Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Internet of think

8320102260

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ir. Nur Kholis, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu menyelaraskan kurikulum mata-diklat teknik ketenagalistrikkan dan elektronika pada pendidikan kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global (Pendidikan).

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan teknik elektro untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5
PO-1 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kestabilan sistem tenaga dan model matematisnya, respon sistem terhadap gangguan kecil, mesin-mesin sinkron, simulasi mesin sinkron, sistem eksitasi, pengaruh eksitasi pada kestabilan, sistem dengan mesin majemuk.

Pustaka

Utama :

  1. William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, A. Charles. (1990). Power System Analisys , New York: John Wiley & Sons. Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.

Pendukung :

  1. A. Charles. (1990). Power System Analisys , New York: John Wiley & Sons.

Dosen Pengampu

L. Endah Cahya Ningrum, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Dapat mengkaji dan menganalisis respons sebuah sistem terhadap gangguan seperti hilangnya pembangkitan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%

2

Minggu ke 2

Dapat mengkaji dan menganalisis respons sebuah sistem terhadap gangguan seperti hilangnya pembangkitan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%

3

Minggu ke 3

Dapat menjelaskan operasi pengalihan saluran (line-switching operations), gangguan (fault), dan perubahan beban mendadak dalam beberapa detik pertama setelah gangguan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%

4

Minggu ke 4

Dapat menjelaskan operasi pengalihan saluran (line-switching operations), gangguan (fault), dan perubahan beban mendadak dalam beberapa detik pertama setelah gangguan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%

5

Minggu ke 5

Dapat menentukan apakah mesin atau sistem akan kembali ke frekuensi sinkron setelah terjadi gangguan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%

6

Minggu ke 6

Dapat menentukan apakah mesin atau sistem akan kembali ke frekuensi sinkron setelah terjadi gangguan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%

7

Minggu ke 7

Dapat menentukan apakah mesin atau sistem akan kembali ke frekuensi sinkron setelah terjadi gangguan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%

8

Minggu ke 8

Dapat menentukan apakah mesin atau sistem akan kembali ke frekuensi sinkron setelah terjadi gangguan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%

9

Minggu ke 9

Dapat menentukan apakah mesin atau sistem akan kembali ke frekuensi sinkron setelah terjadi gangguan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%

10

Minggu ke 10

Dapat menentukan apakah mesin atau sistem akan kembali ke frekuensi sinkron setelah terjadi gangguan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%

11

Minggu ke 11

Dapat menentukan apakah mesin atau sistem akan kembali ke frekuensi sinkron setelah terjadi gangguan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%

12

Minggu ke 12

Dapat menentukan apakah mesin atau sistem akan kembali ke frekuensi sinkron setelah terjadi gangguan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%

13

Minggu ke 13

Dapat menentukan apakah mesin atau sistem akan kembali ke frekuensi sinkron setelah terjadi gangguan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%

14

Minggu ke 14

Dapat menentukan apakah mesin atau sistem akan kembali ke frekuensi sinkron setelah terjadi gangguan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%

15

Minggu ke 15

Dapat menentukan apakah mesin atau sistem akan kembali ke frekuensi sinkron setelah terjadi gangguan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%

16

Minggu ke 16

Dapat menentukan apakah mesin atau sistem akan kembali ke frekuensi sinkron setelah terjadi gangguan

Rubrik Evaluasi

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Instruction
2 x 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: William D. Stevenson Jr. 1990. Element of Power System Analisys 4 th Edition . NY: McGraw-Hill, Inc. Moh. El-Hawary. Electrical Power Systems Design and Analisys . NY: McGraw-Hill, Inc. Gross, Andreas, P.M., Fouad, A,A ., Power System Control and Stability Kimbark, Power System Stability , Vol. III. Crary, Power System Stability , Vol. I, II.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 80%
80%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.