
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Manajemen
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Dynamic Strategic Marketing |
6110104336 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
11 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Yessy Artanti, S.E., M.Si.
|
Dr. Sanaji, S.E., M.Si.,
|
Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Mampu menghasilkan dan mengembangkan ide usaha dalam lingkungan bisnis global secara kreatif |
PLO-9 |
Mampu mengelola penelitian bisnis dalam menghadapi dinamika perubahan lingkungan |
PLO-10 |
Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis yang dihadapi dengan baik |
PLO-11 |
Mampu mengembangkan jiwa entrepreneurial secara berkelanjutan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami prinsip-prinsip dasar strategi pemasaran dalam lingkungan bisnis yang dinamis.
|
PO - 2 |
Menganalisis faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi strategi pemasaran.
|
PO - 3 |
Merancang strategi pemasaran yang berbasis analisis pasar, pesaing, dan pelanggan.
|
PO - 4 |
Mengimplementasikan dan mengevaluasi strategi pemasaran yang efektif.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | | | ✔ | PO-4 | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | ✔ | | | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | ✔ | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Deskripsi Singkat MK
Brief description of the course Mata kuliah dynamic strategic marketing diberikan kepada mahasiswa S2 Manajemen yang mengambil peminatan pemasaran. Mata kuliah Dynamic Strategic Marketing dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan terkini dalam perencanaan dan implementasi strategi pemasaran yang adaptif dan responsif terhadap perubahan pasar. Fokus utama mata kuliah ini adalah memahami dan mengelola dinamika pasar yang cepat berubah melalui penerapan prinsip-prinsip pemasaran strategis yang inovatif dan berbasis data. Perkuliahan didesain menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Case Study. Mahasiswa diharapkam mampu memecahkan kasus atau masalah-masalah pemasaran berbasis teori yang ditunjang oleh pemikiran yang kritis. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020).
- 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010).
- 3. Wayne D. Hoyer, Deborah J. MacInnis, Rik Pieters, Eugene Chan, Gavin Northey - Consumer Behaviour (2021)
|
Pendukung : |
|
- 1. Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for Humanity. Wiley.
- 2. Keller, K. L. (2019). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (5th ed.). Pearson.
- 3. Palmatier, R. W., & Sridhar, S. (2017). Marketing Strategy: Based on First Principles and Data Analytics. Macmillan International Higher Education.
- 4. Solomon, M. R. (2018). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (12th ed.). Pearson
- 5. Kingsnorth, S. (2019). Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing (2nd ed.). Kogan Page
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Sri Setyo Iriani, S.E., M.Si. Dr. Sanaji, S.E., M.Si. Dr. Yessy Artanti, S.E., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup strategi pemasaran dinamis |
- Mahasiswa mampu menjelaskan hierarchy strategy dalam korporasi
- Mahasiswa mampu menjelaskan penerapan konsep strategic market management.
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
|
Diskusi review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
|
Materi: Walker & Mullins (Ch. 1) Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010). Materi: Aaker (Ch. 1) Pustaka: 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020). |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan implikasi strategi korporat dan Strategi Bisnis terhadap strategi pamsaran |
- Mahasiswa mampu menjelaskan implikasi strategi korporat bagi strategi pemasaran
- Mahasiswa mampu menjelaskan implikasi strategi bisnis bagi strategi pemasaran
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
|
Diskusi review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
|
Materi: Walker & Mullins (Ch. 2-3) Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010). |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis peluang pasar, pemilihan target, dan keputusan posisi pasar |
- Mahasiswa mampu memahami penggunaan analisis peluang pasar
- Mahasiswa menerapakn konsep pengukuran pasar
- Mahasiswa mampu menerapkan konsep pemilihan target pasar dan keputusan memilih positioning.
