Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

5720103143

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Mampu memahami, mengidentifikasi,menganalisis, menerapkan konsep UI/UX, metodologi, dan bahasa pemrograman dan membangun perangkat lunak sistem informasi untuk mendukung inovasi digital

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami Konsep Analisis Sistem dan Perancangan Sistem Informasi

PO - 2

Memahami Metode Pengembangan Sistem Informasi

PO - 3

Melakukan analisa dan mengidentifikasi Kebutuhan Sistem

PO - 4

Melakukan Analisa dan Pemodelan Alur Data dengan Flowmap

PO - 5

Melakukan analisa dan perancangan alur proses dengan DFD

PO - 6

Melakukan Analisa dan perancangan Basis Data

PO - 7

Melakukan Pembuatan Graphical User Interface

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-9
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pada mata kuliah ini dipelajari proses, metode, dan tools dalam suatu siklus pengembangan sistem informasi dengan penekanan di tahap analisis dan perancangan. Model pengembangan sistem yang digunakanadalah pendekatan sekuensial (waterfall) dan Rapid Application Development dan Unified Process. Metode analisis dan perancangan yang dipelajari termasuk pendekatan terstuktur (data oriented dan process oriented) dan pendekatan berorientasi objek (objek orietend). tools yang dipelajari adalah perangkat lunak yang termasuk ke dalam Computer-Aided System Engineering (CASE) serta tools untuk prototyping dan desain antarmuka pengguna (user interface).

Pustaka

Utama :

  1. J. Whitten, L. Bentley, 2007, System Analysis and Design Methods 7th Edition, McGraw-Hill.
  2. John B. Satzinger, Robert B. Jackson, Stephen D. Burd, 2012, System Analysis and Design in Changing World6th Edition, Course Technology Cengage Learning
  3. Garry B. Shelly, Harry J. Rosenblatt,2012, System Analysis and Design 9the Edition, Course Technology Cengage Learning.
  4. Efraim Turban, Linda Volonino, Gregory Wood, 2013, Information Technology for Management: Advancing Sustainable, Profitable Business Growth 9th Edition, Wiley.
  5. Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2011, System Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Ardhini Warih Utami, S.Kom., M.Kom.

I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Cendra Devayana Putra, S.Kom., M.IM.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami kegiatan dalam melakukan Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

  1. Menjelaskan Definisi Analisa Sistem
  2. Menjelaskan definisi perancangan sistem
  3. Memahami tahapan dalam aktivitas analisa dan perancangan sistem
Kriteria:
  1. Partisipasi 20%
  2. Tugas = 30 %
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, Tugas dan Latihan
3x50

Materi: Konsep Analisis dan perancangan sistem informasi
Pustaka: J. Whitten, L. Bentley, 2007, System Analysis and Design Methods 7th Edition, McGraw-Hill.
3%

2

Minggu ke 2

  1. Menjelaskan pengertian Siklus Hidup Pengembangan Sistem
  2. Menyebutkan Model-model pengembangan Sistem
  3. Menjelaskan tahapan dalam pengembangan sistem pada masing-masing model pengembangan sistem
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas =30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30 %

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi, Diskusi,Tugas/latihan
3X50

Materi: Tahapan Pengembangan Sistem Informasi
Pustaka: Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2011, System Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami fungsi analisis sistem

Menjelaskan fungsi analisis sistem

Kriteria:
  1. Partisipasi=20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS=30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, Latihan, Tugas
3x50

Materi: Pengertian Fungsi Analisis Sistem
Pustaka: Garry B. Shelly, Harry J. Rosenblatt,2012, System Analysis and Design 9the Edition, Course Technology Cengage Learning.
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengumpulkan data kebutuhan sistem

  1. Mampu melakukan pengumpulan data dengan Wawancara
  2. Mampu melakukan pengumpulan data dengan analisis prosedur, survey dokumen, dan observasi
  3. Mampu untuk memodelkan data dalam kebutuhan sistem
Kriteria:
  1. Partisipasi=20%
  2. Tugas =30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30 %

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi,Diskusi,Latihan dan Tugas
3x50

Materi: Penerapan Teknik pengumpulan data dan Pemodelan sistem
Pustaka: Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2011, System Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall.
6%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami definisi flowmap dan penggunaan notasi flowmap dalam pemodelan alur data

Menjelaskan Definisi Flowmap

Kriteria:
  1. Partisipasi=20%
  2. Tugas =30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS=30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Presentasi,Diskusi,Latihan,Tugas
3X50

Materi: Pengertian Flowmap dan Notasi Flowmap
Pustaka: J. Whitten, L. Bentley, 2007, System Analysis and Design Methods 7th Edition, McGraw-Hill.
6%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menerapkan teori flowmap untuk membuat flowmap as is

Menjelaskan Flowmap AS IS

Kriteria:
  1. Partisipasi=20%
  2. Tugas =30%
  3. UTS=20%
  4. UAS=30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi,Diskusi,Tugas dan Latihan
3X50

Materi: Pengertian Flowmap AS IS dan Memodelkan Flowmap AS IS Berdasar Studi Kasus
Pustaka: Garry B. Shelly, Harry J. Rosenblatt,2012, System Analysis and Design 9the Edition, Course Technology Cengage Learning.
6%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menerapkan teori flowmap untuk membuat flowmap to be (sistem yang diusulkan)

