Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Manajemen

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Dynamic Strategic Marketing

6110104336

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

11 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Yessy Artanti, S.E., M.Si.




Dr. Sanaji, S.E., M.Si.,




Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Mampu menghasilkan dan mengembangkan ide usaha dalam lingkungan bisnis global secara kreatif

PLO-9

Mampu mengelola penelitian bisnis dalam menghadapi dinamika perubahan lingkungan

PLO-10

Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis yang dihadapi dengan baik

PLO-11

Mampu mengembangkan jiwa entrepreneurial secara berkelanjutan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami prinsip-prinsip dasar strategi pemasaran dalam lingkungan bisnis yang dinamis.

PO - 2

Menganalisis faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi strategi pemasaran.

PO - 3

Merancang strategi pemasaran yang berbasis analisis pasar, pesaing, dan pelanggan.

PO - 4

Mengimplementasikan dan mengevaluasi strategi pemasaran yang efektif.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-9PLO-10PLO-11
PO-1  
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi Singkat MK Brief description of the course Mata kuliah dynamic strategic marketing diberikan kepada mahasiswa S2 Manajemen yang mengambil peminatan pemasaran. Mata kuliah Dynamic Strategic Marketing dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan terkini dalam perencanaan dan implementasi strategi pemasaran yang adaptif dan responsif terhadap perubahan pasar. Fokus utama mata kuliah ini adalah memahami dan mengelola dinamika pasar yang cepat berubah melalui penerapan prinsip-prinsip pemasaran strategis yang inovatif dan berbasis data. Perkuliahan didesain menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Case Study. Mahasiswa diharapkam mampu memecahkan kasus atau masalah-masalah pemasaran berbasis teori yang ditunjang oleh pemikiran yang kritis.

Pustaka

Utama :

  1. 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020).
  2. 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010).
  3. 3. Wayne D. Hoyer, Deborah J. MacInnis, Rik Pieters, Eugene Chan, Gavin Northey - Consumer Behaviour (2021)

Pendukung :

  1. 1. Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for Humanity. Wiley.
  2. 2. Keller, K. L. (2019). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (5th ed.). Pearson.
  3. 3. Palmatier, R. W., & Sridhar, S. (2017). Marketing Strategy: Based on First Principles and Data Analytics. Macmillan International Higher Education.
  4. 4. Solomon, M. R. (2018). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (12th ed.). Pearson
  5. 5. Kingsnorth, S. (2019). Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing (2nd ed.). Kogan Page

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Sri Setyo Iriani, S.E., M.Si.

Dr. Sanaji, S.E., M.Si.

Dr. Yessy Artanti, S.E., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup strategi pemasaran dinamis

  1.  Mahasiswa mampu menjelaskan hierarchy strategy dalam korporasi
  2.  Mahasiswa mampu menjelaskan penerapan konsep strategic market management.
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
Diskusi review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
Materi: Walker & Mullins (Ch. 1)
Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010).

Materi: Aaker (Ch. 1)
Pustaka: 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020).
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan implikasi strategi korporat dan Strategi Bisnis terhadap strategi pamsaran

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan implikasi strategi korporat bagi strategi pemasaran
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan implikasi strategi bisnis bagi strategi pemasaran
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
Diskusi review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
Materi: Walker & Mullins (Ch. 2-3)
Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010).
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis peluang pasar, pemilihan target, dan keputusan posisi pasar

  1. Mahasiswa mampu memahami penggunaan analisis peluang pasar
  2. Mahasiswa menerapakn konsep pengukuran pasar
  3. Mahasiswa mampu menerapkan konsep pemilihan target pasar dan keputusan memilih positioning.
Kriteria:

Penguasaan topik dan kesesuaian dengan kajiannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Walker & Mullins (Ch. 4-6)
Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010).
0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami pengambilan keputusan strategis dalam pemasaran

Mahasiswa mampu menggunakan model pengambilan keputusan dalam strategi pemasaran

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Walker & Mullins (Ch. 7)
Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010).

