Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian Psikologi

7320105225

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=5

P=0

ECTS=7.95

3

19 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Miftakhul Jannah, M.Si., Fitrania Maghfiroh, M.Psi., Psikolog, Rizky Putra Santosa, S.Psi., M.Si, Qurrota A‘yuni Fitriana, M.Psi., Psikolog, Siti Jaroah, M.A, Siti Ina Savira, M.Ed.CP, Arfin Nurma Halida, M.A




Dr. Miftakhul Jannah, M.Si.




Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu berkomunikasi dan mengembangkan kolaborasi dengan mitra dalam bidang ilmu yang sama maupun lintas ilmu

PLO-6

Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerjanya berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan, agama, dan kode etik yang berlaku

PLO-7

Mampu menunjukkan kepekaan sosial, penghargaan atas keanekaragaman, semangat nasionalisme, kemandirian, dan kewirausahaan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mengkolaborasikan hasil penelitian kuantitatif non eksperimen maupun eksperimen serta kualitatif sesuai keperluan di lapangan.

PO - 2

Mampu menuliskan proposal dan laporan penelitian kuantitatif non eksperimen maupun eksperimen serta kualitatif dengan tingkat plagiarisme maksimal 25 persen.

PO - 3

Mampu membuat proposal penelitian psikologi dengan pendekatan kuantitatif non eksperimen atau eksperimen serta kualitatif, melakukan penelitian, dan menuliskan draft artikel publikasi hasil penelitian

PO - 4

Mampu mengidentifikasi fenomena psikologis sesuai minat dan mensistesakan dengan teori psikologis yang tepat

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-7
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang penelitian sebagai kegiatan ilmiah, menjabarkan mengenai langkah- langkah pokok penelitian dalam berbagai metode (Kuantitatif non eksperimen, kuantitatif eksperimen dan kualitatif), teknik penelitian sampai dengan bagaimana melakukan analisis penelitian dan menyusun output penelitian

Pustaka

Utama :

  1. 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press
  2. 2. Jannah, M., 2016. Psikologi Eksperimen: Sebuah Pengantar. Surabaya: Unesa University Press
  3. 3. Willig, C. (2013). Introducing Qualitative research psychology: Adventures in theory and method. (3rd edition). McGraw Hill
  4. 4. Ardi, Rakhman. (2024). Isu Terkini dan Refreshment Metodologi Penelitian Kuantitatif. Universitas Airlangga
  5. 5. Ardi, Rakhman. (2023). Butir-butir Daftar Periksa Artikel untuk Publikasi Riset Kuantitatif.
  6. 6. Az Zahra, Mutiah & Nisrina, Gusti. (2023). Peta Hard Skill Periset Psikologi. Universitas Airlangga
  7. 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub
  8. 8. Kahija, Y.F. 2017. Penelitian Fenomenologis: Jalan Memahami Pengalaman Hidup. Yogyakarta: PT Kanisius.
  9. 9. Denzin, NK & Lincoln, Y. 2017. Handbooks of Qualitative Research 5th edition. Thousand Oaks : Sage Pub.

Pendukung :

  1. 1. Jannah, M., Widohardhono, R., Rachman, N., Sauda, M. A. A. F. A. H., et al. (2024). Athletes with Disability: Does Emotional Regulation Affect Mental Toughness?. International Journal of Disabilities Sports and Health Sciences, 7((Special Issue 1): International Conference on Sport Science and Health (ICSSH, 2023), 37-45. https://doi.org/10.33438/ijdshs.1371348
  2. 2. Jannah, M., Nurchayati, N., Rahmasari, D., Dewi, D. K., & Widohardhono, R. (2022). Exploring the Risk-Taking Behavior of Student Athletes While Attending Education on Campus. International Journal of Current Educational Research, 1(2), 113-120. https://doi.org/10.53621/ijocer.v1i2.187
  3. https://drive.google.com/file/d/1-27u1xAESFtjGKDQQrBa6EgT1QUUhG3t/view?pli=1 pedoman tugas akhir dari dtptp https://dtptp.unesa.ac.id/pedoman-akademik

Dosen Pengampu

Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si.,Psikolog

Siti Ina Savira, S.Psi., M.EdCp.

Fitrania Maghfiroh, M.Psi., Psikolog

Arfin Nurma Halida, M.A.

Qurrota A'yuni Fitriana, S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Rizky Putra Santosa, M.Si.

Lely Nur Azizah, S.Psi., M.Si.