Menjelaskan definisi Flowmap To Be

Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas =30%
  3. UTS = 20%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, Diksusi, Tugas dan Latihan
3x50

Materi: Pengertian Flowmap To Be dan Memodelkan Flowmap To Be Berdasarkan Studi Kasus
Pustaka: Garry B. Shelly, Harry J. Rosenblatt,2012, System Analysis and Design 9the Edition, Course Technology Cengage Learning.
6%

8

Minggu ke 8

UTS

Konsep Analisa dan Perancangan Sistem serta Pemodelan alur dokumen dengan Flowmap

Kriteria:

UTS= 20%


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
3X50

Materi: Konsep Analisa dan Perancangan Sistem serta Pemodelan alur dokumen dengan Flowmap
Pustaka: Garry B. Shelly, Harry J. Rosenblatt,2012, System Analysis and Design 9the Edition, Course Technology Cengage Learning.
25%

9

Minggu ke 9

Menjelaskan konsep Data Flow Diagram (DFD) dan Notasi DFD yang dipergunakan dalam merancang sistem informasi

  1. Menjelaskan konsep Data Flow Diagram
  2. Menjelaskan Notasi Data Flow Diagram
Kriteria:
  1. Partisipasi=20%
  2. Tugas =30%
  3. UTS=20%
  4. UAS=30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi,Diskusi
3x50

Materi: Pengertian Konsep Data Flow Diagram dan Notas dala DFD
Pustaka: Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2011, System Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall.
6%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memodelkan alur proses (Context Diagram) dengan Tools Power Designer

  1. Menjelaskan Konsep Context Diagram
  2. Membuat Context Diagram menggunakan Power Designer
Kriteria:
  1. Partisipasi=20%
  2. Tugas =30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi,Diskusi, Tugas dan Latihan
3x50

Materi: memodelkan alur proses (Context Diagram) dengan Tools Power Designer
Pustaka: Garry B. Shelly, Harry J. Rosenblatt,2012, System Analysis and Design 9the Edition, Course Technology Cengage Learning.
6%

11

Minggu ke 11

mahasiswa mampu memodelkan alur proses (Data Flow Diagram Level 1) dengan menggunakan Tools Power Designer

memodelkan alur proses (Data Flow Diagram Level 1)

Kriteria:
  1. Partisipasi=20%
  2. Tugas =30%
  3. UTS=20%
  4. UAS = 30 %

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, Latihan dan Tugas
3x50

Materi: Pemodelan Alur Proses (Data Flow Diagram Level 1) dengan Power Designer sesuai dengan studi kasus
Pustaka: Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2011, System Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall.
6%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami konsep Entity Relationship Diagram (ERD) dan Notasi

Menjelaskan Konsep ERD dan Notasi

Kriteria:
  1. Partisipasi=20%
  2. Tugas =30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS=30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, Diskusi, Tugas, latihan
3x50

Materi: Pengertian Konsep ERD dan Notasi
Pustaka: J. Whitten, L. Bentley, 2007, System Analysis and Design Methods 7th Edition, McGraw-Hill.
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menerapakan konsep ERD pada Conseptual Data Modeling (CDM)

  1. Menjelaskan Conseptual Data Modelling (CDM)
  2. Menggambar CDM pada Tools Power Designer
Kriteria:
  1. Partisipasi=20%
  2. Tugas =30%
  3. UTS=20%
  4. UAS=30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, Diskusi, Tugas dan Latihan
3x50

Materi: Pengertian Konsep CDM dan Penerapannya dalam Studi Kasus dengan Power Designer
Pustaka: J. Whitten, L. Bentley, 2007, System Analysis and Design Methods 7th Edition, McGraw-Hill.
6%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa Mampu memahami konsep Phisically Data Modelling dan Penerapannya pada Power Designer

Menjelaskan Phisically Data Modelling (PDM) dengan Tools Power Designer

Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas =30%
  3. UTS = 20 %

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, Diskusi, Tugas dan Latihan
3x50

Materi: Pengertian PDM dan Penerapannya dalam studi kasus dengan menggunakan tools Power Designer
Pustaka: J. Whitten, L. Bentley, 2007, System Analysis and Design Methods 7th Edition, McGraw-Hill.
6%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami GUI dan pembuatan GUI

  1. Menjelaskan GUI dan kegunaannya
  2. Menjelaskan GUI dalam bentuk Lembar Kerja Tampilan
Kriteria:
  1. Partisipasi=20%
  2. Tugas =30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30 %

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi,Diskusi
3x50

Materi: Pengertian GUI dan Kegunaannya
Pustaka: Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2011, System Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall.
3%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menjelaskan tahapan merancang sistem dari Data flow Diagram, CDM,PDM dan GUI

Membuat GUI sesuai dengan studi kasus

Kriteria:
  1. Partisipasi=20%
  2. Tugas =30%
  3. UTS=20%
  4. UAS=30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi,Diskusi,Latihan dan Tugas
3x50

Materi: Penerapan GUI pada studi kasus masing-masing kelompok
Pustaka: Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2011, System Analysis and Design 8th Edition, Prentice Hall.
6%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 43.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 18%
4. Tes 28%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.