|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian Psikologi |
7320105225 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=5 |
P=0 |
ECTS=7.95 |
3 |
19 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Miftakhul Jannah, M.Si., Fitrania Maghfiroh, M.Psi., Psikolog, Rizky Putra Santosa, S.Psi., M.Si, Qurrota A‘yuni Fitriana, M.Psi., Psikolog, Siti Jaroah, M.A, Siti Ina Savira, M.Ed.CP, Arfin Nurma Halida, M.A
|
Dr. Miftakhul Jannah, M.Si.
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu berkomunikasi dan mengembangkan kolaborasi dengan mitra dalam bidang ilmu yang sama maupun lintas ilmu |
PLO-6 |
Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerjanya berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan, agama, dan kode etik yang berlaku |
PLO-7 |
Mampu menunjukkan kepekaan sosial, penghargaan atas keanekaragaman, semangat nasionalisme, kemandirian, dan kewirausahaan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengkolaborasikan hasil penelitian kuantitatif non eksperimen maupun eksperimen serta kualitatif sesuai keperluan di lapangan.
|
PO - 2 |
Mampu menuliskan proposal dan laporan penelitian kuantitatif non eksperimen maupun eksperimen serta kualitatif dengan tingkat plagiarisme maksimal 25 persen.
|
PO - 3 |
Mampu membuat proposal penelitian psikologi dengan pendekatan kuantitatif non eksperimen atau eksperimen serta kualitatif, melakukan penelitian, dan menuliskan draft artikel publikasi hasil penelitian
|
PO - 4 |
Mampu mengidentifikasi fenomena psikologis sesuai minat dan mensistesakan dengan teori psikologis yang tepat
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | ✔ | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-2 | | | | | | | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-3 | | | | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | | | | | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang penelitian sebagai kegiatan ilmiah, menjabarkan mengenai langkah- langkah pokok penelitian dalam berbagai metode (Kuantitatif non eksperimen, kuantitatif eksperimen dan kualitatif), teknik penelitian sampai dengan bagaimana melakukan analisis penelitian dan menyusun output penelitian |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press
- 2. Jannah, M., 2016. Psikologi Eksperimen: Sebuah Pengantar. Surabaya: Unesa University Press
- 3. Willig, C. (2013). Introducing Qualitative research psychology: Adventures in theory and method. (3rd edition). McGraw Hill
- 4. Ardi, Rakhman. (2024). Isu Terkini dan Refreshment Metodologi Penelitian Kuantitatif. Universitas Airlangga
- 5. Ardi, Rakhman. (2023). Butir-butir Daftar Periksa Artikel untuk Publikasi Riset Kuantitatif.
- 6. Az Zahra, Mutiah & Nisrina, Gusti. (2023). Peta Hard Skill Periset Psikologi. Universitas Airlangga
- 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub
- 8. Kahija, Y.F. 2017. Penelitian Fenomenologis: Jalan Memahami Pengalaman Hidup. Yogyakarta: PT Kanisius.
- 9. Denzin, NK & Lincoln, Y. 2017. Handbooks of Qualitative Research 5th edition. Thousand Oaks : Sage Pub.
