|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Bahan Ajar |
8520102248 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
1 Februari 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Anung Priambodo, M.Si.T., Sri Wicahyani, M.Pd.
|
Dr. Anung Priambodo, M.Si.T.
|
Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan sikap ilmiah, kritis dan inovatif dalam pembelajaran pendidikan jasmani secara professional dalam perkuliahan Pengembangan Bahan Ajar
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah pengembangan bahan ajar merupakan mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar dengan mengggunakan metode project based learning. Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bahan ajar. Hal-hal yang akn dibahas dalam mata kuliah ini diantaranya adalah peran dan jenis bahan ajar, baik bahan cetak, noncetak, maupun bahan ajar display, prosedur pengembangannya, cara pemanfaatannya dalam proses pembelajaran, serta cara-cara mengevaluasinya. Mata kuliah ini mengkaji ilmu tentang teori dan konsep pengembangan bahan ajar sebagai salah satu komponen dalam pembelajaran. Bahan kajian memuat teori dan konsep serta penerapan pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Materi bahan kajian ini diharapkan mampu membekali mahasiswa untuk menguasai dan mengaplikasikan materi pengembangan bahan ajar sebagai seorang guru/pengajar. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Krathwohl, David R. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview . Theory into Practice, (41) 4:212-26
- Ernawulan Syaodih. 2007. Penilaian Pendidikan Dasar : Diktat perkuliahan Pendidikan Dasar SPs UPI Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
- Depdiknas. 2003. Standar Penilaian Buku Pelajaran Pengetahuan Sosial SD-SMP . Pusat Perbukuan Depdiknas.
- Depdiknas. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar . Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Campbell-Smith, Shandy, dkk. 1994. Penulisan Bahan-Bahan Pelajaran Jakarta: Depdikbud .
- Wahyudin, Dinn & Kartawinata, Handy. 1998. Penulisan Bahan Ajar . Jakarta: Depdikbud
- Wijaya, Cece; Djadjuri, Djadja & Rusyan, Tabrani. 1990. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran . Bandung: Rosdakarya
- Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Anugrah Utama Raharja (AURA).
- Fahrurrozi, Muh & Mohzana. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Universitas Hamzanwadi Press.
|
Pendukung : |
|
- Ministry of Education (Ghana). 2016. T-TEL Professional Development Programme: Teaching and Learning Materials (Professional Development Guide for Tutors). Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Drs. Suroto, M.A., Ph.D. Dr. Sapto Wibowo, S.Pd., M.Pd. Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T. Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd. Vega Candra Dinata, S.Pd., M.Pd. Sri Wicahyani, M.Pd. Kolektus Oky Ristanto, S.Pd., M.Pd. Bayu Budi Prakoso, S.Pd., M.Pd. Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisis komponen-komponen pembelajaran |
- Mahasiswa mampu menganalisis hakikat bahan ajar
- Menganalisis komponen pembelajaran
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian sikap (terlampir)
- Unjuk Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab komponen-komponen pembelajaran 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui vilearning dan zoom
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab komponen-komponen pembelajaran 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Materi: Komponen-komponen pembelajaran Pustaka: Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Anugrah Utama Raharja (AURA). |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis pengertian bahan ajar dan prinsip pengembangan bahan ajar |
Mahasiswa mampu menganalisis pengertian bahan ajar dan prinsip pengembangan bahan ajar |
Kriteria:
Rubrik penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab pengertian bahan ajar dan prinsip pengembangan 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui v-learning dan zoom
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab pengertian bahan ajar dan prinsip pengembangan bahan ajar 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Materi: Pengertian bahan ajar dan prinsip pengembangan bahan ajar Pustaka: Fahrurrozi, Muh & Mohzana. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Universitas Hamzanwadi Press. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasi jenis-jenis bahan ajar, tujuan dan keuntungan penggunaan bahan ajar |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis bahan ajar, tujuan dan keuntungan penggunaan bahan ajar |
Kriteria:
Rubrik penilaian kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran: Discussion & tanya jawab jenis-jenis bahan ajar, tujuan dan keuntungan penggunaan bahan ajar 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui v-learning dan zoom
Metode pembelajaran: Discussion & tanya jawab jenis-jenis bahan ajar, tujuan dan keuntungan penggunaan bahan ajar 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Materi: Jenis-jenis bahan ajar, tujuan dan keuntungan penggunaan bahan ajar Pustaka: Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Anugrah Utama Raharja (AURA). Materi: Bahan ajar, tujuan dan keuntungan penggunaan bahan ajar Pustaka: Depdiknas. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar . Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis bahan ajar paper based materials (buku, modul, leaflet, lembar kerja siswa) |
Mahasiswa mampu menganalisis bahan ajar paper based materials (buku, modul, leaflet, lembar kerja siswa) |
Kriteria:
- Rubrik penilaian sikap
- Rubrik penilaian kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran: Discussion & tanya jawab bahan ajar paper based materials (buku, modul, leaflet, lembar kerja siswa) 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui v-learning dan zoom
