|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi |
5720103143 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Mampu memahami, mengidentifikasi,menganalisis, menerapkan konsep UI/UX, metodologi, dan bahasa pemrograman dan membangun perangkat lunak sistem informasi untuk mendukung inovasi digital |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami Konsep Analisis Sistem dan Perancangan Sistem Informasi
|
PO - 2 |
Memahami Metode Pengembangan Sistem Informasi
|
PO - 3 |
Melakukan analisa dan mengidentifikasi Kebutuhan Sistem
|
PO - 4 |
Melakukan Analisa dan Pemodelan Alur Data dengan Flowmap
|
PO - 5 |
Melakukan analisa dan perancangan alur proses dengan DFD
|
PO - 6 |
Melakukan Analisa dan perancangan Basis Data
|
PO - 7 |
Melakukan Pembuatan Graphical User Interface
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pada mata kuliah ini dipelajari proses, metode, dan tools dalam suatu siklus pengembangan sistem informasi dengan
penekanan di tahap analisis dan perancangan. Model pengembangan sistem yang digunakanadalah pendekatan sekuensial (waterfall) dan
Rapid Application Development dan Unified Process. Metode analisis dan perancangan yang dipelajari
termasuk pendekatan terstuktur (data oriented dan process oriented) dan pendekatan berorientasi objek (objek orietend). tools
yang dipelajari adalah perangkat lunak yang termasuk ke dalam Computer-Aided System Engineering (CASE) serta tools untuk prototyping dan desain antarmuka pengguna (user interface). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- J. Whitten, L. Bentley, 2007, System Analysis and Design Methods 7th Edition, McGraw-Hill.
- John B. Satzinger, Robert B. Jackson, Stephen D. Burd, 2012, System Analysis and Design in Changing World6th Edition, Course Technology Cengage Learning
- Garry B. Shelly, Harry J. Rosenblatt,2012, System Analysis and Design 9the Edition, Course Technology Cengage Learning.
- Efraim Turban, Linda Volonino, Gregory Wood, 2013, Information Technology for Management: Advancing Sustainable, Profitable Business Growth 9th Edition, Wiley.
- Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2011, System Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Ardhini Warih Utami, S.Kom., M.Kom. I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom. Cendra Devayana Putra, S.Kom., M.IM. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami kegiatan dalam melakukan Analisis dan Perancangan Sistem Informasi |
- Menjelaskan Definisi Analisa Sistem
- Menjelaskan definisi perancangan sistem
- Memahami tahapan dalam aktivitas analisa dan perancangan sistem
|
Kriteria:
- Partisipasi 20%
- Tugas = 30 %
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi, Tugas dan Latihan 3x50 |
|
Materi: Konsep Analisis dan perancangan sistem informasi Pustaka: J. Whitten, L. Bentley, 2007, System Analysis and Design Methods 7th Edition, McGraw-Hill. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
|
- Menjelaskan pengertian Siklus Hidup Pengembangan Sistem
- Menyebutkan Model-model pengembangan Sistem
- Menjelaskan tahapan dalam pengembangan sistem pada masing-masing model pengembangan sistem
|
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas =30%
- UTS = 20%
- UAS = 30 %
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi, Diskusi,Tugas/latihan 3X50 |
|
Materi: Tahapan Pengembangan Sistem Informasi Pustaka: Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2011, System Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami fungsi analisis sistem |
Menjelaskan fungsi analisis sistem |
Kriteria:
- Partisipasi=20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS=30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi, Latihan, Tugas 3x50 |
|
Materi: Pengertian Fungsi Analisis Sistem Pustaka: Garry B. Shelly, Harry J. Rosenblatt,2012, System Analysis and Design 9the Edition, Course Technology Cengage Learning. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengumpulkan data kebutuhan sistem |
- Mampu melakukan pengumpulan data dengan Wawancara
- Mampu melakukan pengumpulan data dengan analisis prosedur, survey dokumen, dan observasi
- Mampu untuk memodelkan data dalam kebutuhan sistem
|
Kriteria:
- Partisipasi=20%
- Tugas =30%
- UTS = 20%
- UAS = 30 %
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi,Diskusi,Latihan dan Tugas 3x50 |
|
Materi: Penerapan Teknik pengumpulan data dan Pemodelan sistem Pustaka: Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2011, System Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall. |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami definisi flowmap dan penggunaan notasi flowmap dalam pemodelan alur data |
Menjelaskan Definisi Flowmap |
Kriteria:
- Partisipasi=20%
- Tugas =30%
- UTS = 20%
- UAS=30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Presentasi,Diskusi,Latihan,Tugas 3X50 |
|
Materi: Pengertian Flowmap dan Notasi Flowmap Pustaka: J. Whitten, L. Bentley, 2007, System Analysis and Design Methods 7th Edition, McGraw-Hill. |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menerapkan teori flowmap untuk membuat flowmap as is |
Menjelaskan Flowmap AS IS |
Kriteria:
- Partisipasi=20%
- Tugas =30%
- UTS=20%
- UAS=30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi,Diskusi,Tugas dan Latihan 3X50 |
|
