Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Administrasi Negara

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengambilan Keputusan

6330103054

Ilmu Administrasi

T=1

P=2

ECTS=4.77

5

29 Agustus 2022

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Noviyanti, S.AP, M.Pol.sc, Dr. Haryo Kunto Wibisono




Noviyanti, S.AP, M.Pol.sc




Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu mengaplikasikan metode, prosedur, sistem kerja dan menyelesaikan masalah dalam tata kelola sektor publik yang berbasis teknologi informasi.

PLO-10

Mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan dapat berinteraksi secara profesional dengan setiap individu, masyarakat, maupun para pemangku kepentingan lainnya.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menjelaskan konsep-konsep dan metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan secara bertanggungjawab dan mandiri

PO - 2

Mampu memberikan analisis terhadap aspek rasionalisasi dalam mengambil keputusan yang tepat pada penyelesaian masalah sektor publik berdasarkan hasil analisis informasi dan data

PO - 3

Mampu mengidentifikasi tipologi masalah dalam mengambil keputusan yang tepat pada penyelesaian masalah sektor publik berdasarkan hasil analisis informasi dan data

PO - 4

Mampu merancang kerangka berpikir menggunakan metode analisis masalah dalam mengambil keputusan yang tepat pada penyelesaian masalah sektor publik berdasarkan hasil analisis informasi dan data secara etis, integritas, dan partisipatif seta bertanggungjawab

PO - 5

Mampu merancang kerangka berpikir menggunakan metode analisis desain alternatif solusi dan keputusan dalam mengambil keputusan yang tepat pada penyelesaian masalah sektor publik berdasarkan hasil analisis informasi dan data secara etis, integritas, dan partisipatif seta bertanggungjawab

PO - 6

Mampu menghitung dan memberikan alternatif solusi permasalahan dengan metode cost-benefit analysis dalam mengambil keputusan secara etis, integritas, dan partisipatif seta bertanggungjawab berdasarkan kajian yang telah dilakukan

PO - 7

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah pada sektor publik, berdasarkan metode pengambilan keputusan dan hasil analisis informasi dan data secara etis, integritas, dan partisipatif seta bertanggungjawab

PO - 8

Mampu menguasi teknik pengambilan keputusan strategik dalam mengambil keputusan yang tepat pada penyelesaian masalah sektor publik berdasarkan hasil analisis informasi dan data secara etis, integritas, dan partisipatif seta bertanggungjawab

PO - 9

Mampu merancang dikresi keputusan dalam mengambil keputusan yang tepat pada penyelesaian masalah sektor publik berdasarkan hasil analisis informasi dan data secara etis, integritas, dan partisipatif serta bertanggungjawab

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-7PLO-10
PO-1  
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini berisikan muatan tentang latar belakang suatu keputusan yang harus diambil, tujuan dan fungsi pengambilan keputusan, jenis-jenis keputusan, dasar pengambilan sebuah keputusan, faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan sebuah keputusan, pembuatan diagram pohon keputusan, proses pengambilan sebuah keputusan berdasarkan parameter keputusan, pengambilan keputusan dalam situasi ketidak-pastian, program linier untuk memaksimalkan dan meminimalkan suatu fungsi, situasi keputusan dengan sasaran ganda, aneka metode pembobotan, meminimalkan penyimpangan terhadap sasaran, situasi keputusan persaingan murni dan tidak murni, situasi keputusan serba rumit, pembagian resiko, pendekatan optimalisasi pareto, pengambilan keputusan kelompok. Tahap selanjutnya memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk menerapkan konsep-konsep dasar MSDM yang dituangkan dalam pembuatan makalah serta mempresentasikan dengan menggunakan media Power-Point. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan ekspositori dan eksplanatori.

Pustaka

Utama :

  1. Braybrooke, David and Charles E. Lindblom. 1963. A Strategy of Decision. New York: The Free Press
  2. Gerring, John. 2007. Case Study Research: Principles and Practices, Cambridge: Cambridge University Press.
  3. 1989. Siagian, SP. Pengambilan Keputusan. Bandung: Angkasa
  4. Moch.Idochi Anwar, dkk. 1991. Teori dan Keterampilan Pengambilan Keputusan. Bandung. Dananjaya Group,
  5. Salusu, J., 2000, Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit, Jakarta. Grasindo.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Agus Prastyawan, S.Sos., M.Si.