Siti Jaro'ah, S.Psi., M.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami Pengantar Metodologi Penelitian meliputi jenis, karakteristik, dan paradigma

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kontrak belajar
  2. Mahasiswa mampu memahami definisi, karakteristik, paradigma dan etika penelitian psikologi
  3. Mahasiswa mampu memahami bagaimana proses belajar, urgensi, dan target yang harus dicapai dalam metodologi penelitian
  4. Mahasiswa mampu mengetahui kompetensi (Hardskill dan Softskill) dalam proses penelitian
  5. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar ilmiah (Logis, Metodologis, Objektif)
Kriteria:

Contextual Learning, Workshop


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
5 x 50

Materi: Pengantar Metodologi (Jenis-jenis penelitian, alur berpikir, karakteristik penelitian ilmiah psikologi), tahapan penelitian, | pengenalan jurnal ilmiah, literatur reviu 1 (perbedaan konsep, konstrak dan variabel)
Pustaka: 3. Willig, C. (2013). Introducing Qualitative research psychology: Adventures in theory and method. (3rd edition). McGraw Hill

Materi: chp 1 selection of a research approach
Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami pendahuluan penelitian, rumusan masalah, formula judul, review hasil pendahuluan dan rumusan masalah

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep dan cara berpikir dalam penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami peta konsep dalam menentukan problem penelitian
  3. Mahasiswa mampu memahami alur menemukan fokus riset atau pertanyaan riset utama
Kriteria:

Mahasiswa membuat draf pendahuluan, rumusan masalah, dan formula judul


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Luring
5 x 50

Materi: pendahuluan penelitian, rumusan masalah, formula judul, review hasil pendahuluan dan rumusan masalah
Pustaka: 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press

Materi: chp 1 selection of a research approach
Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami Literatur review lanjutan, hipotesis, dan definisi operasional variabel dalam penelitian kuantitatif

  1. Mahasiswa mampu memahami cara menyusun hipotesis penelitian kuantitatif
  2. Mahasiswa mampu memahami cara menyusun definisi operasional variabel dalam penelitian kuantitatif
Kriteria:

contextual learning, workshop


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
5 x 50

Materi: penyusunan hipotesis, definisi operasional
Pustaka: 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami Populasi-sampel, instrumen (valid & reliabel), prosedur penelitian, teknik analisis data dalam kuantitatif

  1. Mahasiswa mampu menentukan populasi dan sampel
  2. Mahasiswa mampu menyusun instrumen yang valid dan reliabel
  3. Mahasiswa mampu memahami prosedur penelitian kuantitatif
  4. Mahasiswa mampu melakukan teknik analisis data kuantitatif
Kriteria:

contextual learning, workshop


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
5 x 50

Materi: Populasi-sampel, instrumen (valid & reliabel), prosedur penelitian, teknik analisis data
Pustaka: 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan teknik Pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif

  1. Mahasiswa mampu memahami teknik pengambilan data dalam penelitian kuantitatif
  2. Mahasiswa mampu melakukan pengambilan data dalam penelitian kuantitatif
Kriteria:

contextual learning, workshop


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Luring
5x50 menit

Materi: Teknik Pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif
Pustaka: 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press
0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami cara Interpretasi Hasil Analisis Data kuantitatif, Hasil penelitian, Pembahasan & Limitasi, Simpulan dan Implikasi

  1. Mahasiswa mampu melakukan interpretasi hasil data penelitian kuantitatif
  2. Mahasiswa mampu menyusun pembahasan, simpulan, dan implikasi dari hasil penelitian kuantitatif
Kriteria:

contextual learning, workshop


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Luring
5x50 menit

Materi: Interpretasi Hasil Analisis, Hasil penelitian, Pembahasan & Limitasi, Simpulan dan Implikasi
Pustaka: 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menyusun output penelitian kuantitatif berupa artikel sesuai jurnal pilihan (dengan susunan IMRAD)

  1. Mahasiswa mampu menyusun output penelitian kuantitatif berupa artikel sesuai jurnal pilihan (dengan susunan IMRAD)
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan output penelitian kuantitatif berupa artikel sesuai jurnal pilihan (dengan susunan IMRAD)
Kriteria:

Project Based Learning


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Luring
5x50 menit

Materi: output penelitian kuantitatif berupa artikel sesuai jurnal pilihan (dengan susunan IMRAD)
Pustaka: 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa membuat artikel ilmiah hasil penelitian dengan pendekatan kuantitatif

Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil output penelitian kuantitatif

Kriteria:

Penilaian Product/Output Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
5x50 menit

Materi: Ujian Tengah Semester
Pustaka: 1. Jannah, M. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press
25%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami dasar pendekatan, paradigma, dan tahapan penelitian kualitatif

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dasar pendekatan, paradigma, dan tahapan penelitian kualitatif
  2. Mahasiswa mampu menemukan fenomena yang sesuai dengan pendekatan dan paradigma penelitian kualitatif
Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik; skor 3 jika dilakukan dengan baik; skor 2 jika dilakukan dengan cukup; skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual learning
Ceramah
5 x 50

Materi: Pengantar Penelitian Kualitatif
Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub
0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami pendekatan kualitatif (Etnografi, Grounded Theory, Fenomenologi, dan Studi Kasus)

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan membedakan pendekatan riset kualitatif
  2. Mahasiswa mampu menemukan fenomena masalaha riset kualitatif
  3. Mahasiswa mampu menentukan pendekatan riset yang sesuai dengan fenomena masalah yang sudah ditemukan
Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik; skor 3 jika dilakukan dengan baik; skor 2 jika dilakukan dengan cukup; skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Contextual Learning
Ceramah
5 x 50

Materi: Jenis-jenis pendekatan riset kualitatif
Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub
8%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami teknik pengumpulan data dan penyusunan pedoman ukur riset kualitatif (Dokumentasi, FGD, Wawancara, Observasi)

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan membedakan teknik pengumpulan data kualitatif
  2. Mahasiswa mampu menyusun pedoman wawancara riset kualitatif
Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik; skor 3 jika dilakukan dengan baik; skor 2 jika dilakukan dengan cukup; skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Contextual Learning
Workshop
5 x 50

Materi: Teknik pengumpulan data
Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub

Materi: Teknik pengumpulan data kualitatif
Pustaka: 9. Denzin, NK & Lincoln, Y. 2017. Handbooks of Qualitative Research 5th edition. Thousand Oaks : Sage Pub.
9%

12

Minggu ke 12

Pengambilan data di lapangan

Mahasiswa mampu melakukan pengambilan data di lapangan

Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik; skor 3 jika dilakukan dengan baik; skor 2 jika dilakukan dengan cukup; skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Workshop
Praktik Kerja
5 x 50

Materi: Pengambilan data
Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub
0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami teknik analisis (Deskriptif, IPA smith, Tematik) dan teknik keabsahan data (credibility, transferability, dependability dan confirmability)

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktikkan teknik analisis data
  2. Mahasiswa mampu menganalisis data yang telah dikumpulkan
  3. Mahasiswa mampu mensintesakan hasil analisis data penelitian
Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik; skor 3 jika dilakukan dengan baik; skor 2 jika dilakukan dengan cukup; skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Learning
Workshop
5 x 50

Materi: Analisis data kualitatif
Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub

Materi: Analisis data kualitatif
Pustaka: 9. Denzin, NK & Lincoln, Y. 2017. Handbooks of Qualitative Research 5th edition. Thousand Oaks : Sage Pub.
0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu melakukan analisis Data Hasil Penelitian

  1. Mahasiswa mampu melakukan coding analisis
  2. Mahasiswa mampu menyusun hasil analisis data kualitatif
Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik; skor 3 jika dilakukan dengan baik; skor 2 jika dilakukan dengan cukup; skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Workshop
5 x 50

Materi: Analisis data kualitatif
Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub

Materi: Analisis data kualitatif
Pustaka: 9. Denzin, NK & Lincoln, Y. 2017. Handbooks of Qualitative Research 5th edition. Thousand Oaks : Sage Pub.
8%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu membuat output penelitian kualitatif dalam bentuk artikel

Mahasiswa mampu menyusun hasil penelitian kualitatif dalam bentuk manuskrip artikel

Kriteria:

Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik; skor 3 jika dilakukan dengan baik; skor 2 jika dilakukan dengan cukup; skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Workshop
5 x 50

Materi: Menyusun output penelitian
Pustaka: 7. Creswell, J. W & Creswell, J. D. (2023). Reserach Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Sixth Edition. Loas Angeles: SAGE Pub
0%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Project Based Learning


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Tugas Akhir
5 x 50
Materi: Ujian Akhir Semester
Pustaka: 3. Willig, C. (2013). Introducing Qualitative research psychology: Adventures in theory and method. (3rd edition). McGraw Hill
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 2.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 52.5%
3. Penilaian Portofolio 17.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 27.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.