|
Kriteria:
Penguasaan topik dan kesesuaian dengan kajiannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Walker & Mullins (Ch. 4-6) Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010). |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami pengambilan keputusan strategis dalam pemasaran |
Mahasiswa mampu menggunakan model pengambilan keputusan dalam strategi pemasaran |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Walker & Mullins (Ch. 7) Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010). Materi: Aaker (Ch. 5) Pustaka: 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020). |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami formulasi strategi pemasaran |
Mahasiswa dapat menyusun strategi diferensiasi dan positioning yang efektif |
Kriteria:
Penguasaan topik kajian Ketepatan, dan kesesuaiannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Walker & Mullins (Ch. 7) Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010). |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami strategi masuk pasar baru |
Mahasiswa memahami strategi inovasi dan penetrasi pasar baru |
Kriteria:
Penguasaan topik kajiannya, Ketepatan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Walker & Mullins (Ch. 8) Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010). |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami strategi untuk pasar yang sudah matang |
Mahasiswa Mahasiswa dapat menerapkan pendekatan dalam pasar jenuh dan menurun |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Walker & Mullins (Ch. 9-10) Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010). |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan akhir dari TM1 sampai TM7 |
Ujian Tengah Semester (draft artikel) |
Kriteria:
Ujian Tengah Semester (tes) Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tengah Semester
|
Ujian Tengah Semester
|
Materi: - Pustaka: 3. Wayne D. Hoyer, Deborah J. MacInnis, Rik Pieters, Eugene Chan, Gavin Northey - Consumer Behaviour (2021) |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami evaluasi strategi pemasaran |
Mahasiswa mengembangkan indikator keberhasilan strategi pemasaran |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Walker & Mullins (Ch. 13) Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010). |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami peran teknologi dalam pemasaran |
Mahasiswa mampu Mahasiswa dapat mengidentifikasi dampak digitalisasi terhadap strategi pemasaran |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Aaker (Ch. 11) Pustaka: 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020). |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami perilaku konsumen dalam strategi pemasaran |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi faktor psikologis dan sosial yang mempengaruhi perilaku konsumen |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Hoyer et al. (Ch. 1-5) Pustaka: 3. Wayne D. Hoyer, Deborah J. MacInnis, Rik Pieters, Eugene Chan, Gavin Northey - Consumer Behaviour (2021) |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami manajemen merek dan diferensiasi |
Mahasiswa memahami strategi pengelolaan merek dan ekuitas merek. |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Aaker (Ch. 9) Pustaka: 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020). Materi: Hoyer et al. (Ch. 9-10) Pustaka: 3. Wayne D. Hoyer, Deborah J. MacInnis, Rik Pieters, Eugene Chan, Gavin Northey - Consumer Behaviour (2021) |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami implementasi strategi pemasaran |
Mahasiswa memahami faktor keberhasilan dalam implementasi strategi pemasaran. |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Walker & Mullins (Ch. 12) Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010). |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami pemasaran berkelanjutan dan etika |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan tanggung jawab sosial dalam strategi pemasaran, |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Aaker (Ch. 6) Pustaka: 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020). Materi: Hoyer et al. (Ch. 14) Pustaka: 3. Wayne D. Hoyer, Deborah J. MacInnis, Rik Pieters, Eugene Chan, Gavin Northey - Consumer Behaviour (2021) |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Presentasi proyek akhir |
Mahasiswa mempresentasikan hasil analisis dan strategi pemasaran yang telah dirancang |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: - Pustaka: 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020). Materi: - Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010). Materi: - Pustaka: 3. Wayne D. Hoyer, Deborah J. MacInnis, Rik Pieters, Eugene Chan, Gavin Northey - Consumer Behaviour (2021) Materi: - Pustaka: 1. Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for Humanity. Wiley. Materi: - Pustaka: 2. Keller, K. L. (2019). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (5th ed.). Pearson. Materi: - Pustaka: 3. Palmatier, R. W., & Sridhar, S. (2017). Marketing Strategy: Based on First Principles and Data Analytics. Macmillan International Higher Education. Materi: - Pustaka: 4. Solomon, M. R. (2018). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (12th ed.). Pearson Materi: - Pustaka: 5. Kingsnorth, S. (2019). Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing (2nd ed.). Kogan Page |
15% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan akhir dari TM 9 sampai TM 15 |
Ujian Akhir Semester Artikel literatur review |
Kriteria:
Ujian Akhir Semester Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Akhir Semester
|
Ujian Akhir Semester
|
Materi: - Pustaka: 1. David Aaker & Damien McLoughlin - Strategic Market Management (2020). Materi: - Pustaka: 2. Orville Walker, John Mullins, Harper Boyd - Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (2010). Materi: - Pustaka: 3. Wayne D. Hoyer, Deborah J. MacInnis, Rik Pieters, Eugene Chan, Gavin Northey - Consumer Behaviour (2021) |
20% |