Yuni Lestari, S.AP., M.AP.

Noviyanti, S.AP., M.AP.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapatmenjelaskan konsep dasar teori pengambilan keputusan, latar belakang suatu keputusan dibuat.

- Menjelaskan pengertian pengambilan keputusan - Menjelaskan latar belakang pengambilan sebuah keputusan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Kuliah mimbar - Tanya jawab. - Diskusi
2 X 50

Materi: konsep-konsep dan metode yang digunakan dalam pengambilan
Pustaka: 1989. Siagian, SP. Pengambilan Keputusan. Bandung: Angkasa
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mendeskripsikan tujuan dan fungsi, dan mengidentifikasi jenis-jenis keputusan.

- Menjelaskan tujuan dan fungsi dalam pengambilan keputusan - Mengidentifikasi jenis-jenis keputusan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Kuliah mimbar - Tanya jawab. - Diskusi
2 X 50

Materi: Menjelaskan tujuan dan fungsi dalam pengambilan keputusan - Mengidentifikasi jenis-jenis keputusan
Pustaka: Braybrooke, David and Charles E. Lindblom. 1963. A Strategy of Decision. New York: The Free Press
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasikan dasar-dasar pengambilan keputusan

Menjelaskan dasar-dasar pengambilan keputusan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Kuliah mimbar - Tanya jawab. - Diskusi - Simulasi dengan games tentang decision making.
2 X 50

Materi: Ketepatan dalam menganalisis aspek rasionalisasi dalam mengambil keputusan yang tepat pada penyelesaian masalah sektor publik berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Pustaka: Moch.Idochi Anwar, dkk. 1991. Teori dan Keterampilan Pengambilan Keputusan. Bandung. Dananjaya Group,
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan

Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Presentasi Kelompok - Tanya jawab. - Diskusi - Simulasi dengan games tentang decision making.
4 X 50

Materi: faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan
Pustaka: Salusu, J., 2000, Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit, Jakarta. Grasindo.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan

Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Presentasi Kelompok - Tanya jawab. - Diskusi - Simulasi dengan games tentang decision making.
4 X 50

Materi: Ketepatan dalam merancang kerangka berpikir menggunakan metode analisis desain alternatif solusi dan keputusan dalam mengambil keputusan yang tepat pada penyelesaian masalah sektor publik
Pustaka: 1989. Siagian, SP. Pengambilan Keputusan. Bandung: Angkasa
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menjelaskan proses pengambilan keputusan

- Menjelaskan proses pengambilan keputusan - Menjelaskan bagaimana sebuah keputusan diambil berdasarkan berbagai situasi.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- V-learning Unesa- Zoom- Whatsapp
2 X 50

Materi: bagaimana sebuah keputusan diambil berdasarkan berbagai situasi.
Pustaka: Moch.Idochi Anwar, dkk. 1991. Teori dan Keterampilan Pengambilan Keputusan. Bandung. Dananjaya Group,
5%

7

Minggu ke 7

Menjelaskan pohon keputusan sebagai langkah-langkah pengambilan keputusan

- Menjelaskankonsep dasar diagram pohon keputusan (tree diagram). - Menjelaskan cara pembuatan diagram pohon keputusan (tree diagram)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- V-learning Unesa- Zoom- Whatsapp
2 X 50

Materi: langkah-langkah pengambilan keputusan
Pustaka: Braybrooke, David and Charles E. Lindblom. 1963. A Strategy of Decision. New York: The Free Press
5%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER

INDIKATOR PERTEMUAN 1-7


Bentuk Penilaian :
Tes
- V-learning Unesa- Google Form- Whatsapp
2 X 30

Materi: semua materi yang telah diberikan
Pustaka: 1989. Siagian, SP. Pengambilan Keputusan. Bandung: Angkasa
25%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan kriteria pengambilan keputusan bagi situasi masa depan yang tidak pasti tanpa menggunakan probabilitas & menggunakan probabilitas