Metode pembelajaran: Discussion & tanya jawab bahan ajar paper based materials (buku, modul, leaflet, lembar kerja siswa) 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Materi: Bahan ajar paper based materials (buku, modul, leaflet, lembar kerja siswa) Pustaka: Depdiknas. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar . Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Materi: Lembar Kerja Pustaka: Wahyudin, Dinn & Kartawinata, Handy. 1998. Penulisan Bahan Ajar . Jakarta: Depdikbud |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisi bahan ajar digital based materials (visual, audio, audio visual, multimedia) |
Mahasiswa mampu menganalisis bahan ajar digital based materials (visual, audio, audio visual, multimedia) |
Kriteria:
- Rubrik penilaian sikap
- Rubrik penilaian kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran: Discussion & tanya jawab bahan ajar digital based materials (visual, audio, audio visual, multimedia) 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui v-learning dan zoom
Metode pembelajaran: Discussion & tanya jawab bahan ajar digital based materials (visual, audio, audio visual, multimedia) 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Materi: Bahan ajar digital based materials (visual, audio, audio visual, multimedia) Pustaka: Wijaya, Cece; Djadjuri, Djadja & Rusyan, Tabrani. 1990. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran . Bandung: Rosdakarya Materi: Digital based materials Pustaka: Campbell-Smith, Shandy, dkk. 1994. Penulisan Bahan-Bahan Pelajaran Jakarta: Depdikbud . |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis outdoors & environtment based materials |
Mahasiswa mampu menganalisis outdoors & environtment based materials |
Kriteria:
- Rubrik penilaian sikap
- -Unjuk Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran: Discussion & tanya jawab outdoors & environtment based materials 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui v-learning dan zoom
Metode pembelajaran: Discussion & tanya jawab outdoors & environtment based materials 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Materi: outdoors & environtment based materials Pustaka: Wahyudin, Dinn & Kartawinata, Handy. 1998. Penulisan Bahan Ajar . Jakarta: Depdikbud Materi: Bahan Ajar di sekitar lingkungan belajar Pustaka: Depdiknas. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar . Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani |
Mahasiswa mampu menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani |
Kriteria:
- Rubrik penilaian sikap
- Unjuk Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran: Discussion & tanya jawab pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui v-learning dan zoom
Metode pembelajaran: Discussion & tanya jawab pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Materi: Pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani Pustaka: Wijaya, Cece; Djadjuri, Djadja & Rusyan, Tabrani. 1990. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran . Bandung: Rosdakarya Materi: Bahan ajar pada materi pendidikan jasmani Pustaka: Ministry of Education (Ghana). 2016. T-TEL Professional Development Programme: Teaching and Learning Materials (Professional Development Guide for Tutors). Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani |
Mahasiswa mampu menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani |
Kriteria:
- Rubrik penilaian sikap
- Unjuk Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran: Discussion & tanya jawab pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui v-learning dan zoom
Metode pembelajaran: Discussion & tanya jawab pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Materi: Pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani Pustaka: Wijaya, Cece; Djadjuri, Djadja & Rusyan, Tabrani. 1990. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran . Bandung: Rosdakarya Materi: Bahan ajar pada materi pendidikan jasmani Pustaka: Ministry of Education (Ghana). 2016. T-TEL Professional Development Programme: Teaching and Learning Materials (Professional Development Guide for Tutors). Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan bola besar dan bola kecil |
- Mahasiswa mampu menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan bola besar
- Mahasiswa mampu menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan bola kecil
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian sikap
- Rubrik penilaian kinerja
- Rubrik penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base
Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana mengembangkan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan bola besar dan bola kecil.
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan permainan bola besar dan bola kecil sesuai pembagian materi dalam kelompok
Mahasiswa merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan permainan bola besar dan bola kecil sesuai pembagian materi dalam kelompok
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa memaparkan hasil proyek pengembangan bahan ajar.
Proses pemaparan hasil proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil diobservasi oleh Dosen untuk melihat kualitas produk
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil sebelum dipublikasikan.
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek 2x (2 X 50‘ / 3,18 ECTS) |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base
Learning
Dengan menggunakan LMS Vlearning:
http://vlearning.unesa.ac.id
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana mengembangkan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan bola besar dan bola kecil.
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan permainan bola besar dan bola kecil sesuai pembagian materi dalam kelompok
Mahasiswa merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan permainan bola besar dan bola kecil sesuai pembagian materi dalam kelompok
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa memaparkan hasil proyek pengembangan bahan ajar.
Proses pemaparan hasil proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil diobservasi oleh Dosen untuk melihat kualitas produk
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil sebelum dipublikasikan.