|
Pendukung : |
|
- 1. Jannah, M., Widohardhono, R., Rachman, N., Sauda, M. A. A. F. A. H., et al. (2024). Athletes with Disability: Does Emotional Regulation Affect Mental Toughness?. International Journal of Disabilities Sports and Health Sciences, 7((Special Issue 1): International Conference on Sport Science and Health (ICSSH, 2023), 37-45. https://doi.org/10.33438/ijdshs.1371348
- 2. Jannah, M., Nurchayati, N., Rahmasari, D., Dewi, D. K., & Widohardhono, R. (2022). Exploring the Risk-Taking Behavior of Student Athletes While Attending Education on Campus. International Journal of Current Educational Research, 1(2), 113-120. https://doi.org/10.53621/ijocer.v1i2.187
- https://drive.google.com/file/d/1-27u1xAESFtjGKDQQrBa6EgT1QUUhG3t/view?pli=1 pedoman tugas akhir dari dtptp https://dtptp.unesa.ac.id/pedoman-akademik
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si.,Psikolog Siti Ina Savira, S.Psi., M.EdCp. Fitrania Maghfiroh, M.Psi., Psikolog Arfin Nurma Halida, M.A. Qurrota A'yuni Fitriana, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Rizky Putra Santosa, M.Si. Lely Nur Azizah, S.Psi., M.Si. Siti Jaro'ah, S.Psi., M.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami Pengantar Metodologi Penelitian meliputi jenis, karakteristik, dan paradigma |
- Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kontrak belajar
- Mahasiswa mampu memahami definisi, karakteristik, paradigma dan etika penelitian psikologi
- Mahasiswa mampu memahami bagaimana proses belajar, urgensi, dan target yang harus dicapai dalam metodologi penelitian
- Mahasiswa mampu mengetahui kompetensi (Hardskill dan Softskill) dalam proses penelitian
- Mahasiswa mampu memahami konsep dasar ilmiah (Logis, Metodologis, Objektif)
|
Kriteria:
Contextual Learning, Workshop Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 5 x 50 |
|
Materi: Pengantar Metodologi (Jenis-jenis penelitian, alur berpikir, karakteristik penelitian ilmiah psikologi), tahapan penelitian, | pengenalan jurnal ilmiah, literatur reviu 1 (perbedaan konsep, konstrak dan variabel) Pustaka: 3. Willig, C. (2013). Introducing Qualitative research psychology: Adventures in theory and method. (3rd edition). McGraw Hill Materi: chp 1 selection of a research approach Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami pendahuluan penelitian, rumusan masalah, formula judul, review hasil pendahuluan dan rumusan masalah |
- Mahasiswa mampu memahami konsep dan cara berpikir dalam penelitian
- Mahasiswa mampu memahami peta konsep dalam menentukan problem penelitian
- Mahasiswa mampu memahami alur menemukan fokus riset atau pertanyaan riset utama
|
Kriteria:
Mahasiswa membuat draf pendahuluan, rumusan masalah, dan formula judul Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 5 x 50 |
|
Materi: pendahuluan penelitian, rumusan masalah, formula judul, review hasil pendahuluan dan rumusan masalah Pustaka: 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press Materi: chp 1 selection of a research approach Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami Literatur review lanjutan, hipotesis, dan definisi operasional variabel dalam penelitian kuantitatif |
- Mahasiswa mampu memahami cara menyusun hipotesis penelitian kuantitatif
- Mahasiswa mampu memahami cara menyusun definisi operasional variabel dalam penelitian kuantitatif
|
Kriteria:
contextual learning, workshop Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 5 x 50 |
|
Materi: penyusunan hipotesis, definisi operasional Pustaka: 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami Populasi-sampel, instrumen (valid & reliabel), prosedur penelitian, teknik analisis data dalam kuantitatif |
- Mahasiswa mampu menentukan populasi dan sampel
- Mahasiswa mampu menyusun instrumen yang valid dan reliabel
- Mahasiswa mampu memahami prosedur penelitian kuantitatif
- Mahasiswa mampu melakukan teknik analisis data kuantitatif
|
Kriteria:
contextual learning, workshop Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 5 x 50 |
|
Materi: Populasi-sampel, instrumen (valid & reliabel), prosedur penelitian, teknik analisis data Pustaka: 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan teknik Pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif |
- Mahasiswa mampu memahami teknik pengambilan data dalam penelitian kuantitatif
- Mahasiswa mampu melakukan pengambilan data dalam penelitian kuantitatif
|
Kriteria:
contextual learning, workshop Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 5x50 menit |
|
Materi: Teknik Pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif Pustaka: 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami cara Interpretasi Hasil Analisis Data kuantitatif, Hasil penelitian, Pembahasan & Limitasi, Simpulan dan Implikasi |
- Mahasiswa mampu melakukan interpretasi hasil data penelitian kuantitatif
- Mahasiswa mampu menyusun pembahasan, simpulan, dan implikasi dari hasil penelitian kuantitatif
|
Kriteria:
contextual learning, workshop Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 5x50 menit |
|
Materi: Interpretasi Hasil Analisis, Hasil penelitian, Pembahasan & Limitasi, Simpulan dan Implikasi Pustaka: 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menyusun output penelitian kuantitatif berupa artikel sesuai jurnal pilihan (dengan susunan IMRAD) |
- Mahasiswa mampu menyusun output penelitian kuantitatif berupa artikel sesuai jurnal pilihan (dengan susunan IMRAD)