  1. Menganalisis ketidakpastian situasi yang dihadapi
  2. Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan tiap pilihan keputusan dengan dan tanpa menggunakan probabilitas
  3. Mengidentifikasikan berbagai macam informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- V-learning Unesa- Zoom- Whatsapp
2 X 50
ceramah-diskusi
2x 50
Materi: kriteria pengambilan keputusan bagi situasi masa depan yang tidak pasti tanpa menggunakan probabilitas & menggunakan probabilitas
Pustaka: 1989. Siagian, SP. Pengambilan Keputusan. Bandung: Angkasa
0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan program linier sebagai salah satu strategi pengambilan keputusan

Mampu menghitung dan memberikan alternatif solusi permasalahan dengan metode SWOT analysis dalam mengambil keputusan secara etis, integritas, dan partisipatif seta bertanggungjawab berdasarkan kajian yang telah dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- V-learning Unesa- Zoom- Whatsapp
2 X 50

Materi: program linier sebagai salah satu strategi pengambilan keputusan
Pustaka: Salusu, J., 2000, Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit, Jakarta. Grasindo.
5%

11

Minggu ke 11

Menjelaskan penggunaan metode-metode yang berhubungan dengan pembobotan, meminimalkan penyimpangan, dan metode penyisihan dengan baik.

  1. Menganalisis penyebab penyimpangan
  2. Mengidentifikasi metode penyisihan yang sesuai.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- V-learning Unesa- Zoom- Whatsapp
2 X 50

Materi: metode-metode yang berhubungan dengan pembobotan, meminimalkan penyimpangan, dan metode penyisihan dengan baik.
Pustaka: Moch.Idochi Anwar, dkk. 1991. Teori dan Keterampilan Pengambilan Keputusan. Bandung. Dananjaya Group,
0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat aneka situasi dan memilih dengan tepat tipe keputusan yang diambil.

  1. Menjelaskan situasi keputusan persaingan murni dan tidak murni.
  2. Mengidentifikasi situasi persaingan yang melibatkan 2 tokoh atau lebih.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- V-learning Unesa- Kuliah Mimbar- Diskusi
4 X 50

Materi: manfaat aneka situasi dan memilih dengan tepat tipe keputusan yang diambil.
Pustaka: Gerring, John. 2007. Case Study Research: Principles and Practices, Cambridge: Cambridge University Press.
0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat aneka situasi dan memilih dengan tepat tipe keputusan yang diambil.

  1. Menjelaskan situasi keputusan persaingan murni dan tidak murni.
  2. Mengidentifikasi situasi persaingan yang melibatkan 2 tokoh atau lebih.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- V-learning Unesa- Kuliah Mimbar- Diskusi
4 X 50

Materi: manfaat aneka situasi dan memilih dengan tepat tipe keputusan yang diambil.
Pustaka: Gerring, John. 2007. Case Study Research: Principles and Practices, Cambridge: Cambridge University Press.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menjelaskan strategi yang dipakai dalam menghadapi situasi keputusan yang serba rumit dan taktis

  1. Menganalisis situasi keputusan serba rumit.
  2. Memanfaatkan alam sebagai peserta dan mampu melakukan koalisi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- V-learning Unesa- Zoom- Whatsapp
2 X 50

Materi: strategi yang dipakai dalam menghadapi situasi keputusan yang serba rumit dan taktis
Pustaka: Gerring, John. 2007. Case Study Research: Principles and Practices, Cambridge: Cambridge University Press.
0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menjelaskan cara pembagian risiko dan mampu membuat keputusan kelompok dengan baik

- Menjelaskan pembagian resiko dan pengambilan keputusan kelompok - Menganalisis penyelsaian permasalahan tujuan ganda Mengidentifikasi solusi yang layak dan kemudian dipilih yang paling mendekati optimal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- V-learning Unesa- Zoom- Whatsapp
2 X 50

Materi: pembagian risiko dan mampu membuat keputusan kelompok dengan baik
Pustaka: Moch.Idochi Anwar, dkk. 1991. Teori dan Keterampilan Pengambilan Keputusan. Bandung. Dananjaya Group,
0%

16

Minggu ke 16

UJIAN AKHIR SEMESTER

INDIKATOR 1-15


Bentuk Penilaian :
Tes
- V-learning- Google Form
2 X 45

Materi: semua materi yang telah diberikan
Pustaka: 1989. Siagian, SP. Pengambilan Keputusan. Bandung: Angkasa
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 45%
2. Tes 55%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.