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek 2x (2 X 50‘ / 3,18 ECTS) |
Materi: Pengembangan bahan ajar Pustaka: Fahrurrozi, Muh & Mohzana. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Universitas Hamzanwadi Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan bola besar dan bola kecil |
- Mahasiswa mampu menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan bola besar
- Mahasiswa mampu menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan bola kecil
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian sikap
- Rubrik penilaian kinerja
- Rubrik penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base
Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana mengembangkan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan bola besar dan bola kecil.
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan permainan bola besar dan bola kecil sesuai pembagian materi dalam kelompok
Mahasiswa merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan permainan bola besar dan bola kecil sesuai pembagian materi dalam kelompok
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa memaparkan hasil proyek pengembangan bahan ajar.
Proses pemaparan hasil proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil diobservasi oleh Dosen untuk melihat kualitas produk
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil sebelum dipublikasikan.
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek 2x (2 X 50‘ / 3,18 ECTS) |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base
Learning
Dengan menggunakan LMS Vlearning:
http://vlearning.unesa.ac.id
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana mengembangkan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan bola besar dan bola kecil.
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan permainan bola besar dan bola kecil sesuai pembagian materi dalam kelompok
Mahasiswa merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani permainan permainan bola besar dan bola kecil sesuai pembagian materi dalam kelompok
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa memaparkan hasil proyek pengembangan bahan ajar.
Proses pemaparan hasil proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil diobservasi oleh Dosen untuk melihat kualitas produk
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit proyek pengembangan bahan ajar permainan permainan bola besar dan bola kecil sebelum dipublikasikan.
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek 2x (2 X 50‘ / 3,18 ECTS) |
Materi: Pengembangan bahan ajar Pustaka: Fahrurrozi, Muh & Mohzana. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Universitas Hamzanwadi Press. |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik dan bela diri |
- Mahasiswa mampu menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik
- Mahasiswa mampu menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi bela diri
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian kinerja
- Rubrik penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base
Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana mengembangkan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik & bela diri.
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik & bela diri sesuai pembagian materi dalam kelompok
Mahasiswa merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik & bela diri sesuai pembagian materi dalam kelompok
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri.
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati.
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa memaparkan hasil proyek pengembangan bahan ajar.
Proses pemaparan hasil proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri diobservasi oleh Dosen untuk melihat kualitas produk
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri sebelum dikumpulkan.
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek.
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek. 2x (2 X 50‘ / 3,18 ECTS) |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base
Learning
Dengan menggunakan LMS Vlearning:
http://vlearning.unesa.ac.id
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana mengembangkan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik & bela diri.
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik & bela diri sesuai pembagian materi dalam kelompok
Mahasiswa merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik & bela diri sesuai pembagian materi dalam kelompok
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri.
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati.
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa memaparkan hasil proyek pengembangan bahan ajar.
Proses pemaparan hasil proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri diobservasi oleh Dosen untuk melihat kualitas produk
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri sebelum dikumpulkan.
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek.
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek. 2x (2 X 50‘ / 3,18 ECTS) |
Materi: Pengembangan bahan ajar Pustaka: Depdiknas. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar . Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Materi: Pengembangan bahan ajar secara umum Pustaka: Wahyudin, Dinn & Kartawinata, Handy. 1998. Penulisan Bahan Ajar . Jakarta: Depdikbud |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik dan bela diri |
- Mahasiswa mampu menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik
- Mahasiswa mampu menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi bela diri
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian kinerja
- Rubrik penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base
Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana mengembangkan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik & bela diri.
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik & bela diri sesuai pembagian materi dalam kelompok
Mahasiswa merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik & bela diri sesuai pembagian materi dalam kelompok
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri.
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati.
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa memaparkan hasil proyek pengembangan bahan ajar.
Proses pemaparan hasil proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri diobservasi oleh Dosen untuk melihat kualitas produk
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri sebelum dikumpulkan.
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek.
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek. 2x (2 X 50‘ / 3,18 ECTS) |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base
Learning
Dengan menggunakan LMS Vlearning:
http://vlearning.unesa.ac.id
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana mengembangkan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik & bela diri.
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik & bela diri sesuai pembagian materi dalam kelompok
Mahasiswa merancang pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani materi atletik & bela diri sesuai pembagian materi dalam kelompok
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri.
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati.
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa memaparkan hasil proyek pengembangan bahan ajar.
Proses pemaparan hasil proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri diobservasi oleh Dosen untuk melihat kualitas produk
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit proyek pengembangan bahan ajar materi atletik & bela diri sebelum dikumpulkan.
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek.
