Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Fisika Bumi

8420302063

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Prof. Tjipto Prastowo, Ph.D.




Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip teori fisika klasik dan modern

PLO-6

Merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familiar maupun baru

PLO-9

Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual khususnya tik (teknologi informasi dan komunikasi), dan lingkungan sekitar

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip-prinsip fisika klasik dan modern untuk memahami fenomena geofisika seperti gempa bumi dan aktivitas vulkanik (C3)

PO - 2

Menganalisis data seismik dan geologis untuk mengevaluasi potensi sumber daya alam di suatu wilayah (C4)

PO - 3

Mengevaluasi dampak lingkungan dari fenomena alam seperti gempa bumi dan erupsi gunung berapi terhadap lingkungan sekitar dan masyarakat (C5)

PO - 4

Menciptakan model komputasi untuk simulasi dinamika fluida bumi yang terkait dengan proses geologi seperti aliran magma atau pergerakan lempeng tektonik (C6)

PO - 5

Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan alat pendeteksi dini bencana alam berbasis fisika bumi (C3)

PO - 6

Menganalisis pengaruh perubahan iklim terhadap fenomena fisika bumi dan mengembangkan strategi mitigasi (C4)

PO - 7

Mengevaluasi keefektifan metode geofisika dalam eksplorasi sumber daya alam dan mitigasi bencana (C5)

PO - 8

Menciptakan metode baru dalam pendidikan fisika yang mengintegrasikan konsep-konsep fisika bumi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip-prinsip fisika untuk analisis dan evaluasi kestabilan struktur geologi dalam konteks pembangunan berkelanjutan (C3)

PO - 10

Menganalisis interaksi antara komponen atmosfer, hidrosfer, dan litosfer menggunakan prinsip fisika (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-9
PO-1    
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5  
PO-6   
PO-7   
PO-8  
PO-9  
PO-10  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Fisika Bumi berisi kajian ilmu pengetahuan bumi dengan topik-topik diskusi kelas meliputi pemahaman interaksi antara manusia dan alam; peran bumi, lautan dan atmosfer dalam kehidupan manusia; dampak aktivitas manusia terhadap alam dan lingkungan; beberapa jenis bencana alam yang sering terjadi di Indonesia serta penanggulangannya; kesadaran dan kesiagaan bencana sebagai bagian dari pendidikan mitigasi bencana untuk mengurangi resiko bencana.

Pustaka

Utama :

  1. Madlazim. 2016. Fisika Bumi . Surabaya: Unesa Press.
  2. Poirier, J. P. 2006 . Introduction to the Physics of the Earth's Interior. Cambridge: Cambridge Uni Press.
  3. Prastowo, T. 2012. Sains Kebumian . Unpublished work.
  4. Robinson, A. 2002. Earth Shock . London, UK: Thames-Hudson Ltd.
  5. Scarth, A. 2001. Savage Earth . London, UK: Harper-Collins Pub.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Tjipto Prastowo, Ph.D.

Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D.

Nurita Apridiana Lestari, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip fisika klasik dan modern untuk memahami fenomena geofisika seperti gempa bumi dan aktivitas vulkanik.

  1. Penerapan prinsip fisika dalam menjelaskan fenomena geofisika
  2. Kemampuan menerapkan teori fisika dalam konteks geofisika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah.
2 X 50
Diskusi daring tentang penerapan prinsip fisika dalam memahami fenomena geofisika
2 X 50
Materi: Prinsip-prinsip Fisika Klasik, Prinsip-prinsip Fisika Modern, Fenomena Geofisika: Gempa Bumi dan Aktivitas Vulkanik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip fisika klasik dan modern untuk memahami fenomena geofisika seperti gempa bumi dan aktivitas vulkanik.

  1. Penerapan prinsip fisika dalam menjelaskan fenomena geofisika
  2. Kemampuan menerapkan teori fisika dalam konteks geofisika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah.
2 X 50
Diskusi daring tentang penerapan prinsip fisika dalam memahami fenomena geofisika
2 X 50
Materi: Prinsip-prinsip Fisika Klasik, Prinsip-prinsip Fisika Modern, Fenomena Geofisika: Gempa Bumi dan Aktivitas Vulkanik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data seismik dan meteorologis untuk memprediksi dan mengevaluasi potensi bencana alam dengan baik.

  1. Analisis data seismik dan meteorologis dilakukan dengan tepat
  2. Prediksi potensi bencana alam akurat
  3. Evaluasi potensi bencana alam dilakukan secara komprehensif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah.
2 X 50
Penugasan proyek online
2 X 50
Materi: Pengenalan data seismik dan meteorologis, Teknik analisis data seismik, Teknik analisis data meteorologis, Prediksi potensi bencana alam, Evaluasi potensi bencana alam
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi dan mengevaluasi pengaruh aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan struktur geofisika Bumi.

  1. Pengidentifikasian dampak aktivitas manusia terhadap iklim Bumi
  2. Analisis perubahan struktur geofisika Bumi akibat aktivitas manusia

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang dampak aktivitas manusia terhadap iklim Bumi
Materi: Teori perubahan iklim, Dampak aktivitas manusia terhadap iklim, Struktur geofisika Bumi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi pengaruh aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan struktur geofisika Bumi dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari.

  1. analisis dampak aktivitas manusia terhadap perubahan iklim
  2. hubungan aktivitas manusia dengan struktur geofisika Bumi
  3. kemampuan evaluasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah.
2 X 50
Diskusi daring tentang studi kasus aktivitas manusia dan perubahan lingkungan
2 X 50
Materi: Pengaruh aktivitas manusia terhadap perubahan iklim, Pengaruh aktivitas manusia terhadap struktur geofisika Bumi, Studi kasus aktivitas manusia dan perubahan lingkungan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model komputasi yang dapat mensimulasikan dinamika atmosfer dan hidrosfer Bumi dengan baik.