Materi: Pengertian Flowmap AS IS dan Memodelkan Flowmap AS IS Berdasar Studi Kasus Pustaka: Garry B. Shelly, Harry J. Rosenblatt,2012, System Analysis and Design 9the Edition, Course Technology Cengage Learning. |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menerapkan teori flowmap untuk membuat flowmap to be (sistem yang diusulkan) |
Menjelaskan definisi Flowmap To Be |
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas =30%
- UTS = 20%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, Diksusi, Tugas dan Latihan 3x50 |
|
Materi: Pengertian Flowmap To Be dan Memodelkan Flowmap To Be Berdasarkan Studi Kasus Pustaka: Garry B. Shelly, Harry J. Rosenblatt,2012, System Analysis and Design 9the Edition, Course Technology Cengage Learning. |
6% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Konsep Analisa dan Perancangan Sistem serta Pemodelan alur dokumen dengan Flowmap |
Kriteria:
UTS= 20% Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 3X50 |
|
Materi: Konsep Analisa dan Perancangan Sistem serta Pemodelan alur dokumen dengan Flowmap Pustaka: Garry B. Shelly, Harry J. Rosenblatt,2012, System Analysis and Design 9the Edition, Course Technology Cengage Learning. |
25% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan konsep Data Flow Diagram (DFD) dan Notasi DFD yang dipergunakan dalam merancang sistem informasi |
- Menjelaskan konsep Data Flow Diagram
- Menjelaskan Notasi Data Flow Diagram
|
Kriteria:
- Partisipasi=20%
- Tugas =30%
- UTS=20%
- UAS=30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi,Diskusi 3x50 |
|
Materi: Pengertian Konsep Data Flow Diagram dan Notas dala DFD Pustaka: Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2011, System Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall. |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memodelkan alur proses (Context Diagram) dengan Tools Power Designer |
- Menjelaskan Konsep Context Diagram
- Membuat Context Diagram menggunakan Power Designer
|
Kriteria:
- Partisipasi=20%
- Tugas =30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi,Diskusi, Tugas dan Latihan 3x50 |
|
Materi: memodelkan alur proses (Context Diagram) dengan Tools Power Designer Pustaka: Garry B. Shelly, Harry J. Rosenblatt,2012, System Analysis and Design 9the Edition, Course Technology Cengage Learning. |
6% |
11
Minggu ke 11 |
mahasiswa mampu memodelkan alur proses (Data Flow Diagram Level 1) dengan menggunakan Tools Power Designer |
memodelkan alur proses (Data Flow Diagram Level 1) |
Kriteria:
- Partisipasi=20%
- Tugas =30%
- UTS=20%
- UAS = 30 %
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi, Latihan dan Tugas 3x50 |
|
Materi: Pemodelan Alur Proses (Data Flow Diagram Level 1) dengan Power Designer sesuai dengan studi kasus Pustaka: Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2011, System Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall. |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami konsep Entity Relationship Diagram (ERD) dan Notasi |
Menjelaskan Konsep ERD dan Notasi |
Kriteria:
- Partisipasi=20%
- Tugas =30%
- UTS = 20%
- UAS=30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, Diskusi, Tugas, latihan 3x50 |
|
Materi: Pengertian Konsep ERD dan Notasi Pustaka: J. Whitten, L. Bentley, 2007, System Analysis and Design Methods 7th Edition, McGraw-Hill. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menerapakan konsep ERD pada Conseptual Data Modeling (CDM) |
- Menjelaskan Conseptual Data Modelling (CDM)
- Menggambar CDM pada Tools Power Designer
|
Kriteria:
- Partisipasi=20%
- Tugas =30%
- UTS=20%
- UAS=30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, Diskusi, Tugas dan Latihan 3x50 |
|
Materi: Pengertian Konsep CDM dan Penerapannya dalam Studi Kasus dengan Power Designer Pustaka: J. Whitten, L. Bentley, 2007, System Analysis and Design Methods 7th Edition, McGraw-Hill. |
6% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa Mampu memahami konsep Phisically Data Modelling dan Penerapannya pada Power Designer |
Menjelaskan Phisically Data Modelling (PDM) dengan Tools Power Designer |
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas =30%
- UTS = 20 %
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, Diskusi, Tugas dan Latihan 3x50 |
|
Materi: Pengertian PDM dan Penerapannya dalam studi kasus dengan menggunakan tools Power Designer Pustaka: J. Whitten, L. Bentley, 2007, System Analysis and Design Methods 7th Edition, McGraw-Hill. |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami GUI dan pembuatan GUI |
- Menjelaskan GUI dan kegunaannya
- Menjelaskan GUI dalam bentuk Lembar Kerja Tampilan
|
Kriteria:
- Partisipasi=20%
- Tugas =30%
- UTS = 20%
- UAS = 30 %
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi,Diskusi 3x50 |
|
Materi: Pengertian GUI dan Kegunaannya Pustaka: Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2011, System Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall. |
3% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tahapan merancang sistem dari Data flow Diagram, CDM,PDM dan GUI |
Membuat GUI sesuai dengan studi kasus |
Kriteria:
- Partisipasi=20%
- Tugas =30%
- UTS=20%
- UAS=30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi,Diskusi,Latihan dan Tugas 3x50 |
|
Materi: Penerapan GUI pada studi kasus masing-masing kelompok Pustaka: Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2011, System Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall. |
6% |