Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Talenta

7320104231

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=6.36

4

31 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Meita Santi Budiani, M.Psi., Psikolog




Dr. Damajanti Kusuma Dewi S.Psi., M.Si.




Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu berkomunikasi dan mengembangkan kolaborasi dengan mitra dalam bidang ilmu yang sama maupun lintas ilmu

PLO-8

Mampu menerapkan prinsip-prinsip literasi data dan pelaporan hasil sainstifik yang bebas plagiarisme dan berlandaskan pada integritas akademik

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-5PLO-8

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Manajemen Talenta pada program studi Psikologi S1 bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep, teori, dan praktik terkait manajemen sumber daya manusia khususnya dalam konteks pengelolaan talenta di berbagai organisasi. Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang identifikasi, pengembangan, retensi, dan pemanfaatan talenta individu dalam mencapai tujuan organisasi. Ruang lingkupnya meliputi strategi manajemen talenta, assessment talenta, pengelolaan kinerja, pengembangan karir, serta faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan dalam manajemen talenta.

Pustaka

Utama :

  1. Berger, L. A., & Berger, D. R. (2003). The talent management handbook: creating organizational excellence by identifying, developing, and promoting your best people.
  2. David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition.
  3. George C. Thornton, & Rupp, D. E. (n.d.). ASSESSMENT CENTERS IN HUMAN RESOURCE MANAGEMENT Strategies for Prediction, Diagnosis, and Development.
  4. Shields, J. (2019). MANAGING EMPLOYEE PERFORMANCE AND REWARD. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si.,Psikolog.

Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi, S.Psi., M.Psi.

Meita Santi Budiani, S.Psi., M.Psi.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengetahui pengertian, komponen, hubungan antar posisi, dan hubungan antar posisi struktur organisasi

Mengetahui pengertian, komponen, hubungan antar posisi, dan hubungan antar posisi struktur organisasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Struktur Organisasi
Pustaka: David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition.

Materi: Struktur Organisasi
Pustaka: Shields, J. (2019). MANAGING EMPLOYEE PERFORMANCE AND REWARD. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/......
3%

2

Minggu ke 2

Mengetahui pengertian, tujuan, proses, dan indikator keberhasilan perencanaan sumber daya manusia

Mengetahui pengertian, tujuan, proses, dan indikator keberhasilan perencanaan sumber daya manusia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Perencanaan sumber daya manusia
Pustaka: David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition.

Materi: Perencanaan Sumber Daya Manusia
Pustaka: David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition.
3%

3

Minggu ke 3

Mengetahui dan memahami tujuan, komponen, serta proses perencanaan jenjang karier dan pengembangan talenta

Mengetahui tujuan, komponen, serta proses perencanaan jenjang karier dan pengembangan talenta


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Perencanaan Jenjang Karier dan Pengembangan Talenta
Pustaka: Berger, L. A., & Berger, D. R. (2003). The talent management handbook: creating organizational excellence by identifying, developing, and promoting your best people.
3%

4

Minggu ke 4

Mengetahui dan memahami pengertian, tujuan, komponen, serta tantangan dalam analisis jabatan.

Menjelaskan pengertian, tujuan, komponen, serta tantangan dalam analisis jabatan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Analisis Jabatan
Pustaka: Shields, J. (2019). MANAGING EMPLOYEE PERFORMANCE AND REWARD. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/...
3%

5

Minggu ke 5

Mengetahui dan memahami tujuan, metode, dan tantangan dalam penilaian kinerja

Menjelaskan tujuan, metode, dan tantangan dalam penilaian kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Penilaian kinerja
Pustaka: Shields, J. (2019). MANAGING EMPLOYEE PERFORMANCE AND REWARD. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/...
3%

6

Minggu ke 6

Mengetahui dan memahami tujuan, perbedaan, jenis, serta proses dalam pelatihan dan pengembangan

Menjelaskan tujuan, perbedaan, jenis, serta proses dalam pelatihan dan pengembangan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Pelatihan dan Pengembangan
Pustaka: Berger, L. A., & Berger, D. R. (2003). The talent management handbook: creating organizational excellence by identifying, developing, and promoting your best people.
3%

7

Minggu ke 7

Mengetahui dan memahami proses, kriteria, serta tantangan dalam proses rekrutmen dan seleksi

Mampu menjelaskan proses, kriteria, serta tantangan dalam proses rekrutmen dan seleksi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Proses Rekrutmen dan Seleksi
Pustaka: David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition.
3%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mengerjakan Ujian Tengah Semester (UTS)

Kelengkapan Bahasa


Bentuk Penilaian :
Tes


Materi: Review materi
Pustaka: David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition.
20%

9

Minggu ke 9

Mengetahui jenis-jenis prediktor dan aplikasi teknologi dalam proses rekrutmen dan seleksi

Mengetahui jenis-jenis prediktor dan aplikasi teknologi dalam proses rekrutmen dan seleksi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


Materi: Prediktor dan aplikasi dalam rekrutmen dan seleksi
Pustaka: David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition.
5%

10

Minggu ke 10

Mengetahui kriteria, tantangan, serta prosedur dalam penempatan dan promosi

Menjelaskan kriteria, tantangan, serta prosedur dalam penempatan dan promosi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Prosedur Penempatan dan Promosi
Pustaka: Shields, J. (2019). MANAGING EMPLOYEE PERFORMANCE AND REWARD. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/...
3%

11

Minggu ke 11

Mengetahui dan memahami pengertian, permasalahan, serta solusi dari demosi, mutasi dan manajemen pegawai

Mampu menjelaskan pengertian, permasalahan, serta solusi dari demosi, mutasi dan manajemen pegawai


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Permasalahan demosi, mutasi dan manajemen pegawai
Pustaka: Shields, J. (2019). MANAGING EMPLOYEE PERFORMANCE AND REWARD. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/...
3%

12

Minggu ke 12

Mengetahui dan memahami tahapan, peran, dan tantangan dalam project rekrutmen

Mengetahui tahapan, peran, dan tantangan dalam project rekrutmen


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


Materi: Project Rekrutmen
Pustaka: David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition.
5%

13

Minggu ke 13

Mengetahui komponen, jenis dan penilaian kompetensi kerja

Menjelaskan komponen, jenis dan penilaian kompetensi kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Kompetensi Kerja
Pustaka: Shields, J. (2019). MANAGING EMPLOYEE PERFORMANCE AND REWARD. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/...
3%

14

Minggu ke 14

Mengetahui komponen utama, tahapan pelaksanaan, serta kriteria penilaian dalam asesmen center

Menjelaskan komponen utama, tahapan pelaksanaan, serta kriteria penilaian dalam asesmen center


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


Materi: Pelaksanaan Asesmen Center
Pustaka: George C. Thornton, & Rupp, D. E. (n.d.). ASSESSMENT CENTERS IN HUMAN RESOURCE MANAGEMENT Strategies for Prediction, Diagnosis, and Development.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu melakukan asesmen center dengan benar

Melakukan asesmen center dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Materi: Project Asesmen Center
Pustaka: George C. Thornton, & Rupp, D. E. (n.d.). ASSESSMENT CENTERS IN HUMAN RESOURCE MANAGEMENT Strategies for Prediction, Diagnosis, and Development.
10%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mengerjakan Ujian Akhir Semester (UAS)

  1. Kelengkapan gagasan
  2. Sistematika
  3. Tatabahasa

Bentuk Penilaian :
Tes


Materi: Review materi
Pustaka:
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 35%
2. Praktik / Unjuk Kerja 20%
3. Tes 45%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.