskan elemen-elemen utama laporan, seperti pendahuluan, isi, dan kesimpulan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
LURING 4 X 50 |
|
Materi: pemahaman standar industri pariwisata dan jenis-jenis laporan. Pustaka: Jones, Leo. 2001. Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Pada akhir mata perkuliahan, mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar penyusunan laporan yang sistematis dan informatif terkait dengan desa wisata. |
Mahasiswa dapat menjelaskan struktur laporan formal yang diperlukan dalam industri pariwisata. |
Kriteria:
Kejelasan dalam menjelaskan elemen-elemen utama laporan, seperti pendahuluan, isi, dan kesimpulan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
LURING 4 X 50 |
|
Materi: pemahaman standar industri pariwisata dan jenis-jenis laporan. Pustaka: Jones, Leo. 2001. Welcome!: English for the Travel and Tourism Industry. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menyusun data yang relevan untuk pengembangan desa wisata. |
|
Kriteria:
Ketepatan dalam mengidentifikasi sumber data yang kredibel dan relevan. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: teknik pengumpulan dan analisis data untuk mendukung rekomendasi. Pustaka: Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menyusun data yang relevan untuk pengembangan desa wisata. |
|
Kriteria:
Ketepatan dalam mengidentifikasi sumber data yang kredibel dan relevan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: teknik pengumpulan dan analisis data untuk mendukung rekomendasi. Pustaka: Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menyusun data yang relevan untuk pengembangan desa wisata. |
|
Kriteria:
Ketepatan dalam mengidentifikasi sumber data yang kredibel dan relevan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: teknik pengumpulan dan analisis data untuk mendukung rekomendasi. Pustaka: Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menyusun data yang relevan untuk pengembangan desa wisata. |
|
Kriteria:
Ketepatan dalam mengidentifikasi sumber data yang kredibel dan relevan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: teknik pengumpulan dan analisis data untuk mendukung rekomendasi. Pustaka: Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu Menguasai teknik penulisan laporan formal yang sesuai dengan standar industri pariwisata. |
|
Kriteria:
Keteraturan dan koherensi dalam penulisan laporan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: teknik penulisan formal dan bahasa yang digunakan dalam laporan pariwisata. Pustaka: Wyatt, Rawdon. 2007. Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu Menguasai teknik penulisan laporan formal yang sesuai dengan standar industri pariwisata. |
|
Kriteria:
Keteraturan dan koherensi dalam penulisan laporan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: teknik penulisan formal dan bahasa yang digunakan dalam laporan pariwisata. Pustaka: Wyatt, Rawdon. 2007. Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu Menguasai teknik penulisan laporan formal yang sesuai dengan standar industri pariwisata. |
|
Kriteria:
Keteraturan dan koherensi dalam penulisan laporan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: teknik penulisan formal dan bahasa yang digunakan dalam laporan pariwisata. Pustaka: Wyatt, Rawdon. 2007. Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu Menguasai teknik penulisan laporan formal yang sesuai dengan standar industri pariwisata. |
|
Kriteria:
Keteraturan dan koherensi dalam penulisan laporan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: teknik penulisan formal dan bahasa yang digunakan dalam laporan pariwisata. Pustaka: Wyatt, Rawdon. 2007. Check Your English Vocabulary for Leisure, Travel, and Tourism. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dalam menyusun laporan berbasis data yang memberikan rekomendasi strategis untuk peningkatan pariwisata desa. |
Mahasiswa mampu menganalisis data lapangan untuk merumuskan rekomendasi pengembangan. |
Kriteria:
Ketepatan analisis yang mendasari rekomendasi pengembangan desa wisata. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: pemanfaatan teknologi untuk presentasi dan penyusunan rekomendasi berbasis data. Pustaka: Duckett, Jon. 2014. HTML and CSS: Design and Build Websites. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dalam menyusun laporan berbasis data yang memberikan rekomendasi strategis untuk peningkatan pariwisata desa. |
Mahasiswa mampu menganalisis data lapangan untuk merumuskan rekomendasi pengembangan. |
Kriteria:
Ketepatan analisis yang mendasari rekomendasi pengembangan desa wisata. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: pemanfaatan teknologi untuk presentasi dan penyusunan rekomendasi berbasis data. Pustaka: Duckett, Jon. 2014. HTML and CSS: Design and Build Websites. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dalam menyusun laporan berbasis data yang memberikan rekomendasi strategis untuk peningkatan pariwisata desa. |
Mahasiswa mampu menganalisis data lapangan untuk merumuskan rekomendasi pengembangan. |
Kriteria:
Ketepatan analisis yang mendasari rekomendasi pengembangan desa wisata. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: pemanfaatan teknologi untuk presentasi dan penyusunan rekomendasi berbasis data. Pustaka: Duckett, Jon. 2014. HTML and CSS: Design and Build Websites. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
Mahasiswa akan menyusun laporan lengkap mengenai potensi, masalah, dan pengembangan desa wisata berdasarkan studi kasus yang ditugaskan |
Kriteria:
- Penyusunan Laporan Desa Wisata
- Presentasi Proyek Laporan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
|
14% |