  1. Model komputasi atmosfer dan hidrosfer Bumi dibuat dengan akurat
  2. Simulasi dinamika atmosfer dan hidrosfer Bumi dapat dijalankan dengan lancar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
2 X 50
Penugasan proyek model komputasi atmosfer dan hidrosfer Bumi
2 X 50
Materi: Konsep dasar simulasi dinamika atmosfer dan hidrosfer Bumi, Penerapan fisika dalam model komputasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengembangan alat ukur geofisika untuk pendidikan dan penelitian.

  1. Penggunaan software geofisika
  2. Pengembangan alat ukur geofisika dengan teknologi terkini
  3. Presentasi hasil pengembangan alat ukur

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Penugasan proyek pengembangan alat ukur geofisika dengan menggunakan software geofisika yang telah dipelajari.
Materi: Konsep dasar teknologi informasi dan komunikasi dalam geofisika, Pengembangan alat ukur geofisika dengan teknologi terkini, Penerapan software geofisika
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan fisika bumi dan teknologi informasi untuk mengembangkan alat pendeteksi dini bencana alam.

  1. Penggunaan teknologi informasi dalam pengembangan alat
  2. Pemahaman konsep fisika bumi dalam alat pendeteksi
  3. Kemampuan analisis dan evaluasi hasil pengembangan alat

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Pembelajaran kolaboratif, studi kasus, dan diskusi interaktif.
2 X 50

2 X 50
Materi: Pengenalan teknologi informasi dalam mitigasi bencana alam, Prinsip dasar fisika bumi dalam deteksi dini bencana, Studi kasus pengembangan alat pendeteksi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil pengamatan geofisika untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang proses internal Bumi.

  1. analisis data geofisika
  2. pemahaman proses internal Bumi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
2 X 50
Diskusi daring tentang interpretasi data geofisika
2 X 50
Materi: Pengenalan Metode Pengamatan Geofisika, Interpretasi Data Geofisika, Hubungan Antara Data Geofisika dan Proses Internal Bumi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil pengamatan geofisika untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang proses internal Bumi.

  1. Analisis hasil pengamatan geofisika
  2. Pemahaman proses internal Bumi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
2 X 50
Diskusi daring tentang hasil pengamatan geofisika, Analisis data geofisika secara mandiri
2 X 50
Materi: Prinsip Geofisika, Metode Pengamatan Geofisika, Interpretasi Data Geofisika
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi metode pengajaran fisika Bumi dan memahami hubungannya dengan pemahaman konsep geofisika.

  1. efektivitas metode pengajaran
  2. pemahaman konsep geofisika

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
2 X 50
Diskusi daring tentang penerapan metode pengajaran fisika Bumi dalam pemahaman konsep geofisika
Materi: Metode pengajaran fisika Bumi, Pemahaman konsep geofisika, Evaluasi pembelajaran
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan materi pembelajaran interaktif yang mengintegrasikan prinsip-prinsip fisika Bumi dengan aplikasi nyata dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Kreativitas dalam mengaplikasikan konsep fisika Bumi
  2. Ketepatan integrasi prinsip-prinsip fisika Bumi dengan aplikasi nyata

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Proyek.
2 X 50
Diskusi daring tentang penerapan prinsip fisika Bumi dalam kasus nyata
2 X 50
Materi: Konsep Fisika Bumi, Aplikasi Nyata dalam Kehidupan Sehari-hari
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metode kritis dan sistematis dalam analisis data geofisika untuk mendukung keputusan lingkungan yang berkelanjutan.

  1. Analisis data geofisika dilakukan secara kritis dan sistematis
  2. Keputusan lingkungan yang diambil didukung oleh analisis data geofisika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
2 X 50
Diskusi Online
2 X 50
Materi: Pengenalan Data Geofisika, Metode Analisis Data Geofisika, Penerapan Analisis Data Geofisika dalam Keputusan Lingkungan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metode kritis dan sistematis dalam analisis data geofisika untuk mendukung keputusan lingkungan yang berkelanjutan.

  1. Analisis data geofisika dilakukan dengan kritis dan sistematis
  2. Keputusan lingkungan yang diambil didukung oleh analisis data geofisika

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah.
2 X 50
Diskusi daring tentang penerapan metode analisis data geofisika dalam studi kasus lingkungan
2 X 50
Materi: Metode analisis data geofisika, Penerapan analisis data geofisika dalam keputusan lingkungan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi berbagai model matematika yang digunakan dalam memprediksi fenomena geofisika.

  1. Model matematika yang digunakan relevan dengan fenomena geofisika
  2. Kemampuan menganalisis keakuratan prediksi model matematika
  3. Kemampuan mengevaluasi kekurangan dan kelebihan model matematika

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
2 X 50
Penugasan proyek online
2 X 50
Materi: Pengenalan berbagai model matematika dalam geofisika, Teknik analisis model matematika, Evaluasi keakuratan prediksi model
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu memahami hubungan antara atmosfer, hidrosfer, dan litosfer serta menerapkan prinsip fisika dalam menganalisis interaksi di antara ketiganya.

  1. hubungan antara komponen atmosfer, hidrosfer, dan litosfer dijelaskan dengan baik
  2. penerapan prinsip fisika dalam menganalisis interaksi antara komponen atmosfer, hidrosfer, dan litosfer

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Pembelajaran berbasis masalah.

Materi: Prinsip fisika dalam interaksi atmosfer-hidrosfer-litosfer, Contoh kasus interaksi antara komponen atmosfer, hidrosfer, dan litosfer
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 12.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 62.5%
3. Penilaian Portofolio 10%
4. Penilaian Praktikum 5%
5. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.