- Mahasiswa mampu mempresentasikan output penelitian kuantitatif berupa artikel sesuai jurnal pilihan (dengan susunan IMRAD)
|
Kriteria:
Project Based Learning Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 5x50 menit |
|
Materi: output penelitian kuantitatif berupa artikel sesuai jurnal pilihan (dengan susunan IMRAD) Pustaka: 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa membuat artikel ilmiah hasil penelitian dengan pendekatan kuantitatif |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil output penelitian kuantitatif |
Kriteria:
Penilaian Product/Output Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 5x50 menit |
|
Materi: Ujian Tengah Semester Pustaka: 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press |
25% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami dasar pendekatan, paradigma, dan tahapan penelitian kualitatif |
- Mahasiswa mampu menjelaskan dasar pendekatan, paradigma, dan tahapan penelitian kualitatif
- Mahasiswa mampu menemukan fenomena yang sesuai dengan pendekatan dan paradigma penelitian kualitatif
|
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik; skor 3 jika dilakukan dengan baik; skor 2 jika dilakukan dengan cukup; skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Contextual learning
Ceramah 5 x 50 |
|
Materi: Pengantar Penelitian Kualitatif Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami pendekatan kualitatif (Etnografi, Grounded Theory, Fenomenologi, dan Studi Kasus) |
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan membedakan pendekatan riset kualitatif
- Mahasiswa mampu menemukan fenomena masalaha riset kualitatif
- Mahasiswa mampu menentukan pendekatan riset yang sesuai dengan fenomena masalah yang sudah ditemukan
|
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik; skor 3 jika dilakukan dengan baik; skor 2 jika dilakukan dengan cukup; skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Contextual Learning
Ceramah 5 x 50 |
|
Materi: Jenis-jenis pendekatan riset kualitatif Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub |
8% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami teknik pengumpulan data dan penyusunan pedoman ukur riset kualitatif (Dokumentasi, FGD, Wawancara, Observasi) |
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan membedakan teknik pengumpulan data kualitatif
- Mahasiswa mampu menyusun pedoman wawancara riset kualitatif
|
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik; skor 3 jika dilakukan dengan baik; skor 2 jika dilakukan dengan cukup; skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Contextual Learning
Workshop 5 x 50 |
|
Materi: Teknik pengumpulan data Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub Materi: Teknik pengumpulan data kualitatif Pustaka: 9. Denzin, NK & Lincoln, Y. 2017. Handbooks of Qualitative Research 5th edition. Thousand Oaks : Sage Pub. |
9% |
12
Minggu ke 12 |
Pengambilan data di lapangan |
Mahasiswa mampu melakukan pengambilan data di lapangan |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik; skor 3 jika dilakukan dengan baik; skor 2 jika dilakukan dengan cukup; skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Workshop
Praktik Kerja 5 x 50 |
|
Materi: Pengambilan data Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami teknik analisis (Deskriptif, IPA smith, Tematik) dan teknik keabsahan data (credibility, transferability, dependability dan confirmability) |
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktikkan teknik analisis data
- Mahasiswa mampu menganalisis data yang telah dikumpulkan
- Mahasiswa mampu mensintesakan hasil analisis data penelitian
|
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik; skor 3 jika dilakukan dengan baik; skor 2 jika dilakukan dengan cukup; skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Contextual Learning
Workshop 5 x 50 |
|
Materi: Analisis data kualitatif Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub Materi: Analisis data kualitatif Pustaka: 9. Denzin, NK & Lincoln, Y. 2017. Handbooks of Qualitative Research 5th edition. Thousand Oaks : Sage Pub. |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis Data Hasil Penelitian |
- Mahasiswa mampu melakukan coding analisis
- Mahasiswa mampu menyusun hasil analisis data kualitatif
|
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik; skor 3 jika dilakukan dengan baik; skor 2 jika dilakukan dengan cukup; skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Workshop 5 x 50 |
|
Materi: Analisis data kualitatif Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub Materi: Analisis data kualitatif Pustaka: 9. Denzin, NK & Lincoln, Y. 2017. Handbooks of Qualitative Research 5th edition. Thousand Oaks : Sage Pub. |
8% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu membuat output penelitian kualitatif dalam bentuk artikel |
Mahasiswa mampu menyusun hasil penelitian kualitatif dalam bentuk manuskrip artikel |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik; skor 3 jika dilakukan dengan baik; skor 2 jika dilakukan dengan cukup; skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Workshop 5 x 50 |
|
Materi: Menyusun output penelitian Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub |
0% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Project Based Learning Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Tugas Akhir 5 x 50 |
Materi: Ujian Akhir Semester Pustaka: 3. Willig, C. (2013). Introducing Qualitative research psychology: Adventures in theory and method. (3rd edition). McGraw Hill |
25% |