Materi: Aaker (Ch. 5)
Pustaka: 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020).
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami formulasi strategi pemasaran

 Mahasiswa dapat menyusun strategi diferensiasi dan positioning yang efektif

Kriteria:

Penguasaan topik kajian Ketepatan, dan kesesuaiannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Walker & Mullins (Ch. 7)
Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010).
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami strategi masuk pasar baru

 Mahasiswa memahami strategi inovasi dan penetrasi pasar baru

Kriteria:

Penguasaan topik kajiannya, Ketepatan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Walker & Mullins (Ch. 8)
Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010).
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami strategi untuk pasar yang sudah matang

 Mahasiswa Mahasiswa dapat menerapkan pendekatan dalam pasar jenuh dan menurun

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Walker & Mullins (Ch. 9-10)
Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010).
5%

8

Minggu ke 8

Kemampuan akhir dari TM1 sampai TM7

Ujian Tengah Semester (draft artikel)

Kriteria:

Ujian Tengah Semester (tes)


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tengah Semester
Ujian Tengah Semester
Materi: -
Pustaka: 3. Wayne D. Hoyer, Deborah J. MacInnis, Rik Pieters, Eugene Chan, Gavin Northey - Consumer Behaviour (2021)
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami evaluasi strategi pemasaran

Mahasiswa mengembangkan indikator keberhasilan strategi pemasaran

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Walker & Mullins (Ch. 13)
Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010).
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami peran teknologi dalam pemasaran

Mahasiswa mampu Mahasiswa dapat mengidentifikasi dampak digitalisasi terhadap strategi pemasaran

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Aaker (Ch. 11)
Pustaka: 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020).
0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami perilaku konsumen dalam strategi pemasaran

Mahasiswa dapat mengidentifikasi faktor psikologis dan sosial yang mempengaruhi perilaku konsumen

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Hoyer et al. (Ch. 1-5)
Pustaka: 3. Wayne D. Hoyer, Deborah J. MacInnis, Rik Pieters, Eugene Chan, Gavin Northey - Consumer Behaviour (2021)
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami manajemen merek dan diferensiasi

Mahasiswa memahami strategi pengelolaan merek dan ekuitas merek.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Aaker (Ch. 9)
Pustaka: 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020).

Materi: Hoyer et al. (Ch. 9-10)
Pustaka: 3. Wayne D. Hoyer, Deborah J. MacInnis, Rik Pieters, Eugene Chan, Gavin Northey - Consumer Behaviour (2021)
0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami implementasi strategi pemasaran

Mahasiswa memahami faktor keberhasilan dalam implementasi strategi pemasaran.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Walker & Mullins (Ch. 12)
Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010).
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami pemasaran berkelanjutan dan etika

Mahasiswa mampu mengintegrasikan tanggung jawab sosial dalam strategi pemasaran,

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Aaker (Ch. 6)
Pustaka: 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020).

Materi: Hoyer et al. (Ch. 14)
Pustaka: 3. Wayne D. Hoyer, Deborah J. MacInnis, Rik Pieters, Eugene Chan, Gavin Northey - Consumer Behaviour (2021)
5%

15

Minggu ke 15

Presentasi proyek akhir

Mahasiswa mempresentasikan hasil analisis dan strategi pemasaran yang telah dirancang

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: -
Pustaka: 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020).

Materi: -
Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010).

Materi: -
Pustaka: 3. Wayne D. Hoyer, Deborah J. MacInnis, Rik Pieters, Eugene Chan, Gavin Northey - Consumer Behaviour (2021)

Materi: -
Pustaka: 1. Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for Humanity. Wiley.

Materi: -
Pustaka: 2. Keller, K. L. (2019). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (5th ed.). Pearson.

Materi: -
Pustaka: 3. Palmatier, R. W., & Sridhar, S. (2017). Marketing Strategy: Based on First Principles and Data Analytics. Macmillan International Higher Education.

Materi: -
Pustaka: 4. Solomon, M. R. (2018). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (12th ed.). Pearson

Materi: -
Pustaka: 5. Kingsnorth, S. (2019). Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing (2nd ed.). Kogan Page
15%

16

Minggu ke 16

Kemampuan akhir dari TM 9 sampai TM 15

Ujian Akhir Semester Artikel literatur review

Kriteria:

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Akhir Semester
Ujian Akhir Semester
Materi: -
Pustaka: 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020).

Materi: -
Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010).

Materi: -
Pustaka: 3. Wayne D. Hoyer, Deborah J. MacInnis, Rik Pieters, Eugene Chan, Gavin Northey - Consumer Behaviour (2021)
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 45%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 7.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 12.5%
4. Tes 35%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.