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek. 2x (2 X 50‘ / 3,18 ECTS) |
Materi: Pengembangan bahan ajar Pustaka: Depdiknas. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar . Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Materi: Pengembangan bahan ajar secara umum Pustaka: Wahyudin, Dinn & Kartawinata, Handy. 1998. Penulisan Bahan Ajar . Jakarta: Depdikbud |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik |
Mahasiswa mampu menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani kebugaran jasmani, senam ritmik, dan akuatik |
Kriteria:
- Rubrik penilaian kinerja
- Rubrik penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base
Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana mengembangkan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik.
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pengembangan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sesuai pembagian materi dalam kelompok
Mahasiswa merancang pengembangan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sesuai pembagian materi dalam kelompok
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa memaparkan hasil proyek pengembangan bahan ajar.
Proses pemaparan hasil proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik diobservasi oleh Dosen untuk melihat kualitas produk
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video dan layout proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sebelum dipublikasikan.
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek (2 X 50‘ / 3,18 ECTS) |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base
Learning
Dengan menggunakan LMS Vlearning:
http://vlearning.unesa.ac.id
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana mengembangkan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik.
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pengembangan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sesuai pembagian materi dalam kelompok
Mahasiswa merancang pengembangan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sesuai pembagian materi dalam kelompok
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa memaparkan hasil proyek pengembangan bahan ajar.
Proses pemaparan hasil proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik diobservasi oleh Dosen untuk melihat kualitas produk
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video dan layout proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sebelum dipublikasikan.
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek (2 X 50‘ / 3,18 ECTS) |
Materi: Pengembangan bahan ajar Pustaka: Fahrurrozi, Muh & Mohzana. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Universitas Hamzanwadi Press. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik |
Mahasiswa mampu menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani kebugaran jasmani, senam ritmik, dan akuatik |
Kriteria:
- Rubrik penilaian kinerja
- Rubrik penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base
Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana mengembangkan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik.
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pengembangan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sesuai pembagian materi dalam kelompok
Mahasiswa merancang pengembangan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sesuai pembagian materi dalam kelompok
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa memaparkan hasil proyek pengembangan bahan ajar.
Proses pemaparan hasil proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik diobservasi oleh Dosen untuk melihat kualitas produk
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video dan layout proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sebelum dipublikasikan.
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek (2 X 50‘ / 3,18 ECTS) |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base
Learning
Dengan menggunakan LMS Vlearning:
http://vlearning.unesa.ac.id
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana mengembangkan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik.
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pengembangan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sesuai pembagian materi dalam kelompok
Mahasiswa merancang pengembangan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sesuai pembagian materi dalam kelompok
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa memaparkan hasil proyek pengembangan bahan ajar.
Proses pemaparan hasil proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik diobservasi oleh Dosen untuk melihat kualitas produk
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video dan layout proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sebelum dipublikasikan.
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek (2 X 50‘ / 3,18 ECTS) |
Materi: Pengembangan bahan ajar Pustaka: Fahrurrozi, Muh & Mohzana. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Universitas Hamzanwadi Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik |
Mahasiswa mampu menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani kebugaran jasmani, senam ritmik, dan akuatik |
Kriteria:
- Rubrik penilaian kinerja
- Rubrik penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base
Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana mengembangkan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik.
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pengembangan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sesuai pembagian materi dalam kelompok
Mahasiswa merancang pengembangan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sesuai pembagian materi dalam kelompok
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa memaparkan hasil proyek pengembangan bahan ajar.
Proses pemaparan hasil proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik diobservasi oleh Dosen untuk melihat kualitas produk
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video dan layout proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sebelum dipublikasikan.
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek (2 X 50‘ / 3,18 ECTS) |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base
Learning
Dengan menggunakan LMS Vlearning:
http://vlearning.unesa.ac.id
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana mengembangkan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik.
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pengembangan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sesuai pembagian materi dalam kelompok
Mahasiswa merancang pengembangan bahan ajar pada pendidikan jasmani materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sesuai pembagian materi dalam kelompok
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa memaparkan hasil proyek pengembangan bahan ajar.
Proses pemaparan hasil proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik diobservasi oleh Dosen untuk melihat kualitas produk
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video dan layout proyek pengembangan bahan ajar materi kebugaran jasmani, senam ritmik dan akuatik sebelum dipublikasikan.
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek (2 X 50‘ / 3,18 ECTS) |
Materi: Pengembangan bahan ajar Pustaka: Fahrurrozi, Muh & Mohzana. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Universitas Hamzanwadi Press. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Menganalisis pengembangan bahan ajar pada materi pendidikan jasmani kebugaran jasmani |
mampu dalam menganalisis pengembangan bahan ajar |
Kriteria:
Menguasai materi pertemuan 1-15 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
UAS 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
UAS 2 X 50‘ / 3,18 ECTS |
Materi: Pengembangan bahan ajar Pustaka: Fahrurrozi, Muh & Mohzana. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Universitas Hamzanwadi Press. |
15% |