Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

5720103143

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Mampu memahami, mengidentifikasi,menganalisis, menerapkan konsep UI/UX, metodologi, dan bahasa pemrograman dan membangun perangkat lunak sistem informasi untuk mendukung inovasi digital

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami Konsep Analisis Sistem dan Perancangan Sistem Informasi

PO - 2

Memahami Metode Pengembangan Sistem Informasi

PO - 3

Melakukan analisa dan mengidentifikasi Kebutuhan Sistem

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-9
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pada mata kuliah ini dipelajari proses, metode, dan tools dalam suatu siklus pengembangan sistem informasi dengan penekanan di tahap analisis dan perancangan. Model pengembangan sistem yang digunakanadalah pendekatan sekuensial (waterfall) dan Rapid Application Development dan Unified Process. Metode analisis dan perancangan yang dipelajari termasuk pendekatan terstuktur (data oriented dan process oriented) dan pendekatan berorientasi objek (objek orietend). tools yang dipelajari adalah perangkat lunak yang termasuk ke dalam Computer-Aided System Engineering (CASE) serta tools untuk prototyping dan desain antarmuka pengguna (user interface).

Pustaka

Utama :

  1. J. Whitten, L. Bentley, 2007, System Analysis and Design Methods 7th Edition, McGraw-Hill.
  2. John B. Satzinger, Robert B. Jackson, Stephen D. Burd, 2012, System Analysis and Design in Changing World6th Edition, Course Technology Cengage Learning
  3. Garry B. Shelly, Harry J. Rosenblatt,2012, System Analysis and Design 9the Edition, Course Technology Cengage Learning.
  4. Efraim Turban, Linda Volonino, Gregory Wood, 2013, Information Technology for Management: Advancing Sustainable, Profitable Business Growth 9th Edition, Wiley.
  5. Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2011, System Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Ardhini Warih Utami, S.Kom., M.Kom.

I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Cendra Devayana Putra, S.Kom., M.IM.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami kegiatan dalam melakukan Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

Menjelaskan Definisi Analisa Sistem

Kriteria:
  1. Partisipasi 20%
  2. Tugas = 30 %
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, Diskusi, Tugas dan Latihan
3x50

Materi: Konsep Analisis dan perancangan sistem informasi
Pustaka: J. Whitten, L. Bentley, 2007, System Analysis and Design Methods 7th Edition, McGraw-Hill.
50%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 25%
2. Praktik / Unjuk Kerja 25%
50%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.